36 Cara Menghilangkan Tahi Lalat Mati secara Alami

Tahi lalat memang dianggap sebagai pemanis wajah, namun tak sedikit pula beberapa orang baik wanita maupun pria yang merasa terganggu dengan hal ini. Walaupun bukan tahi lalat hidup, tetap saja ada beberapa orang yang merasa risih karena merasa bahwa adanya tahi lalat mampu mengurangi daya tarik mereka.

Bila Anda memiliki masalah yang sama, ada beberapa cara menghilangkan tahi lalat mati yang paling mujarab seperti di bawah ini. Bahkan banyak dari cara yang direkomendasikan kali ini tidak akan meninggalkan bekas seperti yang kiranya sering dikhawatirkan. Berikut ini merupakan sejumlah solusi yang layak dicoba dengan bahan-bahan yang mudah apabila ingin menghilangkan tahi lalat secara alami.

(Baca juga: cara menghilangkan bruntusan di wajah)

1. Lidah Buaya

Sepertinya sudah tak perlu diragukan lagi akan manfaat lidah buaya untuk kulit, bahkan untuk menghilangkan tahi lalat pun cukup menjanjikan. Efek adem dari lendir lidah buaya ini tak hanya bisa menyuburkan rambut dan melembabkan kulit. Anda bisa mengusir tahi lalat secara alami dengan cara sederhana menggunakan lidah buaya ini.

  • Caranya: Anda bisa menggunakan baik lendir atau daging lidah buaya dengan mengompreskan langsung ke tahi lalat yang hendak Anda hilangkan. Bisa juga Anda mengupas satu sisi potongan daun lidah buaya, lalu tempelkan di area tahi lalat (gunakan plester supaya posisinya tetap. Sesudah 2-3 jam, barulah lepas dan bersihkan.

2. Cuka Sari Apel

Ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh cuka sari apel bagi kesehatan, baik itu untuk kulit maupun rambut. Tak ada salahnya juga Anda mencoba bahan alami ini sebagai penghilang tahi lalat mati maupun hidup. Tapi bila kulit Anda sensitif, gunakan lebih dulu petroleum jelly pada area tahi lalat supaya tidak teriritasi.

  • Caranya: Dalam menggunakan cuka sari apel sebagai penghilang tahi lalat, Anda bisa menuangkan 4-5 tetes ke atas bola kapas yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Gunakan saja pipet agar prosesnya lebih mudah, lalu tempelkan kapas ini ke tahi lalat dan tutup memakai kain kassa. Sesudah lewat 1 jam, lepaskan dan bersihkan; lakukan hingga hasilnya memuaskan.

(Baca juga: cara menghilangkan komedo membandel)

3. Minyak Zaitun

Selain bagus untuk kesehatan tubuh, minyak zaitun yang biasanya menjadi pengganti minyak goreng biasa ini ternyata sangatlah ampuh pula digunakan sebagai penghilang tahi lalat. Bahkan untuk flek-flek dan bintik hitam pada wajah, minyak zaitun dapat Anda pakai untuk perawatan.

  • Caranya: Langsung saja ambil beberapa tetes minyak zaitun secukupnya untuk dioles ke bagian tahi lalat mati yang ingin Anda hilangkan. Tak hanya tahi lalat mati, tapi tahi lalat hidup pun juga bisa diatasi dan dihilangkan menggunakan bahan alami satu ini. Selain itu, minyak zaitun juga akan menutrisi kulit Anda secara sempurna.

4. Daun Ketumbar

Bahan alami lainnya yang mudah dijumpai dan juga gampang digunakan antara lain adalah daun ketumbar. Anda bisa menggunakan jenis daun ini untuk menghilangkan tahi lalat secara efektif meski memang harus telaten. Penggunaan yang rutin bakal secara membantu Anda mendapatkan hasil maksimal.

  • Caranya: Ambil beberapa lembar saja akan daun ketumbar untuk Anda manfaatkan. Daun-daun ketumbar ini bisa Anda hancurkan dan dibuat menjadi pasta halus. Sesudah ramuannya jadi, Anda bisa menerapkannya langsung ke tahi lalat mati yang Anda ingin hilangkan. Lakukan setiap malam dan biarkan semalaman, barulah esok paginya Anda mencuci dan membersihkannya.

