5 Manfaat Masker Pepaya bagi Kulit Wajah dan Tubuh

Buah pepaya yang memiliki nama latin Carica Papaya ini memiliki papain, sebuah enzim yang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit kulit mati dan rusak. Pepaya dikenal luas mampu memperbaiki warna  dan tekstur kulit. Bukan itu saja, mengkonsumsi buah pepaya juga mampu memperbaiki peredaran darah yang akan meningkatkan kesehatan dan kesegaran kulit. Buah pepaya secara umum bagus untuk proses peremajaan kulit, mengatasi kulit kusam, menghilangkan noda-noda pada wajah akibat paparan sinar matahari, melembutkan kulit, sehingga menciptakan tampilan kulit yang lebih sehat.

Dalam buah pepaya, bukan hanya enzim papain-nya saja yang bermanfaat untuk kulit. Kandungan nutrisi lainnya yang terkandung pada buah pepaya juga bermanfaat untuk kulit. Berikut ini tabel manfaat buah pepaya untuk kecantikan :

Tabel Manfaat Buah Pepaya bagi Kecantikan

Kandungan dalam Buah Pepaya Manfaat bagi Kulit
Vitamin A Menenangkan kulit, mengurangi kulit yang bersisik, memudarkan bekas-bekas jerawat dan noda – noda hitam pada wajah akibat sinar matahari. Melembutkan kulit yang biasanya kehilangan kesegarannya pada usia tua.
Vitamin C Meningkatkan produksi kolagen. Meningkatkan elastisitas kulit.
Papain Meningkatkan regenerasi kulit wajah. Mengandung khasiat anti peradangan yang dapat berguna menyembuhkan jerawat, rosacea, dan eksim. Bermanfaat mengekfoliasi kulit. Mencerahkan warna kulit serta mengurangi pigmentasi kulit. Papain juga bermanfaat melembutkan kulit yang kasar dan mengurangi jerawat.
Alpha hydroxy acids (AHA) Mengekfoliasi atau mampu mengangkat sel-sel kulit yang mati.
Potassium Membantu menghidrasi dan melembabkan kulit yang kering.

(Baca juga : Fungsi AHA untuk Kulit)

Manfaat buah pepaya bukan hanya didapat dengan mengkonsumsi buah pepaya saja. Salah satu cara yang dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari buahnya ialah dengan menggunakan masker buah pepaya. Masker buah pepaya ini berguna untuk mencerahkan kulit, mengurangi jerawat, dan menghilangkan noda-noda hitam pada wajah.

Berikut ini beberapa tips resep masker pepaya yang mudah dilakukan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang dapat ditemui di dapur anda :

1. Untuk mengatasi jerawat

Bahan : buah pepaya, madu, dan lemon.

Cara pembuatan : blender ¼  buah pepaya, campurkan dengan 1 sendok makan madu, dan ½ sendok teh air jeruk lemon. Campur rata. Madu dan lemon merupakan salah satu diantara banyak tanaman yang memiliki khasiat mengatasi jerawat.

(Baca juga : Manfaat Lemon untuk Wajah).

Sponsors Link

Cara penggunaan : Bersihkan wajah terlebih dahulu. Aplikasikan masker yang telah dibuat pada wajah. Biarkan sekitar 15 – 20 menit. Bersihkan masker dengan air hangat. Lalu bilas dengan air dingin agar pori-pori wajah tertutup. Tepuk-tepuk dengan handuk yang kering dan bersih untuk mengeringkan wajah.

2. Untuk melembabkan kulit yang kehilangan kelembabannya karena usia

Bahan : buah pepaya, mentimun, dan pisang.

Cara pembuatan : blender ¼ buah pepaya, ¼ mentimun, dan ½ pisang. Campur rata sampai dengan masker menjadi lembut.

Cara penggunaan : Pada wajah yang telah dibersihkan, aplikasikan campuran masker di atas. Tunggu 15 – 20 menit. Setelah itu, bersihkan masker dengan air hangat. Bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Tepuk-tepuk dengan handuk untuk mengeringkan wajah.

