6 Manfaat Teh untuk Rambut Sehat

Teh merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan baik pada daerah ketinggian yang berhawa sejuk. biasanya teh dibudidayakan di perkebunan. Tanaman ini biasanya diolah menjadi minuman. Daun teh yang masih muda dikeringkan kemudian diproses menjadi serbuk. Teh memiliki berbagai macam jenis. Ada teh putih, teh hitam, teh hijau, dan teh cokelat. Teh kaya akan antioksidan yang dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Tapi ternyata tidak hanya itu saja, teh juga bisa memberikan manfaat lain. Itulah mengapa teh banyak dijadikan sebagai bahan dasar produk perawatan. Manfaat teh yang akan kita bahas kali ini adalah untuk rambut. Apa saja manfaat teh untuk rambut?

  1. Mengatasi ketombe dan masalah kulit kepala

Merawat rambut merupakan salah satu cara menjaga penampilan diri wanita. Sayangnya, banyak orang yang belum bisa mengatasi serangan ketombe dan kulit kepala gatal yang mengganggu. Ketombe adalah masalah rambut yang sering dialami oleh pria maupun wanita di segala usia. Munculnya ketombe di kulit kepala sering menjadi penyebab rasa tidak percaya diri meningkat. Salah satu penyebab munculnya ketombe adalah debu dan kotoran yang tertinggal di kulit kepala. Debu dan kotoran tersebut juga seringkali menjadi penyebab kulit kepala gatal dan bentol.

Berbagai jenis perawatan rambut di salon bisa dipilih untuk mengatasi adanya ketombe. Namun hal itu tentu memerlukan biaya. Ternyata ada perawatan alami yang bisa anda coba sendiri di rumah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan teh. Kandungan zat tanin dalam daun teh memiliki fungsi anti inflamasi. Masalah kulit kepala yang gatal akan membuat anda cenderung untuk menggaruknya. Ini bisa menyebabkan keadaan menjadi lebih parah ketika kulit kepala anda terluka. Luka tersebut bisa menimbulkan iritasi. Nah, zat tanin dalam teh tersebut bisa mencegah terjadinya iritasi serta membantu penyembuhan luka lebih cepat.

Ketombe muncul karena produksi kelenjar sebum yang berlebihan. Sebum memproduksi minyak untuk melembabkan kulit kepala. Namun dalam jumlah yang berlebih, hal ini bisa menyebabkan ketombe. Selain itu, jamur juga bisa tumbuh di kulit kepala kita. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa memilih tea tree oil sebagai bahan perawatan pada kulit kepala anda. Tea tree oil memiliki fungsi anti jamur sekaligus dapat menekan produksi kelenjar sebum. Caranya:

  • Oleskanlah tea tree oil pada kulit kepala anda.
  • Berikan pijatan lembut dan tunggu hingga meresap.
  • Diamkan selama 10 menit tanpa perlu dibilas.
  • Cara lainnya, anda bisa mencampurkan tea tree oil dengan produk sampo yang anda gunakan dengan perbandingan 1 banding 3.

2. Mengatasi Rambut bercabang

Rambut bercabang dapat disebabkan oleh keadaan kekurangan nutrisi, kerusakan rambut yang merupakan bahaya cat rambut dan pencatokan, serta rambut yang terlalu lama tidak dipotong. Rambut yang sudah terlanjur bercabang, sebaiknya digunting terlebih dahulu ujungnya untuk menghilangkan cabang. Setelah itu anda bisa melakukan perawatan dengan teh. Caranya cukup mudah. Anda bisa memilih menggunakan sampo yang berbahan dasar daun teh. Gunakanlah secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mengatasi rambut rontok dan menguatkan akar rambut

