Manfaat Timun untuk Mata dan Wajah

Mentimun, ketimun, atau timun adalah salah satu jenis sayur yang memang dikenal memiliki berbagai manfaat. Timun mengandung gula, karbohidrat, serat, riboflavin, niasin, thiamin, asam folat, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, zinc, potassium, dan berbagai jenis vitamin. Tanaman ini hidup menjalar dan tidak bisa hidup lama. Timun biasa dikonsumsi atau pun digunakan sebagai perawatan luar. Oleh banyak masyarakat Indonesia, sayur kaya akan air ini dijadikan bahan lalapan karena rasanya yang segar. Tapi tahukah anda jika timun juga memberi manfaat untuk mata dan wajah? Artikel kali ini akan mengulasnya untuk anda.

Timun Untuk Perawatan Mata

Mata memang bagian wajah yang vital. Bukan saja berfungsi sebagai alat indera penglihatan, mata juga dapat menunjang penampilan. Terdapat beberapa manfaat dari timun untuk perawatan mata. Apa saja manfaat yang bisa diambil? Berikut adalah daftar manfaat timun untuk mata:

  1. Menghilangkan mata panda

Mata panda adalah istilah umum yang sering digunakan untuk menyebut lingkaran hitam yang muncul di sekeliling mata karena begadang atau kurang tidur. Selain itu, mata panda juga bisa muncul karena keadaan diri yang sedang stres. Untuk mengatasi mata panda, orang sering menggunakan kompres atau masker khusus untuk mata. Namun ternyata, ada cara yang lebih praktis dan mudah untuk mengatasi mata panda loh. Anda bisa menggunakan timun dengan cara yang praktis. Bagaimana caranya? Lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Siapkan satu buah timun berukuran sedang yang masih segar dan berwarna hijau, pisau yang steril, talenan atau papan alas mengiris.
  • Cuci bersih timun yang akan digunakan, tidak perlu dikupas.
  • Iris timun tipis sebanyak 2 potongan.
  • Tempelkan pada mata, usahakan untuk mengambil posisi berbaring dan memejamkan mata.
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Angkat irisan timun dari mata anda.
  • Ulangi perawatan tersebut secara rutin setiap hari hingga mata panda anda perlahan berkurang dan menghilang pada akhirnya.

2. Mengatasi mata lelah atau kantung mata

Mata kita bisa juga mengalami lelah karena terlalu padat dan banyaknya aktivitas yang kita lalui selama satu hari penuh. Hal ini bisa ditandai dengan munculnya kantung di bawah mata yang akan mengganggu. Mata lelah bisa disebabkan oleh kegiatan yang memerlukan waktu lama di depan layar komputer atau monitor. Ponsel pun juga bisa menyebabkan mata lelah ketika anda terlalu lama menggunakannya. Tidak hanya karena pekerjaan, mata anda bisa merasa lelah ketika anda menonton film, televisi, atau juga bermain game. Mata lelah jika tidak diatasi akan menyebabkan gangguan mata lainnya yang lebih parah. Untuk mengatasi mata lelah, anda bisa menggunakan timun. Caranya, sama dengan cara yang diterapkan dalam perawatan untuk mengatasi mata panda.

3. Mengatasi mata sembab atau bengkak

Mata juga bisa mengalami pembengkakan atau sembab ketika seseorang menangis atau terlalu sering dikucek. Mata yang sembab dapat menyebabkan berkurangnya rasa percaya diri anda. Untuk mengatasi mata sembab, anda bisa menggunakan timun. Caranya juga sama dengan cara yang telah dijelaskan di atas.

Timun Untuk Perawatan Wajah

Kini kita sudah mengetahui betapa besarnya manfaat timun untuk perawatan area mata. Ternyata, tidak sampai di situ saja. Timun juga dapat dipakai untuk perawatan wajah karena terbukti memberikan berbagai manfaat yang dibutuhkan. Apa saja manfaat timun untuk wajah? Simak penjelasannya di bawah ini!

