9 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan – Kulit – Wajah – Tubuh

Lidah Buaya atau Aloe Vera merupakan salah satu tanaman hias yang dapat dengan mudah ditemui di halaman rumah sebagai tanaman herbal andalan. Alasan paling mendasar adalah karena tanaman ini tergolong tidak rewel dan tidak membutuhkan perawatan ekstra sehingga pemiliknya tidak harus mengeluarkan banyak waktu, tenaga bahkan biaya untuk memastikan pertumbuhannya lidah buaya. Bentuknya yang unik serta warnanya yang hijau soft dan menghadirkan nuansa kesegaran tersendiri di sekitarnya juga menambah kekuatan tanaman satu ini.

Lain dari itu, lidah buaya ternyata memiliki manfaat yang sangat beragam, mulai dari manfaat terhadap kesehatan hingga kecantikan dan perawatan tubuh. Tak heran jika anda dapat dengan mudah menemukan kandungan lidah buaya di berbagai produk kosmetik dan perawatan kecantikan mulai dari shampoo, krim jerawat dan lain sebagainya.

Nah, untuk Anda yang menginginkan perawatan kecantikan alami, mengetahui manfaat lidah buaya secara detail tentu akan dapat sangat membantu. Setidaknya, Anda bisa meracik langsung lidah buaya untuk keperluan dan pemakaian pribadi demi mendapatkan hasil perawatan terbaik. Di bawah ini adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk kecantikan yang perlu diketahui :

1. Mengatasi Wajah Kusam dan Kering

Banyak yang percaya bahwa kulit cerah adalah modal besar untuk memiliki penampilan menarik. Sayangnya, banyak juga yang mengeluhkan masalah minimnya kecerahan kulit wajah dan atau warna kulit yang kusam maupun tidak merata. Jika Anda juga menghadapi keluhan yang demikian, kandungan vitamin A dan E dalam lidah buaya dapat Anda andalkan untuk mencerahkan kulit.

Selain persoalan wajah kusam, wajah kering juga dipercaya dapat merusak penampilan utamanya pada siang hari ketika matahari bersinar sangat terik. Lidah buaya ternyata juga dapat melembabkan kulit wajah Anda dengan kandungan lignin yang terdapat dalam dagingnya. Tak hanya melembabkan, senyawa tersebut juga membuat elastisitas kulit tetap terjaga dan mencegah terjadinya alergi kulit. Karenanya, Anda tidak perlu ragu untuk mencoba meracik ramuan alami lidah buaya demi hasil maksimal untuk penampilan prima Anda. Apalagi, Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan efek samping semisal iritasi sebab keluhan tersebut tidak akan menggangu apapun jenis kulit wajah yang Anda miliki.

2. Mencegah dan Mengobati Jerawat (serta Komedo)

Lendir atau gel lidah buaya mengandung zat anti-mikroba yang berfungsi mencegah timbulnya masalah-masalah kulit wajah semisal jerawat dan komedo. Kandungan saponin dan astrigent dalam lendir tersebut juga memiliki fungsi antibakteri dan menyerap timbunan lemak sehingga terjadinya jerawat dan komedo dapat dihindarkan. Bagi yang telah lama menginginkan kulit wajah bersih dari jerawat dan belum mendapat hasil nyata dari berbagai treatment yang dilakukan, gel lidah buaya bisa menjadi solusi yang tepat karena alami dan tanpa efek samping.

Sementara untuk pengobatan, juga dapat menggunakan gel lidah buaya kemudian mengoleskannya pada bagian kulit wajah yang ditumbuhi jerawat. Diamkan beberapa saat sebelum kemudian dibilas dengan air hangat.

Sponsors Link

3. Mengobati Luka

Masih sedikit orang yang mengetahui bahwa lidah buaya juga berkhasiat mengobati luka bakar, luka gigitan serangga dan macam-macam luka lain. Jika anda menderita luka yang dapat mengganggu penampilan, gunakan lidah buaya untuk mempercepat proses penyembuhan serta dengan cepat menghilangkan bekasnya.

