15 Cara Membuat Masker Alpukat untuk Rambut dan Kulit

Alpukat tak hanya sedap dan bisa dinikmati sebagai minuman es atau jus karena pada dasarnya kandungan vitamin dan mineral di dalamnya sangat tinggi. Buah satu ini mampu memberikan keuntungan-keuntungan yang luar biasa baik bagi kulit maupun rambut Anda. Ada beberapa manfaat populer yang perlu Anda ketahui dari alpukat seperti:

  • Menghaluskan kulit.
  • Membuat kulit lebih cerah.
  • Menyegarkan kulit wajah.
  • Sebagai antioksidan.
  • Melembabkan kulit.
  • Melembabkan rambut.
  • Mengembalikan kekuatan rambut.
  • Memperbaiki rambut yang rusak.

Begitu besarnya manfaat alpukat untuk kulit wajah serta tubuh, maka tak salah bila Anda mencari cara membuat masker alpukat sendiri. Masker ini bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan, entah itu untuk kesehatan rambut atau kulit. Di bawah ini beberapa resep yang bisa Anda coba di rumah.

(Baca juga: manfaat buah alpukat untuk rambut – manfaat conditioner rambut)

Pembuatan Masker Alpukat untuk Rambut

Untuk pembahasan pertama, kita bisa menilik apa saja resep ramuan masker alpukat yang dikhususkan untuk menjaga kesehatan rambut. Ada bahan-bahan lain yang bisa turut dikombinasikan dengan alpukat di mana contohnya bisa dilihat sebagai berikut.

  1. Alpukat, Minyak Almond dan Susu Kelapa

Bila Anda mencari kombinasi alpukat yang cukup gampang untuk digunakan sebagai masker rambut, susu kelapa dan minyak almond bisa menjadi pilihan terbaik. Ramuan masker alpukat satu ini lebih berfungsi untuk menyuburkan rambut dan sebagai pencegah kerontokan rambut. Susu kelapa dan juga minyak almond merupakan kombinasi tepat bagi alpukat karena memang keduanya mampu menumbuhkan serta melebatkan rambut yang tipis dan sedikit.

  • Caranya: Sediakanlah 1 buah alpukat matang berikut juga minyak almond manis 3 sendok makan dan juga susu kelapa 2 cangkir. Dalam membuatnya, Anda bisa mengambil bulir alpukat untuk dicampurkan atau diblender bersama dengan susu kelapa sampai menjadi pasta halus. Barulah setelahnya ditambahkan dengan minyak almond. Aplikasikan ke rambut dan tinggalkan selama 30 menit sebelum dikeramasi dan diberi kondisioner. Tak perlu sering-sering atau setiap hari, cukup sebulan 2 kali saja untuk hasil yang sempurna di mana rambut selalu ternutrisi dengan baik.
  1. Alpukat, Minyak Zaitun, Madu dan Minyak Lavender

Jika rambut Anda mengalami kerusakan, maka tak ada salahnya untuk mengandalkan alpukat sebagai buah yang merawat rambut. Madu, minyak lavender dan minyak zaitun adalah bahan-bahan yang sangatlah baik untuk menguatkan folikel rambut dan mengatasi rambut kusam serta kasar. Bahkan kerusakan kulit kepala pun bisa diatasi dengan masker dari bahan-bahan tersebut.

  • Caranya: Ambil alpukat matang sebanyak 1 cangkir, berikut juga minyak lavender 10-15 tetes, madu 3 sendok makan dan juga minyak zaitun 2 sendok makan. Blender alpukat, madu dan juga minyak zaitun lebih dulu; ketika sudah terbentuk pasta, barulah tambahkan dengan minyak lavender. Aplikasikan masker ke rambut yang masih basah dan juga area kulit kepala sambil dipijat. Tunggu 35 menit dan setelahnya bisa Anda keramasi; lakukan perawatan ini 2 minggu sekali saja.

(Baca juga: manfaat avokad untuk rambut)

  1. Alpukat dan Kuning Telur

Untuk rambut yang mengembang dan kasar, tak ada salahnya mencoba masker alpukat dan kuning telur yang bisa bersifat sebagai kondisioner juga. Kaya akan vitamin E, D dan A, kuning telur akan melindungi rambut Anda dari sinar UV berbahaya serta polusi lingkungan dan juga zat klorin. Asalkan diaplikasikan dari akar rambut, maka akan ada hasil maksimal yang jelas bakal dirasakan.

