Sponsors Link

20 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Secara Alami Paling Ampuh

Sponsors Link

Bruntusan muncul disebabkan oleh banyak hal, seperti misalnya karena infeksi, ketahanan rendah terhadap bahan kimia, efek obat-obatan tertentu, polusi udara, cuaca tertentu, gigitan serangga, atau reaksi alergi. Bruntusan adalah kondisi di mana kulit mengalami bintik-bintik kemerahan yang rasanya gatal dan dapat membuat kulit menjadi kurang begitu cantik dipandang.

ads

Kebiasaan para penderita kulit bruntusan adalah menggaruknya karena rasa gatalnya bisa sangat mengganggu. Namun ketika menggaruknya, ini dapat menyebabkan masalah lain lagi, seperti kulit mengalami infeksi atau memicu bekas di kulit yang tak mudah untuk dihilangkan. Bila Anda merasa tak nyaman dengan bruntusan tersebut, berikut cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami yang bisa dicoba.

(Baca juga: penyebab wajah bruntusan)

1. Menggunakan Cuka Sari Apel

Bila cuka sari apel biasanya dikonsumsi untuk menurunkan gejala kolesterol atau memperlebar pembuluh darah yang mengalami penyempitan, kali ini Anda bisa menggunakannya sebagai penghilang bruntusan. Apakah baik-baik saja kalau digunakan untuk kulit? Untungnya, cuka sari apel mentah dan organik memberikan efek penenang pada rasa gatal dan zat asam asetatnya akan membasmi infeksi kulit.

  • Caranya: Sediakan cuka sari apel secukupnya, lalu ambil kapas lembut untuk Anda celupkan ke dalamnya. Setelah itu, kapas yang sudah dicelupkan tadi bisa Anda oles atau kompreskan ke area kulit wajah yang terkena bruntusan. Tunggu beberapa menit sebelum kemudian kapas Anda angkat; lakukan perawatan ini sehari 2-3 kali karena pasti dalam beberapa hari bruntusan akan berkurang dan mulai bersih.

Karena cuka sari apel tidak selalu cocok untuk semua jenis kulit, terkadang bahan ini justru mampu memicu iritasi. Untuk lebih amannya, Anda bisa campurkan cuka sari apel dengan sedikit air sebelum diterapkan ke kulit. Cobalah obat alami lainnya bila iritasi berlanjut.

2. Kompres Dingin

Bruntusan di wajah atau yang disebut juga dengan ruam bisa juga dipicu oleh suhu panas dan gigitan serangga, jadi berpotensi meradang, membengkak dan gatal. Jadi, untuk mengurangi bruntusan dan juga menghilangkannya secara bertahap, silakan menggunakan kompres dingin.

  • Caranya: Sediakan kantong plastik, masukkan es batu ke dalamnya, lalu tutuplah. Letakkanlah di area kulit wajah yang terkena bruntusan. Tahan selama beberapa menit untuk proses mengompres tersebut, ulangi beberapa kali dalam sehari. Atau, bisa juga Anda menyiapkan sebuah kain untuk direndam dalam air dingin, lalu kompreskan di area bruntusan 10 menit. Tapi jangan sekali-kali langsung menaruh es batu pada permukaan kulit secara langsung.

(Baca juga: penyebab wajah kusam)

3. Memakai Lidah Buaya

Seperti sudah menjadi rahasia umum, manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit tubuh dan wajah telah banyak diketahui orang. Anda pun pasti sudah tahu pasti bahwa di dalam lidah buaya ada kandungan emolien, antijamur, antibakteri, dan anti inflamasi yang tinggi. Selain melembabkan dan melembabkan kulit, lidah buaya adalah bahan terbaik pula untuk mengurangi gatal dan menghilangkan bruntus kemerahan.