Rambut rontok bisa menjadi masalah yang menjengkelkan. Keadaan ini bisa terjadi karena beberapa faktor di antaranya kulit kepala yang kurang ternutrisi, siklus pergantian rambut baru, stres, atau penyakit tertentu. Cara mengatasi rambut rontok secara alami bisa anda dapatkan dengan menggunakan teh. Semua jenis teh bisa anda gunakan. Kali ini yang akan kita gunakan adalah teh yang sudah basi. Jadi anda bisa memanfaatkan sisa minuman teh anda yang belum dicampur dengan gula tentunya. Caranya:

  • Siapkan kira-kira 2 hingga 3 gelas teh basi atau seduhan teh yang sudah didiamkan semalaman.
  • Cuci bersih rambut anda seperti anda biasa keramas.
  • Basahi keseluruhan kulit kepala dan rambut dengan teh tersebut.
  • Berikan pijatan lembut pada kulit kepala.
  • Setelah rata, diamkan selama 15 menit kemudian bilas sampai bersih menggunakan air.

Penggunaan teh basi sebagai perawatan rambut juga bisa menjadi salah satu cara mencegah rambut rontok parah.

4. Menyuburkan rambut

Banyak wanita mendambakan rambut yang sehat dan bervolume. Banyak di antaranya yang mencari cara merawat rambut agar cepat panjang. Jika anda adalah salah satunya, teh bisa menjadi solusi dari keinginan anda. Kandungan antioksidan dalam teh mampu membantu folikel rambut memproduksi rambut baru dengan masa pertumbuhan yang lebih cepat. Hal ini juga dapat membantu melancarkan peredaran darah yang menyediakan lebih banyak oksigen. Jenis teh yang paling ampuh untuk membantu pertumbuhan rambut adalah teh hijau. Caranya:

  • Sediakan 3 kantong teh hijau, air panas secukupnya, dan mangkuk.
  • Seduhlah 3 kantong teh hijau yang telah disiapkan ke dalam air panas.
  • Tunggu hingga teh tersebut jadi dan mendingin.
  • Tuangkan ke dalam mangkuk.
  • Cuci bersih rambut anda sebelum menggunakan ramuan teh.
  • Siramkan seduhan teh yang telah dingin tersebut ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala.
  • Biarkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.

5. Menghitamkan rambut

Rambut beruban bisa dialami oleh orang dalam rentang usia muda sekalipun. Hal ini bisa menjadi salah satu tanda terjadinya penuaan dini. Cara mencegah penuaan dini dengan menggunakan teh memang telah banyak diakui. Masalah penuaan dini yang terjadi pada rambut bisa dilakukan dengan perawatan menggunakan daun teh. Uban akan menjadi tertutupi karena zat pada teh mampu membuat warna rambut menjadi lebih hitam. Bagi anda yang ingin mendapatkan rambut hitam berkilau, anda bisa menggunakan cara seperti yang telah dijelaskan di nomor 3 di atas. Jika anda belum memiliki uban, tidak ada salahnya juga untuk anda menggunakan perawatan daun teh pada rambut sebagai cara menghitamkan rambut agar mendapatkan rambut hitam dan sehat yang anda inginkan.

6. Membuat rambut terlihat lembut dan berkilau

Rambut yang lembut dan berkilau bukan hanya ada di iklan-iklan sampo. Anda pun bisa mendapatkannya dengan cara yang alami. Teh dipercaya mampu mengeluarkan kilau alami rambut serta menjadikannya lebih lembut saat disentuh. Kandungan polifenol, vitamin C, dan vitamin E yang terdapat pada teh mampu menutrisi rambut agar selalu sehat dan telihat indah. Selain itu, teh juga mampu menghalau radiasi sinar UV yang bisa menjadi penyebab kerusakan pada rambut. Dengan penggunaan teh saja, anda bisa mendapat berbagai manfaat bagi rambut anda.

Nah, kini anda sudah mengetahui berbagai manfaat teh untuk perawatan rambut anda. Jangan ragu untuk mencobanya karena penggunaan teh tersebut tidak akan memberikan efek samping yang berbahaya. Selamat mencoba!