Sponsors Link

23 Cara Alami Memerahkan Bibir yang Hitam

Sponsors Link

Memiliki bibir merah dan cerah adalah dambaan semua orang, utamanya perempuan. Alasannya cukup sederhana bibir cerah merah mencerminkan banyak hal. Mulai dari kebersihan, keindahan, penampilan prima, kesehatan hingga hingga sikap mental yang positif. Karena itu, tak jarang ada banyak sekali orang yang terobsesi memiliki bibir merah dan mencoba berbagai cara untuk mendapatkannya, mulai dari yang instan hingga yang alami. Cara instan yang paling banyak dan populer digunakan adalah dengan menggunakan pewarna bibir, lipstick atau pelembab dan penyegar bibir yang umum dikenal dengan istilah lipgloss.

ads

Berbagai Cara Instan untuk Memerahkan Bibir

Dibandingkan cara-cara instant, cara alami memang membutuhkan lebih banyak waktu serta menuntut ketelatenan dan kesabaran dalam melakukan hal yang sama berulang-ulang. Namun demikian, hal tersebut sebanding dengan manfaat yang dirasakan, yakni bibir yang merah cerah dan tahan lama serta bebas efek samping dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Berikut ini cara memerahkah bibir secara instan yang biasa dilakukan :

  • Memakai lipstick atau lipgloss misalnya, memang menjanjikan bibir cerah merah dan bahkan sesuai dengan pilihan warna yang diinginkan, mulai dari yang soft hingga yang mencolok. Namun demikian, efeknya tidak panjang dan bibirpun akan kembali ke warna semula begitu penggunanya cuci muka.
  • Alternatif lain dalam kategori cara instant mencerkan warna bibir adalah dengan teknik sulam bibir serta penggunaan zat-zat kimia semisal gliserin. Dibanding pemakaian lipstick maupun lipgloss, dua cara ini memang menjanjikan efek yang lebih lama akan tetapi hal demikian sesuai dengan resiko dan efek samping yang tak kalah besar. Karena itu, cara-cara seperti tersebut umumnya tidak direkomendasikan.

Adapun cara alami mencerahkan bibir, sedikitnya dapat dipetakan menjadi tiga bagian. Pertama, melakukan treatment langsung secara khusus. Kedua, menciptakan kebiasaan baik dan mengkonsumsi jenis-jenis makanan tertentu. Berikut adalah penjelasan mendetail tentang ketiga hal tersebut.

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan sebagai treatment dalam mencerahkan bibir. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Pasta gigi

Bahan ini terbilang yang paling mudah didapatkan karena anda gunakan tiap hari. Namun demikian, pastikan pasta gigi yang akan Anda pakai untuk mencerahkan bibiradalah pasta gigi berwarna putih, tidak memiliki kandungan detergent dan tidak berbentuk gel. Cara menggunakannya adalah dengan :

  • mengoleskan sedikit pasta gigi pada bagian bibir
  • Ini dapat dilakukan sebelum tidur secara rutin kemudian bersihkan dan bilas begitu bangun tidur
  • Jika tidak, dapat memilih waktu lain dan membiarkan pasta gigi di bibir Anda selama 2-3 menit saja sebelum membilasnya
  • Untuk melakukan treatment yang satu ini, pastikan bibir Anda berada dalam kondisi sehat, tidak sedang terluka atau berdarah
  • Mengoleskan pasta gigi dalam keadaan bibir tidak sehat hanya akan menyebabkan iritasi dan bukannya menyehatkan bibir

2. Madu

Madu merupakan zat alami yang tidak hanya nikmat di lidah dan dapat mempertebal imun tubuh, akan tetapi juga merawat kecantikan kulit dan mencerahkan bagian bibir. Madu secara khusus dapat menyerap kemudian meremajakan sel-sel dalam bibir Anda, karena itu untuk kebutuhan mencerahkan warna bibir. Caranya :

  • Anda dapat menggunakan madu dengan mengoleskannya di bagian bibir
  • memijit seluruh bagian bibir Anda dengan lembut dan membiarkannya semalaman selama Anda tidur
  • Meski demikian, Anda dapat melakukannya di waktu lain ketika tengah tidak melakukan banyak aktivitas dan mendiamkannya selama 15-20 menit di bibir Anda

Untuk hasil terbaik, upayakan Anda memilih madu murni sehingga vitamin C-nya masih berlimpah dan rutin mengulang treatment ini. Anda juga bisa mengombinasikan treatment ini dengan cara pertama dengan terlebih dahulu menjajal cara pertama.