  1. Mencerahkan wajah

Wajah yang cerah merupakan impian banyak wanita maupun pria. Dengan memiliki wajah cerah tanpa noda hitam atau bagian gelap, anda akan merasa lebih percaya diri dengan penampilan dan bangga akan diri sendiri. Untuk mendapatkan wajah yang cerah, anda bisa menggunakan timun sebagai masker wajah. Menggunakan masker memang bisa menjadi salah satu cara menjaga penampilan diri wanita. Hal ini karena vitamin yang terkandung dalam timun yang berupa vitamin A, B2, dan C dapat melawan pigmen melanin yang menyebabkan kulit wajah menjadi gelap.

2. Mengatasi wajah berjerawat

Masalah jerawat memang sangat menjengkelkan. Jerawat bisa tiba-tiba muncul di bagian-bagian wajah karena berbagai sebab. Salah satunya adalah adanya bakteri dan debu yang masuk ke pori-pori kulit wajah dan menyebabkan peradangan. Timun dapat memberikan manfaat untuk mengatasi kulit wajah yang berjerawat tanpa memberikan efek samping. Dengan memakai masker timun, anda akan terbebas dari rasa khawatir mengenai bahaya facial di salon untuk menghilangkan jerawat anda. Bagaimana caranya? Lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan 1 buah mentimun segar berukuran sedang. Usahakan untuk memilih timun yang tidak terlalu tua dan masih hijau.
  • Haluskan timun dengan blender atau tumbuk manual.
  • Anda juga bisa menambahkan perasan lemon jika jerawat anda tidak sedang meradang karena akan menimbulkan rasa yang perih.
  • Balurkan pada wajah dan biarkan hingga 15 menit.
  • Angkat masker timun dan dapatkan wajah yang terasa segar serta jerawat akan berkurang seiring dengan waktu pemakaian yang teratur.

3. Mengencangkan kulit wajah dan mencegah penuaan dini

Seiring dengan bertambahnya usia, seseorang bisa saja mengalami pengenduran kulit wajah serta muncul tanda-tanda penuaan dini. Tidak hanya bisa mendapatkan manfaat tomat untuk wajah, timun juga dapat menjadi sarana perawatan kulit wajah untuk mengencangkan kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini karena kandungan antioksidan dan kemampuan peremajaan kulitnya. Penggunaan masker timun sebagai cara mencegah penuaan dini memang sangat mudah dan praktis. Cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami untuk mengatasi berbagai penyebab kulit keriput di usia muda bisa anda lakukan sendiri!

4. Mengecilkan pori

Tahukah anda jika pori-pori yang besar bisa menyebabkan berbagai masalah kulit wajah? Salah satu masalah yang muncul yaitu jerawat. Cara mengecilkan pori bisa anda lakukan dengan memakai masker wajah dari timun untuk mengecilkan pori. Pori yang besar juga dapat menyebabkan hasil penggunaan make up atau riasan wajah tidak maksimal.

5. Mengatasi sengatan matahari

Jika anda adalah tipe orang yang sering berkegiatan di luar ruangan atau di bawah terik matahari, anda pasti pernah mengalami kulit wajah yang kemerahan serta menggelap karena sengatan matahari. Sinar matahari bisa berakibat buruk pada wajah. Jika anda terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama, anda mungkin membutuhkan masker timun untuk mengatasi sengatan sinar matahari tersebut. Timun akan memberikan efek sejuk dan segar pada kulit wajah anda.

6. Merawat wajah berminyak

Wajah berminyak dapat menjadi pemicu berbagai masalah kulit wajah lainnya seperti jerawat dan tampilan wajah terlihat kusam. Timun memiliki kandungan flavonoid yang tinggi sehingga mampu mengatasi minyak berlebih pada kulit wajah. Jika anda adalah pemilik tipe kulit berminyak, anda bisa memilih untuk menggunakan masker wajah dari timun. Cara mengatasi muka berminyak dengan masker timun adalah dengan menggunakannya secara teratur 2 sampai 3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Itulah berbagai manfaat yang bisa diambil dari timun untuk mata dan wajah. Timun juga dapat dipakai sebagai masker untuk kulit kering dan flek hitam karena dapat melembabkan dan menutrisi kulit. Anda juga bisa memilih pelembab yang mengandung timun sebagai pelembab untuk kulit kering dan kusam. Sekarang anda tentu bisa melakukan perawatan sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Apakah anda ingin mencoba? Semoga bermanfaat!