Categories: Mata

6 Tips Memilih Softlens Untuk Mata yang Cantik

Lensa kontak sangat mudah untuk digunakan dan praktis, tetapi sekaligus dapat menciptakan banyak masalah jika Anda tidak memilih yang paling tepat untuk mata Anda. Ada banyak pilihan berbeda yang tersedia di pasaran hari ini dan pilihannya bisa menjadi sangat membingungkan. Mengetahui bagaimana cara memilih softlens dari keuntungan dan kerugiannya serta kegunaan dari berbagai tipe lensa kontak bisa membantu Anda untuk mempermudah pengambilan keputusan dan meninggalkan Anda dengan pilihan terbaik untuk mata. Terkadang untuk tips memilih softlens perlu dikonsultasikan dengan dokter mata Anda untuk kondisi tertentu. Sebab pilihan yang tepat tergantung pada banyak faktor termasuk kepada kondisi mata, seberapa banyak Anda bisa menoleransi pemakaian lensa kontak, apa yang diharapkan dan seberapa banyak Anda bisa bersedia merawat lensa dengan layak.  Berikut ini adalah beberapa tips memilih softlens yang perlu diperhatikan.

1. Mengetahui beberapa macam lensa kontak

Ada banyak jenis berbeda dari softlens yang bisa memenuhi kebutuhan Anda. Secara umum, softlens lebih mudah disesuaikan daripada tipe lensa yang lain, juga cenderung lebih nyaman khususnya untuk digunakan dalam waktu lama. Beberapa jenis softlens yaitu:

  • Extended wear lenses – Bisa digunakan semalaman dan tidak dilepas secara berkelanjutan hingga 7 hari. Beberapa merk sudah mendapatkan persetujuan FDA untuk pemakaian hingga 30 hari berturut – turut.
  • Planned replacement lenses – Jenis ini tidak boleh dipakai semalaman dan harus diganti secara teratur biasanya setiap dua minggu, empat minggu atau 12 minggu.
  • Silicone – based lenses – Lensa jenis ini sangat mudah bernapas dan mencegah kotoran menumpuk di mata sehingga bisa lebih nyaman dipakai dengan resiko iritasi yang berkurang khususnya jika Anda mengalami mata kering.
  • Colored softlens – Lensa kontak ini diwarnai dengan tinta tertentu yang bisa bersifat fungsional tanpa mengubah warna mata Anda atau bisa bersifat kosmetik, memberi Anda warna mata berbeda daripada warna alami Anda.

2. Seberapa sering penggunaannya

Tips memilih softlens perlu Anda lihat dari seberapa sering Anda akan menggunakannya. Apakah Anda akan menggunakannya setiap hari atau hanya pada akhir pekan, atau hanya pada kesempatan khusus saja. Kebanyakan orang menggunakan lensa kontak yang nyaman untuk full time atau part time. Jenis lensa rigid gas permeable (RGP/GP) sebaliknya, harus digunakan setiap hari untuk mendapatkan rasa nyaman di mata, namun pada akhirnya akan memberikan pandangan yang lebih jelas daripada softlens khususnya untuk Anda yang mengalami astigmatism. Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara membedakan softlens kanan dan kiri serta cara memakai softlens yang benar.

3. Seberapa berkomitmen Anda

Tips memilih softlens juga perlu diperhatikan pada seberapa jauh Anda bersedia merawat lensa kontak dengan benar. Untuk menghindari masalah mata serius yang disebabkan pemakaian lensa termasuk infeksi jamur mata dan corneal ulcers, sangat penting jika Anda menggunakan larutan lensa kontak yang direkomendasikan dokter. Walaupun lensa kontak sekali buang telah mengurangi sebagian resiko infeksi mata, perawatan lensa harian masih penting untuk menjaga mata Anda tetap sehat selagi menggunakan lensa kontak. Jika Anda tidak suka membersihkan lensa secara rutin setiap hari, pertimbangkan untuk menggunakan lensa kontak sekali buang yang bisa digunakan setiap hari.

4. Pertimbangkan waktu pemakaian

Jika pemakaian semalaman menjadi keinginan Anda, maka ada beberapa lensa kontak yang memiliki kandungan oksigen tinggi untuk digunakan dan telah disetujui oleh FDA Amerika. Tetapi pemakaian lensa kontak berkelanjutan tetap kurang aman untuk siapa saja. Jika Anda lebih tertarik pada pemakaian lensa kontak dalam waktu lama, dokter mata Anda dapat mengevaluasi seberapa baik mata Anda dapat menoleransi pemakaian semalaman untuk mengetahui apakah aman atau tidak bagi mata Anda. Seimbangkan dengan cara memakai eyeliner untuk mata besar dan cara menggunakan masker mata untuk membuat mata Anda tetap cantik.