Sponsors Link

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah bahan alami lain yang dapat membantu Anda mendapatkan bibir cerah merah alami. Satu di antara manfaat dan kandungan jeruk nipis adalah untuk perawatan wajah dan jerawat, tidak terkecuali menjadikan bibir merah cerah alami. Cara meraciknya pun sederhana, yaitu :

  • Anda tinggal memeras jeruk nipis hingga 2-3 sendok makan kemudian mencampurnya dengan sedikit air hangat
  • Setelah itu, oleskan campuran air hangat dan perasan jeruk nipis ke bibir Anda dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya
  • Untuk hasil terbaik, upayakan menggunakan air hangat sebagai air bilasan terakhir

Cara ini diyakini ampuh untuk mencerahkan bibir termasuk bibir yang sudah terlanjur menghitam. Seperti cara-cara sebelumnya, melakukan treatment ini sebelum tidur kemudian membilasnya begitu bangun tidur sangat direkomendasikan untuk hasil terbaik, utamanya jika Anda dapat memastikan posisi tidur yang tidak banyak bergerak sehingga kandungan air jeruk nipis dapat terserap dengan baik.

4. Mentega

Mentega merupakan bahan lain yang bisa menjadi alternatif dalam usaha Anda memerahkan bibir. Kandungan minyak yang melimpah dalam mentega dapat melembabkan kulit dan atau mengembalikan kelembabannya. Bahan ini akan sangat membantu mencerahkan bibir Anda yang kurang lembab dan kering dengan terlebih dahulu memberi asupan minyak yang cukup. Cara melakukan treatment ini sangat sederhana, yakni dengan mengoleskan mentega secukupnya sebelum tidur, membiarkannya semalaman dan membilasnya begitu bangun tidur.

5. Alpukat

Alpukat umumnya dikenal karena rasanya yang enak ketika disajikan dalam bentuk es buah atau juice. Selain itu, buah ini ternyata juga baik dalam membantu mencerahkan warna bibir utamanya jika dicampur dengan minyak zaitun. Cara meracik dan mengoleskannya di bibir juga tidak sulit dan relatif sama dengan cara-cara lain, yaitu :

  • Anda tinggal mengiris buah alpukat atau menghaluskannya kemudian campurkan dengan minyak zaitun secukupnya
  • Jika mau menggunakan takaran, Anda bisa menggunakan 50 gr buah alpukat dan 2 hingga 3 tetes minyak zaitun
  • Aduk campuran tersebut kemudian pijat pelan pada bibir Anda dan biarkan selama 5-10 menit. Setelah itu, gunakan air hangat untuk membilasnya.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah bahan yang sangat sering digunakan untuk perawatan kecantikan karena fungsinya yang demikian besar dalam peremajaan sel-sel kulit. Caranya :

  • Untuk melakukan treatment ini, pastikan bibir Anda bersih dari lipstick atau bahan kosmetik lain terlebih dahulu
  • kemudian oleskan pada bibir Anda, diamkan sebentar lalu bisa dengan air bersih
  • Untuk hasil terbaik, bisa mencampur minyak zaitun dengan sedikit madu atau gula
  • Ada juga yang mencampur minyak zaitun dengan irisan buah alpukat yang juga kaya akan vitamin C.

7. Kunyit dan Susu

Kunyit ternyata tidak hanya bermanfaat untuk mengobati diare, menghangatkan tubuh serta menambah sistem pertahanan tubuh, akan tetapi juga untuk mencerahkan kulit bibir. Sediakan bubuk kunyit secukupnya dengan satu sendok teh susu kental rasa original kemudian aduk sampai bercampur atau berbentuk pasta kemudian oleskan pada bibir. Tunggu sekita 5 menit kemudian bilas dengan air.

