27 Cara Mencerahkan Kulit Wajah secara Alami

Tak dapat dipungkiri bahwa hampir setiap wanita punya harapan supaya kulit wajahnya cerah dan bersinar, karena penampilan yang menarik kerap kali dilihat dari sisi wajah. Dalam mencerahkan wajah, banyak wanita tak masalah untuk mengeluarkan kocek lebih dengan pergi ke salon beberapa waktu sekali. Namun, kalau Anda bisa mendapatkan cara mencerahkan kulit wajah secara alami dan murah, mengapa tak melakukannya di rumah saja?

(Baca juga: cara memutihkan wajah)

1. Memakai Jeruk Nipis

Anda pasti sudah cukup tahu beberapa manfaat buah jeruk nipis untuk wajah dan rambut. Jeruk nipis tak hanya bagus untuk kesehatan tubuh dan Anda dapat juga membuktikannya dengan membeli jeruk nipis untuk dijadikan bahan perawatan kulit wajah.

  • Caranya: Siapkanlah jeruk nipis sebanyak 1-2 buah saja dan pastikan kondisinya yang masih segar. Anda dapat memotong-motongnya menjadi 2, lalu Anda bisa peras untuk mendapatkan sarinya. Air perasan itulah yang Anda bisa gunakan dengan mengoleskannya ke seluruh bagian wajah secara merata. Anda hanya perlu mengoles sambil memijat sejenak supaya teresap, lalu biarkan 30 menit sebelum membasuh dengan air biasa.

Jangan kaget apabila di awal atau pertama kali penggunaan, kulit akan terasa panas dan perih karena hal ini sangat wajar. Bahkan wajah akan memerah nantinya setelah pemakaian, namun ini tak membahayakan dan Anda bisa meneruskan penggunaan cara ini di kesempatan berikutnya. Tapi hentikan saja kalau memang iritasi berlanjut.

2. Menggunakan Tomat

Berkandungan vitamin E tinggi, tomat adalah jenis sayur dan buah yang akan membantu agar sel-sel kulit lama terangkat dan sel barulah yang menggantikan melalui proses peremajaan kulit. Bahkan dengan vitamin E inilah produksi kolagen kulit dijamin meningkat, asalkan pemakaiannya rutin.

  • Caranya: Sediakan tomat 1 buah saja dan pastikan kondisinya yang masih segar. Tomat harus dicuci bersih lebih dulu sebelum Anda membelahnya menjadi 2. Gosokkan kedua potongan tomat masing-masing ke seluruh area wajah. Kemudian biarkan selama 30 menit hingga akhirnya meresap secara sempurna. Gunakan air dingin untuk membilas wajah hingga bersih setelah lewat 30 menit tersebut.

(Baca juga: cara memutihkan wajah secara alami)

3. Memakai Yogurt

Satu lagi bahan perawatan wajah supaya lebih cerah yang pasti alami dan aman dengan efektivitas luar biasa, yakni yogurt. Yogurt, terutama yang tawar, bisa Anda gunakan karena pengelupasan sel-sel kulit mati dapat lebih cepat dari biasanya. Saat sel-sel kulit mati terangkat, otomatis warna kulit wajah bakal lebih cerah.

  • Caranya: Siapkan yogurt tawar sesuai kebutuhan Anda, lalu sediakan pula madu murni sebagai campurannya supaya tekstur lebih kental. Sebelum memulai perawatan, silakan bilas dulu wajah dengan air hangat, barulah masker yogurt diaplikasikan merata ke wajah. Tunggulah meresap sampai kira-kira setengah jam sebelum Anda menggunakan air dingin untuk membilas wajah.

4. Memanfaatkan Putih Telur

Untuk merawat wajah supaya lebih cerah dan bebas dari noda hitam maupun komedo, Anda bisa memanfaatkan putih telur secara maksimal. Sudah banyak wanita Korea dan Jepang yang menggunakan masker wajah dengan bahan putih telur ini. Ini karena kandungan proteinnya tinggi meski berbau amis.

