7 Cara Membuat Masker Alami dari Buah

Siapa sih yang tidak ingin cantik seperti Raisa, Sandra Dewi atau mungkin anda ingin memiliki kulit seeksotis Anggun C Sasmi? Kata orang beauty is pain. Artis-artis dari Korea Selatan saja nekat melakukan banyak operasi plastik yang mengubah wajahhnya 180 derajat demi bisa diakui menjadi cantik atau tampan. Kosmetik dan juga biaya perawatan yang mahal juga menjadi tolok ukur supaya kulit menjadi berkilau seperti para pesohor negeri. Lupakan hal tersebut, dan beralihlah ke perawatan alami. Akan dijelaskan di bawah ini cara membuat masker alami dari buah yang hasilnya juga tak kalah jauh dibandingkan biaya perawatan yang mahal.

Baca juga:

Mengapa memilih buah-buahan sebagai bahan perawatan kecantikan? Di Indonesia, anda bisa mudah mendapatkan berbagai macam buah tanpa peduli musim. Buah-buahan memiliki banyak kandungan vitamin, protein dan juga kandungan baik lainnya yang tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi juga bisa mempercantik kulit wajah anda dengan dijadikan masker. Cara membuatnya juga tidak ribet. Buah apa saja sih yang bisa dijadikan masker wajah?

  1. Masker dari Buah  Pepaya

Buah yang satu ini paling enak kalau dijadikan sebagai salah satu bahan untuk membuat sop buah. Buah pepaya sangat baik untuk pencernaan, sehingga tidak heran jika dari anak kecil hingga orang dewasa pun disarankan untuk mengkonsumsi buah ini jika mengalami masalah dalam pencernaan. Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang berfungsi membuat wajah lebih putih dan mengangkat sel kult yang sudah mati.(Baca Juga: Manfaat Masker Pepaya bagi Kulit)

Cara membuat masker alami dari buah pepaya adalah siapkan buah pepaya yang akan dihancurkan. Lalu campur dengan air, aduk dan oleskan di wajah. Tunggu selama lima belas menit. Jika sudah selesai bersihkan kembali dengan air hangat.(Baca juga: Cara Membuat Masker Pepaya )

  1. Masker dari Buah Apel

Buah apel dikenal sebagai buah yang mengandung anti oksidan tinggi. Vitamin C dalam buah apel juga berguna untuk mencerahkan kulit wajah. Rutin makan buah apel juga bagus untuk diet, sehingga anda tidak mudah lapar meski mengurangi makan nasi. Manfaat masker dari buah apel tak hanya mencerahkan kulit, tetapi juga mampu menghilangkan bekas jerawat dan juga melembutkan kulit wajah anda yang cenderung kering serta bersisik. (Baca Juga: Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Rambut , Manfaat Kulit Apel untuk Perawatan Rambut)

Cara membuat masker dari buah apel bisa dicampur dengan madu untuk menjadikannya memiliki efek penyegar wajah atau astringent. Apel harus direbus tanpa dikupas. Tunggu sampai mendidih, lalu biarkan sampai menjadi lebih hangat. Setelah dingin, kupas apel dan hancurkan dengan blender sampai lembut. Campurkan adonan buah apel dengan satu sendok teh madu lalu oleskan wajah anda yang sudah dibersihkan. Tunggu sampai sepuluh menit. Jika dilakukan secara rutin, kulit wajah anda akan terhindar dari dehidrasi dan juga kulit akan terasa lebih kenyal. (Baca juga: Cara Membuat Masker Apel )

  1. Masker dari Jeruk Nipis

Jeruk nipis dikenal sebagai minuman yang bisa menghancurkan lemak di tubuh dan juga dapat membersihkan piring dari  minyak serta  kotoran membandel. Ternyata khasiatnya juga sangat besar jika diaplikasikan pada wajah. Masker jeruk nipis dengan putih telur dapat mengurangi minyak berlebih yang juga berefek menimbulkan jerawat serta mencerahkan wajah. (Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun untuk Rambut , Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Wajah)

