15 Cara Membuat Masker Tomat untuk Wajah

Tomat jelas bukanlah jenis buah atau sayur yang asing lagi bagi kita dan bahkan di dunia kecantikan. Bagi yang senang merawat tubuh dengan bahan-bahan alami, menggunakan tomat tentunya menjadi salah satu kebiasaan. Tomat sendiri mengandung banyak zat-zat baik yang bakal membantu merawat kesehatan tubuh, entah itu dari dalam atau luar.

Apabila Anda penasaran apa saja kebaikan yang ditawarkan oleh tomat, inilah sejumlah manfaat dari masker tomat yang dapat Anda peroleh:

  • Mengangkat sel-sel kulit mati atau mengeksfoliasinya.
  • Mencegah segala bentuk tanda penuaan dini.
  • Memudarkan flek atau bintik hitam.
  • Melembutkan kulit.
  • Memperkecil pori-pori kulit yang besar.
  • Mengurangi berlebihannya produksi minyak pada kulit.
  • Menghilangkan jerawat.
  • Menghilangkan bekas jerawat.
  • Memutihkan dan mencerahkan kulit.

Kaya akan vitamin C, tomat merupakan bahan alami yang pas untuk digunakan ketika Anda ingin membunuh bakteri dan kuman penyebab masalah kulit seperti jerawat. Di bawah ini merupakan serangkaian rekomendasi cara membuat masker tomat yang bisa Anda gunakan dan praktikkan.

(Baca juga: manfaat timun untuk mata dan wajah – cara memutihkan wajah)

1. Tomat, Oatmeal dan Air Perasan Lemon

Dalam merawat kulit, terutama bagian wajah, memang terkadang Anda harus merogoh kocek banyak kalau harus melakukan perawatan di salon. Supaya lebih hemat dan alami serta aman, tak ada salahnya untuk menggunakan tomat bersama dengan oatmeal dan lemon sebagai kombinasi yang sempurna.

  • Caranya: Anda bisa membuat jus tomat lebih dulu yang kemudian bisa Anda tambahkan dengan air perasan lemon serta oatmeal sesuai kebutuhan. Aduk-aduklah larutan ini sampai akhirnya merata, barulah Anda balurkan pada bagian leher dan wajah. Hanya saja, jangan sampai masker ini mengenai mata maupun hidung karena bisa mengakibatkan rasa perih. Sesudah 20 menit barulah Anda pakai air biasa untuk membasuh.

2. Tomat dan Maizena

Resep lain yang layak dicoba adalah perpaduan antara tomat dan maizena untuk dijadikan masker wajah. Manfaat tomat untuk kulit wajah sendiri sudah cukup besar, dan ketika mencampurkannya dengan maizena, maka manfaat bagi kulit akan jauh lebih besar lagi.

  • Caranya: Yang perlu Anda sediakan jelas adalah buah tomat yang masih segar, dan tak lupa tepung maizena yang banyaknya cukup 1 sendok makan saja. Tomat harus Anda haluskan lebih dulu dengan memblender atau menumbuknya barulah ditambahkan dengan sesendok makan tepung maizena tadi. Aduklah rata dan kemudian balurkan ke leher dan wajah. Bersihkan dengan air biasa sesudah lewat dari 20 menit.

3. Tomat dan Madu

Tahukah Anda bahwa mengombinasikan madu serta tomat untuk dijadikan masker wajah adalah ide cemerlang? Manfaat dari kombinasi kedua bahan ini akan lebih besar karena mampu menjadi solusi bagi masalah jerawat, wajah yang kusam serta komedo yang mengganggu.

  • Caranya: Sediakan seperti biasa bahan utamanya, yakni buah tomat segar 1 saja. Tak ketinggalan, Anda pasti membutuhkan juga 1 sendok makan madu murni. Sesudah tomat Anda bersihkan, maka silakan menghaluskannya dan campurkan bersama madu murni tadi sampai merata. Aplikasikan ke wajah secara menyeluruh dan biarkanlah selama kurang lebih 20 menit sebelum membersihkan menggunakan air biasa.

(Baca juga: manfaat beras untuk wajah)

4. Tomat dan Susu

Jika Anda ingin mencerahkan sekaligus membuat kulit wajah menjadi jauh lebih lembut, kombinasi tomat dan susu adalah salah satu yang paling baik. Namun ada baiknya kalau susu yang Anda pakai merupakan susu murni dan bukan yang kemasan dengan kandungan gula tinggi.