  • Caranya: Sediakan telur ayam seperti biasanya, atau telur bebek juga boleh dan pastikan jenis yang kampung. Pecahkan lalu kuning telurnya bisa Anda pisahkan. Putih telur kemudian dapat Anda kocok sampai keluar busa dan berwarna putih. Untuk membuat larutan makin berkhasiat, silakan tambahkan madu bila ingin. Barulah kemudian Anda oles merata ke area wajah secara menyeluruh setiap usai mandi; bilas dengan air hangat setelah 30 menit.

(Baca juga: tips membuat kulit putih)

5. Menggunakan Pisang dan Madu

Buah pisang selain baik untuk yang ingin menguruskan maupun menggemukkan badan juga berguna untuk merawat kulit. Supaya kulit wajah tampak cerah bercahaya, pisang yang berkandungan vitamin C tinggi ini dapat menjadi solusinya.

  • Caranya: Siapkan pisang raja 1 buah saja, jenis lainnya juga boleh; dan tidak lupa madu murni secukupnya. Pisang perlu Anda haluskan lebih dulu dengan sendok, barulah tambahkan madu. Setelah adonan masker ini menyerupai pasta, silakan oleskan ke wajah yang sudah Anda bersihkan lebih dulu. Tinggalkan sekitar setengah jam sebelum akhirnya dibilas bersih dengan air dingin.
ads

6. Memanfaatkan Alpukat

Sudah banyak yang tahu bahwa manfaat alpukat untuk kulit dan wajah sangat besar sehingga Anda juga perlu membuktikannya juga. Kaya akan vitamin A, nutrisi ini akan membantu meningkatkan kecerahan dengan meregenerasi sel kulit mati. Sedangkan untuk sifat glutaminnya, ini akan membuat kulit lebih lembab.

  • Caranya: Sediakan alpukat secukupnya yang kemudian diambil dagingnya sekitar 1 cangkir saja banyaknya. Supaya terbentuk pasta, campurkan bersama dengan madu murni secukupnya juga. Setelah wajah bersih, oleskan campuran ini ke seluruh wajah sebagai masker. Tunggulah kira-kira 25 menit sebelum Anda mengakhiri perawatan dengan membilas wajah memakai air dingin.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kering pada wajah)

7. Membuat Scrub dari Gula dan Kopi

Sebagai sumber kafein tinggi, kopi memang perlu dihindari oleh para penderita darah tinggi. Namun, bila hanya sekadar untuk mencerahkan wajah, Anda dapat memakainya kapan saja dengan dicampur bersama gula.  Bahan-bahan inilah yang akan mencerahkan wajah dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati.

  • Caranya: Buatlah scrub untuk membersihkan wajah dari campurkan kopi bubuk secukupnya yang Anda dapat campur bersama gula 2 sendok serta air hangat. Setelah jadi, Anda bisa menggosokkannya ke seluruh area wajah secara merata. Sekitar 15 detik Anda dapat menggosokkannya ke wajah dan gunakan air hangat untuk membilas wajah hingga bersih.

8. Memakai Bengkoang

Dalam mencerahkan wajah, ada lagi cara ampuh yang bisa Anda coba, yakni menggunakan bengkoang yang ekstraknya sudah banyak digunakan sebagai bahan krim pemutih. Karena krim pemutih lebih mahal, Anda dapat meramu bengkoang ini sendiri di rumah. Jadikan bengkoang sebagai masker wajah dengan cara meramu yang sederhana.

  • Caranya: Sediakan bengkoang segar secukupnya yang kemudian Anda kupas lebih dulu dan bersihkan. Jangan lupa parut hingga teksturnya halus secara sempurna; parutan ini kemudian dapat Anda peras dan saring. Tapi jangan langsung dipakai, endapkan dulu semalaman. Sesudah itu, keesokan paginya Anda bisa menggunakan endapan tersebut untuk dioles ke seluruh wajah lalu tunggu selama 30 menit sebelum membilas dengan air dingin.

