9 Bahaya Cat Rambut Bagi Kesehatan

Rambut adalah mahkota bagi wanita, banyak sekali yang melakukan kreasi dengan rambut menjadi berbagai macam. Ada yang membuat rambut menjadi bentuk zig zag, ada yang membiarkannya lurus, bergelombang, keriting bahkan sampai membiarkan rambut begitu saja tanpa dirawat. Pandangan orang dengan rambut berbeda-beda, ada yang beranggapan bahwa rambut itu unsur terpenting bagi kecantikan wanita. Meletakkan rambut sebagai perawatan yang pertama, karena tatanan rambut sebenarnya akan mempengaruhi bentuk wajah seseorang.

Itulah sebabnya kerap kali orang mengubah bentuk rambutnya, baik bentuk rambut alami atau juga dengan menggunakan rambut palsu. Selain itu, ada juga yang mengganti warna rambutnya dengan cara di cat. Memang rambut yang dicat tampak lebih indah dan mempesona tapi, ketahuilah bahwa kandungan zat-zat yang ada di dalam cat rambut juga berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Zat berbahaya di dalam cat rambut

Isopropyl alcohol – Kandungan ini digunkan untuk bahan pelarut pada pewarna rambut

  • Propylene glycol – Bahan ini digunakan untuk membuat cat rambut mudah meresap kedalam rambut
  • Polyethylene glycol – Kandungan ini digunakan untuk pembersih, sehingga cat rambut akan terlihat lebih bersih dengan adanya kandungan ini
  • Natrium lauril sulfat dan sodium laurenth sulfat
  • DEA (dietanolamina), MEA (momoethanolamine) TEA (trietanolamina)
  • Warna pigmen – Agar warna pada pewarna rambut lebih terlihat menarik, sehigga banyak orang yang menginginkan rambutnya diwarnai.
  • Firmaldehida

Begitu banyak kandungan berbahaya di dalam pewarna rambut, untuk itu harus berhati-hati dalam memilih pewarna rambut. Kalau bisa gunakan saja pewarna rambut alami, seperti menggunakan henna. Zat-zat berbahaya itu akan menyebabkan beberapa efek buruk bagi kesehatan tubuh dan juga kesehatan rambut itu sendiri. Bahaya cat rambut yang bisa terjadi, yaitu :

1. Menyebabkan alergi

Karena pewarna yang ada pada cat rambut belum tentu dapat diterima oleh kulit rambut kita. Ketika mengoleskan pewarna rambut ke rambut secara otomatis kita juga akan mengenai kulit kepala. Nah, bila kulit kepala itu tidak cocok dengan pewarna yang menyentuhnya akan menyebabkan alergi

2. Dapat menyebabkan katarak

Bukan tidak mungkin bila zat pada cat rambut meresap kedalam kulit kepala dan mengenai berbagai syaraf yang ada di dalam kepala, akibaynya bila zat tersebut mengenai syaraf mata akan menyebabkan katarak.

3. Iritasi mata

Bahan pewarna yang digunakan pada cat rambut memiliki berbagai macam zat yang telah dijelaskan di atas, padahal dapat diketahui, bahwa zat itu sangalah berbahaya dan bila zat zat tersebut berubah menjadi gas dan mengenai mata, akan terjadi iritasi pada mata.

Sponsors Link

4. Terjadi hodhkins dan multiple myloma

Penyakit ini sama seperti penyakit kanker getah bening. Hal ini disebabkan karena zat pewarna pada cat rambut masuk kedalam syaraf-syaraf melalui kulit

5. Kanker payudara

Sama halnya dengan terjadinya kanker kanker yang lain. Banyak zat aktif yang terkandung di dalam cat rambut. Sehingga menyebabkan berbagai macam masalah.