  • Caranya: Siapkan sebuah alpukat matang berikut juga 1 kuning telur dan juga jus lemon (opsional). Buahnya bisa Anda campurkan dengan memblendernya bersama kuning telur tadi sampai terbentuk adonan pasta (setelah itu boleh juga tambahkan jus lemon). Aplikasikan ke seluruh rambut dan tunggulah 25 menit sebelum akhirnya rambut Anda bisa keramasi. Perawatan ini hanya disarankan untuk dilakukan seminggu 1 kali saja.
  1. Alpukat dan Pisang

Resep ramuan berikutnya adalah campuran antara alpukat serta pisang di mana pisang sendiri memang adalah buah yang bernutrisi tinggi. Untuk rambut yang bermasalah dengan kekusaman dan juga kerusakan, resep masker alpukat satu ini pasti bisa menyelamatkan kesehatan rambut Anda.

  • Caranya: Alpukat matang bisa Anda siapkan 1 buah saja, ditambah juga pisang matang 1 buah juga. Boleh juga untuk menambahkan minyak zaitun. Seluruh bahan dapat dicampur sampai terbentuklah adonan pasta kental yang dapat diaplikasikan ke seluruh bagian rambut. Tunggu 20 menit lebih dulu sebelum bisa dikeramasi dengan sampo ringan. Supaya rambut lebih lembut, bercahaya dan sehat, lakukan perawatan seminggu 1 kali.

(Baca juga: manfaat hair tonic)

  1. Alpukat, Lidah Buaya dan Lemon

Bila Anda mengalami masalah dengan rambut yang berminyak sehingga kelihatan lepek dan tak menarik, masker kombinasi dari alpukat, lemon dan lidah buaya merupakan pilihan yang sangat tepat. Masker rambut ini dipercaya mampu membuat rambut Anda jauh lebih baik dan sehat.

  • Caranya: Sediakanlah sebuah alpukat matang, berikut juga jus lidah buaya 3 sendok makan dan juga jus lemon 1 ½ sendok teh. Tak ketinggalan, Anda juga bisa menyiapkan minyak kelapa 2 sendok makan dan madu murni 2 sendok teh meski tak wajib. Seperti biasa, semua bahan bisa dicampur sampai akhirnya membentuk adonan pasta. Aplikasikanlah ke seluruh rambut bila sudah jadi, lalu tinggalkan selama kurang lebih 10 menit sebelum akhirnya boleh Anda bersihkan dengan membilasnya. Alangkah baiknya kalau Anda bisa melakukan perawatan ini 2 minggu 1 kali secara rutin supaya rambut tidak lagi berminyak terlalu berlebihan dan lepek.
  1. Alpukat dan Baking Soda

Manfaat masker alpukat untuk rambut begitu banyak, bahkan untuk membersihkan sisa-sisa bahan kimia dari produk perawatan rambut pun masker alpukat bisa diandalkan. Supaya kadar pH kulit kepala Anda selalu sehat dan normal berikut juga rambut Anda lebih cantik, kombinasi kedua bahan ini layak dicoba.

  • Caranya: Siapkanlah buah alpukat matang sebanyak 1 cangkir dan juga baking soda 4 sendok teh ditambah air hangat ¼ cangkir. Seluruh bahan tersebut bisa Anda campur bersama, barulah sesudah itu larutan dapat diaplikasikan ke rambut dan kulit kepala sambil memijat selama 2 menit. Setelah didiamkan beberapa menit, keramasilah; lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk mendapatkan manfaat maksimalnya.

(Baca juga: cara merawat rambut agar tidak mengembang)

  1. Alpukat, Minyak Kelapa, Cuka Sari Apel dan Minyak Jojoba

Jika Anda mewarnai rambut, maka sangatlah perlu untuk meminimalisir efek bahaya cat rambut yang bisa merusak rambut. Itulah mengapa masker rambut dari alpukat dengan kombinasi cuka sari apel, minyak jojoba dan minyak kelapa ini begitu terekomendasikan.