  • Caranya: Seperti biasa, tomat segar perlu Anda persiapkan lebih dulu bersama juga dengan susu murni sebanyak 250 ml saja. Tomat harus dibersihkan lebih dulu yang kemudian Anda blender dan perlu ditambahkan air sedikit. Setelah halus, ampasnya harus Anda pisahkan lebih dulu dari sarinya untuk kemudian Anda campur bersama susu cair murni. Campur hingga merata dan balurkanlah ke area wajah menggunakan kuas supaya lebih gampang. Setelah 20 menit, baru Anda menggunakan air biasa untuk membilas wajah sampai bersih.

Sangatlah dianjurkan untuk Anda melakukan metode perawatan ini secara teratur hingga kurang lebih 1 minggu lamanya. Simpanlah sisa masker di dalam lemari es dan jangan dibuang, tapi masker tersebut hanya bisa tahan sampai 1 bulan.

ads

5. Tomat dan Yogurt

Seperti Anda ketahui, yogurt merupakan bahan yang bisa dipadukan dengan bahan-bahan lain untuk masker wajah. Selain dikombinasikan bersama alpukat dan kunyit, yogurt pun bisa menjadi pasangan yang pas bagi tomat dalam mengatasi masalah kulit yang kering.

  • Caranya: Sediakanlah buah tomat segar 1 buah saja beserta 1 sendok makan yogurt tawar. Blenderlah tomat hingga menjadi halus teksturnya dan yogurt bisa Anda tambahkan sebanyak 1 sendok makan ke larutan tomat tadi. Sesudah merata, oleslah masker tomat tadi ke wajah dan bilas menggunakan air bersih sesudah lewat 20 menit.

(Baca juga: cara menghilangkan belang di wajah)

6. Tomat dan Kentang

Kentang adalah sumber karbohidrat yang juga banyak dimanfaatkan para wanita ketika hendak mencerahkan kulit. Selain dikonsumsi, kentang pun mampu dikombinasikan dengan tomat ketika Anda hendak membuat masker wajah alami tanpa efek samping berbahaya.

  • Caranya: Siapkanlah tomat segar begitu juga dengan kentang segar yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kentang harus melalui proses perebusan lebih dulu sampai akhirnya bertekstur lunak sebelum kemudian Anda lanjutkan dengan menghaluskannya. Tomat pun perlu Anda blender dan dicampur sampai rata bersama dengan kentang lunak tadi. Ketika tekstur sudah menyerupai adonan pasta, balurkan ke wajah dan tinggalkan selama 20 menit. Terakhir, basuh wajah dengan air hangat lebih dulu dan dilanjutkan dengan memakai air dingin.

7. Tomat dan Mentimun

Anda pasti tahu betul bahwa mentimun merupakan bahan alami yang memberikan efek kesegaran maksimal bagi tubuh. Tak hanya bagi tubuh, ketika Anda menggunakannya sebagai masker pun bahan satu ini juga akan memberikan efek rileks serta adem.

  • Caranya: Sediakanlah mentimun dan juga tomat yang masih dalam kondisi segar tentunya. Blender lebih dulu tomat yang sudah siap hingga menjadi bentuk jus. Setelah halus, barulah Anda memblender mentimunnya hingga halus dan kemudian dicampurkan bersama jus tomat. Bila sudah rata, langsung balurkan ke wajah saja dan tunggulah kurang lebih 20-30 menit sebelum bisa dibasuh.

Melakukan metode perawatan ini secara rutin bakal mampu membantu Anda mengurangi tanda-tanda penuaan, membuat kulit wajah lebih kencang, menghilangkan jerawat serta mencerahkan kulit secara maksimal.

(Baca juga: cara membuat masker alpukat)

8. Tomat, Gula dan Jeruk Nipis

Selain manfaat tomat untuk alis, tomat sebetulnya berguna untuk merawat kulit wajah. Apabila ingin alternatif lainnya dalam membuat masker tomat, jeruk nipis dan gula bisa menjadi bahan tambahan yang pas. Gula yang dimaksudkan di sini adalah gula merah dan bukan gula pasir.

