Sponsors Link

5 Manfaat Mentega Untuk Alis Mata dan Wajah

Sponsored Links

Penampilan wajah yang cantik juga ditentukan oleh alis mata yang indah dan ideal dengan wajah kita. Sehingga banyak wanita yang berusaha mempercantik alisnya dengan berbagai cara, seperti menebalkan dan membentuk alis dengan pensil alis. Bahkan saat ini sedang tren mempercantik alis dengan sulam alis. Tapi untuk melakukan sulam alis ini harus dilakukan di salon kecantikan dan dilakukan oleh orang yang ahli.

Biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit. Buat Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya yang banyak untuk mempunyai sepasang alis yang indah, Anda dapat mencoba bahan alami yang ada di sekitar kita. Salah satu bahan ini ada di dapur  yaitu mentega. Pastinya Anda merasa heran, karena selama ini kita mengenal mentega sebagai olesan roti, bahan pembuat kue dan makanan lainnya.

Tetapi dari jaman dulunya ternyata penggunaan mentega untuk bagian rambut ini sudah dikenal di sebuah suku di Etiopia. Para perempuan di suku itu menggunakan mentega untuk rambutnya agar semakin lebat, mudah diatur dan berkilau. Selain itu akibat cuaca yang sangat panas di daerah Etiopia ini, dengan menggunakan mentega dapat melindungi rambut dari paparan sinar matahari. Memang penggunaan mentega di rambut akan menjadi berminyak dan lengket.

Tapi khasiat dari mentega ini memang terbukti untuk keindahan rambut. Begitu pula dengan alis. Alis yang terletak di atas mata ini juga terdiri dari barisan rambut-rambut halus. Sehingga penggunaan mentega di alis hampir sama khasiatnya dengan di rambut.

Manfaat mentega untuk alis adalah :

  1. Mentega dapat menebalkan alis

Kalau Anda menginginkan alis mata yang tebal alami, Anda bisa mencoba dengan mengoleskan sedikit mentega ke alis mata secara merata. Sebaiknya lakukan hal ini pada malam hari sebelum tidur. Kemudian pada keesokan paginya, bersihkan mentega dengan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin sampai Anda mendapatkan ketebalan alis yang diinginkan.

(Baca juga : manfaat minyak kelapa untuk alis cara menebalkan alis secara alami)

  1. Mentega dapat membantu pertumbuhan alis

Pada saat merias alis mata, mungkin Anda mencukur habis atau beberapa bagian dari alis. Tapi saat Anda menginginkan alis mata kembali lebat seperti semula, Anda dapat mengoleskan mentega  ke bagian alis Anda yang tercukur. Mentega dapat membantu alis tumbuh lebih cepat.

(Baca juga :  manfaat urang aring untuk alismanfaat bawang merah untuk alis)

  1. Mentega dapat membersihkan riasan pensil alis di alis

Pada saat menggunakan make up, untuk mempertebal dan membentuk alis biasanya menggunakan pensil alis. Tapi kadang sulit untuk membersihkan sisa pensil alis yang tertinggal di alis kita. Mentega  yang bersifat licin berminyak dapat memudahkan kita untuk mengangkat sisa riasan di alis. Cukup dengan mengoleskan sedikit mentega ke bagian alis yang ingin dibersihkan, lalu bersihkan dengan cotton bud hingga sisa pensil alis menghilang dan alis mata bersih dari bekas riasan.

Sponsors Link

(Baca juga : manfaat baby oil untuk alis)

  1. Mentega dapat menata bentuk alis mata menjadi rapi

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa mentega dapat membuat rambut mudah di atur. Demikian pula dengan alis, dengan menggunakan mentega maka bentuk alis yang berantakan dapat dirapikan. Supaya alis mata mudah ditata rapi, gunakanlah mentega sedikit yang dioleskan ke alis. Lalu rapikan alis dengan eyebrow brush hingga mendapatkan bentuk alis yang rapi dan tidak berantakan.

  1. Mentega dapat digunakan untuk mencukur alis

 Mentega yang sifatnya berminyak bisa dimanfaatkan untuk memudahkan kita saat mencukur alis. Sehingga saat proses mencukur ini tidak menyebabkan kulit terluka dan bisa mempermudah membentuk alis yang diinginkan. Jadi sebelum mencukur alis, oleskan sedikit mentega ke bagian alis yang ingin dicukur. Setelah selesai baru bersihkan mentega dan bekas cukuran dengan kapas basah.