(Baca juga: manfaat totok aura wajah)

9. Menggunakan Lobak

Sering digunakan sebagai bahan memasak dan para ibu rumah tangga jelas sudah sangat familiar dengan bahan satu ini. Untuk mencerahkan wajah secara maksimal, Anda dapat menggunakan lobak yang sederhana ini sebagai masker setiap harinya tanpa perlu perawatan mahal.

  • Caranya: Siapkan 1 hingga 2 batang lobak, berikut bahan tambahannya, yakni jeruk nipis dan minyak zaitun secukupnya. Cuci dulu sampai bersih lobak yang sudah disiapkan, lalu haluskan dengan cara memarut atau memblendernya sampai halus. Tambahkan minyak zaitun bersama jeruk nipis sampai bentuk teksturnya menyerupai krim atau adonan pasta. Terapkan ke wajah Anda dan bilas sesudah setengah jam berlalu.

10. Memakai Lidah Buaya

Sudah tak perlu ditanya lagi, manfaat lidah buaya untuk kecantikan sangat luar biasa, seperti untuk rambut maupun kulit. Lidah buaya inilah yang bisa Anda andalkan untuk mengatasi hiperpigmentasi pemicu utama dari tidak merata dan kusamnya kulit.

  • Caranya: Lidah buaya dengan sifat penenang alaminya sangat membantu dalam proses regenerasi sel-sel baru berikut memperbaiki jaringan yang rusak. Ambil gelnya seperti biasa lalu Anda bisa oleskan ke seluruh kulit wajah. Tunggu setengah jam sebelum Anda dapat membersihkannya dengan air bersih. Lakukan perawatan wajah ini sehari 2 kali selama 2 minggu berturut-turut agar hasilnya maksimal.

(Baca juga: cara menghilangkan belang di wajah)

11. Memanfaatkan Buah Lemon

Lemon adalah jenis buah yang kadar vitamin C-nya sangat kaya, dan buah ini dapat menjadi alternatif dari jeruk nipis. Vitamin C di dalam lemon inilah yang akan mendukung pertumbuhan sel-sel kulit baru setelah sel kulit lama terangkat sempurna melalui proses pengelupasan.

  • Caranya: Ambil jus lemon yang masih segar, lalu Anda bisa secara langsung menerapkannya ke area wajah dengan menggunakan kapas. Diamkan sekitar 1 jam supaya kandungan baik sari jus lemon ini terserap ke dalam kulit secara lebih sempurna. Gunakan air biasa setelah 1 jam untuk membilas wajah sampai sisa larutan jus lemon bersih.

12. Memakai Madu

Madu murni adalah bahan yang akan mencerahkan kulit secara alami tanpa adanya efek samping berbahaya. Selain mencerahkan, madu berperan sebagai pelembab bagi kulit wajah Anda serta meratakan warna kulit secara sempurna. Bahkan sifat antibakterinya pun akan membuat bintik hitam serta bekas jerawat memudar.

  • Caranya: Madu murni yang Anda siapkan dapat Anda oles ke wajah sampai merata dan tunggulah beberapa menit. Anda bisa menggunakan air hangat untuk mencucinya setelah beberapa waktu. Dengan madu ini, sel-sel kulit mati akan terangkat dan tergantikan oleh sel-sel kulit baru yang lebih sehat dan cerah.

(Baca juga: cara merawat kulit sensitif)

13. Menggunakan Kunyit

Salah satu jenis rempah ini memang banyak digunakan sebagai peningkat warna kulit dan ini akan membantu supaya kulit cerah merata. Karena berantioksidan serta bersifat antiseptik juga, kunyit bisa Anda jadikan sebagai bahan perawatan wajah tanpa khawatir akan efek samping berbahaya bagi kulit. Namun, Anda perlu menyiapkan satu bahan lagi sebagai campurannya, yakni krim susu.

