Sponsors Link

26 Cara Mengatasi Muka Berminyak Secara Alami

Sponsored Links

Wajah berminyak menjadi salah satu masalah karena akan memberikan tampilan yang mengkilap pada wajah. Orang yang memproduksi minyak berlebih akan menyebabkan wajahnya jadi berminyak. Tak hanya tampak mengkilap saja namun wajah berminyak juga dapat menimbulkan berbagai permasalahan. Wajah yang mengandung banyak minyak cenderung akan mengalami beberapa masalah berikut ini :

  • Komedo

Komedo terbentuk dari tumpukan minyak dan kotoran yang menyumbat di pori-pori kulit. Komedo ini bisa tampak seperti titik-titik hitam atau putih yang muncul di atas pori-pori kulit. Penampakan komedo pada kulit wajah dapat mengganggu penampilan. Wajah menjadi tampak berbintik-bintik, belum lagi produksi minyak yang berlebihan membuat wajah menjadi mengkilap.

  • Jerawat

Jerawat juga dapat disebabkan oleh berlebihnya minyak di wajah. Komedo akan muncul karena tersumbatnya pori-pori, dan dari komedo tersebut dapat muncul jerawat. Jerawat yang muncul di wajah bisa berupa jerawat besar atau jerawat kecil. Jenis kulit berminyak dan faktor keturunan bisa menjadi penyebab munculnya jerawat ini. Jika minyak di kulit dapat diatasi maka permasalahan jerawat sebenarnya dapat diminimalkan asalkan tetap rutin membersihkan wajah.

Jadi masalah minyak di wajah memang perlu dikendalikan sehingga penampilan wajah dapat terjaga dengan baik. Tak hanya perempuan, laki-laki juga perlu merawat wajah mereka terutama bagi yang memiliki wajah berminyak. Ada yang mengatakan bahwa wajah berminyak cenderung awet muda namun, jika tak dirawat dengan baik akan cenderung mudah berjerawat. Bahasan berikut akan membahas secara lengkap tentang cara-cara untuk mengatasi masalah wajah berminyak

Makanan dan Minuman Sehat

Cara yang satu ini mungkin sedikit umum untuk dilakukan karena pengaruhnya juga tak hanya pada bagian wajah saja tapi pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun cara ini penting untuk dilakukan karena diri kita adalah apa yang kita makan. Hal yang tampak di luar, seperti muka yang berminyak dapat menunjukkan bahwa kita mungkin kurang makan makanan sehat yang dapat mengurangi produksi minyak berlebih tersebut. Beberapa makanan sehat yang dapat mengatasi muka berminyak antara lain:

1. Ketimun

Ketimun atau cucumber mengandung 95% air dan itu dapat bermanfaat untuk melembabkan kulit dan menghilangkan kelebihan minyak. Ketimun ini bisa dimakan langsung mentah-mentah. Kita bisa memakannya bersama dengan makanan lain yang juga tergolong sebagai makanan sehat dan dibutuhkan oleh tubuh kita.

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau dapat digunakan untuk mengatasi wajah yang berminyak. Sayuran berdaun hijau misalnya adalah bayam, sawi, atau kale. Sayuran tersebut mengandung banyak vitamin C yang dapat melawan oksidan jahat yang mengenai tubuh. Bayam dapat dimasak menjadi sayur bening atau salad. Kale sendiri bisa dibuat sebagai smoothies yang segar untuk pagi hari.

3. Air putih

Air putih sangat baik dan dibutuhkan dalam jumlah yang cukup oleh tubuh. Minumlah air putih untuk mengatasi masalah wajah berminyak dan masalah lainnya pada tubuh. Orang yang minum air putih dengan jumlah cukup akan menjadi lebih sehat. Air putih yang dibutuhkan setiap harinya adalah sekitar 8 gelas per hari. Perlu diingat bahwa air putih berbeda dengan air sirup, teh, atau jus. Meskipun kita meminum jus namun kita masih butuh untuk minum air putih.

