Sponsors Link

16 Cara Mengatasi Kulit Keriput pada Wajah Secara Alami

Sponsors Link

Untuk menghindari penuaan dini dapat dilakukan dengan cara membiasakan diri melakukan kebiasaan sehat serta banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang banyak direkomendasikan, bukan hanya karena menyehatkan namun juga bagus untuk mengatasi beragam keluhan pada wajah dan kecantikan. Buah dan sayur mengandung banyak mineral dan vitamin yang dapat mengencangkan kulit wajah.

ads

Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat dilakukan mulai dari membuat masker hingga kebiasaan baik, untuk cara mengatasi kulit keriput di usia dini :

Bahan Alami

1. Menggunakan buah mentimun

Mentimun merupakan salah satu jenis buah-buahan yang dikenal memiliki banyak kandungan air di dalamnya. Buah yang satu ini tidak hanya berperan dalam menyehatkan badan melainkan juga bagus untuk kecantikan.

2. Menggunakan kulit jeruk

Buah jeruk memiliki banyak sekali manfaat bahkan pada kulitnya sekalipun. Kulit jeruk memiliki banyak fungsi mulai dari sebagai pembasmi nyamuk hingga untuk kecantikan kulit. Kulit jeruk dapat digunakan sebagai masker yang berperan dalam mengencangkan kulit wajah. Cara membuat kulit jeruk untuk dijadikan masker cukup mudah yaitu dengan cara :

  • menghaluskan kulit jeruk lalu campur menggunakan yoghurt
  • oleskan secara merata pada kulit wajah. Perlu diingat untuk menggunakan kulit jeruk yang masih segar dan bewarna kuning
  • Lakukan perawatan menggunakan masker dari kulit jeruk ini secara rutin supaya kulit cantik idaman anda segera terwujud.

3. Menggunakan susu bubuk

Tahukah jika ternyata susu bubuk juga dapat digunakan untuk mengencangkan kulit wajah? Pada dasarnya susu memiliki banyak sekali kandungan baik untuk kesehatan tubuh bahkan untuk kecantikan sekalipun. Cara menggunakan susu untuk kecantikan dapat dilakukan secara mudah yaitu :

  • 2 sendok makan susu bubuk dicampur beberapa tetes madu dan aduk secara merata
  • Oleskan pada wajah dan diamkan sekitar 10 menit lalu bilas menggunakan air dingin
  • Penggunaan susu untuk mengencangkan kulit wajah merupakan cara merawat wajah yang cukup mudah dengan bahan yang mudah pula ditemukan.

4. Menggunakan putih telur

Telur merupakan salah satu bahan masakan yang banyak digemari. Telur sendiri nyatanya bukan hanya banyak digunakan membuat menu makanan, namun ternyata juga dapat digunakan untuk mempercantik kulit wajah. Cara menggunakan telur dalam mengencangkan kulit dapat dilakukan dengan :

  • menyiapkan putih telur lalu oleskan putih telur tersebut secara merata pada bagian wajah hingga pada leher
  • Tunggu hingga olesan putih telur tersebut mengering
  • lalu bilas menggunakan air yang bersih
  • Perlu diingat telur memiliki bau yang cukup amis jadi anda harus membersihkannya dengan benar sehingga tidak meninggalkan bau.
Sponsors Link

5. Menggunakan buah pisang

Buah yang satu ini sudah pasti  disukai oleh banyak orang. Buah pisang sendiri kaya akan kandungan vitamin serta nutrisi yang baik untuk kesehatan. Cara menggunakan buah pisang untuk merawat kesehatan kulit dapat dilakukan dengan cara :

  • menumbuk buah pisang hingga halus
  • oleskan tumbukan pisang tersebut pada bagian wajah serta leher secara merata
  • Tunggu selama 15 hingga 20 menit lalu bilas hingga bersih, agar benar-benar bersih, anda dapat sekalian membilasnya dengan cara mandi.

