6 Vitamin untuk Kulit Kering, Bersisik dan Mengelupas

Kulit yang berjenis kering tak hanya memerlukan cairan untuk membuatnya senantiasa terhidrasi, tapi juga membutuhkan vitamin yang tepat. Mengetahui penyebab kulit kering adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan, barulah kemudian mencari solusinya. Salah satu solusi atau cara mengatasi kulit kering pada wajah maupun tubuh adalah dengan mengonsumsi vitamin untuk kulit kering.

Vitamin memang pada dasarnya diperlukan oleh tubuh, namun ada juga vitamin yang benar-benar dikhususkan untuk mengatasi kulit kering. Penting untuk diketahui bahwa vitamin tak hanya bisa menjaga kesehatan tubuh bagian dalam saja. Kulit pun memerlukan vitamin untuk tetap terjaga sel dan jaringannya supaya sehat; maka, di bawah inilah vitamin-vitamin tersebut.

(Baca juga: penyebab kulit kering dan kusam – cara merawat kulit agar putih)

1. Vitamin A

Kunci supaya mempunyai kulit yang cantik dan tampak selalu sehat serta segar adalah memenuhi asupan vitamin A dengan sempurna. Vitamin A yang biasanya diketahui sangat bagus untuk kesehatan mata ini juga ternyata sangat baik untuk kesehatan kulit, terutama kulit yang bertipe kering.

Vitamin A memiliki tugas untuk memperbaiki serta memelihara jaringan kulit, jadi bagi Anda yang tidak memenuhi vitamin ini secara maksimal, maka tentunya akan ada risiko kesehatan yang dialami. Bahkan potensi untuk mengalami kulit kering ditambah juga bersisik lebih tinggi ketimbang mereka yang rajin mengonsumsi vitamin A dan menjaga kadarnya tetap normal.

Itulah mengapa vitamin A menjadi salah satu cara mengatasi kulit kering dan bersisik secara ampuh. Bahkan sudah diketahui pula dari hasil sebuah studi penelitian oleh American Academy of Dermatology bahwa penggunan lotion dengan vitamin A di dalamnya mampu mengurangi garis halus dan kerutan akibat kulit kering.

Untuk membuat kulit tak mudah kering serta terjauh dari pecah-pecah dan bersisik, cobalah untuk mulai rajin mengonsumsi berbagai macam sayuran hijau. Wortel pun kaya akan vitamin A, jadi selain bisa meningkatkan kesehatan mata, Anda juga bisa meningkatkan kesehatan kulit secara maksimal dan alami. Masukkan sayuran hijau serta wortel ke dalam menu makanan Anda sehari-hari dan lihat hasilnya nanti.

(Baca juga: manfaat suntik kolagen pada wajah)

2. Vitamin B Kompleks

Vitamin lainnya yang sangat bagus untuk kulit kering adalah vitamin B kompleks di mana memang vitamin ini memberikan nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan seperti biotin juga ada pada vitamin B kompleks di mana fungsinya adalah sebagai penjaga pertumbuhan serta perkembangan kuku, sel rambut dan kulit.

Mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang mengandung vitamin B kompleks tinggi tentu akan membantu Anda memenuhi asupan vitamin ini secara sempurna. Makanan-makanan seperti oatmeal, beras, pisang atau telur adalah yang paling baik untuk dikonsumsi demi supaya tubuh bisa mendapatkan vitamin B kompleks.

Selain bisa menyebabkan dermatitis, kekurangan vitamin B kompleks juga mampu memicu kerontokan rambut. Perawatan luar sangatlah penting, dan krim topical juga dapat menjadi solusi karena memang sangat kaya akan vitamin B kompleks. Fungsinya cukup besar, terutama dalam membuat kulit tampak segar dan sehat dengan memberikan rona pada kulit serta mencegah peradangan menyerang kulit.

(Baca juga: suntik vitamin c dan kolagen)

3. Vitamin C

Vitamin C kerap disebut-sebut sebagai vitamin yang paling dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal itu dikarenakan vitamin C sangat dapat memerangi penyakit flu. Namun sebetulnya, vitamin C pun berguna untuk mengatasi kulit kusam, gelap dan kering. Ingat bahwa vitamin ini mampu menaikkan jumlah produksi kolagen sehingga kulit kering teratasi.

Sponsors Link

Mungkin Anda merasa membutuhkan cara mengatasi kulit wajah kering secara alami yang paling ampuh, maka vitamin C adalah solusinya. Dengan produksi kolagen yang meningkat, otomatis tekstur kulit menjadi jauh lebih lembut dan lembab, kemudian keriput pun akan berkurang. Artinya, vitamin C mampu mengurangi potensi kerusakan kulit secara menyeluruh dan bahkan membantu memutihkannya.

Bila Anda bingung apa yang yang harus dikonsumsi untuk dapat memenuhi asupan vitamin C di dalam tubuh demi kesehatan tubuh dan kulit, makanan-makanan dengan kandungan kaya akan vitamin C adalah pilihannya. Sayuran hijau, buah jeruk, paprika, serta kembang kol adalah yang paling baik untuk dikonsumsi setiap hari.