  • Caranya: Siapkanlah alpukat 1 cangkir, minyak kelapa dan minyak jojoba 1 sendok makan berikut 3 sendok makan cuka sari apel. Tak lupa juga, sediakan madu 1 ½ sendok makan dan telur 1 saja sebagai alternatif. Seperti cara pembuatan masker lainnya, silakan campur seluruh bahan sampai berbentuk pasta dan balurkan ke seluruh kulit kepala maupun rambut. Biarkanlah 25 menit lamanya dan setelah itu keramasi rambut sampai bersih; dianjurkan untuk melakukan perawatan ini sebulan 2 kali untuk mencegah kerusakan rambut akibat diwarnai.
  1. Alpukat, Oatmeal, Minyak Zaitun dan Susu Murni

Untuk kulit kepala yang kering dan juga gatal berikut juga rambut kering, masker rambut dari alpukat dicampur dengan susu murni, oatmeal serta minyak zaitun bisa menjadi solusi tepat. Untuk kelembaban dan kesehatan rambut, ketiga bahan yang dikombinasikan bersama dengan alpukat sangatlah bisa Anda andalkan. Bahkan rambut yang rusak bercabang pun mampu diatasi bila Anda merawat dengan rutin.

  • Caranya: Sediakanlah 1 buah alpukat, 2 sendok makan minyak zaitun, ¾ cangkir susu murni, dan ½ cangkir oatmeal di mana seluruh bahan ini bisa Anda blender bersama. Sesudah menjadi pasta kental, aplikasikan langsung ke area rambut dari akar hingga ujung dan tunggulah 30 menit lamanya. Cukup melakukan perawatan secara rutin 2 minggu sekali akan memberikan hasil terbaik.

(Baca juga: manfaat alpukat untuk rambut rontok)

Pembuatan Masker Alpukat untuk Kulit Wajah

Setelah untuk rambut, Anda juga bisa memanfaatkan masker alpukat untuk merawat kulit wajah. Ada berbagai cara atau resep yang dapat dipraktikkan langsung di rumah secara sederhana dengan bahan yang tentunya juga pasti sudah familiar bagi Anda.

  1. Alpukat dan Madu

Madu tak hanya bagus untuk menjaga kesehatan tubuh serta rambut saja, tapi nyatanya memang madu pun sangat berguna dalam meningkatkan kesehatan kulit. Untuk kulit wajah Anda yang kusam sehingga kurang menarik, silakan mencoba membuat masker kombinasi alpukat dan madu. Bahan-bahan ini juga bisa dijadikan pelembab alami tanpa efek samping.

  • Caranya: Sediakan 1 buah alpukat yang bisa Anda hilangkan biji dan kupas kulitnya. Setelah itu, ambil bagian dagingnya untuk Anda lumatkan. Tambahkan dengan madu sebanyak 1 sendok makan saja lalu campurkan sampai merata dan membentuk adonan pasta kental. Aplikasikan ke kulit wajah sekitar 15 menit lamanya dan bersihkan dengan air biasa.
  1. Alpukat dan Oatmeal

Salah satu masker untuk mengencangkan kulit yang kendur adalah dengan menggunakan masker alpukat dicampur dengan oatmeal. Ketika kulit wajah kehilangan kelembabannya, maka kerutan-kerutan dan garis halus otomatis bakal tampak. Itulah mengapa masker kulit satu ini sangatlah dianjurkan untuk dipakai secara rutin.

  • Caranya: Dalam membuatnya, Anda hanya memerlukan 1 buah alpukat yang dikupas dan dilumatkan dan dicampurkan bersama oatmeal yang sudah dimasak. Campurkan merata sampai benar-benar bertekstur halus lalu aplikasikanlah sebagai masker wajah untuk memperbaiki kulit yang rusak. Tinggalkan selama 15 menit sampai mengering dengan sendirinya, dan sesudah itulah baru Anda bisa membersihkan wajah dari sisa-sisa masker.
  1. Alpukat, Putih Telur dan Lemon

Memiliki masalah kulit wajah berminyak hingga terlihat begitu kusam dan kurang menarik? Ketidaknyamanan seperti ini bisa Anda atasi dengan menggunakan masker perawatan kulit yang tepat, contohnya seperti pemakaian bahan lemon, telur dan alpukat.

  • Caranya: Sediakanlah alpukat yang sudah dilumatkan daging buahnya, lalu campurkan dengan 1 putih telur dan juga jus lemon secukupnya. Aduk-aduklah sampai merata dan pastikan bahwa adonan pasta ini sudah tercampur dengan baik. Aplikasikanlah ke kulit wajah yang berminyak selama kurang lebih 20 menit, baru setelah itu bisa Anda bilas menggunakan air biasa. Untuk hasil kulit wajah yang lembut bebas minyak, lakukan perawatan serutin mungkin.