6. Kanker kandung kemih

Dalam studi telah dijelaskan bahwa seseorang yang sering mengguanakan pewarna rambut akan lebih beresiko terkena penyakit kanker kandung kemih ini

7. Kelainan pada janin

Hal ini disebabkan karena cat rambut meresap kedalam kulit kepala dan terbawa masuk ke aliran darah. Yang akan diserap oleh janin nantinya

8. Gangguan hormonal

Selain zat yang dijelaskan di atas cat rambut juga memiliki kandungan alkylphenool etoksilat (APE) yang biasanya digunakan pada peptisida. Sehingga dapat menyebabkan kelainan hormone pada tubuh

9. Rambut menjadi mudah rontok

Hal ini disebabkan karena rambut yang sering diwarnai menjadi tidak sehat lagi. Karena banyaknya bahan kimia yang sudah melekat pada rambut, sehingga protein dan vitamin pada rambut menjadi berkurang dan menyebabkan kerontokan.

10. Peradangan

Dalam waktu yang lama, menggunakan pewarna rambut akan menyebabkan peradangan di berbagai anggota tubuh. Jika sudah terjadi peradangan di bagian anggota tubuh maka akan terjadi reaksi buruk pada zat kimia lainnya. Apabila terjadi peradangan setelah menggunakan bahan pewarna rambut maka bersegeralah untuk periksa ke dokter. Bisa jadi masalah peradangan akan lebih bertambah besar jika tidak langsung diobati.

Sponsors Link

Banyak hal memang yang dilakukan wanita untuk menghiasi rambutnya seperti yang dijelaskan di atas,namun memang salah satu trend yang merajarela adalah mewarnai rambut, padahal sudah kita ketahui bahaya cat rambut ini berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu alangkah lebih baiknya rambut dibiarkan natural saja, bila memang mau memberi warna rambut gunakan bahan pewarna rambut yang alami. Ada beberapa tips yang juga harus diketahui agar aman dalam penggunaan pewarna rambut

Tips Mewarnai Rambut yang Aman

  1. Sebelum mengguanakan pewarna rambut pastikan bahwa pewarna tersebut tidak mengandung banyak kandungan berbahaya, sehingga tidak terlalu bahaya bila digunakan dalam jangka waktu yang panjang
  2. Bersabarlah ketika ingin mengguanakannya, jangan langsung digunakan begitu saja, lakukan tes alergi pada kulit kepala anda. Jika cat rambut yang digunakan menimbulkan alergi maka jangan digunakan, namun jika memang cocok bisa digunakan, namun tidak boleh terlalu lama dan terlalu sering. Karena bukan saja iritasi kulit kepala yang disebabkan namun gangguan-gangguan lain juga dapat disebabkan karena zat pada pewrna rambut.
  3. Apabila memiliki dua pewarna rambut, jangan sekali kali mencoba untuk mencampurnya, karena bisa saja kandungan antara pewarna yanga satu berbeda dengan pewarna yang lainnya. Bisa jadi pewarna zat satu dengan yang lainnya saling menolak,dan malah akan menyebabkan zat baru yang membahayakan. Jika memang ingin mencampur warna campurlah warna dengan produk dan merk yang sama, sehingga tidak akan berbahaya.
  4. Gunakan sarung tangan jika ingin mengoleskan pewarna rambut ke rambut. Biasanya sarung tangan sudah dibawakan ketika hendak membeli produk pewarna rambut itu. Karena bisa jadi tangan tidak tahan dan tidak cocok terhadap bahan yang ada di pewarna rambut.
  5. Jangan membiarkan cat pewarna lama di rambut, jika perintah hanya meminta untuk membiarkan 10 menit maka diamkanlah selama 10 menit saja. Mungkin banyak yang beranggapan semakin lama membiarkan cat menempel maka akan semakin bagus pula hasilnya nanti. Padahal semakin lama malah semakin berbahaya untuk kesehatan.
  6. Ketika ingin mewarnai rambut pilihlah warna-warna yang terang, karna semakin pekat pewarna akan semakin banyak zat berbahayanya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 21st, January 2016 / 09:06 Oleh :
Kategori : Rambut