5 Manfaat Seledri Untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

Seledri merupakan salah satu sayuran hijau yang sering dipakai sebagai pelengkap sup dan beberapa jenis masakan lainnya. Seledri memiliki rasa yang cenderung pahit dengan aroma yang unik. Seledri mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, kaya serat dan rendah kalori. Ternyata selain dapat dipakai sebagai bahan masakan, seledri juga memiliki fungsi lain yang mungkin tidak disangka-sangka. Sayuran ini bisa digunakan sebagai obat beberapa jenis penyakit dan yang lebih menggembirakan, seledri juga dapat memberikan manfaat kecantikan khususnya untuk wajah kita. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan yang akan menjawab rasa penasaran anda!

1. Mengatasi wajah berminyak

Sebagian orang memiliki wajah dengan jenis berminyak. Minyak yang berlebih pada wajah akan dapat menyebabkan beberapa masalah serius yang mengganggu. Masalah yang bisa muncul pada wajah berminyak adalah adanya jerawat, hasil make up tidak maksimal, wajah kusam, dan menyebabkan kurang percaya diri. Untuk mengatasi wajah yang berminyak, biasanya anda disarankan untuk memakai produk perawatan wajah serta kosmetik yang berbahan dasar air. Namun itu saja tidak cukup. Anda bisa mengimbangi perawatan wajah anda dengan cara alami. Mengapa? Karena cara alami tentu lebih aman, praktis, dan ekonomis.

Salah satu bahan alami yang bisa dengan mudah didapatkan adalah seledri. Sayuran ini tidak hanya memiliki manfaat untuk rambut. Seperti yang telah banyak dibahas, manfaat seledri untuk rambut salah satunya adalah untuk menyuburkan. Lalu apa manfaatnya untuk kulit wajah berminyak? Daun seledri memiliki manfaat untuk mengatasi minyak berlebih pada wajah tanpa membuatnya kering dan kurang ternutrisi. Cara mengatasi muka berminyak dengan bahan alami seledri adalah sebagai berikut:

  • Sediakan 3 batang seledri yang masih segar, air, panci untuk merebus air, pisau, cangkir dan tutupnya.
  • Rebuslah segelas air hingga mendidih.
  • Cuci bersih daun seledri.
  • Potonglah dalam ukuran kecil daun seledri yang telah dicuci bersih tersebut kemudian masukkan semua ke dalam cangkir.
  • Tuangkan air yang telah mendidih ke dalam cangkir yang sama kemudian tutup.
  • Diamkan hingga dingin kemudian masukkan ke dalam lemari es.
  • Gunakan air rendaman daun seledri tersebut untuk membasuh wajah menjelang anda tidur. Biarkan hingga kering dan bilas dengan air bersih.

Hasil dari pemakaian daun seledri untuk mengatasi wajah berminyak memang tidak akan terlihat dengan cepat. Anda bisa menggunakannya secara rutin 2 hingga 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasilnya. Jangan lupa untuk mencuci wajah dengan bersih terlebih dahulu sebelum memulai perawatan.

2. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini merupakan masalah yang cukup banyak dialami oleh orang dengan rentang usia tak terbatas. Dalam usia muda pun ancaman akan penuaan dini bisa terjadi. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah adanya radikal bebas yang membahayakan kesehatan kulit. Efek radikal bebas bahkan bisa menjadi penyebab kulit keriput di usia muda. Seledri bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin memberikan perawatan pada wajah untuk mencegah penuaan dini. Kandungan beberapa vitamin yang dimiliki manfaat sele

dri untuk wajah, berperan sebagai antioksidan yang ampuh menangkal radikal bebas.