Sponsors Link

4. Asam Lemak Omega-3

Pilihlah makanan yang mengandung manfaat anti peradangan. Manfaat tersebut bisa didapatkan dari makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Beberapa makanan yang mengandung asam lemak omega-3 antara lain ikan salmon, tuna, kacang kedelai, avokad, dan kacang. Makanan-makanan tersebut merupakan makanan yang enak dimakan dan juga menyehatkan.

5. Jus Lemon

Lemon dikenal mengandung banyak vitamin C. Kita sering melihat bahwa lemon banyak digunakan pada sabun pencuci piring untuk mengatasi lemak. Lemon tersebut juga bisa dilakukan untuk mengatasi produksi minyak berlebih di wajah, baik dari dalam ataupun dari luar.

6. Grapefruit

Grapefruit mengandung banyak air dan vitamin C sehingga cocok digunakan untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Buah yang satu ini bisa dimakan langsung atau dijadikan sebagai jus. Saat membuat jus buah sebaiknya tidak menambahkan gula atau menambahkan sedikit saja pemanis alami agar manfaatnya benar-benar bisa dirasakan.

7. Menghindari makanan yang dapat menyebabkan minyak berlebih

Selain makan-makanan yang sehat dan mengandung banyak vitamin C, cara untuk mengatasi masalah wajah berminyak adalah dengan menghindari berbagai makanan yang tidak baik untuk produksi minyak di wajah. Berikut ini beberapa makanan yang perlu dihindari:

8. Daging berlemak

Daging berlemak seperti beef, biri-biri, dan sosis mengandung banyak lemak jenuh yang tidak sehat. Selain tidak baik bagi masalah minyak di wajah, daging berlemak juga dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya seperti kegemukan, penyakit jantung, dan peradangan. Selain daging berlemak, cara memasak juga perlu diperhatikan. Cobalah untuk memasak dengan menggunakan metode memanggang, merebus, atau mengukus.

9. Produk susu sapi

Produk dari susu sapi seperti minuman susu, keju, yoghurt, dan sejenisnya. Produk tersebut bisa berdampak buruk jika wajah berminyak tersebut berjerawat. Jerawatnya akan cenderung bertambah parah jika tubuh diberi asupan produk susu sapi. Produk susu sapi mungkin bisa bermanfaat saat masih anak-anak karena dalam masa pertumbuhan, tapi saat sudah dewasa dengan kulit yang berminyak maka produk ini perlu dihindari.

10. Makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula

Makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula tidak baik bagi kulit wajah yang berminyak. Kurangi konsumsi gula dengan menghindari makanan tersebut misalnya soft drinks, selai, jelly, pancake, sirup, roti manis, kue, dan lain-lain. Gula alami dari buah-buahan cenderung lebih baik daripada makanan manis yang diberi tambahan gula.

11. Makanan ringan yang gurih atau mengandung banyak garam

Makanan yang mengandung terlalu banyak sodium dapat merusak kesehatan kulit dengan meningkatkan peradangan. Makanan ringan yang mengandung banyak sodium tersebut perlu kita hindari misalnya yaitu kentang goreng, keripik kentang, kerupuk, keripik singkong, dan sejenisnya.

12. Makanan yang banyak mengandung tepung

Makanan yang mengandung banyak tepung seperti sereal, pasta, kue, dan roti dapat membuat gula dalam darah meningkat. Saat gula dalam darah meningkat maka dapat memicu  produksi minyak. Daripada tepung terigu, lebih baik menggunakan tepung lainnya seperti gandum.