  • Caranya: Sebetulnya cara ini begitu sederhana karena Anda hanya perlu menyiapkan ekstrak gel lidah buaya yang masih segar dari daunnya langsung. Setelah diambil gelnya, aplikasikan ke area kulit wajah yang kemerahan karena bruntusan. Diamkanlah paling tidak 20 menit sebelum Anda menggunakan air bersih untuk membilasnya. Melakukan perawatan kulit bruntusan dengan lidah buaya ini sebaiknya sehari 3 kali hingga bruntusan hilang.

Bila di rumah tak mempunyai tanaman lidah buaya untuk diambil gelnya, Anda boleh membeli ekstrak atau gel lidah buaya di luaran.

4. Memanfaatkan Minyak Zaitun

Minyak zaitun ekstra virgin adalah salah satu bahan alami paling ampuh dalam melembabkan kulit. Untuk kulit wajah yang terkena bruntusan sekalipun, minyak ini mampu menyembuhkan dan menghilangkan bruntusan hingga tuntas dengan sifat antioksidan serta kandungan vitamin E-nya.

  • Caranya: Ambil saja minyak zaitun secukupnya untuk kemudian Anda kombinasikan dengan madu murni dengan takaran yang sama. Larutan ini bisa Anda oles ke bagian yang bruntusan beberapa kali dalam sehari setiap harinya sampai bruntusan hilang.
  • Alternatif: Cara lain yang sama ampuhnya adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit sedikit dengan minyak zaitun secukupnya. Larutan ini dapat Anda aplikasikan ke kulit wajah yang terkena bruntusan sehari 2 sampai 3 kali selama beberapa hari. Karena mengandung anti inflamasi dan antibakteri, kunyit mampu memudarkan ruam bruntusan tersebut dan mengurangi rasa gatal yang diakibatkannya. Melakukan perawatan ini setiap hari jelas bakal memberikan hasil lebih sempurna dan optimal.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kering pada wajah)

5. Menggunakan Kamomil

Kamomil merupakan sebuah bahan alami lainnya yang tak kalah efektif untuk menghilangkan bruntusan mengganggu pada wajah. Bahan ini memiliki kandungan penenang alami yang baik dan aman untuk kulit di mana rasa gatal dan peradangan pun akan berkurang. Penyembuhan juga bakal lebih cepat berkat sifat anti inflamasi dan anti iritannya. Efek antivirus, antijamur dan antibakterinya sangat tinggi sehingga Anda boleh mengandalkannya.

  • Caranya: Sediakan kain atau handuk tipis bersih yang bisa Anda rendam pada teh kamomil beberapa waktu. Setelah direndam, Anda dapat mengompreskannya ke area kulit wajah beruam sekitar 10-15 menit. Melakukannya selama beberapa hari di mana seharinya 2-3 kali akan memberikan hasil optimal.
  • Alternatif: Jika ingin cara lainnya, Anda boleh memilih minyak esensial kamomil yang juga tak kalah bagus dan ampuh. Ambil beberapa tetes dan campurkan dengan 2 sendok teh minyak kelapa. Larutan inilah yang kemudian bisa Anda gunakan untuk dioles ke wajah yang bruntusan secara merata. Melakukannya sehari beberapa kali akan jauh lebih mujarab hasilnya.
ads

6. Memakai Ketumbar

Kalau kebanyakan orang hanya tahu bahwa ketumbar bisa digunakan sebagai bumbu memasak saja, kali ini Anda dapat menjadikannya sebagai penghilang bruntusan pada wajah. Karena mengandung sifat anti iritasi, antiseptik dan anti inflamasi, Anda bisa menggunakan ketumbar untuk mengatasi gatal serta ruam di wajah.