(Baca juga : bahaya mencabut alis mata)

Manfaat Mentega Untuk Wajah

Selain bermanfaat untuk alis, mentega ternyata mempunyai manfaat juga bagi kecantikan wajah. Manfaat mentega untuk wajah ini adalah :

  1. Mentega dapat memerahkan dan melembabkan bibir.

Tekstur mentega yang berminyak dapat membantu melembabkan bibir yang kering. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit mentega secara merata ke bibir. Lakukan kegiatan ini sebelum tidur agar kandungan dari mentega meresap ke dalam bibir dan saat tidur kita tidak melakukan aktivitas makan atau minum sehingga tidak menghilangkan mentega yang telah dioleskan di bibir. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan kegiatan ini secara rutin hingga bibir Anda menjadi lebih merah dan lembab.

(Baca juga : cara memilih lipstik sesuai warna bibir)

  1. Mentega dapat melembutkan kulit wajah.

Mentega yang mengandung sumber vitamin A ini sangat baik untuk membuat kulit wajah menjadi lembut dan halus. Untuk mendapatkan hasil ini, gunakan masker dari mentega. Masker dari mentega bisa dibuat dengan campuran bahan yang lain seperti minyak zaitun, putih telur, maupun strawberry, untuk mendapatkan kulit wajah sempurna.

(Baca juga : manfaat jeruk lemon untuk wajah)

  1. Mentega dapat mengecilkan pori-pori di kulit wajah.

Wajah yang berminyak memiliki pori-pori yang lebih besar daripada kulit normal. Untuk itu scrub dari mentega dan garam dapat membantu menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit wajah serta mengecilkan pori-pori di kulit wajah. Caranya dengan mencampur mentega dengan sedikit garam. Lalu oleskan secara perlahan di wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

sponsored links

(Baca juga :  manfaat lidah buaya untuk kulit wajahmanfaat timun untuk wajah)

Kandungan Gizi Mentega

Mentega atau butter merupakan jenis bahan makanan yang terbuat dari lemak susu hewan yang diproses dengan menggunakan garam, air,  dan susu. Aromanya yang tajam dan menggugah selera ini membuat mentega biasa digunakan sebagai bahan pembuat kue. Tapi dari segi kesehatan mentega dikenal kurang baik bagi tubuh karena mentega mengandung kolesterol dan  lemak  jenuh.

Sehingga seseorang dengan resiko kolesterol tinggi atau punya penyakit jatung biasanya harus diet mengonsumsi mentega. Tetapi dibalik semua itu, mentega punya manfaat bagi kesehatan juga. Sebab mentega mengandung berbagai vitamin yaitu A, D, E dan K yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu juga mengandung nutrisi lainnya seperti karbohidrat, protein, kalsium, fosfor dan zat besi.

Sehingga manfaat mentega untuk kesehatan adalah :

  • Vitamin A. Vitamin A dalam mentega sebanyak 3300 IU. Vitamin ini dapat menjaga kesehatan mata, mencegah tubuh terkena penyakit tiroid serta membantu menjaga keseimbangan hormon di dalam tubuh.
  • Vitamin C. Mentega yang mengandung vitamin C dapat  berfungsi sebagai antioksidan alami, sehingga dapat menangkal radikal bebas. Mentega juga dapat menambah kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak rentan terkena penyakit.
  • Vitamin K. Vitamin K yang terkandung di dalam mentega adalah vitamin K2. Vitamin ini mempunyai khasiat untuk mengobati osteoporosis, arthritis, dan nyeri pada sendi, sebab vitamin ini dapat memperkuat tulang dan otot dalam tubuh.
  • Lemak jenuh. Lemak jenuh memang mengandung kolesterol yang tinggi, tetapi lemak jenuh dalam mentega ini justru dapat mencegah terjadinya pembekuan dalam darah dan penyakit tumor.
  • Mineral, kalsium dan fosfor. Ketiga senyawa ini sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Jadi kalau ada mentega di dapur, selain untuk konsumsi sehari-hari, Anda bisa mencobanya untuk perawatan alis dan juga kecantikan wajah lainnya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 26th, May 2016 / 05:23 Oleh :
Kategori : Wajah