11 Manfaat Vitamin E Bagi Wajah yang Jarang Diketahui

Wajah merupakan sebuah kanvas yang dapat menggambarkan bagaimana kondisi tubuh pada beberapa saat tertentu. Biasanya seseorang yang memiliki kondisi wajah bersih tanpa kusam, tidka berjerawat dan tidak ada komedo serta dapat memancarkan warna asli dari kulit aslinya merupakan salah satu tanda bahwa kondisi tubuh orang tersebut sedang dapat keadaan yang sangat sehat.

Kulit wajah jika tidak di rawat dengan serius dan teratur dapat menimbulkan beberapa masalah di luar dari pengaruh kondidi kesehatan tubuh. Ada beberapa hal yang dapat merusak dan memperburuk kulit wajah seperti melakukan kegiatan olahraga berlebihan, diet yang dilakukan di luar batas kemampuan, mengkonsumsi alkohol, tidak menjaga kesehatan tubuh, terkena paparan sinar UV dan UVB langsung dan tidak menggunakan sun block ketika beraktivitas di luar ruangan, mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidka sehat dan masih banyak lagi penyebab kondisi kulit wajah mebajdi tidak terlihat sehat.

Selama ini vitamin E merupakan salah satu jenis vitamin yang cukup terkenal sebagai salah satu suplemen kulit yang tidka dapat di pungkiri manfaatnya. Bahkan kini banyak produk kecantikan yang mengandalkan vitamin E dalam setiap produksi dan pemasaran produk-produknya. Pemanfaatan vitamin E sebenarnya tak hanya bagus untuk kesehatan kulit saja namun juga dapat di gunakan dalam salah satu cara dalam menjaga kesehatan kulit wajah. Berikut beberapa manfaat vitamin E  yang perlu diketahui :

  1. Mencegah dan menghilangkan keriput

Kulit wajah yang keriput biasanya terjadi pada bagian mata dan pipi, kerutan dan keriput dapat timbul akibat kulit yang sering tertarik ketika tersenyum atau ketika mengedipkan mata dan hal ini didukung oleh ketidakmampuan kulit untuk menjadi elastis kembali. Vitamin E diketahui memiliki kandungan anti aging yang dapat digunakan untuk meremajakan kulit wajah. Manfaat vitamin E bagi wajah dengan mencegah dan menghilangkan keriput juga di dukung oleh beberapa zat aktif lainnya yang terdapat dalam vitamin E yang dikonsumsi yang dapat berperan sebagai vitamin untuk kulit kering dan keriput.

  1. Memberikan kulit kelembapan alami

Manfaat vitamin E bagi wajah selanjutnya adalah dapat memberikan kulit nutrisi sehingga kulit wajah menjadi lembab. Wajah merupakan kulit yang sangat sensitif jika di bandingkan dengan bagian kulit lainnya. Karena kulit wajah sensitif, hal ini dapat membuat wajah lebih mudah mengalami kekeringan. Kekeringan ini dapat diakibatkan oleh kondisi atau suhu di lingkungan sekitar beraktivitas.

Kulit wajah yang kering juga dapat disebabkan oleh dehidrasi berlebih. penggunaan vitamin E ini dapat mengatasi kekeringan tersebut dengan memberikan kelembapan pada kulit wajah. Vitamin E untuk wajah tak hanya dapat berupa suplemen yang di konsumsi secara langsung karena kini telah banyak produk kecantikan berupa body lotion dan krim muka yang mengandung vitamin E.

  1. Mencegah penuaan dini

Sama halnya denga masalah wajah lainnya, penuaan dini juga sesuatu hal yang paling di hindari terjadi pada kulit wajah, karena kulit yang kering dapat menjadi penyebab cepat tua di usia muda.  Antioksidan yang terkandung dalam vitamin E dapat membantu peradaran pembuluh darah di sitar wajah menjadi lancar. Dengan lancarnya aliran pembuluh darah ini maka secara tidak langsung akan dapat mencegah penuaan dini pada kulit wajah akibat asupan nutrisi yang di butuhkan kulit dalam menjaga kadar kolagennya terpenuhi. Manfaat ini juga dapat dirasakan dengan mengkonsumsi jenis buah untuk awet muda alami.

  1. Mencegah kulit wajah bersisik

Kulit wajah yang bersisik biasanya identik dangan faktor lingkungan sekitar seperti cuaca dan suhu yang dapat membuat kulit berdehidrasi. Vitamin E secara aktif dapat di gunakan dalam mencegah kulit wajah bersisik. Manfaat vitamin E  satu ini pada dasarnya sama dengan memberikan kelembapan pada kulit wajah. Kulit yang bersisik biasanya terjadi bersamaan dnegan kondisi kulit wajah kering.