Cara membuat masker dari buah jeruk nipis dan telur adalah persiapkan satu butir telur dan juga satu buah jeruk nipis. Pisahkan putih telur dan kuning telur, gunakan putih telur sebagai bahan dasar masker. Masukkan dua persan jeruk nipis pada putih telur lalu aduk hingga merata. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan, dan tunggu hingga masker wajah anda mengeras. Tunggu sampai sepuluh menit. Jika sudah mengeras, bersihkan dengan air hangat dan lakukan secara rutin tiap satu atau dua kali seminggu. (Baca juga: Cara Membuat Masker Jeruk Nipis)

  1. Masker dari Buah Pisang

Anda penggemar buah pisang? Buah ini sangat cocok sebagai penahan lapar dan memberi efek kenyang lebih lama sehingga sering digunakan oleh perempuan yang sedang menjalani diet karbohidrat. Bekas jerawat yang membandel rupanya dapat diatasi dengan masker dari buah pisang. (Baca Juga: Manfaat Pisang untuk Kulit , Manfaat Pisang Untuk Rambut)

Cara Membuat Masker Pisang adalah persiapkan pisang ambon sebagai bahan dasar masker. Kupas kulit pisang ambon, lalu hancurkan sampai benar-benar lembut. Tambahkan minyak zaitun dan madu sesuai selera,aduk sampai merata. Jika sudah tercampur, oleskan pada wajah dan diamkan selama tiga puluh menit. Untuk membersihkan wajah jangan langsung dibilas dengan air, melainkan usap perlahan menggunakan kapas yang sudah dibasahi  air hangat.

  1. Masker dari Buah Ara

Masker dari buah ara ini adalah salah satu resep kecantikan tradisional dari India. Dan manfaat besarnya adalah untuk menghaluskan kulit wajah yang kering. Dengan rutin menggunakan masker dari buah ara, maka permukaan kulit akan lebih kenyal dan juga halus. Kulit yang kering sangat mudah muncul garis halus di permukaannya, oleh sebab itu buah ara sangat berguna untuk menjaga kulit awet muda anda. (Baca juga: Cara Membuat Masker Kentang)

Caranya membuat masker dari buah ini adalah hancurkan buah ara dengan biji kenari dan juga susu segar. Aduk hingga tercampur merata. Oleskan di wajah dan diamkan selama lima belas menit. Jika sudah selesai, bilas dengan air hangat. (Baca Juga: Cara Membuat Masker Air Beras)

  1. Masker dari Buah Alpukat

Anda bermasalah dengan tumpukan komedo dan juga jerawat? Komedo sering muncul karena tumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Dengan masker dar buah alpukat, maka masalah anda bisa teratasi. Masker dari alpukat juga memberikan manfaat yang banyak selain mengangkat sel kulit mati, kulit anda akan semakin kencang dan bekas jerawat juga berangsur menghilang. (Baca juga:  Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam )

Untuk membuat masker alpukat yang bermanfaat sebagai pembersih pori-pori, siapkan setengah buah alpukat, seperempat susu segar dan juga satu kuning telur yang sudah dipisahkan dengan putih telur. Hancurkan buah alpukat, susu dan kuning telur tersebut dalam blender, atau aduk dengan tangan hingga menjadi satu adonan. Setelah lembut, oleskan pada wajah, biarkan dari 15 sampai 30 menit. Setelah masker mengering, bersihkan wajah menggunakan air hangat. (Baca juga: Cara Membuat Masker Alpukat )

  1. Masker dari Buah Nanas

Buah nanas sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam. Seperti buah jeruk dan apel, nanas juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga khasiat untuk memutihkan kulit wajah juga tidak mustahil. Cara membuat masker dari buah nanas adalah hancurkan buah nanas, lalu campurkan dengan adonan mentimun yang sudah dihaluskan sebelumnya bersama satu sendok makan madu. Setelah tercampur merata, gunakan pada wajah sebagai masker. Tunggu lima belas menit lalu bersihkan dengan air hangat. (Baca Juga: Cara Membuat Masker Tomat , Cara Membuat Masker Putih Telur)

Itulah beberapa buah yang bermanfaat untuk kecantikan wajah. Semoga dengan cara membuat masker alami dari buah di atas dapat membuat kecantikan alami anda semakin terpancar.