Selain vitamin, seledri ternyata juga mengandung beberapa mineral seperti selenium, potassium, magnesium, kalsium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk menjaga keremajaan kulit. Seledri juga memiliki kandungan asam lemak omega 6 yang akan membantu menjaga kulit wajah tetap kenyal dan terlihat bersinar. Seledri akan melembabkan kulit anda sehingga tidak kering. Cara mencegah penuaan dini dengan seledri cukup mudah dilakukan. Anda bisa melakukan langkah-langkah sederhana berikut ini:

  • Sediakan 3 sampai 5 helai daun seledri segar beserta batangnya, air, blender, pisau, dan mangkuk.
  • Cuci bersih daun seledri yang akan digunakan.
  • Potong-potong daun seledri lalu masukkan ke dalam blender, tambahkan sedikit air, haluskan.
  • Tuangkan pasta seledri yang telah jadi ke dalam mangkuk.
  • Gunakan ramuan tersebut ke seluruh wajah anda, diamkan 10 hingga 15 menit kemudian bilas bersih dengan air.

3. Mencerahkan wajah

Banyak orang ingin memiliki wajah yang cerah. Tidak sedikit yang memilih untuk memakai produk krim pemutih yang mungkin saja mengandung bahan pemutih wajah berbahaya. Terlebih jika ternyata menggunakan produk krim pemutih palsu yang justru bisa menjadi penyebab alergi kulit wajah. Jika anda memilih untuk mencari perawatan yang alami agar kulit wajah menjadi lebih cerah, anda bisa memilih seledri sebagai bahan bakunya. Dengan seledri anda akan mendapatkan cara memutihkan wajah secara alami. Cara kerja seledri untuk mencerahkan kulit wajah adalah dengan membantu mengangkat sel kulit mati sehingga regenerasi kulit dapat berjalan dengan baik. Hal ini juga akan mencegah kulit wajah anda mengalami berbagai masalah yang tidak diinginkan.

4. Mengatasi jerawat pada wajah

Jerawat yang tumbuh di wajah dapat menjadi sangat menyebalkan dan membuat stres. Terlebih jika jerawat tersebut tidak mudah hilang. Berbagai faktor dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah kita. Faktor tersebut antara lain:

Seledri mampu memberikan perawatan pada wajah berjerawat hingga ke lapisan dalam kulit. Caranya cukup mudah. Anda hanya tinggal mencampurkan pasta seledri seperti cara yang digunakan untuk mencegah penuaan dini di atas dengan tea tree oil. Anda bisa membeli produk ini di toko-toko kosmetik terpercaya. Untuk pengalikasiannya pada kulit wajah yang berjerawat, gunakan cotton bud agar lebih steril. Tunggulah hingga kering kemudian bilas dengan air hangat.

5. Menutrisi kulit wajah

Bagi anda yang tidak memiliki masalah-masalah kulit wajah seperti yang telah disebutkan di atas, anda tetap bisa menggunakan seledri sebagai bahan perawatan untuk menutrisi kulit wajah anda agar tetap sehat. Kandungan nutrisi dalam seledri mampu membantu dalam proses detoksifikasi atau pengeluaran racun yang dapat membahayakan kesehatan kulit wajah anda. Regenerasi sel-sel kulit pun akan terbantu dengan penggunaan seledri sebagai bahan perawatan wajah. Jika anda bisa meminum jus sayuran, seledri bisa menjadi pilihan anda. Jika tidak bisa, anda tetap bisa menggunakannya sebagai masker. Caranya:

  • Siapkan 2 hingga 3 helai daun seledri dan batangnya yang masih segar, minyak almond, yoghurt tanpa rasa, oatmeal, blender, mangkuk, dan pisau.
  • Cuci bersih daun seledri kemudian potong-potong, masukkan ke dalam blender dan haluskan.
  • Tuang pasta seledri ke dalam mangkuk.
  • Campurkan 1 sendok minyak almond, 1 sendok yoghurt, dan 1 sendok oatmeal. Aduk rata.
  • Cucilah wajah anda hingga bersih sebelum menggunakan masker seledri tersebut.
  • Balurkan masker seledri ke seluruh bagian wajah anda dan diamkan selama 10 hingga 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat hingga bersih

Itulah manfaat seledri untuk wajah. Ingatlah bahwa perawatan adalah salah satu cara menjaga penampilan diri wanita. Kini anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan cara yang praktis dan mudah. Apakah anda tertarik untuk mencobanya?