5 Manfaat Rambutan untuk Kecantikan

Rambutan merupakan buah yang banyak ditemukan di Indonesia dan negara-negara beriklim tropis lainnya. Buah ini termasuk buah musiman dan disukai banyak orang karena rasanya yang manis dan segar. Buah yang kulitnya berwarna kuning hingga merah ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Nutrisi lainnya adalah berupa thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), tembaga, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, potassium, dan zinc. Rambutan tidak hanya bisa dimakan secara langsung tetapi juga bisa diolah menjadi manisan atau sup buah. Namun tahukah anda jika ternyata rambutan memiliki manfaat untuk kecantikan? Apa saja manfaatnya? Mari kita simak ulasannya!

1. Mencerahkan wajah

Kulit wajah yang cerah bisa menjadi indikator bahwa seseorang mengetahui dan mampu menerapkan cara menjaga penampilan diri wanita. Dengan memiliki kulit yang cerah, anda tidak akan perlu menggunakan banyak make up untuk mendapatkan penampilan yang menarik. Kulit cerah secara tidak langsung akan mendorong anda untuk lebih percaya diri. Memang penampilan bukanlah selalu menjadi hal yang utama, namun hal ini akan menunjang kehidupan anda sehari-hari dalam berbagai urusan.

Jika anda makan buah rambutan, jangan buru-buru membuang kulitnya. Bagian kulit rambutan kaya akan nutrisi vitamin C yang akan membantu kulit kita untuk lebih cerah. Tentu anda tidak bisa memakan kulit rambutan bukan? Tapi anda bisa menggunakan kulit rambutan sebagai masker. Rambutan bisa anda gunakan untuk mendapatkan kulit yang cerah dan putih alami. Cara memutihkan wajah secara alami dengan rambutan bisa anda terapkan dengan menggunakan masker rambutan. Simak cara membuat masker rambutan berikut ini:

  • Siapkan kulit rambutan segar secukupnya, air, blender, dan mangkuk.
  • Cuci bersih kulit rambutan yang akan anda buat menjadi masker.
  • Masukkan kulit rambutan yang sudah dicuci bersih ke dalam blender, tambahkan sedikit air.
  • Haluskan kulit rambutan dengan blender sampai berbentuk pasta.
  • Cuci muka hingga bersih terlebih dahulu sebelum menggunakan masker.
  • Balurkan masker kulit rambutan ke seluruh wajah anda.
  • Diamkan 5 sampai 10 menit.
  • Bilas dengan air sampai bersih.

Dengan pemakaian yang teratur minimal 2 kali dalam seminggu, secara perlahan anda akan mendapatkan kulit wajah yang cerah alami. Pemakaian kulit rambutan sebagai masker wajah, akan membuat anda terhindar dari bahan pemutih wajah berbahaya.

2. Menutrisi kulit tubuh

Perawatan kulit tubuh terkadang terabaikan karena aktivitas yang padat dalam sehari-hari. Padahal menutrisi kulit tubuh adalah salah satu kebutuhan bagi anda yang ingin selalu menjaga penampilan diri. Jika anda tidak memiliki waktu ke salon, anda bisa mencoba alternatif lain untuk tetap merawat kulit tubuh meski di rumah dengan cara anda sendiri. Anda bisa memanfaatkan buah rambutan untuk memanjakan tubuh.

Rambutan ternyata memiliki manfaat untuk menutrisi kulit tubuh sehingga anda bisa mendapatkan kulit yang lembut dan kenyal. Untuk memberikan manfaat buah rambutan untuk kulit anda, anda bisa memilih produk perawatan yang dijual di pasaran yang mengandung nutrisi buah rambutan. Namun jika anda lebih memilih cara yang alami, anda bisa membuat sendiri produk perawatan kulit tubuh anda dengan bahan dasar rambutan. Caranya:

  • Siapkan buah rambutan secukupnya, minyak zaitun, blender, dan mangkuk.
  • Cuci bersih buah rambutan yang telah dikupas, pisahkan daging buahnya saja.
  • Masukkan ke dalam blender dan haluskan.
  • Tuang daging buah rambutan yang telah dihaluskan ke dalam mangkuk, tambahkan minyak zaitun, aduk rata.
  • Balurkan adonan tersebut ke seluruh permukaan kulit anda.
  • Diamkan 10-15 menit lalu bilas bersih.