  • Caranya: Tentu saja Anda bisa menyiapkan lebih dulu buah tomat segar berikut juga air perasan jeruk nipis beserta gula merah secukupnya saja disesuaikan dengan kebutuhan. Tomat perlu Anda bersihkan lebih dulu dengan mencucinya, lalu air perasan jeruk nipis bisa Anda campurkan bersama dengan gula merah (dalam bentuk bubuk juga boleh). Seluruh bahan yang sudah tercampur menyeluruh bisa Anda oles ke wajah dan bagian leher. Sesudah lewat 25 menit, barulah Anda bisa mencuci wajah hingga benar-benar bersih dengan memakai air biasa.

9. Tomat dan Gula

Masalah pori-pori yang kotor dan tersumbat begitu juga dengan komedo sebetulnya bisa diatasi secara alami. Anda bisa menggunakan tomat dan juga gula yang dibuat menjadi masker wajah untuk menghilangkan komedo.

  • Caranya: Anda bisa menyiapkan 1 buah tomat yang organik dan juga gula pasir 1 sendok teh saja. Irislah bagian atas dari tomat dan Anda bisa menaburi bagian tersebut dengan gula pasir. Sesudah itu, irisan tomat tersebut dapat Anda gunakan untuk mengeksfoliasi kulit wajah dengan mengoleskannya (terutama di bagian dagu, hidung dan dahi). Setelah itu jangan biarkan dulu selama 10 menit sebelum Anda membilas wajah.

(Baca juga: pembersih wajah alami)

10. Tomat, Kamper dan Madu

Tomat pun bisa dikombinasikan dengan madu serta kamper sebagai masker yang ampuh bagi kulit wajah Anda. Bagi Anda yang mempunyai masalah seperti jerawat, ketiga bahan ini siap untuk menyelamatkan kembali kulit Anda supaya menjadi sehat lagi.

  • Caranya: Sediakanlah tomat yang sudah dijus sebanyak 1 sendok teh berikut juga kapur barus yang sudah dihaluskan sebanyak ½ sendok teh serta madu murni atau organik 1 sendok teh. Ketiga bahan inilah yang perlu untuk Anda blender sampai halus dan kemudian diterapkan pada kulit wajah Anda. Tunggulah 15 menit sebelum akhirnya bisa Anda gunakan air hangat untuk membilas wajah. Sebagai penutup pori-pori, gunakan air dingin.

11. Tomat dan Bawang Putih

Walau biasanya bawang putih merupakan jenis bumbu dapur yang digunakan sebagai bahan memasak, sebetulnya Anda juga bisa memanfaatkannya untuk membuat masker wajah. Anda bisa mencoba mencampurkan bawang putih ini dengan tomat.

  • Caranya: Blenderlah dulu tomat yang sudah dibersihkan supaya menjadi bentuk jus dan tumbuklah 4 siung bawang putih yang telah dikupas. Hasil tumbukan bawang putih bisa diblender bersama dengan jus tomat segar sebanyak 2 sendok makan sampai akhirnya menjadi halus. Aplikasikan pada wajah dan tinggalkan selama kurang lebih 5 menit barulah dibersihkan dengan air biasa.

(Baca juga: cara melembabkan bibir)

12. Tomat, Minyak Pohon Teh dan Minyak Jojoba

Manfaat tomat untuk wajah cukup banyak dan dengan membuat masker bersama dengan bahan lainnya seperti minyak jojoba dan minyak pohon teh. Untuk mengatasi jerawat, bahan-bahan tersebut sangatlah baik dan efektif sehingga Anda sangat disarankan untuk mencoba masker ini.

  • Caranya: Ambil tomat ½ buah saja di mana Anda hancurkan sampai halus lebih dulu sebelum kemudian dicampur bersama minyak pohon teh 5 tetes dan minyak jojoba 1 sendok teh. Jika sudah jadi, larutan ramuan masker siap dibalurkan ke wajah dan leher yang lalu dibiarkan sampai 15 menit. Pakailah air hangat untuk membasuh wajah dan membersihkan masker; melakukannya setiap hari akan menghilangkan jerawat secara efektif.

13. Tomat, Kunyit, Tepung Gandum Utuh dan Madu

Jika Anda mencari alternatif cara membuat masker berbahan tomat lainnya tapi dengan kombinasi yang berbeda, maka Anda perlu mempertimbangkan membuat masker dengan bahan-bahan tersebut. Untuk masalah jerawat dan kulit berminyak, masker ini akan menjadi salah satu solusi terbaik.

