6 Manfaat Timun untuk Rambut Sehat

Apabila ada yang bertanya apa manfaat mentimun untuk kecantikan, pasti kebanyakan orang akan menyebutkan manfaat mentimun untuk kulit wajah, seperti mengatasi mata yang kelelahan, mata panda, menenangkan kulit wajah yang terbakar matahari, mengecilkan pori-pori, mengatasi kulit yang kemerahan, dan menyegarkan kulit wajah. Padahal ada banyak manfaat mentimun lainnya yang berguna untuk bagian tubuh lainnya, yaitu rambut. (Baca juga : Manfaat Timun untuk Mata dan Wajah).

Mentimun mengandung Vitamin A, Silika, Potasium, Alkali Mineral, Molybdenem, Vitamin C, Mangan, Tryotophan, Magnesium, dan Klorofil. Bahan dalam mentimun yang bermanfaat untuk rambut ialah silika. Coba saja cek bahan-bahan dari beberapa shampo yang populer di pasaran, kebanyakan mengandung silika sebagai salah satu bahan utamanya. Pada shampo, silika dimanfaatkan untuk melapisi dan melindungi rambut, sehingga rambut menjadi sehat dan indah.

Berkat silika dan beberapa kandungan lainnya dalam mentimun, buah ini memiliki banyak manfaat timun untuk rambut, diantaranya yaitu :

1. Menjaga kilau rambut agar tetap terlihat indah

Rambut yang indah berkilau merupakan dambaan semua wanita. Inilah manfaat yang banyak dikampanyekan oleh iklan shampo yang mengandung silika. Silika dalam mentimun mampu melapisi batang rambut, sehingga rambut terlindungi dari sinar matahari dan radika bebas, sehingga kilaunya akan tetap terlihat sempurna.

Cara penggunaan : secara tradisional, manfaat ini dapat diperoleh dengan cara keramas dengan menggunakan jus mentimun, maka rambut anda akan terlihat lembut dan berkilau.

(Baca juga : Manfaat Pisang untuk Rambut).

2. Mengurangi kerontokan rambut dan mempercepat pertumbuhan anak-anak rambut baru

Selain silika yang sangat berguna bagi rambut, mentimun juga mengandung sulfur, sodium, fosfor, dan kalsium yang merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut

Cara penggunaan : Minum jus mentimun secara rutin setiap hari untuk perawatan dari dalam untuk mengontrol rambut yang rontok. Untuk perawatan dari luar, anda dapat mengoleskan jus mentimun pada rambut dan kulit kepala, biarkan selama kurang lebih satu jam, kemudian bersihkan dengan menggunakan shampo.

(Baca juga : Cara Mencegah Rambut Rontok Parah dan Berlebihan).

3. Memperkuat batang rambut, sehingga tidak mudah patah

Manfaat ini diperoleh berkat kandungan silika yang banyak terdapat dalam mentimun. Silika bukan hanya membuat rambut lebih berkilau, namun juga mampu memperkuat batang rambut, sehingga rambut tidak mudah patah.

Cara penggunaan : Meminum jus mentimun dapat bermanfaat untuk perawatan dari dalam. Perawatan dari luar dapat dilakukan dengan mengoleskan jus mentimun pada batang rambut.

4. Membantu merapikan rambut yang susah diatur (frizzy hair)

Rambut yang berantakan tentu sangat mengganggu penampilan karena menimbulkan kesan tidak rapi. Mentimun dapat digunakan sebagai kondisioner rambut yang berfungsi untuk menata rambut agar terlihat lebih rapi.

Cara penggunaan : Oleskan sedikit jus mentimun pada bagian rambut yang ingin diatur, tunggu beberapa saat, kemudian bersihkan dengan air dingin. Dengan melakukan cara ini, anda akan mendapatkan rambut indah yang rapi.

5. Sebagai bahan untuk perawatan rambut yang mendalam

Perawatan mendalam untuk rambut mutlak diperlukan jika anda mengharapkan rambut yang sehat, indah, dan terawat. Anda dapat meluangkan waktu seminggu sekali untuk melakukan perawatan mendalam terhadap rambut anda. Perawatan rambut mendalam semacam ini bisanya banyak ditawarkan oleh salon kecantikan dengan harga yang mahal. Dengan memanfaatkan buah pepaya, anda dapat melakukan perawatan rambut mendalam ini di rumah dengan bahan yang sederhana.

Bahan : 1/2 mentimun, 1 sdm Ekstra Virgin Olive Oil, 1 sdm minyak biji anggur, 1/4 cangkir santan, dan 1/4 cangkir conditioner. Conditioner yang dipakai di sini bisa conditioner sesuai merk yang biasa anda pakai di rumah.

Cara pembuatan : Blender mentimun sampai berbentuk pasta. Masukan santan dan conditioner ke dalam pasta mentimun sampai dengan tercampur rata. Setelah itu, masukkan bahan-bahan lainnya yang berupa minyak.

Cara penggunaan : Apabila semua bahan-bahan telah tercampur rata, maka anda dapat menggunakannya dengan cara mengoleskan campuran pasta mentimun tersebut pada rambut yang setengah bawah lalu tutup dengan conditioner cap. Biarkan selama 1 jam. Setalah 1 jam, bersihan dan bilas dengan menggunakan shampo seperti biasanya. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap minggu dan rambut anda akan menjadi lebih indah dan terawat.

(Baca juga : Manfaat Teh Hijau untuk Rambut).

6. Mampu menyegarkan rambut

Bukan hanya untuk menyegarkan wajah. Mentimun juga bermanfaat untuk menyegarkan rambut yang lepek dan kusam.

Bahan : 1/2 mentimun, 1/2-1 cangkir air matang, 3 sdm minyak yang berasal dari sayuran atau buah (dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak biji anggur), 2 sdm teh hijau yang telah dimasak, 2 sdm santan, 1 kapsul Vitamin E (sebagai bahan pengawet), dan kain yang dapat berfungsi sebagai saringan.

Cara pembuatan : Blender mentimun sampai menyerupai cairan. Saring hasil blender mentimun tersebut dengan menggunakan kain. Masukan hasil saringan tersebut ke dalam botol spray. Selanjutnya, masukan air teh hijau yang telah dimasak. Pastikan bahwa air teh hijau yang dimasak telah dingin. Masukan bahan-bahan lainnya ke dalam botol spray. Campur semua bahan tersebut dengan cara mengocoknya. Anda dapat menggunakan campuran ini untuk mendapatkan rambut yang segar kembali di saat rambut lepek dan kusam. Anda dapat memasukan botol spray dalam tas anda dan menyemprotkan campuran ini ketika diperlukan.

(Baca juga : Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami).

Mentimun dapat dimanfaatkan banyak sekali bagi rambut. Mulai dari sebagai masker sebelum keramas, kondisioner, perawatan mendalam, sampai dengan penyegar rambut yang praktis. Bahkan perawatan dengan meminum jus mentimun secara rutin setiap hari juga dapat membantu anda mendapatkan rambut indah menawan. Semua manfaat tersebut tentu akan lebih baik jika diimbangi dengan manfaat olahraga untuk kecantikan yang dilakukan secara teratur. Apakah anda tertarik memanfaatkan mentimun untuk kesehatan rambut anda?