5. Apakah Anda menggunakan lensa bifokal

Tips memilih softlens berikutnya adalah untuk mempertimbangkan pemakaian lensa bifokal, terutama untuk Anda yang berusia diatas 40 tahun. Lensa bifokal adalah lensa kontal multifokal yang bisa mengurangi kebutuhan untuk membaca dengan menggunakan kaca mata. Pilihan lain adalah monovision, ketika satu lensa kontak diresepkan untuk memberi Anda pandangan jarak yang bagus dan lensa kontak yang lainnya diresepkan untuk pandangan dekat. Mungkin terdengar aneh, tetapi bagi orang dengan presbiopi akan merasa monovison dapat memenuhi kebutuhan mereka akan lensa yang nyaman dan terasa alami. Perhatikan penyebab mata panda, manfaat celak mata dan cara menghilangkan kantung mata yang besar dan sembab agar penampilan mata Anda tetap seimbang ketika memakai softlens.

6. Ketahui kekurangan softlens

Untuk banyak orang, softlens lebih nyaman digunakan daripada lensa RGP dan lebih cocok dengan kebutuhan mereka. Namun softlens biasanya tidak memperbaiki pandangan sebaik lensa RGP. Ada beberapa kekurangan softlens yang perlu dipertimbangkan yaitu:

  • Softlens cenderung menyerap polutan dari lingkungan lebih mudah daripada lensa RGP. Jika Anda berada di lingkungan perokok atau berasap secara rutin, mungkin softlens akan menjadi masalah.
  • Softlens juga cenderung menyerap iritan dari tangan Anda termasuk lotion dan sabun. Mencuci tangan sebelum melakukan pemakaian softlens bisa mengurangi resiko ini, walau tidak akan mengurangi kemungkinan penyerapan.
  • Karena sifatnya yang lembut dan berpori, softlens bisa menjadi lebih rapuh daripada lensa RGP. Sebagai hasilnya, softlens bisa saja robek atau terbelah dengan mudah.

Pemakaian lensa kontak tidak mengeliminasi kebutuhan Anda untuk menggunakan kaca mata. Selain itu untuk tips memilih softlens lainnya, Anda perlu mempertimbangkan biaya yang dibutuhkan untuk lensa kontak dan bagaimana budget yang tersedia. Ketika mempertimbangkan biayanya, jangan lupa juga biaya untuk larutan lensa kontak khusus. Juga perhatikan adanya alergi pada mata atau mata kering yang bisa mempengaruhi kenyamanan lensa kontak Anda atau membatasi kemampuan untuk menggunakan lensa kontak. Mendiskusikannya dengan dokter mata perlu Anda lakukan jika mengalami kedua kondisi ini. Lensa kontak sekali buang dapat membantu mengurangi gejala alergi lensa kontak dan ada beberapa merk khusus untuk mata kering yang bisa membantu Anda menggunakan softlens lebih nyaman.

Share
Published by
Devita Retno

Recent Posts

Ini 9 Rekomendasi Facial Wash Korea untuk Kulit Berminyak!

Ada begitu banyak produk perawatan kulit dari Korea Selatan yang banyak digemari oleh wanita Indonesia. Dan yang paling banyak dicari…

14 hours ago

Banyak Banget, Ini Kelebihan Wardah Lightening Two Way Cake Light Feel SPF 15!

Saat make up, complexion  adalah salah satu aspek yang paling esensial. Apabila complexion sudah terlihat bagus dan rapi, hasil akhir…

4 days ago

7 Rekomendasi Toner Lokal Cocok untuk Kulit Kering

Toner merupakan salah satu produk perawatan wajah yang memilii banyak manfaat, terutama untuk menjaga wajah tetap lembab dan memberikan ketenangan…

4 days ago

8 Rekomendasi Toner Korea Selatan untuk Kulit Berminyak!

Toner sebagai salah satu produk perawatan kulita memiliki peranan penting. Toner berfungsi untuk menghapus sisa pembersih wajah, mencegah pori –…

5 days ago

9 Cara Merawat Rambut Agar Tidak Kusam dan Kering

Rambut yang subur dan sehat jauh dari kekusaman menjadi impian hampir semua wanita. Akan tetapi gaya hidup dan lingkungan tempat…

7 months ago

10 Cara Merawat Rambut Ala Korea Agar Sehat

Trend kecantikan ala Korea sekarang sedang menjadi sesuatu yang mendunia dan banyak dilakukan oleh para pemerhati kecantikan. Mulai dari rutinitas…

7 months ago