6. Menggunakan campuran alpukat dan minyak zaitun

Keberadaan buah alpukat sejak dulu telah dikenal sebagai salah satu buah yang banyak digunakan untuk menunjang kecantikan seseorang. Buah yang satu ini mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin yang diperlukan untuk kesehatan kulit tubuh bukan hanya pada wajah namun juga pada kaki dan tangan. Saking berkhasiatnya, buah alpukat banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk kecantikan mulai dari hand body, body wash serta produk perawatan kulit yang lain. Untuk mengatasi kulit keriput, anda dapat menggunakan alpukat sebagai masker wajah. agar lebih berkhasiat, anda dapat mencampurnya menggunakan minyak zaitun.

Caranya cukup mudah yaitu dengan :

  • menyiapkan 1 buah alpukat yang telah ditumbuk hingga halus
  • campur dengan 2 sendok makan minyak zaitun, aduk kedua bahan tersebut hingga rata
  • Simpan campuran kedua bahan tersebut ke dalam lemari es dan tunggu selama kurang lebih 30 menit dan gunakan sebagai masker di wajah.

7. Menggunakan masker jeruk nipis dan yoghurt

Campuran jeruk nipis dan yogurt dapat digunakan sebagai bahan untuk merawat kulit wajah supaya lebih kencang. Cara menggunakan bahan-bahan tersebut adalah dengan :

  • mencampur yoghurt sebanyak 2 sendok makan serta beberapa tetes air perasan jeruk nipis
  • Selanjutnya aduk hingga merata lalu oleskan pada seluruh area wajah
  • Tunggu selama 15 menit setelah pemakaian lalu bilas hingga bersih.

Buah jeruk mengandung banyak vitamin C yang dapat mengatasi kulit keriput pada wajah. Sementara itu, yoghurt mampu menghaluskan kulit wajah supaya lebih halus dan memudarkan keriput.

8. Menggunakan kulit semangka

Buah semangka tidak hanya memiliki daging buah yang segar namun juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Manfaat tersebut bukan hanya terletak pada daging buahnya melainkan juga pada kulit semangka. Cara menggunakan kulit semangka untuk merawat kesehatan kulit dapat dilakukan dengan cara menggosok- gosokkan kulit semangka secara merata pada kulit wajah. Tunggu air semangka hingga meresap sekitar 20 menit lalu bersihkan dengan air bersih.

9. Menggunakan masker susu dan madu

Merawat wajah supaya tidak mudah keriput dapat dilakukan dengan cara menggunakan susu dan madu. Caranya cukup mudah yaitu dengan :

  • Campurkan 5 sendok teh susu bubuk serta 1 sendok teh madu
  • Jika bahan telah tercampur merata, dapat mengoleskan bahan-bahan tersebut pada wajah lalu diamkan selama 10 menit dan bilas menggunakan air dingin
  • Untuk hasil yang bagus, anda dapat melakukan perawatan ini sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Hasil akhir yang anda dapatkan, akan lebih sempurna jika anda menggunakan vitamin E yang bisa didapatkan di apotek juga swalayan terdekat.

10. Menggunakan masker dari daun teh

Daun teh bukan hanya nikmat ketika dijadikan sebagai minuman namun juga bermanfaat dalam mempercantik kulit wajah. Cara menggunakan teh untuk merawat kulit wajah dapat dilakukan dengan cara menggosok- gosokkan daun teh yang telah digunakan untuk menyeduh sebelumnya selama 20 menit. Lakukan secara rutin pada pagi hari supaya hasil yang bagus dan maksimal segera anda dapatkan.

Kebiasaan Sehat

ads
1. Melakukan senam wajah

Cara lain dalam merawat wajah supaya terhindar dari keriput dini adalah dengan melakukan senam wajah. cara melakukan senam wajah dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini :

  • Untuk mengencangkan dagu – Dapat dilakukan dengan cara duduk tegak dengan kepala miring ke belakang. Lakukan sembari melihat langit-langit di atas. Posisikan badan secara rileks dengan bibir tertutup. Selanjutnya buatlah bibir anda berbentuk bulat. Tunggu hingga hitungan 20 lalu kembalilah pada posisi normal.
  • Untuk area bibir – Senam yang satu ini dapat dilakukan dengan cara membentuk bibir seperti huruf U lalu lanjutkan dengan tersenyum. Ulangi kegiatan ini sebanyak 10 kali dalam waktu sehari. Senam ini dapat membuat area bibir anda menjadi lebih kencang
  • Senam untuk mengencangkan dahi – Senam yang satu ini dapat dilakukan dengan cara meletakkan jari telunjuk anda di atas mata lalu tarik ke bawah sembari mengangkat alis. Ulangi kegiatan ini sebanyak 10 kali.
  • Untuk mengencangkan area pipi – Cara melakukannya cukup mudah yaitu dengan meletakkan kedua tangan pada pipi dan usap secara perlahan sembari diberi sedikit tekanan. Lakukan pemijatan tersebut dari bawah ke atas dengan menepuk- nepuk wajah secara perlahan berulang kali.

2. Waktu tidur yang cukup

Mencegah datangnya keriput dini juga dapat dilakukan dengan cara mendapatkan waktu tidur yang cukup. Memiliki banyak pekerjaan, bukan hanya membuat pikiran menjadi lebih mudah tertekan namun, juga menimbulkan stres pada kulit serta kelelahan. Hal ini memicu datangnya keriput dini pada seseorang. Bagi dan benahi jadwal harian anda supaya waktu tidur dapat tercukupi dengan baik.

3. Pemijatan pada wajah

Tidak hanya melakukan senam wajah saja yang bagus untuk merawat kekencangan  kulit, namun pemijatan pada wajah merupakan kegiatan baik yang dianjurkan. Pemijatan wajah dapat membuat kulit wajah menjadi lebih segar di tengah banyaknya aktivitas yang dikerjakan. Dalam melakukan pemijatan pada wajah, sebaiknya dibarengi dengan menggunakan krim yang cocok untuk tipe kulit anda.

4. Perbanyak air putih

Cara mencegah datangnya keriput dini juga dapat dilakukan dengan cara memperbanyak minum air putih. Mengonsumsi air putih yang dianjurkan adalah sebanyak 2 lietr pada tiap harinya. Mengonsumsi air putih membantu anda dalam menjaga kelembapan serta keelastisan kulit tubuh anda. Hal ini tentu dapat membantu anda dalam mendapatkan kulit cantik dan bersinar sepanjang hari.

5. Lakukan program diet yang sehat

Hingga kini ada banyak sekali jenis diet yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Namun walau begitu, ada baiknya jika anda secara jeli memilih program pengurusan badan tersebut dengan baik karena salah memilih diet dapat berdampak buruk bagi kesehatan dimana salah satunya adalah terjadinya pengenduran pada kulit. Hal ini cukup sering terjadi pada mereka yang melakukan diet ekstrim sehingga berat badan turun drastis.

6. Lindungi diri dari paparan sinar matahari

Bagi anda yang sering melakukan aktivitas langsung di awah sinar matahari, ada baiknya jika anda mulai menggunakan krim atau mungkin sunscreen agar terhindar dari gejala buruk paparan sinar UV. Selain itu ada baiknya jika anda menggunakan baju serta pelindung kepala supaya tidak terkontak langsung dengan sinar matahari yang dapat membuat kult menjadi rusak.

Pada dasarnya mencegah lebih baik daripada mengobati. Cara di atas dapat dilakukan sebagai langkah pencegahan yang cocok bagi yang tidak ingin mengalami penuaan dini. Selain itu, maraknya beragam jenis produk yang ada di pasaran harus disikapi dengan bijak supaya tidak salah memilih produk sehingga menimbulkan iritasi dan keriput dini. Jangan tergiur dengan harga murah karena biasanya produk dengan harga murah kualitasnya dipertanyakan.

Ada baiknya pula jika anda lebih sering menggunakan bahan- bahan herbal alami dalam mempercantik kulit anda seperti halnya menggunakan masker dari buah- buahan. Bahan yang didapatkan dari alam umumnya lebih sehat karena tidak mengandung zat kimia berbahaya seperti kebanyakan produk kecantikan sekarang.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 21st, December 2015 / 08:45 Oleh :
Kategori : Wajah