5. Minyak Kemenyan

Cukup mengejutkan memang bahwa minyak kemenyan disebut-sebut mampu memberikan efek yang baik dalam menghilangkan tahi lalat. Namun, sebaiknya tidak menghentikan pengobatan sesudah tahi lalat memudar. Teruskan pemakaian dan pengobatan sampai beberapa hari ke depan demi mencegah bekas luka terbentuk. Hentikan penggunaan apabila iritasi terjadi pada kulit.

  • Caranya: Sediakan minyak zaitun lebih dulu sebanyak 8 sendok makan yang kemudian baru Anda campurkan dengan minyak kemenyan 1 sendok teh. Tuang ke bola kapas yang sudah Anda siapkan sebelumnya, lalu oles pada bagian tahi lalat mati tersebut dan tempelkan. Tunggulah beberapa jam sebelum kemudian bisa dicuci dan dibersihkan; pastikan Anda melakukannya sehari 3 kali setiap hari selama 1 bulan.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kering pada wajah)

6. Minyak Pohon Teh

Ada banyak kegunaan dari minyak pohon teh yang bisa didapat oleh penggunanya, terutama bagi kulit dan rambut. Obat alami ini mampu menjadi penghilang tahi lalat mati maupun hidup pada kulit Anda apabila menggunakannya serutin dan setelaten mungkin.

  • Caranya: Anda bisa menyiapkan cotton bud lebih dulu yang kemudian dicelupkan ke minyak pohon teh yang sudah disiapkan. Setelah itu tempelkan dan usapkan di bagian tahi lalat, baru setelahnya Anda tutup dengan bola kapas atau perban selama semalaman. Esok paginya setelah bangun tidur baru Anda lepas dan bersihkan area tersebut sampai bersih.

7. Minyak Oregano dan Minyak Almond

Untuk masalah tahi lalat mati maupun hidup, ada cara menghilangkan tahi lalat di wajah maupun di area tubuh lain yang pas untuk Anda coba. Bila Anda dapat dengan mudah memperoleh minyak oregano dan minyak almond, gunakan minyak ini sebagai obatnya dan lakukan rutin sampai akhirnya tahi lalat memudar.

  • Caranya: Anda perlu mengombinasikan minyak oregano ini dengan minyak almond di mana takaran masing-masing dapat diatur 1 sendok teh untuk minyak oregano dan minyak almond sebanyak 8 sendok teh. Larutan ini kemudian bisa Anda oles ke tahi lalat setelah dicampur. Lakukan setiap hari sampai akhirnya ada perbedaan yang memuaskan.

8. Akar Dandelion

Mungkin Anda kerap mendengar namanya tapi agak sulit untuk menemukan tanaman dandelion ini. Bila Anda mendapatkannya dengan mudah, Anda bisa memanfaatkan bagian akar dari tanaman ini sebagai obat ampuh pengusir tahi lalat. Untuk tahi lalat mati maupun hidup bisa Anda coba gunakan bahan satu ini.

  • Caranya: Untuk tahi lalat yang kiranya mengganggu, Anda bisa memakai akar bunga dandelion dengan cara menggosokkannya perlahan di area tahi lalat Anda. Menggosoknya pun tak perlu kasar atau keras-keras dan lakukan cara ini sehari 4 kali setiap hari sampai ada hasilnya. Melakukannya secara telaten jelas akan membuahkan hasil seperti yang diharapkan.

(Baca juga: cara mengatasi kulit wajah kering)

9. Madu

Ada lagi bahan alami yang bisa membantu Anda menghilangkan tahi lalat mati, yakni madu murni. Pilih madu yang jelas murni dan asli ketimbang yang campuran karena khasiatnya pun pasti berbeda. Madu tak hanya mampu dikonsumsi saja tapi ternyata memberikan efek positif bagi kulit.

  • Caranya: Langsung saja ambil madu secukupnya ntuk dioles ke bagian tahi lalat secara merata. Gunakan perban untuk menutupnya setelah itu dan barulah setelah 1 jam berlalu, Anda bisa mencucinya. Cara ini begitu mudah dan ampuh, namun efektivitasnya akan dapat dibuktikan apabila Anda telaten dalam melakukan perawatan atau pengobatan ini secara rutin.