  • Caranya: Sediakan bubuk kunyit dan krim susu yang bisa Anda campur bersama untuk membentuk adonan pasta kental. Pasta inilah yang Anda gunakan untuk dioles ke seluruh kulit wajah Anda. Tunggu mengering selama beberapa waktu, lalu bilas wajah menggunakan air hangat. Kulit pasti akan lebih cerah hanya dalam beberapa minggu dengan penggunaan teratur.

14. Memakai Pepaya

Pepaya juga adalah salah satu buah yang mampu mencerahkan wajah serta membuat warna kulit tampak merata. Ada kandungan sifat pemutih di dalamnya yang sangat alami sehingga ada berbagai macam nutrisi di dalamnya yang bisa menjadikan kulit bersinar natural.

  • Caranya: Memakannya langsung adalah cara yang paling mudah, namun Anda juga bisa mencoba untuk menggosokkan potongan pepaya ke kulit wajah Anda supaya sari dan nutrisinya terserap. Tunggu kering, lalu Anda bisa membasuhnya menggunakan air biasa, dan untuk mengeringkannya bisa Anda tepuk-tepuk wajah Anda. Bila melakukannya rutin, hasilnya dijamin efektif dan pastikan Anda merawat wajah dengan pepaya ini setiap hari.

(Baca juga: bahaya facial di salon)

15. Menggunakan Susu

Selain nikmat diminum dan menyehatkan tulang, susu juga berguna untuk merawat kesehatan kulit, termasuk juga kulit wajah. Tak banyak yang tahu bahwa manfaat susu untuk kulit wajah dan tubuh juga cukup besar. Cara penggunaannya pun tergolong mudah sehingga perawatan dapat dilakukan setiap hari.

  • Caranya: Sediakan susu murni yang bisa Anda pakai secukupnya untuk membilas wajah secara rutin. Setelah membilas wajah dengan susu, tinggalkan dulu sejenak atau beberapa menit agar kandungan susu meresap lebih dulu. Cucilah wajah menggunakan air biasa sesudah susu mengering di wajah, dalam beberapa minggu akan terlihat hasil kulit wajah lebih cerah.

16. Memanfaatkan Mentimun

Untuk mencerahkan wajah dan membuat kulit menjadi lebih segar, mentimun juga merupakan pilihan tepat. Tak hanya lebih cerah, mentimun akan membantu supaya kulit wajah lebih lembut, lembab serta kenyal dan kencang jauh dari tanda-tanda penuaan dini seperti yang dikhawatirkan banyak wanita.

  • Caranya: Mentimun yang sudah diiris dapat ditempatkan pada area kulit wajah yang ingin Anda cerahkan, lalu diamkan selama beberapa menit. Setelahnya Anda bisa melepas mentimun dan membilas kulit wajah dengan air hangat. Melakukannya sehari 2 kali adalah kunci untuk hasil terbaik.

(Baca juga: manfaat eksfoliasi wajah)

Sponsors Link

17. Menggunakan Oatmeal

Tak hanya bagus untuk kesehatan jantung, oatmeal menawarkan fungsi lainnya bagi kesehatan kulit. Ingin kulit wajah tampak lebih cerah secara alami? Bahan alami seperti oatmeal adalah pilihan yang baik karena mampu menjadi eksfoliator sehingga sel-sel kulit lama terangkat dan digantikan sel kulit baru.

  • Caranya: Oatmeal bisa Anda sediakan secukupnya bersama dengan jus tomat di mana kedua bahan bisa Anda campurkan bersama. Campuran ini dapat Anda terapkan ke wajah Anda lalu tinggalkan selama 20 menit sebelum membilasnya menggunakan air dingin. Gosok secara lembut saat membilas supaya sel-sel kulit mati terangkat. Melakukannya rutin setiap hari jelas lebih disarankan karena hasilnya pun bakal lebih sempurna.

