7 Efek Samping Masker Kentang Untuk Wajah Wajib Diketahui

Kentang adalah salah satu jenis sayuran atau sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan. Kentang sering diolah menjadi berbagai macam olahan masakan, baik digoreng, ditumis dan lain sebagainya. Bahkan di beberapa negara, kentang yang merupakan jenis umbi-umbian ini menjadi makanan pokok. Selain memiliki rasa yang lezat, kentang juga kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

  • Kentang menjadi sumber antioksidan, yakni vitamin C yang dapat membantu tubuh menjaga kekebalan.
  • Di dalam kentang terkandung mineral penting seperti misalkan mangan, besi, magnesium,  tembaga, kalium dan fosfor.
  • Dalam kentang juga terkandung vitammin A, zeaxanthins dan karoten yang memiliki sifat anti kanker.

Terlepas dari manfaat kentang untuk kesehatan, kentang juga diketahui memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan, terutama manfaat kentang untuk kulit wajah atau manfaat kentang untuk wajah. Karena seperti itulah, kentang sering digunakan untuk perawatan kecantikan. Kentang sering digunakan sebagai masker wajah. Cara membuat masker alami atau cara membuat masker kentang untuk wajah juga mudah dan praktis.

Namun sebenarnya, tahukah anda? Masker kentang memiliki efek samping untuk wajah, terlebih lagi untuk wajah sensitif. Sehingga dengan begitu, untuk anda yang memiliki kulit sensitif harus mempertimbangkan untuk melakukan perawatan dengan masker pisang. Tida menutup kemungkinan, masker kentang juga akan menimbulkan efek samping untuk jenis kulit yang lainnya.

Efek Samping Masker Kentang

Apabila anda memiliki kulit berjenis sensitif, menggunakan masker yang tidak tepat meskipun dibuat dari bahan-bahan alami akan menyebabkan efek samping. Berikut ini efek samping masker kentang untuk wajah.

1. Iritasi

Menggunakan masker kentang yang tidak sesuai dengan anjuran akan menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Karena seperti itu, untuk anda yang memiliki kulit wajah sensitif sebaiknya berhati-hati sebelum menggunakan masker kentang.

2. Kulit Kemerahan

Salah satu tanda kulit mengalami iritasi yaitu kulit kemerahan. Masker kentang bisa menyebabkan kemerahan pada wajah anda. Tentunya keadaan ini tidak mau menimpa anda bukan? Oleh karena itu, sebelum masalah ini terjadi sebaiknya anda harus teliti sebelum menggunaka  masker. Ketahui  terlebih dahulu jenis kulit anda untuk  menghindari efek samping yang akan ditimbulkan.

3. Kulit Mengelupas

Pengelupasan kulit bisa menjadi salah satu efek samping masker kentang untuk wajah. Kulit yang mengelupas biasanya akan diiringi dengan rasa perih.

4. Kulit Terasa Gatal

Gatal-gatal pada kulit wajah menjadi efek samping yang sering dialami oleh banyak  orang dari penggunaan kosmetik atau perawatan kecantikan lainnya. Untuk anda yang memiliki kulit sensitif atau tidak cocok dengan perawatan menggunakan kentang, sebaiknya hindari menggunakan masker kentang.

5. Kulit Perih

Selain gatal, kulit anda juga akan terasa perih. Selain itu, anda akan merasakan sensasi terbakar atau seperti ditusuk-tusuk pada wajah.

6. Kulit Kusam

Efek samping masker kentang lainnya untuk wajah yaitu kulit wajah menjadi kusam. Penyebab kulit wajah kusam tentu menjadi masalah tersendiri untuk setiap wanita. Dengan kulit kusam wajah anda akan nampak tidak bercahaya. Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu sebelum anda menggunakan perawatan wajah dengan masker kentang.

7. Pori-Pori Kulit Menjadi Melebar

Pori-pori wajah lebar akan membuat wajah mengalami berbagai masalah, termasuk munculnya jerawat. Nah, pori-pori wajah melebar juga menjadi salah satu efek samping penggunaan kentang untuk wajah.

Demikian efek samping masker kentang untuk wajah. Sebelum memutuskan menggunakan perawatan kecantikan tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk menghindari efek samping yang akan terjadi.