10. Lobak

Mungkin Anda pun tak mengira bahwa lobak yang biasanya dimasak ternyata bisa menjadi bahan ampuh untuk menghilangkan tahi lalat mati. Jangan salah, lobak tak hanya bisa dinikmati tapi juga bisa membantu menambah rasa percaya diri Anda karena efektif dalam mengusir tahi lalat di mana pun itu berada.

  • Caranya: Siapkan lobak dan iris tipis; Anda hanya perlu menggunakan sedikit saja. Irisan tipis tadi masih perlu dipotong lagi. Tempelkanlah ke area tahi lalat secara langsung dan supaya tak mudah copot bisa diperban juga. Lakukan sehari paling tidak 5-6 kali setiap hari dan dengan ketelatenan Anda, hanya beberapa hari saja yang dibutuhkan untuk menghilangkan tahi lalat.

11. Kacang Mete

Kalau biasanya kacang mete adalah jenis kacang yang sering diolah bersama dengan makanan lainnya, terutama coklat, kali ini kacang mete bukan untuk dinikmati. Kacang mete bisa menjadi bahan alami ampuh untuk mengatasi tahi lalat mati yang mungkin cukup mengganggu bagi Anda.

  • Caranya: Siapkan kacang mete secukupnya untuk Anda rendam di dalam air semalaman. Setelah semalaman direndam, keesokan harinya kacang mete siap untuk digiling untuk membentuk pasta halus. Pasta yang sudah jadi bisa langsung Anda pakai untuk dioles ke tahi lalat secara rutin sampai akhirnya tahi lalat memudar secara alami.

(Baca juga: cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami)

12. Kembang Kol

Tak hanya lobak, kembang kol yang biasa dimasak pun juga bisa dijadikan bahan penghilang tahi lalat mati maupun hidup secara efektif. Bahkan rupanya kembang kol ini bisa memberikan hasil yang cukup cepat dan memuaskan tanpa efek samping berbahaya. Ketika Anda cukup telaten melakukan cara ini, maka selalu ada hasil terbaik di akhir.

  • Caranya: Ekstrak jus kembang kol merupakan bahan utama yang bisa Anda peroleh dan manfaatkan dengan baik untuk membuat tahi lalat di kulit hilang tanpa waktu yang lama. Jus kembang kol bisa Anda terapkan langsung pada area tahi lalat dan biarkan sampai mengering sebelum bisa dibersihkan. Setiap hari Anda perlu melakukan cara ini agar hasilnya maksimal.

13. Kulit Buah Delima

Bila kulit buah delima biasanya dimanfaatkan sebagai obat sakit perut, nyeri pada lambung, masalah keputihan, disentri dan lainnya, kali ini berbeda. Kulit buah delima juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah sekaligus juga penghilang tahi lalat mati mengganggu.

  • Caranya: Sebagai penghilang tahi lalat, Anda bisa menggunakan kulit buah delima yang kering dan menggilingnya hingga cukup halus. Buatlah pasta halus dari bahan ini yang dicampurkan dengan jus lemon. Setelah jadi, ramuan siap untuk diaplikasikan pada tahi lalat, barulah ditutup dengan kain perban. Setiap malamnya, Anda bisa melakukan pengobatan ini setiap hari secara rutin.

14. Biji Jintan

Biji jintan adalah bahan alami lainnya yang bisa Anda pakai bila ingin meningkatkan rasa percaya diri dengan menghilangkan tahi lalat. Sekalipun tahi lalat mati, terkadang ada beberapa orang yang kurang puas dengan penampilannya karena hal tersebut, jadi pakailah biji jintan yang memberikan sensasi terbakar tapi aman digunakan.

  • Caranya: Siapkanlah biji jintan beberapa saja sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu rendamlah dulu semalaman di dalam air biasa. Esoknya, di pagi hari, silakan untuk membuat pasta kental dari bahan ini dan kemudian Anda balurkan ke tahi lalat secara merata. Tutup dengan perban setelah itu dan tak perlu khawatir akan sensasi terbakarnya karena tak memicu iritasi.

(Baca juga: suntik vitamin c dan kolagen)

15. Tablet Vitamin C

Bila Anda menginginkan bahan lainnya yang mudah dan aman, vitamin C dalam bentuk tablet adalah solusi untuk menghilangkan tahi lalat. Tablet vitamin C tak hanya bisa dikonsumsi sebagai peningkat daya tahan tubuh saja, tapi khasiatnya untuk tahi lalat juga besar.