8. Air Mawar

Air mawar selama ini dikenal sebagai bahan untuk mengompres penderita demam. Selain itu, air mawar ternyata juga berkhasiat mencerahkan bibir dengan hanya melalui cara singkat nan sederhana. Jika Anda ingin menjajal cara ini, yaitu :

  • Anda tinggal memasukkan bunga mawar ke dalam semangkuk kecil air hingga bulir-bulirnya berguguran
  • Setelah itu, usapkan air mawar ke bagian bibir sebelum tidur dan bilas keesokan harinya
  • Karena bahan yang digunakan alami dan tanpa efek samping, anda bisa melakukan cara ini setiap malam.

9. Daun Ketumbar

Jika bahan-bahan tersebut di atas umumnya mencerahkan bibir dengan memberi nutrisi yang cukup. Maka daun ketumbar berfungsi secara langsung untuk mengurangi kemudian menghilangkan warna hitam atau gelap pada bibir. Dengan demikian, bahan ini bisa dikombinasikan dengan bahan lain yang fungsi utamanya adalah menyuplai nutrisi pada kulit dan bibir sehingga dapat mencerahkan kulit bibir. Cara meraciknya pun mudah, yaitu :

  • Anda tinggal menghaluskan daun ketumbar kemudian mencampurnya dengan sedikit air dan mengoleskannya di bagian bibir
  • Setelah itu, tunggulah sebentar lalu bilas sampai bersih
  • Untuk hasil maksimal, tunggulah selama 20 menit dan bilas menggunakan air hangat

10. Minyak Almond

Minyak almond memiliki kandungan vitamin E yang dapat meremajakan kulit dan mengembalikan warna asalnya seperti ketika usia muda. Selain itu, kandungan minyak almond juga berguna untuk melembabkan bibir dan menghindarkannya agar tidak kering utamanya ketika musim kemarau atau di daerah-daerah dengan suhu panas yang tinggi. Jika Anda tertarik untuk mencoba bahan ini, Anda dapat langsung membeli minyak almond di toko terdekat kemudian langsung mengolesnya di bibir Anda dan meratakannya.

Praktis dan mudah, bukan? Waktu ideal melakukan treatment ini, seperti bahan-bahan lainnya, adalah sebelum tidur sehingga sebangunnya dari tidur, Anda bisa tinggal membilasnya.

ads

11. Yoghurt

Yoghurt juga bisa menjadi alternatif bahan yang digunakan untuk mencerahkan dan memerahkan bibir. Seperti bahan-bahan lain yang disebut di atas, yoghurt bisa dioleskan dan ratakan ke bagian bibir kemudian membilasnya. Untuk hasil terbaik, Anda disarankan mencampur yoghurt dengan madu sehingga kandungan vitamin C dari campuran tersebut dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kulit bibir Anda.

12. Scrub Gula dan Lemon

Salah satu penyebab menghitamnya kulit bibir adalah matinya sel kulit mati yang mengendap lama dan lambatnya proses regenerasi. Gangguan yang demikian bisa diatasi dengan scrub sehingga sel kulit mati dapat segera terangkat sekaligus merangsang proses regenerasi. Untuk hasil terbaik, disarankan membuat scrub dari campuran gula dan lemon sebab kedua bahan tersebut dapat mempercepat proses pengangkatan sel kulit mati serta regenerasinya.

13. Masker Bibir

Jika terbiasa merawat kecantikan tubuh maupun wajah  dengan masker, kenapa tidak terpikir untuk juga memanjakan bibir Anda dengan masker khusus bibir? Cara membuatnya sangatlah mudah, yaitu :

  • Anda tinggal memeras air lemon, menambahkan sedikit air dan campuran madu kemudian mengaduknya hingga semua bahan bercampur jadi satu
  • Setelah itu, Anda oleskan masker ke seluruh bagian bibir dan membiarkannya selama 10 hingga 15 menit agar kandungan dan nutrisi di dalamnya dapat terserap sempurna oleh bibir
  • Setelah itu, bilas hingga benar-benar bersih dan bisa langsung merasakan segarnya bibir yang cerah dan sehat.