  • Caranya: Ambil daun ketumbar secukupnya untuk Anda lumatkan dan jadikan adonan pasta. Selanjutnya, terapkan ke area yang bruntusan dan tinggalkan selama setengah jam, lalu cucilah. Lakukanlah perawatan ini sehari 2 kali selama beberapa hari. Tak usah menambahkan air saat daunnya digiling, jadi biarkan saja nanti hasilnya mengental.
  • Alternatif: Sediakan sesendok teh biji ketumbar, lalu rebuslah di dalam secangkir air. Teh ini dapat Anda konsumsi sehari sekali selama beberapa hari sampai ruam atau bruntusan hilang secara total. Atau, Anda bisa membuat jus ketumbar yang dapat diminum setiap hari secangkir per harinya hingga bruntusan memudar setuntas-tuntasnya.

(Baca juga: penyebab alergi kulit wajah)

7. Menggunakan Oatmeal

Karena manfaat oatmeal untuk wajah sensitif terbilang baik, maka Anda yang berwajah sensitif dan muncul bruntusan dapat menggunakan oatmeal sebagai ramuan obat alaminya. Oatmeal merupakan bahan alami yang sangat terpercaya dalam menurunkan potensi iritasi kulit. Sifat anti inflamasinyalah yang menjanjikan untuk menyembuhkan segala bentuk peradangan, baik itu bruntusan akibat alergi, cacar air, jerawat, eksim, kulit terbakar, atau paparan zat kimia jahat.

  • Caranya: Sediakan oatmeal secukupnya untuk Anda giling atau blender. Oatmeal yang sudah dilumatkan sampai halus dapat Anda campur ke dalam air hangat pada sebuah baskom. Cucilah wajah Anda menggunakan ramuan sederhana ini sambil menggosok dan memijat-mijat wajah selama 15-20 menit. Setiap hari, lakukan secara rutin sampai akhirnya hilanglah bruntusan.
  • Alternatif: Anda juga bisa menyiapkan setengah cangkir oatmeal yang dapat dicampurkan bersama ¼ susu bubuk dan madu sebanyak 2 sendok teh. Ketika sudah diaduk dan dicampur rata, larutan ini bisa Anda tuang ke kain bersih, ikan kain tersebut, lalu tempatkan ke sebuah wadah berisi air hangat. Cucilah wajah atau rendamkan wajah ke dalam air tersebut sambil dipijat-pijat selama 15 menit. Keringkan wajah setelahnya dengan cara menepuk-nepuknya dengan tangan atau handuk lembut bersih. Selama beberapa hari atau minggu, tetap ulangi secara rajin metode perawatan wajah ini sampai kulit tak bruntusan lagi dan lembab kembali.

8. Memakai Neem

Neem mengandung anti inflamasi, antivirus, antijamur serta sifat analgesik serta antibakteri yang baik dalam mengobati beragam penyakit kulit. Bruntusan di wajah, jerawat, psoriasis, kudis, hingga eksim dapat diatasi oleh bahan alami ini. Bahkan kulit yang sudah terkena infeksi sekalipun dapat ditangani karena sifat antioksidannya yang tinggi sehingga mendukung peremajaan sel kulit.

  • Caranya: Daun neem ini bisa Anda sediakan sebanyak 1 genggam saja untuk di dalam air selama maksimal 20 menit. Larutan kemudian dapat Anda saring lebih dulu sebelum mendiamkannya hingga lebih dingin. Ambil bola kapas dan rendamlah di dalam larutan ini, kemudian kompreskan di area wajah bruntusan sekitar 10 menit. Melakukannya selama beberapa hari di mana seharinya Anda menggunakan metode ini beberapa kali akan memberikan hasil luar biasa.
  • Alternatif: Produk-produk yang dikatakan mengandung ekstrak daun neem ini, seperti krim, sabun atau lotion bisa juga digunakan bila Anda tak ingin repot mengolah dan meramu bahannya sendiri.