  • Caranya: ½ buah tomat bisa Anda siapkan di mana kemudian dapat ditambahkan juga dengan madu secukupnya, ½ sendok teh bubuk kunyit, 1 sendok teh tepung gandum utuh dan 2 sendok teh susu bila perlu untuk dibuat menjadi adonan pasta. Sesudah itu barulah Anda oles ke bagian wajah dan leher secara merata, tinggalkan 15 menit, kemudian bersihkan menggunakan air biasa.

(Baca juga: cara menghilangkan kerutan di mata)

Sponsors Link

14. Tomat Halus

Bila Anda ingin cara yang sederhana juga bisa, karena sebetulnya cukup menggunakan tomat tanpa adanya kombinasi bahan lain juga sudah oke. Demi kulit yang sehat, cerah dan selalu dalam kondisi segar, masker tomat halus bisa Anda coba buat di rumah.

  • Caranya: Seperti biasa, ambil buah tomat yang sudah matang dan dalam kondisi segar. Sediakan beberapa buah dan cucilah dulu sampai bersih sebelum Anda mulai menghaluskannya hingga bertekstur lembut. Tomat yang telah dihaluskan bisa Anda gunakan sebagai masker dengan membalurkannya menyeluruh ke area wajah dan leher. Bilas menggunakan air biasa sesudah dibiarkan selama 20 menit lamanya.

15. Tomat Sederhana

Ada lagi resep membuat masker tomat yang lebih sederhana lagi daripada langkah yang diinformasikan sebelumnya. Tujuan dan manfaatnya pun sama, yakni menjaga kulit untuk tetap sehat, melindungi kulit wajah dari segala bentuk kerusakan, dan menjadikannya tampak selalu segar.

  • Caranya: Untuk tips mencerahkan wajah, Anda bisa mengambil buah tomat dengan jumlah yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pastikan buah tomat dalam kondisi matang dan masih segar, lalu dicuci bersih sebelum dipotong atau dibelah menjadi 2. Tomat yang telah Anda iris tadi bisa Anda gunakan langsung dengan mengoleskan bagian dalamnya ke wajah sampai merata. Setelah sekitar 15 menit, pakailah air biasa untuk mencuci wajah; melakukannya setiap malam secara rutin tepat sebelum tidur lebih dianjurkan.

(Baca juga: cara memutihkan wajah secara alami – cara mencerahkan kulit wajah)

Pemakaian Masker Tomat, Amankah?

Pertanyaan seperti ini kiranya masih cukup banyak timbul di benak orang-orang yang hendak mencoba tapi takut kulitnya teriritasi. Tak perlu khawatir bila Anda memang ingin mencoba masker tomat karena pada dasarnya tomat sendiri merupakan bahan alami yang kaya akan antioksidan. Baik itu untuk kulit berminyak maupun berjerawat, tomat merupakan contoh bahan aman untuk dijadikan masker.

Bahkan tak masalah bila Anda harus menggunakan masker ini setiap hari, tapi tentunya kembali lagi pada anjuran masing-masing resep yang sudah diberikan di atas. Ada yang dianjurkan untuk dipakai rutin setiap hari, tapi ada pula yang cukup seminggu 1-2 kali pun akan tetap memberikan hasil maksimal.

Baik untuk kulit yang bermasalah maupun tidak, masker tomat merupakan solusi untuk menyehatkan kulit wajah secara alami dan aman. Namun bila ada bahan kombinasi tertentu yang tidaklah cocok bagi kulit Anda, maka sebaiknya tidak usah dipaksakan untuk melanjutkan pemakaian. Berhentilah apabila memang bahan kombinasi masker tomat membuat wajah terasa perih atau timbul iritasi.

Kandungan yang ada pada tomat sebetulnya tidaklah jauh berbeda dan tak kalah dari jeruk nipis maupun tanaman lidah buaya. Jadi bisa dipastikan bahwa kulit Anda akan baik-baik saja dan justru akan makin terjaga kesehatannya menggunakan masker dari bahan utama tomat tersebut.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 16th, January 2017 / 02:46 Oleh :
Kategori : Wajah