Masker Wajah

Masker alami untuk mengatasi kulit berminyak adalah cara yang cukup efektif. Masker untuk kulit berminyak akan membersihkan kulit, menyerap minyak, menghilangkan komedo, dan mengatasi masalah jerawat. Selain itu masker alami juga dapat melembabkan dan menghaluskan kulit. Beberapa ramuan masker wajah untuk mengatasi kulit berminyak antara lain:

1. Masker wajah dengan ketimun, putih telur, lemon dan clay

Bahan yang dibutuhkan antara lain satu sendok makan jus ketimun, satu putih telur, beberapa tetes jus lemon, dan satu sendok teh clay. Caranya yaitu dengan mencampurkan semua bahan tersebut sampai merata sehingga membentuk pasta yang lembut. Aplikasikan ke wajah dengan hati-hati selama 10-20 menit. Bersihkan dengan air hangat. Gunakan masker wajah ini sekali dalam seminggu, sebaiknya gunakan pada malam hari karena lemon akan membuat kulit lebih sensitif jika terkena sinar matahari.

2. Masker wajah dari apricot, yogurt dan clay

Bahan yang dibutuhkan antara lain satu buah apricot, satu sendok makan yogurt, dan satu sendok teh clay. Pertama hancurkan apricot dengan food processor atau blender kemudian tambahkan yogurt dan clay. Campurkan semua bahan tersebut sampai membentuk pasta yang lembut. Cara menggunakannya yaitu dengan mengaplikaskan ke wajah dengan hati-hati untuk menghindari area mata. Biarkan selama 20 menit. Bersihkan dengan air hangat. Gunakan masker wajah untuk kulit berminyak ini sekali atau dua kali dalam seminggu.

3. Masker wajah dari pisang, madu dan lemon

Bahan yang dibutuhkan antara lain 3 sendok teh pisang, setengah sendok teh madu, dan beberapa tetes jus lemon. Campurkan  semua bahan tersebut sampai membentuk pasta yang lembut. Cara menggunakannya yaitu dengan mengaplikasikan ke wajah dan leher secara hati-hati untuk mencegah area mata dan diamkan selama 20 menit. Bersihkan dengan air dingin. Gunakan masker ini untuk kulit berminyak sekali dalam seminggu.

sponsored links

4. Masker wajah dari pisang, yogurt, minyak essential peppermint dan clay

Bahan yang dibutuhkan antara lain satu sendok teh pisang, satu sendok teh yogurt, 5 tetes minyak peppermint, dan setengah sendok teh clay. Campurkan semua bahan tersebut sampai membentuk pasta yang halus. Aplikasikan pada wajah dan leher secara hati-hati untuk mencegah terkena area mata, biarkan selama 20 menit. Bersihkan dengan air dingin. Gunakan masker ini sekali dalam seminggu untuk mengatasi kulit berminyak.

5. Masker dari strawberry, lemon dan clay

Bahan yang dibuthkan antara lain 8 buah strawberry, beberapa tetes jus lemon, dan satu sendok teh clay. Campurkan semua bahan tersebut sampai merata dan membentuk pasta yang lembut. Aplikasikan ke daerah wajah dan leher, namun jangan sampai terkena area mata. Diamkan selama 15-20 menit lalu bersihkan dengan air dingin. Gunakan masker ini sekali atau dua kali dalam seminggu untuk mengatasi masalah kulit berminyak.

6. Masker dari teh, madu, clay dan aloe vera

Bahan yang dibutuhkan antara lain 2 sendok teh hijau, satu sendok teh madu, 2 sendok teh clay, dan satu sendok makan gel lidah buaya. Campurkan bersama hingga membentuk pasta yang lembut. Cara menggunakannya sama dengan masker-masker sebelumnya yaitu dengan mengaplikasikan pada bagian wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu baru bersihkan dengan air dingin. Gunakan masker ini dua kali dalam seminggu.

7. Masker wajah dari gula bit, minyak pepermint dan clay hijau

Bahan yang dibutuhkan antara lain satu setengah sendok teh jus gula bit, satu sendok teh clay hijau dan 5 tetes minyak pepermint. Campurkan semua bahan tersebut sampai merata. Aplikasikan pada bagian wajah dan leher kemudian biarkan selama 20 menit.Campurkan semua bahan tersebut sampai merata. Aplikasikan pada bagian wajah dan leher kemudian biarkan selama 20 menit. Bersihkan dengan menggunakan air hangat. Gunakan masker ini sekali dalam seminggu.