(Baca juga: prosedur chemical peeling)

9. Memanfaatkan Calendula

Ramuan lainnya yang patut Anda pertimbangkan untuk menghilangkan bruntusan secara alami adalah calendula. Dengan sifat penenang alaminya, bahan ini sangat sesuai untuk mengatasi masalah bruntusan di wajah, memar-memar, luka, eksim, bisul, hingga kulit kering. Kandungan antijamur, antibakteri, antivirus, anti inflamasi, serta astringentnya akan membantu pemulihan kulit wajah Anda.

  • Caranya: Sediakan minyak calendula dan ambil beberapa tetes saja untuk Anda oles ke area wajah beruam. Biarkan selama beberapa jam sebelum akhirnya Anda basuh wajah Anda untuk membersihkan minyanya. Sehari 2 kali adalah waktu perawatan yang dianjurkan supaya bruntusan cepat hilang secara total.
  • Alternatif: Anda bisa mengambil beberapa tetes minyak calendula dan mencampurkannya ke dalam sebuah baskom berisi air hangat. Cucilah atau celupkan wajah Anda berkali-kali ke dalam air tersebut. Boleh juga menggunakan teh calendula yang Anda manfaatkan sebagai kompres. Atau, krim calendula, salep atau lotion pun sah-sah saja untuk Anda aplikasikan ke wajah hingga wajah bersih dari bruntusan.

10. Memakai Baking Soda

Selain dapat dijadikan cara menghilangkan tahi lalat di wajah, baking soda rupanya juga bermanfaat dalam menghilangkan bruntusan pada wajah. Baking soda berfungsi sebagai pengering bruntusan di kulit. Tak hanya itu, rasa gatal serta inflamasi yang muncul akibat ruam pun bakal berkurang hanya dengan menggunakan bahan ini.

  • Caranya: Sediakan baking soda secukupnya dan campurkan bersama 3 gelas air. Air baking soda inilah yang bisa Anda oles langsung ke wajah bruntusan. Biarkan selama beberapa menit sebelum kemudian Anda membilasnya dengan air bersih. Metode pengobatan sekaligus perawatan seperti ini sehari sekali akan memberikan hasil seperti yang Anda harapkan.
  • Alternatif: Campurkanlah baking soda secukupnya bersama minyak kelapa sedikit saja untuk membentuk adonan pasta. Sesudah itu, terapkanlah larutan ini pada kulit wajah yang terkena bruntusan. Bilaslah sampai bersih dengan air sesudah lewat 5 menit. Anda bisa melakukannya sehari 2 kali demi memperoleh hasil optimal.

Ingat bahwa batas waktu meninggalkan baking soda pada kulit wajah hanya 5 menit. Tidak disarankan untuk lebih dari itu karena mampu menyebabkan iritasi.

(Baca juga: cara merawat kulit sensitif)

11. Menggunakan Minyak Cengkih

Ada satu lagi rupanya jenis minyak yang Anda dapat gunakan untuk menghilangkan bruntusan pada wajah. Tak usah sulit-sulit mencarinya karena Anda pasti akan menemukannya dengan mudah di toko salon dan spa.

  • Caranya: Ambil beberapa tetes minyak cengkih yang kemudian Anda campur bersama sedikit air lebih dulu. Jangan langsung menggunakan minyak cengkih dengan mengolesnya ke kulit wajah. Setelah larutan campuran air dan minyak cengkih tercampur rata, aplikasikan ke area bruntusan secara merata. Kulit yang teriritasi dan gatal akan pulih kembali berkat kandungan eugenol di dalam minyak ini.

12. Memanfaatkan Cuka Putih dan Bawang Putih

Bila Anda bingung bahan alami apa yang kiranya mudah diperoleh dan memiliki khasiat super dalam memudarkan bruntusan di wajah, kombinasi cuka putih dan bawang putih adalah ide yang bagus. Meski memang tampaknya akan berbahaya bagi kulit sensitif, Anda tetap boleh mencobanya.