(Baca juga: pelembab wajah untuk kulit kering)

4. Vitamin D

Jenis vitamin lainnya yang sangat baik untuk membuat kulit kering menjadi lebih sehat adalah vitamin D. Untuk tulang, vitamin ini memang sangat bagus karena mampu memperkuat dan menyehatkan tulang. Namun fungsinya tak hanya sekadar baik untuk tulang saja, karena pada dasarnya vitamin D juga dibutuhkan oleh kulit manusia.

Vitamin D menyimpan segudang manfaat juga untuk kesehatan kulit di mana vitamin ini sangat cocok digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit tipe kering. Fungsi dari vitamin ini juga bisa mendukung proses penyerapan nutrisi yang kulit butuhkan layaknya vitamin-vitamin yang lain. Namun tentunya tak hanya vitamin ini saja yang masuk ke dalam tubuh.

Mengimbangi asupan segala vitamin sangat membantu Anda untuk mendapatkan nutrisi lengkap bagi tubuh dan kulit. Vitamin D juga merupakan nutrisi yang akan menjadi obat bagi penderita psoriasis. Psoriasis sendiri adalah sebuah kondisi penyakit yang bisa memicu iritasi dan pengelupasan kulit di mana hal ini cukup serius ketika tak ditangani dengan baik.

(Baca juga: masker untuk kulit kering dan flek hitam)

5. Vitamin E

Jenis vitamin ini adalah yang paling dikenal baik untuk mengatasi masalah kulit karena fungsi utamanya sebagai penyehat kulit. Khusus untuk kulit kering, memang vitamin E lebih bermanfaat karena kebaikannya dalam menghilangkan bekas luka serta mencegah kulit dari kerusakan. Bahkan vitamin E adalah solusi bagi tanda-tanda penuaan dini.

Ketika kulit mulai memperlihatkan kerutan maupun garis halus, ini juga menjadi tanda bahwa kulit mulai kehilangan sisi elastisnya. Jadi untuk meningkatkan atau mengembalikan kenormalan kulit serta menjadikannya lembut serta kenyal, vitamin E bisa diandalkan. Minyak vitamin E bisa digunakan untuk perawatan dari luar bila Anda ingin kulit yang sehat.

Sponsors Link

Atau, mulailah mengatur diet dengan mengonsumsi makanan-makanan yang memang kandungan vitamin E-nya sangat tinggi. Contoh makanan yang bagus untuk mengisi menu diet Anda adalah bayam, buah zaitun, serta kacang-kacangan. Makanan-makanan tersebut cukup tinggi dalam memberikan manfaat bagi kulit dari dalam dan sangat sesuai untuk tipe kulit kering yang Anda keluhkan.

Penggunaan secara teratur akan lotion maupun minyak vitamin E, ditambah konsumsi makanan-makanan yang berkandungan vitamin E tinggi akan membantu untuk menjadikan kulit cerah dan segar serta lebih cantik dan berkilau. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga siap untuk senantiasa melembabkan kulit secara alami dan efektif sehingga tampilan Anda bakal kelihatan selalu awet muda.

Selain itu, vitamin E juga berfungsi sebagai peningkat daya tahan tubuh di mana sel-sel penyebab kanker kulit bisa ikut dicegah dan dibasmi. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi maupun menggunakan vitamin E baik dari dalam maupun luar. Untuk supaya kulit kering menjadi normal dan jauh dari radikal bebas, penuhi asupan vitamin ini dengan sempurna.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kaki kering)

6. Vitamin K

Vitamin lainnya yang juga tak boleh ketinggalan untuk dipenuhi agar kulit kering teratasi adalah vitamin K. Untuk menghilangkan memar, kerutan serta mata panda, begitu juga dengan masalah memar, vitamin K adalah salah satu solusinya. Masalah mata panda maupun mata bengkak juga bisa ditangani dengan vitamin K.

Ada banyak manfaat yang diberikan oleh vitamin ini di mana salah satunya adalah sebagai cara mengatasi kulit mengelupas akibat kering yang sudah berlebih. Jika ingin memaksimalkan asupannya, silakan untuk mengonsumsi sayuran yang warnanya gelap setiap harinya. Masukkanlah ke dalam menu diet Anda sehari-hari agar manfaatnya bisa terasa.

(Baca juga: cara mengatasi kulit wajah kering – ciri-ciri kulit sensitif)

Pilihlah produk perawatan yang memang mengandung vitamin-vitamin tersebut karena yang sudah disebutkan itu adalah vitamin untuk kulit kering yang secara ampuh mengatasi dengan alami tanpa adanya efek samping. Bila memang perlu, konsultasikan ke dokter jika hendak mengonsumsi suplemen.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 21st, November 2016 / 05:23 Oleh :
Kategori : Vitamin