  1. Meminimalisir bahaya radiasi akibat pengobatan

Pada beberapa kasus tertentu kulit wajah dapat terpengaruh akibat tindakan medis yang ditempuh dalam pengobatan ataupun dalam proses kecantikan dengan menggunakan metode dialisis dan radiasi. Sudah dapat dipastikan bahwa radiasi dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit wajah. Manfaat vitamin E untuk kulit dapat digunakan dalam menangkal dampak buruk dari proses pengobatan medis ini.

  1. Mempercepat proses penyembuhan luka

Manfaat vitamin E bagi wajah lainnya yaitu dapat memprecepat proses penyembuhan luka. Memang luka biasanya sangat jarang terjadi pada bagian wajah, namun jika terdapat luka pada bagian wajah dan sedang dalam masa pemulihan penggunaan vitamin E sangat di anjurkan. Karena kandungan zat aktifnya vitamin E ini dapat bermanfaat dalam membantu proses penyembuhan luka. Serta vitamin E ini tidak akan membuat luka tersebut menjadi berbekas.

  1. Mempercepat proses regenerasi kulit wajah

Pada sebagian orang biasanya melakukan proses scrub pada bagian wajahnya. Hal ini dilakukan dalam perawatan kulit wajah dalam mengangkat sel-sel kulit mati agar tidak menumpuk dan menyebabkan komedo dan jerawat yang tak di inginkan. Dengan demikian lapisan kulit wajah yang baru dapat di lihat setelah melalukan srubing. Selama proses ini baik sebelum atau sesudahnya kulit wajah membutuhkan proses regenerasi kulit untuk siap menggantikan kulit wajah yang lama dengan yang baru. Manfaat vitamin E bagi wajah ini dapat membantu proses regenerasi kulit wajah menjadi lebih cepat sehingga kulit tidak akan mudah teriritasi ketika setelah di scrub.

  1. Menjaga wajah terhindari dari sinar UV/UVB

Manfaat vitamin E bagi wajah lainnya yang dapat dirasakan ialah vitamin E mampu memnjaga kulit wajah agar terlindungi dan terhindar dari paparan langsung sinar UV dan UVB yang berasal dari sianr matahari. Biasanya manfaat ini sangat diperlukan bagi sesorang yang melakukan aktivitas di luar rumah atau di luar ruangan.

  1. Wajah terhindari dari jerawat dan komedo

Biasanya jerawat dan komedo dapat timbul pada kulit wajah akibat hormon dalam tubuh yang meningkat atau kondisi lingkungan yang terkena polusi dan mengenai kulit wajah. Dengan memanfaatkan vitamin E sebagai suplemen ataupun krim wajah dapat membantu kulit wajah agar terhindar dari jerawat dan komedo. Hal ini sebenarnya juga didukung oleh kemampuan vitamin E yang mampu membantu kulit wajah untuk melakukan proses regenerasi kulit wajah menjadi lebih cepat. Bahan alami yang dapat digunakan adalah manfaat kulit jeruk untuk wajah berminyak sehingga dapat mengatasi timbulnya jerawat. Kulit pisang juga dapat dimanfaatkan sebagai masker yang dapat mengatasi jerawar dan komedo, cara membuat masker kulit pisang juga tergolong mudah.

  1. Mencerahan wajah

Biasanya jenis vitamin yang dimanfaatkan oleh beberapa produk kecantikan dalam mencerahkan wajah adalah vitamin C. Namun ternyata vitamin E juga mampu digunakan sebagai salah satu kandungan alami yang dapat mencerahkan wajah. Vitamin E dapat mencerahkan kulit wajah, dengan memanfaatkan zat aktif di dalamnya.

  1. Mencegah kerusakan sel kulit wajah

Biasanya pada seseorang yang sudah memasuki usia monopause kulit wajah yang dimiliki cenderung akan kehilangan kemampuan dalam memproduksi kolagen yang dapat membuat kulit wajah terlihat kencang. Pada masa ini kerusakan sel kulit wajah dapat terjadi seiring bertambahnya usia. Dengan mengkonsumsi vitamin E dapat membantu masalah kerusakan sel kulit wajah ini. Namun biasanya vitamin E benar-benar akan terasa manfaatnya dalam mencegah kerusakan sel kulit wajah ketika pengkonsumsi atau perawatan dengan menggunakan vitamin E telah di lakukan sedari dulu.

Demikianlah 11 manfaat vitamin E bagi wajah yang harus diketahui. Vitamin E memang menjadi vitamin primadona dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Namun vitamin E ini juga tak dapat dikonsumsi secara berlebih karena dapat menimbulkan beberapa masalah pada kesehatan. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan kecang dapat mengkonsumsi air putih secara rutin setiap harinya dengan jumlah tertentu. Hal ini merupakan cara yang paling ampuh serta alami tanpa memberikan efek samping lainnya. Selain itu melakukan kegiatan olahraga juga sangat disarankan jika ingin mendapatkan kulit wajah yang sehat dan kencang.