14. Treatment Sikat Gigi Bekas

Sikat gigi bekas yang masih layak pakai dan sudah dibersihkan dapat menjadi alat ampuh untuk memiliki bibir cerah memerah. Anda hanya tinggal menggosokkan dengan lembut ke seluruh bagian bibir selama beberapa menit. Pastikan bulu sikatnya masih lembut sehingga tidak melukai bibir Anda. Cara yang demikian berguna untuk secara manual membersihkan bibir sehingga kotoran-kotoran dapat terangkat dan warna bibir yang asli bisa kembali.

Satu hal yang menjadi keharusan adalah, membersihkan bibir Anda dari bekas lipstick atau kotoran yang menempel sebelum mengolesnya dengan beberapa bahan di atas. Pastikan juga bibir Anda berada dalam keadaan normal dan sehat sehingga dioleskannya beberapa bahan di atas tidak justru menambah infeksi dan berpotensi membahayakan. Jika Anda memilih untuk menggunakan bahan-bahan yang rentan didatangi semut, Anda juga harus cermat dan pandai melakukan langkah-langkah antisipasi.

Anda juga bisa mencampur beberapa cara tersebut di atas bahkan mencobanya satu-satu mengingat bahan-bahan yang digunakan adalah dari alam dan bebas efek samping. Namun demikian, pastikan Anda melakukannya secara konsisten dan rutin. Berkonsultasi dengan dokter kulit dan kecantikan juga akan menjadi salah satu nilai tambah untuk mendapat hasil yang benar-benar maksimal.

Gaya Hidup yang Membuat Bibir Lebih Cerah

Selain beberapa cara memerahkan bibir di atas, ada gaya hidup serta pola konsumsi ideal yang juga harus dilakukan untuk melengkapi sekaligus menyeimbangkan cara yang telah dilakukan untuk memiliki bibir merah cerah. Anda juga perlu menciptakan dan membiasakan pola konsumsi sehat yang akan dapat berimbas langsung dalam menjaga kesehatan kulit dan memiliki bibir cerah merah. Point ini juga tak kalah penting sebab makanan yang diserap tubuh juga akan berpengaruh terhadap semua organ, tidak terkecuali kulit dan warnanya.

Kebiasaan dan pola hidup yang baik dan dapat berefek positif dalam upaya memiliki bibir merah cerah seperti berikut ini :

1. Membersihkan bibir setiap malam

Sebelum tidur, pastikan melengkapi ritual cuci kaki dan sikat gigi dengan membersihkan bibir. Untuk keperluan ini, Anda bisa mencoba menggunakan treatment dengan sikat gigi bekas yang lembut dan tidak melukai bibir. Dengan rutin melakukan kebiasaan ini tiap hari, kotoran-kotoran yang terakumulasi tiap harinya akan luntur dan tidak mengendap di bibir Anda serta berpotensi menghitamkan dan atau menggelapkan warna bibir.

Kontak dengan air saja sudah amat membantu membersihkan kotoran yang menempel di bibir setelah aktivitas Anda seharian. Karena itu, hasil terbaik bisa Anda dapatkan jika menambahnya dengan treatment sikat gigi bekas kemudian menggunakan bahan-bahan alami lain yang Anda biarkan semalaman ‘merawat’ bibir Anda.

2. Menghindari Kebiasaan Menjilat Bibir

Selama ini kebiasaan menjilat bibir seringkali kita temui di sekitar kita, bahkan kita sendiri bukan tak mungkin terbiasa melakukannya. Ini biasanya dilakukan ketika bibir mengering, udara panas hingga tiada kelembaban dan berpotensi pecah-pecah bahkan luka. Sayangnya, kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatan pun penampilan. Menjilat bibir tidaklah menyelesaikan masalah keringnya bibir, akan tetapi justru membuatnya semakin kering kendati setelah dijilat, bibir akan tampak basah sekilas.

Selain itu, menjilat bibir ternyata juga dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pucat sehingga warna aslinya akan memudar. Karena itu, hentikan kebiasan ini dan carilah cara lain yang lebih aman untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, semisal mengonsumsi sayur dan buah-buahan, memperbanyak konsumsi air dan melakukan treatment dengan bahan-bahan alami agar nutrisi yang dibutuhkan bibir dapat tercukupi.