8. Masker wajah dari apel, lemon, sage dan rosemary

Bahan yang dibutuhkan antara lain satu buah apel, beberapa tetes jus lemon, satu sendok teh sage, dan setengah sendok teh rosemary. Caranya yaitu dengan merebus apel sampai menjadi lebih lembut kemudian hilangkan bijinya dan hancurkan dalam food processor. Tambahkan jus lemon, sage, dan rosemary. Kemudian campur sampai menjadi pasta halus. Aplikasikan pada wajah dan leher dan diamkan selama 20 menit. Bersihkan dengan menggunakan air hangat. Gunakan masker ini sekali dalam seminggu.

9. Masker daun seledri

Bahan yang dibutuhkan yaitu daun seledri yang dipotong kecil-kecil. Rebus potongan daun seledri tersebut di dalam panci selama 15 sampai dengan 20 menit. Biarkan dingin kemudian oleskan air seledri yang sudah dingin ke seluruh wajah. Biarkan meresap dan mengering di kulit wajah. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

10. Masker ketimun

Bahan yang dibutuhkan adalah ketimun yang dipotong menjadi empat kemudian dicacah bagian dalamnya. Setelah itu gosokkan pada wajah yang dibersihkan sebelumnya. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas wajah menggunakan air hangat.

11. Masker bengkoang

Masker bengkoang menggunakan bengkoang yang sudah dihaluskan. Aplikasikan masker bengkoang tersebut pada malam hari menjelang tidur. Pastikan wajah selalu dibersihkan terlebih dahulu sebelum memakai masker. Begitu juga setelah selesai, bersihkan wajah dengan air bersih.

12. Masker madu

Pertama-tama siapkan waslap yang telah direndam dengan air hangat supaya pori-pori wajah menjadi terbuka. Selanjutnya oleskan madu pada kulit wajah. Jika memiliki kulit wajah sensitif maka madu tersebut bisa dicampurkan dengan gandum. Biarkan selama tiga puluh menit sebelum dibasuh menggunakan air hangat. Setelah itu bersihkan lagi menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori wajah.

13. Menggunakan perawatan wajah khusus untuk kulit berminyak

Kita perlu menyadari bahwa kita memiliki kulit berminyak yang cenderung mudah berjerawat. Jadi saat akan menggunakan produk perawatan wajah maka perlu memilih produk khusus untuk kulit berjerawat. Misalnya saja masalah bedak, pelembab, dan pembersih wajah. Kulit yang berminyak perlu perawatan khusus sehingga minyak yang diproduksi tidak menjadi berlebihan. Perawatan wajah menggunakan produk kosmetik kimiawi boleh-boleh saja dilakukan. Jika kulit bermasalah dengan jerawat maka konsultasikan ke dokter produk apa saja yang bisa dipakai. Kita juga harus rajin membersihkan wajah sehingga wajah selalu terjaga kebersihannya dan tidak mudah berjerawat.

14. Menggunakan kertas tisu khusus wajah berminyak

Cara instan untuk menyerap minyak di wajah adalah dengan menggunakan tisu khusus yang dapat menyerap minyak. Kertas tisu ini bentuknya kecil dan tipis sehingga dapat ditempatkan di tas atau saku. Saat berada di luar rumah dan merasa wajah berminyak maka kita dapat menggunakannya.

Berlebihnya produksi minyak pada wajah dapat diatasi dengan banyak cara, baik itu menggunakan bahan kimia ataupun bahan alami. Kita sendiri sering melihat iklan-iklan televisi tentang produk kecantikan yang dapat mengatasi masalah kulit berminyak. Nah, cara untuk mengatasi produksi minyak berlebih pada kulit wajah secara alami di atas, bisa dengan mudah dilakukan di rumah dan juga tidak menguras kantung.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 15th, December 2015 / 09:51 Oleh :
Kategori : Wajah