4. Menghilangkan Flek Hitam

Seperti halnya bekas luka yang bisa dengan mudah dihilangkan dengan treatment lidah buaya, flek hitam di wajah baik dari bekas komedo, jerawat atau gigitan serangga juga dapat dihilangkan dengan lidah buaya. Caranya juga tidak jauh berbeda dengan berbagai perawata lain, yakni dengan menggunakan gel lidah buaya, dioleskan lalu membiarkannya ‘bekerja’ sebelum dibilas.

Namun demikian, hal yang perlu dicatat adalah bahwa perawatan yang demikian membutuhkan kesabaran dan konsistensi sehingga Anda tidak dapat mengharapkan hasil instant dari produk alami tanpa rutin melakukan perawatan.

5. Mencegah Penuaan

Fungsi anti aging yang dimiliki lidah buaya erat kaitannya dengan kandungan antioksidan yang begitu melimpah. Karena itu, anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya untuk perawatan anti aging sebab bahan alami di sekitar Anda dapat sangat membantu dan memberikan hasil menakjubkan.

6. Membersihkan Wajah

Perempuan atau laki-laki biasa menggunakan pembersih dari kosmetik untuk membersihkan sisa make-up atau kotoran setelah seharian beraktivitas. Anda bisa mengganti kosmetik tersebut dengan lidah buaya tanpa harus mengkhawatirkan berbagai efek samping semisal ketergantungan atau iritasi.

Cara menggunakannya juga tidak jauh berbeda dengan pembersih wajah biasa dimana bisa menggunakan kapas untuk mengangkat kotoran dan sisa make up dari kulit wajah. Bedanya adalah krim yang dioleskan. Jika sebelumnya terbiasa menggunakan krim kosmetik, saat ini Anda menggantinya dengan bahan alami yang aman, yakni gel atau lendir lidah buaya.

Sponsors Link

7. Penyegar Alami

Jika Anda terbiasa menggunakan kosmetik untuk menyegarkan kulit wajah, tidak ada salahnya mencoba menggunakan lidah buaya sebagai bahan alternatif. Caranya mudah saja. Anda tinggal memarut daging lidah buaya kemudian mengoleskannya pada wajah dan mendiamkan selama sekitar 10 menit sebelum di bilas. Sensasi dingin nan alami yang diberikan parutan kulit lidah buaya tidak hanya akan memberikan rasa segar, akan tetapi juga menutrisi kulit secara alami dan tanpa efek samping.

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan memiliki kandungan asam amino dan antrakuinon yang berfungsi sebagai akselerator regenerasi sel kulit dengan sendirinya. Kulit akan tampak segar dan sehat karena sel-sel kulit mati telah terangkat dan proses regenerasi berjalan lancar.

8. Melebatkan Alis

Bagi anda yang ingin memiliki alis lebat dan tebal, gel lidah buaya dapat sangat membantu anda karena bahan yang mudah didapat, cara pemakaian yang tak kalah mudah serta khasiat yang demikian besar. Cukup oleskan gel lidah buaya ke bagian alis, kemudian diamkan semalaman sementara Anda tidur. Esok harinya, bilas hingga bersih dan ulangi secara rutin.

9. Menjaga Kesehatan Bulu Mata

Mereka yang rutin ber-make up karena tuntutan profesi atau gaya hidup biasanya suka menggunakan maskara untuk mempertegas karakter dan mendukung penampilan. Sayangnya, efek samping dari penggunaan maskara adalah bulu mata yang rentah patah dan mengering. Jika Anda menemukan masalah serupa, tak perlu bingung sebab gel lidah buaya juga bisa Anda andalkan untuk keperluan ini tanpa harus khawatir akan ancaman iritasi. Cuci bulu mata Anda terlebih dahulu kemudian oleskan gel lidah buaya kemudian diamkan selama 30 menit sebelum dicuci bersih.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 07th, March 2016 / 08:44 Oleh :
Kategori : Herbal Sehat