3. Menghindari Menggunakan Berbagai Macam Lipstick

Dewasa ini, lipstick bisa dibilang merupakan perlengkapan kosmetik yang dimiliki hampir semua perempuan demi mendukung penampilannya. Hal ini sah-sah saja dengan beberapa catatan, diantaranya adalah tidak menjadikan bibir sebagai uji coba lipstick berbagai jenis dan merk. Jika Anda sudah cocok menggunakan satu merk dan jenis dan tidak mengalami keluhan apa-apa, tetaplah menggunakan lipstick tersebut karena itu berarti kulit Anda dapat menyesuaikan beberapa kandungan kimiawi yang terdapat di dalamnya.

Jika ingin berinovasi, Anda bisa mengubah pilihan warna lipstick dan bukan jenis serta merknya. Pemakaian lipstick berbagai jenis dan merk secara terus menerus hanya akan merusak keindahan dan kesehatan bibir Anda.

4. Menghindari Penggunaan Lipstick dalam Waktu yang Lama

Untuk menghindarkan efek bahan kimia dalam lipstick yang bisa jadi membahayakan, pastikan Anda rajin mencuci muka dan membersihkan sisa lipstick. Ini misalnya dapat dilakukan ketika jam makan siang di kantor atau ketika sebelum tidur. Menggunakan lipstick dalam waktu yang lama tanpa membersihkannya tidaklah baik untuk kesehatan dan keindahan bibir, termasuk dalam menjaga warna natural yang cerah dan memerah. Dalam hal ini, lebih baik menghabiskan lipstick dalam waktu lebih cepat, karena rajin membersihkan dan mengolesnya kembali. Dibanding terlalu hemat menggunakan lipstick dan memakainya dalam waktu lama.

6. Rajin mengkonsumsi air putih

Konsumsi air putih yang cukup secara umum memang bermanfaat bagi kesehatan karena mencukupi nutrisi yang dibutuhkan untuk beraktivitas, berpikir ataupu memperlancar kerja organ-organ tubuh. Selain itu secara khusus, konsumsi air putih yang cukup juga dapat menjaga kelembaban kulit, termasuk kulit bibir, sehingga bibir akan terlihat cerah, lebih sehat, tidak kering dan memerah. Untuk kepentingan kesehatan maupun kecantikan, dengan demikian, konsumsi air putih yang cukup dapat menjadi tips paling sederhana namun bisa diandalkan.

7. Rajin mengonsumsi sayuran dan buah

Kandungan vitamin C dalam sayuran dan buah juga berandil besar dalam menyehatkan kulit, tidak terkecuali kulit bibir. Serat yang terkandung dalam dua bahan makanan tersebut juga akan mencukupi nutrisi yang diperlukan tubuh sehingga dapat menghindarkan dari gangguan-gangguan semisal bibir pecah-pecah atau kering.

8. Hindari Rokok dan Alkohol

Gaya hidup ideal yang harus mulai dibiasakan, utamanya adalah mengurangi atau berhenti merokok serta mengkonsumsi kafein. Saran ini tentu akan terasa berat bagi yang terlanjur kecanduan rokok dan rutin mengkonsumsi kafein. Namun demikian, pertimbangan untuk menjaga penampilan terlebih kesehatan jangka panjang barangkali bisa menjadi hal yang patut dipikirkan untuk perlahan.

9. Olahraga

Tak lupa, rutin berolahraga dapat menumbuhkan energi positif dalam diri Anda sehingga tercermin dalam penampilan fisik, tidak terkecuali kulit dan bibir yang cerah dipadukan dengan treatment yang secara khusus dilakukan untuk tujuan tersebut.

Berbagai kebiasaan tersebut perlu dibangun agar bibir cerah memerah dengan alami serta terpelihara kesehatannya. Tentu saja untuk hasil terbaik, bisa dengan mencukupi nutrisi kulit bibir menggunakan bahan-bahan yang telah disebutkan.  Berbagai langkah di atas adalah tips mudah dan sehat yang dapat dicoba untuk meningkatkan rasa percaya diri dengan memiliki bibir sehat nan cerah memerah. Selamat mencoba !

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 17th, December 2015 / 03:42 Oleh :
Kategori : Bibir