Categories
Sayuran Sehat

16 Manfaat Kentang Untuk Wajah Sehat dan Cantik

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, kandungan lainnya pada kentang juga bermanfaat untuk kecantikan, khususnnya untuk perawatan wajah. Anda bisa menggunakan kentang sebagai perawatan alami kulit wajah.

Dalam kentang terkandung vitamin C dan vitamin B yang baik untuk mengencangkan kulit. Selain itu, terdapat banyak manfaat kentang lainnya untuk kulit wajah. Nah, berikut ini manfaat kentang untuk wajah yang cantik dan sehat.

1. Mencegah Penuaan Dini

Kentang merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk tips mencegah penuaan dini.  Dengan melakukan perawatan wajah menggunakan  kentang maka kerutan pada wajah akan menjadi berkurang. Tidak hanya itu, kulit juga akan menjadi lembut dan lebih bercahaya.

2. Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling banyak dialami. Untuk mengatasinya, kentang bisa anda manfaatkan. Mineral yang  terkandung pada kentang berperan sebagai antibiotik yang bisa mengatasi peradangan jerawat. Serta kandungan vitamin C pada kentang berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah sel rusak sehingga dapat menyembuhkan kulit yang terinfeksi oleh jerawat.

3. Mecerahkan Wajah

Selain bermanfaat sebagai antioksidan, vitamin C juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Untuk menjadikan wajah lebih cerah, anda bisa memanfaatkan kentang.

4. Mengatasi Kantung Mata

Kehadiran kantung mata tentu akan menganggu penampilan. Namun, untuk cara menghilangkan kantung mata anda tidak perlu pergi  ke klinik kecantikan. Pasalnya anda bisa menggunakan kentang untuk mengatasinya. Gunakan irisan kentang untuk mengompres mata anda. Diamkan selama beberapa menit, kemudian anda bisa membilas sampai bersih.

5. Mengangkat Sel Kulit Mati

Ingin membuat scrub alami untuk megangkat sel kulit mati? Anda bisa menggunakan kentang. Menggunakan parutan kentang yang masih sedikit kasar pada wajah akan menghilangkan sel kulit mati dengan tuntas. Diamkan beberapa menit saja, kemudian anda bisa membilas wajah sampai bersih.

6. Menyamarkan Noda Hitam Pada Wajah

Bintik hitam pada wajah bisa disamarkan dengan sempurna menggunakan kentang. Lakukan perawatan menggunakan kentang dengan rutin sebagai cara menghilangkan noda hitam di wajah. ntuk hasil yang maksimal. Haluskan kentang yang sudah anda siapkan, kemudian jadikan masker. Pijat wajah anda dengan lembut dan perlahan. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. kemudian anda bisa membilas wajah sampai bersih.

7. Meringankan Bekas Jerawat

Manfaat kentang untuk wajah memiliki peran sebagai antiradang. Pada kentang terkandung niacin, dimana kandungan pada kentang tersebut dapat meringankan bekas jerawat. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa menggunakan kentang sebagai masker wajah.

8. Mengatasi Kulit Kusam

Kusam yang dimaksud yaitu kulit kering karena kakurangan vitamin E. Nah, untuk mengatasi kulit wajah kering anda bisa memanfaatkan kentang sehingga kulit akan nampak lebih lembab dan cantik. Kentang efektif sebagai cara mengatasi kulit kusam.

9. Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Karena cahaya matahari, kulit biasanya akan berubah warna. Untuk mengatasi kulit yang terbakar akibat sinar matahari anda bisa menggunakan kentang. Anda hanya tinggal menerapkan jus kentang atau irisan kentang pada kulit yang terbakar. Kentang mampu menenangkan kulit karena sengatan sinar matahari.

10. Melembabkan Kulit

Kentang dapat digunakan sebagai pelembab alami. Untuk anda yang ingin melembabkan kulit wajah dengan pelembab alami, anda bisa mencoba menggunakan kentang.

11. Mengatasi Mata Bengkak

Mata bengkak bisa disebabkan karena berbagai  hal seperti menangis, gigitan serangga atau karena terlalu banyak tidur. Untuk mengatasi keadaan seperti  ini, anda bisa menggunakan kentang.  Iris kentang tipis-tipis, lalu tempelkan pada mata. Sebaiknya lakukan cara ini sambil tiduran. Saat melakukannya anda harus hati-hati agar kentang tidak mengenai mata anda.

12. Memutihkan Wajah

Kentang bisa digunakan sebagai cara memutihkan wajah. Kentang memiliki sifat mempercepat proses regenerasi sel kulit mati yang terdapat pada wajah sehingga kulit wajah akan menjadi lebih cerah dan putih.

13. Mendinginkan Wajah

Bagi anda yang memiliki kulit wajah sensitif, paparan cahaya matahari dapat membuat kulit anda terbakar. Sehingga keadaan ini akan menyebabkan kulit wajah menjadi pedih. Untuk mengatasi keadaan ini anda bisa meletakan potongan kentang pada wajah anda.

14. Mengatasi Kulit Wajah Kering

Dalam kentang terkandung mineral yang dapat mengatasi kulit wajah yang kering. Untuk mengembalikan kelembaban kulit wajah, anda bisa mencoba menggunakan kentang.

15. Meratakan Warna Kulit

Jika anda memperhatikan dengan seksama kulit wajah anda, mungkin beberapa bagian tertentu warnanya tidak nerata. Warna kulit yang lebih gelap biasanya terjadi pada bagian dagu, dahi, ujung bibir atau sekitar mata. Nah,  untuk membantu menjadikan warna kulit lebih rata, anda bisa memanfaatkan kentang. Jadikan kentang sebagai masker untuk meratakan warna kulit.

16. Mengencangkan Kulit Wajah

Seiring dengan bertambahnya usia, maka kulit wajah akan semakin kendur. Untuk mempertahankan kekencangan kulit wajah anda bisa menggunakan kentang.

Itulah beberapa manfaat kentang untuk wajah sehat dan cantik. Anda bisa melakukan perawatan dengan menggunakan kentang untuk mendapatkan manfaatnya. Semoga bermanfaat.