  • Caranya: Hancurkan atau giling beberapa siung bawang putih secukupnya saja, lalu setelah lembut, campurkanlah dengan setengah cangkir cuka putih. Larutan kombinasi tersebut dapat Anda terapkan di bagian kulit yang bruntusan sampai rata. Gunakan air hangat untuk membasuh wajah setelah 10 menit berlalu. Kandungan antibiotik di dalam bawang putih jelas akan efektif menyembuhkan ruam tersebut.

(Baca juga: manfaat eksfoliasi wajah)

13. Memakai Putih Telur

Putih telur kerap dijadikan masker wajah karena kandungan nutrisi di dalamnya mampu secara alami dan efektif menyehatkan kulit. Tak hanya sekadar menjadi penghilang komedo, putih telur juga mampu digunakan sebagai penghilang bruntusan pada wajah Anda.

  • Caranya: Selain bahannya yang sangat sederhana, cara penggunaan pun sama simpelnya. Hanya dengan menyediakan 3 putih telur, Anda bisa mengocoknya dan campurkan dengan tepung jagung secukupnya. Aduk atau kocok sampai rata dan membentuk adonan pasta; pasta tersebut adalah yang Anda butuhkan untuk dioles langsung ke bagian wajah yang bruntusan. Tunggu setengah jam sebelum membilasnya menggunakan air bersih.

14. Menggunakan Lemon

Besarnya manfaat jeruk lemon untuk wajah memang harus Anda rasakan sendiri. Bahkan untuk wajah yang terserang bruntusan sekalipun, buah lemon yang kandungan vitamin C-nya tinggi ini siap menyembuhkan. Sifat antiseptik dan anti inflamasinya sangat tinggi sehingga sangat aman untuk kulit wajah.

  • Caranya: Sediakan 1 buah lemon yang bisa Anda iris tipis, lalu seperti layaknya ketika bermaskeran, tempelkan irisan lemon ke area yang terkena bruntusan pada wajah. Setelah kurang lebih 5-10 menit berlalu, kulit akan terasa lebih adem dan rasa gatal pun akan berkurang biasanya. Setelah itu bisa Anda bilas wajah dengan air biasa; lakukan perawatan ini serutin mungkin demi hasil maksimal.

(Baca juga: manfaat masker pepaya bagi kulit)

15. Memanfaatkan Pepaya

Buah pepaya adalah buah yang tak hanya dapat menyelamatkan Anda dari sembelit atau susah buang air besar. Selain bisa dikonsumsi, pepaya juga mampu menjadi obat berbagai masalah kulit dan bahkan sudah biasa dijadikan bahan perawatan kulit wajah alami.

  • Caranya: Lumatkanlah buah pepaya yang sudah Anda siapkan secukupnya, atau untuk lebih mudahnya dapat Anda blender. Jus pepaya segar sudah siap untuk diterapkan ke area yang bruntusan. Tinggalkan selama kira-kira 10 menit sebelum akhirnya Anda menggunakan air bersih untuk membasuh wajah. Perawatan ini hendaknya dilakukan setiap hari sampai hasil terlihat.
Sponsors Link

16. Menggunakan Mangga

Selain buah pepaya, ternyata buah mangga pun memiliki khasiat besar. Walau termasuk buah musiman dan tak cukup mudah didapat, pada musimnya Anda bisa menggunakan untuk menghilangkan bruntusan di wajah. Asalkan mangga yang Anda pilih adalah mangga segar, ini akan bermanfaat bagi kesembuhan kulit wajah Anda.

  • Caranya: Agar terbebas dari bruntusan sesegera mungkin, Anda memerlukan buah mangga dan buatlah jus dari buah tersebut. Sama seperti pepaya tadi, Anda dapat melumatkannya secara tradisional atau memblendernya langsung. Setelahnya, larutan dapat dibalurkan ke area wajah bruntusan sampai merata, tinggalkan 10 menit sebelum dibasuh dengan air biasa. Penggunaan rutin jelas akan menghilangkan bruntusan secara efektif.