3. Mencegah penuaan dini

Rutinitas yang kita lakukan sehari-hari akan memberikan dampak jangka panjang bagi keadaan kulit kita. Terlebih jika anda tingga di kota besar dengan udara yang mengandung lebih banyak polusi. Radikal bebas bisa saja terdapat pada udara terbuka. Efek buruknya, kulit anda bisa mengalami penuaan dini. Banyak orang mencari cara mencegah penuaan dini untuk tetap mendapatkan penampilan yang menarik. Buah rambutan dapat memberikan anda solusinya.

Jika kulit rambutan mampu membantu mencerahkan wajah, ternyata biji buah rambutan juga memberikan manfaat yang besar untuk kulit anda. Biji buah rambutan kaya akan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Banyak tips kecantikan yang menganjurkan untuk mengonsumsi langsung biji buah rambutan atau menghaluskannya dan mencampurkannya dengan bahan makanan lain. Namun anda tidak perlu tersiksa seperti ini. Kini anda bisa menggunakan biji buah rambutan untuk menutrisi kulit dengan cara yang lebih enak. Lakukanlah cara seperti yang dijelaskan di atas dengan mengganti daging buah rambutan dengan bijinya. Anda tidak perlu merasakan pahitnya biji rambutan karena harus memakannya.

4. Menutrisi rambut

Rambut adalah bagian yang sering memerlukan perhatian khusus untuk tetap menjaga keindahannya. Banyak hal bisa menjadi penyebab kerusakan pada rambut. Berbagai jenis perawatan rambut di salon memang bisa kita dapatkan dengan mudah. Namun hal itu pasti membutuhkan biaya. Jika anda ingin cara yang lebih praktis dan ekonomis, anda bisa melakukan merawatan rambut sendiri di rumah. Rasakanlah manfaat hair mask untuk rambut dengan cara anda sendiri.

Bagian rambutan yang bisa digunakan untuk perawatan rambut adalah daunnya. Penggunaan daun rambutan sebagai masker dapat memberikan beberapa manfaat sekaligus. Anda akan mendapatkan cara mengatasi rambut rontok, cara mencegah rambut rontok parah, cara menghitamkan rambut, dan cara melembutkan rambut hanya dalam sekali memberikan perawatan pada rambut anda. Caranya:

  • Siapkan beberapa helai daun rambutan yang masih segar, blender, air, kain bersih, dan wadah.
  • Cuci bersih daun rambutan yang akan digunakan sebagai masker.
  • Haluskan daun rambutan dan tambahkan sedikit air.
  • Saringlah adonan tersebut dengan kain bersih untuk mendapatkan dari daun rambutan.
  • Basahi rambut anda.
  • Gunakan sari daun rambutan tersebut untuk merawat rambut anda dengan cara mengaplikasikannya ke seluruh bagian rambut termasuk kulit kepala.
  • Berikan pijatan ringan lalu diamkan selama 10 menit kemudian bilas bersih seperti ketika anda keramas

5. Membantu menurunkan berat badan

Rambutan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat akan membantu anda untuk merasa kenyang lebih lama karena tubuh memerlukan waktu lebih lama dalam proses pencernaannya. Buah rambutan juga mengandung karbohidrat yang akan menyediakan energi untuk anda. Selain itu, buah ini mengandung banyak air yang akan mencegah anda terkena dehidrasi. Buah ini bisa anda jadikan pilihan untuk menu diet sehingga kebutuhan anda akan buah tetap tercukupi.

Itulah manfaat buah rambutan untuk kecantikan. Apakah anda tertarik untuk mencobanya? Selamat mencoba!