  • Caranya: Tablet vitamin C yang sudah Anda siapkan secukupnya bisa Anda lumatkan atau tumbuk sampai halus. Tak perlu diapa-apakan lagi, silakan langsung balurkan ke area tahi lalat dan tutuplah menggunakan perban. Lakukan setiap hari sebelum tidur, yang artinya Anda perlu membiarkannya semalaman sampai tahi lalat mati kelihatan memudar dan hilang total.

16. Bawang Merah

Meski merupakan bumbu dapur, bawang merah ini memiliki banyak kegunaan selain menyedapkan masakan. Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah bahwa bawang merah mampu menjadi penghilang tahi lalat mati meski memang perlu ketelatenan dan kesabaran dalam proses pelaksanaannya.

  • Caranya: Sediakan bawang merah 1-2 siung saja untuk dibuat jus dengan memblendernya. Ambil bola kapas dan celupkan ke jus bawang merah segar tersebut, lalu lanjutkan dengan menerapkan ke tahi lalat Anda. Gunakan air untuk mencucinya sesudah ½ jam; melakukan cara ini selama 1 bulan setiap hari, Anda akan melihat hasil maksimal dengan cukup cepat.

17. Jus Nanas

Demi menyingkirkan tahi lalat mati yang mungkin sempat menurunkan rasa percaya diri Anda, gunakanlah jus nanas yang termasuk paling alami. Hasil hilangnya tahi lalat pun sudah terbukti efektif dan bahkan alami sehingga tak perlu khawatir akan munculnya kembali tahi lalat tersebut.

  • Caranya: Siapkanlah jus nanas sebanyak ½ cangkir dan ambil kapas untuk dicelupkan ke dalam larutan jus tersebut. Sesudah dicelup, Anda bisa mengoleskannya ke tahi lalat Anda di mana kemudian dibiarkan hingga mengering dengan sendirinya. Lakukan cara ini sepanjang hari untuk hasil paling baik dengan jarak setiap 2 jam sekali. Pakailah jus nanas yang segar dan bukan yang dalam bentuk kemasan.

(Baca juga: cara mencegah penuaan dini)

18. Bawang Putih

Bumbu dapur satu ini memang lebih dikenal sebagai bahan ampuh yang digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok dan kering secara alami. Atau bahkan bawang putih kerap juga digunakan dalam perawatan kuku. Namun untuk kulit, apalagi bertahi lalat mati atau hidup, bahan ini cukup bisa diandalkan.

  • Caranya: Ambil sesiung bawang putih yang kemudian dipotong menjadi setengah dan ditempelkan langsung saja bagian dalam potongan ke tahi lalat. Setelah itu biarkan dengan menutupnya menggunakan perban; Anda bisa meninggalkannya semalaman. Perban bisa diganti keesokan paginya dan malamnya Anda lakukan lagi cara ini setiap hari sampai tahi lalatnya hilang.

Bahan dan Cara Lain untuk Menghilangkan Tahi Lalat Mati

Untuk tahi lalat mati, cara menghilangkannya tak sekadar menggunakan salah satu dari 18 bahan tersebut. Ada bahan-bahan lainnya yang layak untuk dicoba juga, seperti:

  1. Ekstrak biji anggur.
  2. Stroberi
  3. Pisang
  4. Yodium
  5. Minyak jarak dan baking soda.
  6. Biji rami.
  7. Bubuk chickweed.
  8. Minyak atsiri.
  9. Aspirin
  10. Batang ara.
  11. Apel asam.
  12. Delima dan jeruk nipis
  13. Getah kembang kamboja.
  14. Sabun dan kapur sirih.
  15. Potongan jeruk lemon.
  16. Eksfoliasi secara teratur.
  17. Penggunaan tabir surya ber-SPF tinggi.
  18. Pengurangan paparan sinar matahari.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kusam – cara menghilangkan kutil secara alami)

Itulah sejumlah cara menghilangkan tahi lalat mati serta hidup yang dianggap paling efektif. Buktikan sendiri dengan mencoba salah satu atau beberapa cara tersebut di rumah.