(Baca juga: manfaat bubuk kayu manis untuk wajah)

17. Memakai Kayu Manis

Pernah dengar bahwa kayu manis dapat menghilangkan ruam atau bruntusan di kulit wajah? Mungkin masih banyak yang belum tahu rahasia ini, tapi Anda boleh langsung mencobanya karena memang sangat ampuh untuk mengurangi dan memudarkan bruntusan secara berangsur.

  • Caranya: Sederhana sekali, cukup dengan mencampurkan sesendok teh jus lemon dengan sesendok teh bubuk kayu manis, larutan siap Anda oles merata ke area wajah yang bruntusan. Biarkan dulu kira-kira 15 menit sebelum dengan air hangat Anda bilas hingga bersih. Melakukannya rutin sehari 1-2 kali akan mempercepat hasil positifnya dan tak usah khawatir karena bahan ini sama sekali aman dan tanpa efek samping.

18. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis hampir sama dengan lemon di mana khasiatnya untuk kesehatan kulit juga cukup besar. Bila di rumah Anda tak punya lemon, atau kesulitan untuk membeli buah lemon, jeruk nipis bisa dijadikan alternatif ampuh.

  • Caranya: Dari buah jeruk nipis, yang Anda butuhkan adalah air perasannya dalam merawat kulit wajah dan menghilangkan bruntusan. Jadi, peraslah untuk mendapatkan ekstrak jusnya, lalu sebuah kapas dapat dicelup ke air perasan tersebut. Aplikasikan langsung ke kulit wajah yang beruam, tinggalkan 8-10 menit sebelum dibersihkan dengan air hangat. Lakukan serutin mungkin, yakni setiap hari supaya bruntusan cepat hilang.

(Baca juga: tips membuat kulit putih)

19. Menghindari Pemakaian Kosmetik Tebal

Selama proses menghilangkan bruntusan pada wajah atau apabila Anda tak ingin bruntusan makin parah dan banyak, hindari penggunaan kosmetik yang cukup tebal. Kosmetik yang Anda pakai kemungkinan juga menjadi penyebab dari munculnya bruntusan. Maka, hindari dulu sambil melakukan perawatan dengan bahan-bahan alami di atas.

Alasan mengapa Anda perlu menghindari kosmetik tebal-tebal untuk sementara waktu adalah karena pemakaian kosmetik hanya akan membebani kulit wajah Anda. Kulit wajah akan makin berat dan penyembuhan dari bruntusan itu sendiri pun bakal semakin lama dan sulit. Biarkan kulit Anda bernapas secara bebas sehingga bruntusan pun bisa berkurang nantinya.

20. Mengonsumsi Sayur

Salah satu cara merawat kulit agar tidak kusam dan tidak bruntusan adalah dengan memperbanyak makan sayur. Selain menyehatkan sistem pencernaan dan juga seluruh organ tubuh, sayur adalah bahan makanan penting untuk menghilangkan bruntusan. Sayuran hijau adalah yang paling direkomendasikan untuk Anda konsumsi setiap hari.

Banyak yang mungkin masih bertanya-tanya mengapa tidak sembarang sayur saja yang bisa dikonsumsi. Ini karena sayuran hijau jauh lebih banyak kandungan vitaminnya sehingga mampu menyehatkan kulit secara lebih maksimal dari dalam. Satu lagi, upayakan supaya Anda tak memasak sayur tersebut sampai terlalu matang sebab ini akan menghilangkan vitamin tersebut.

(Baca juga: bahaya facial di salon)

Itulah daftar cara menghilangkan bruntusan di wajah paling alami yang boleh Anda pertimbangkan dan coba secara langsung di rumah. Karena cukup sederhana, semoga Anda dapat memraktikkannya dan tidak usah khawatir lagi akan bruntusan mengganggu di wajah.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 01st, October 2016 / 15:47 Oleh :
Kategori : Wajah