3. Untuk mencerahkan wajah dan mengecilkan pori-pori

Bahan : buah pepaya dan putih telur.

Cara pembuatan : Blender ¼ buah pepaya sampai lembut. Pada mangkok kecil, kocok 1 butir putih telur. Masukkan hasil blenderan buah pepaya ke dalam mangkuk yang berisi kocokan putih telur. Campurkan kedua bahan tersebut sampai merata. Pada bahan masker kali ini, yang digunakan hanyalah putih telur, meskipun sebenarnya, kuning telur dapat juga dimanfaatkan untuk perawatan kulit, wajah, dan rambut.

(Baca juga : Manfaat Masker Kuning Telur)

Cara pemakaian : Aplikasikan masker yang telah dibuat di atas pada wajah yang telah dibersihkan. Biarkan kering, kira-kira sekitar 15 – 20 menit. Untuk membersihkan masker pada wajah, perlahan-lahan gosok masker dengan air hangat. Bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori yang terbuka.

4. Membantu meremajakan kulit

Bahan : ¼ buah pepaya, 3 sendok teh tepung beras, 3 sendok teh yoghurt organik, dan ¼ cangkir madu.

Cara pembuatan : Campur  atau blender buah pepaya dengan madu. Setelah itu, tambahkan tepung beras. Terakhir, tambahkan yoghurt.

Cara pemakaian : Aplikasikan masker pada wajah yang telah dibersihkan. Aplikasikan masker tipis-tipis pada wajah. Biarkan sampai sekitar 15-20 menit. Bersihkan dengan air hangat lalu bilas dengan air dingin. Keringkan dengan cara ditepuk-tepuk dengan handuk yang kering dan bersih.

Sponsors Link

5. Untuk mencerahkan kulit

Bahan : ¼ buah pepaya, 1 sendok teh jus nanas segar, dan susu secukupnya.

Cara pembuatan : Campurkan buah pepaya dengan jus nanas. Tambahkan susu dalam campuran tersebut secukupnya.

Cara pemakaian : Aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan selama kira-kira 15-20 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat, bilas dengan air dingin, dan keringkan dengan handuk bersih. Oleskan pelembab pada kulit setelah pemakaian masker. Hati-hati dalam penggunaan masker ini jika kulit anda sensitif. (Baca juga : Masker untuk Kulit Kering dan Flek Hitam)

Cara Penggunaan Masker

Beberapa resep masker dengan menggunakan pepaya di atas bukan hanya sangat mudah dibuat dan diaplikasikan di rumah namun juga murah karena hanya menggunakan bahan yang dapat ditemui di dapur rumah kita. Berikut ini beberapa tips yang akan membuat penggunaan masker pepaya anda lebih efektif :

  1. Usahakan untuk menguapi wajah anda sebelum mengaplikasikan masker ini. Jadi langkah pertama ialah dengan membersihkan wajah, lalu menguapinya. Hal ini bertujuan agar pori-pori wajah membuka, sehingga nutrisi dalam masker pepaya yang anda buat dapat meresap ke dalam kulit secara lebih optimal.
  2. Bersihkan wajah dengan benar setelah penggunaan masker ini. Sisa-sisa masker dapat menyumbat pori yang dapat menimbulkan jerawat.
  3. Anda dapat juga mengaplikasikan pepaya yang telah di-blender langsung pada wajah sebagai masker untuk mendapatkan tampilan wajah yang segar.
  4. Sertakan pepaya dalam makanan anda sehari-hari untuk melancarkan pencernaan dan mendapatkan manfaat baik lainnya bagi tubuh. Jangan lupa menjaga kesehatan dari dalam juga akan memancarkan kecantikan alami anda.

Demikianlah manfaat buat pepaya bagi kulit anda. Perawatan kulit akan lebih sempurna jika diimbangi dengan makanan sehat dan olah raga yang teratur.  (Baca juga : Manfaat Olah Raga untuk Kecantikan).

Untuk masker pepaya di atas, anda dapat mencoba resep-resep masker tersebut di rumah sesuai dengan manfaat yang anda inginkan. Selamat mencoba.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 11th, June 2016 / 04:28 Oleh :
Kategori : Kulit