(Baca juga: cara mencerahkan kulit wajah)

  1. Alpukat, Jus Lemon dan Madu

Alpukat juga bisa dicampurkan dengan bahan-bahan seperti madu dan jus lemon apabila Anda bermasalah dengan kulit gelap dan ingin kulit yang lebih cerah. Sebagai pencerah kulit alami, ketiga bahan ini siap dibuat sebagai masker dan digunakan serutin mungkin.

  • Caranya: Sediakan 1 buah alpukat bersama dengan jus lemon ½ sendok teh dan madu murni ½ sendok makan. Ketiga bahan ini bisa dicampurkan setelah Anda melumatkan atau menghaluskan daging buah alpukat. Hasilnya nanti bakal berbentuk pasta dan siap diaplikasikan ke seluruh wajah. Sesudah 20 menit lamanya, Anda bisa membersihkan wajah dari sisa-sisa masker.
  1. Alpukat, Jeruk dan Madu

Masih ada lagi cara alternatif dalam membuat masker alpukat ampuh untuk merawat kulit Anda yang kasar dan penuh dengan sel-sel kulit mati. Alpukat yang ditambah dengan jeruk serta madu tak hanya akan bertindak sebagai eksfoliator, tapi juga pencerah warna kulit dan meratakannya dengan sempurna.

  • Caranya: Siapkan buah alpukat matang 1 saja yang sudah dilumatkan hingga halus, lalu juga jus jeruk 2 sendok makan dan madu murni 1 sendok teh. Bila ingin, tambahkan juga minyak kamomil beberapa tetes, namun ini opsional. Setelah masker jadi, Anda bisa langsung mengaplikasikan ke area kulit wajah dan membiarkannya selama 20 menit sebelum dibilas bersih dengan air biasa.

(Baca juga: cara merawat kulit kering)

  1. Alpukat, Yogurt dan Madu

Alternatif lainnya dari pembuatan masker alpukat untuk kulit wajah adalah dengan mengombinasikannya bersama madu dan yogurt. Seperti kita tahu, yogurt pun memiliki manfaat besar bagi kulit, terutama dalam hal mencerahkan dan menghaluskannya secara alami.

  • Caranya: Ada bisa mencoba untuk menggunakan ¼ buah alpukat yang bisa Anda lumatkan hingga lembut. Tambahkan dengan yogurt organik sebanyak 1 sendok teh saja dan juga ½ sendok teh madu. Campurkan sampai rata ketiga bahan tersebut yang akhirnya menjadi bentuk adonan pasta. Untuk kulit kering, aplikasikan ke wajah secara rutin supaya kulit wajah menjadi lebih sehat.
  1. Alpukat dan Yogurt

Kali ini, Anda bisa memanfaatkan alpukat dan yogurt saja tanpa madu di mana manfaatnya pun berbeda dari resep sebelumnya. Jika sebelumnya alpukat, yogurt dan madu membantu menyehatkan kulit kering, kali ini tanpa madu masker ini akan membunuh bakteri dan mengatasi masalah jerawat Anda.

  • Caranya: Ambil ¼ buah alpukat yang bisa Anda haluskan lebih dulu, lalu campurkan bersama dengan yogurt organik 1 sendok teh sama seperti resep sebelumnya. Sesudah tercampur rata, barulah Anda mengaplikasikan ramuan ini ke kulit wajah secara menyeluruh dan tunggulah selama 15 menit. Bersihkan masker dengan air biasa atau sabun pembersih wajah yang ringan sesudah 15 menit berlalu.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kusam – cara mencegah penuaan dini)

Itulah 15 cara membuat masker alpukat yang sangat berguna dalam merawat rambut dan kulit wajah Anda secara maksimal. Pastikan bahwa Anda melakukan metode perawatan secara rutin sesuai dengan anjuran yang ada. Buktikan sendiri manfaat besar nan alami dari buah alpukat ini untuk kesehatan kulit dan rambut.

Melakukan perawatan rutin akan membantu Anda mendapatkan kembali rambut dan kulit yang sehat. Karena caranya cukup mudah, Anda bisa melaksanakannya di rumah dan tanpa harus ke salon, apalagi membayar mahal untuk setiap perawatannya.