18. Memanfaatkan Teh, Madu dan Tepung Beras

Untuk kulit wajah cerah sempurna namun kelihatan natural, bahan-bahan alami seperti tepung beras, madu dan teh dapat Anda pergunakan.

  • Caranya: Sediakan secangkir teh yang teksturnya jangan begitu kental, dan biarkan dingin lebih dulu. Siapkan pula ½ sendok makan madu murni bersama dengan 2 sendok makan tepung beras. Seluruh bahan dapat Anda campur dengan mengaduk-aduknya, jadikan masker wajah di mana saat mengoles Anda bisa memijat kulit wajah juga. Tunggulah 20 menit barulah gunakan air bersih untuk membilasnya.

(Baca juga: cara menghilangkan flek hitam di wajah)

19. Memakai Ekstrak Bearberry

Untuk mencerahkan kulit wajah, ekstrak bearberry pun jangan sampai terlewatkan karena ada kandungan astringent yang cukup tinggi. Itulah mengapa ekstrak ini kerap dipakai sebagai bahan produk kosmetik.

  • Caranya: Sediakan ekstrak bearberry yang bisa Anda tambahkan ke krim atau lotion yang biasa Anda pakai sehari-hari. Pakailah lotion untuk wajah tersebut setiap hari dan ulangi setiap hari demi memperoleh hasil paling maksimal. Atau, campurkan ekstrak bearberry bersama air biasa dan gliserin, lalu aplikasikan secara menyeluruh ke wajah Anda setiap harinya.

20. Menggunakan Kentang

Jus kentang atau sari dari kentang nyatanya sangat aman dan ampuh dalam memberikan kecerahan pada kulit wajah. Kaya akan vitamin C, kentang akan menjadi pencerah kulit wajah alami yang akan mengusir sel-sel kulit mati dan mengurangi produksi melanin.

  • Caranya: Kupas kentang lebih dulu lalu cuci dan potong hingga beberapa irisan. Ambil jusnya dengan cara menggosokkan potongan kentang ke kulit Anda yang gelap. Tinggalkan selama 15-20 menit, dan lanjutkan dengan membasuh wajah menggunakan air bersih. Setiap minggunya Anda dapat melakukan perawatan ini 2 kali.

(Baca juga: manfaat suntik kolagen bagi kulit)

Cara Lain Mencerahkan Kulit Wajah

Selain dari bahan-bahan alami tersebut yang bisa Anda jadikan bahan perawatan setiap hari, ada juga beberapa hal dan langkah yang juga perlu Anda lakukan, seperti:

  1. Dapatkan kualitas tidur yang cukup, yakni sehari selalu tidur 8-9 jam.
  2. Berolahragalah secara rutin karena olahraga pun dapat menyehatkan kulit serta mencerahkannya.
  3. Mengelola stres dengan baik adalah kunci dari kulit yang cerah dan sehat.
  4. Jauhilah segala bentuk paparan tak sehat, seperti sinar UV, alkohol, debu, serta asap rokok.
  5. Minumlah banyak-banyak air putih karena selain menghidrasi tubuh, air putih juga mampu mencerahkan kulit secara alami.
  6. Makanlah makanan dan minuman sehat agar kulit menjadi ikut sehat dan cerah.
  7. Cucilah wajah menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda setiap hari di mana sehari Anda bisa melakukannya 2 kali.

(Baca juga: ciri-ciri kulit sensitif)

Sejumlah cara mencerahkan kulit wajah secara alami sudah disebutkan. Cara-cara tersebut tergolong aman dan ampuh untuk dibuktikan efektivitasnya, maka selamat mencoba di rumah tanpa perlu mahal-mahal pergi ke salon untuk perawatan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 19th, October 2016 / 07:43 Oleh :
Kategori : Wajah