17 Cara Mengatasi Kulit Mengelupas Paling Alami

Kulit mengelupas merupakan salah satu efek dari kulit yang kering. Sebagian orang, khususnya para wanita, akan menganggap bahwa kulit kering dan mengelupas adalah masalah yang cukup besar. Hal ini tampak kecil, namun sebetulnya mampu membuat seseorang tampil kurang percaya diri karena kulit kelihatan tidak sehat. Jadi, bagaimanakah cara mengatasi kulit mengelupas dan membuatnya sehat kembali?

(Baca juga: manfaat eksfoliasi wajah)

1. Menggunakan Lidah Buaya

Sudah bukan rahasia lagi kalau manfaat lidah buaya untuk kulit begitu besar dan mampu melembabkan serta menghilangkan kulit mengelupas secara alami. Cukup dengan mencampurkan gel segar lidah buaya bersama dengan sedikit minyak vitamin E, Anda bisa menerapkannya ke kulit yang mengelipas sehari 3 kali setiap hari. Iritasi, kekeringan dan inflamasi pasti juga dapat berkurang dan dicegah.

2. Memakai Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah bahan alami selanjutnya yang sangat baik untuk Anda pergunakan dalam perawatan kulit kering dan mengelupas sehari-hari. Sifat pelembab alaminya akan mengunci kelembaban di dalam kulit Anda. Segala efek jahat radikal bebas pun bakal dapat dilawan, termasuk penuaan dini.

Hanya dengan menerapkan minyak zaitun hangat ke kulit yang kering dan mengelupas, ditambah dengan sedikit pijatan, minyak akan terserap sempurna ke dalam kulit dan membuatnya jauh dari kekeringan. Setidaknya, Anda perlu melakukan perawatan ini sehari 3 kali supaya mendapatkan hasil terbaik.

(Baca juga: cara mengatasi kulit wajah kering)

3. Memanfaatkan Mentimun

Sebagai astringent alami, mentimun kaya akan kandungan air yang membantu kulit senantiasa terhidrasi. Efek adem yang diberikan mentimun ini pun akan mengurangi rasa gatal atau iritasi yang diakibatkan kulit mengelupas. Karena ada kandungan vitamin C juga, Anda pun bisa merawat kulit yang terbakar untuk memperbaikinya dengan bahan ini.

Anda hanya perlu memarut mentimun secukupnya dan jadikan adonan pasta untuk dibalurkan ke kulit mengelupas. Tunggu sekitar 15-20 menit sebelum akhirnya Anda bilas menggunakan air hangat. Melakukan perawatan seperti ini sehari 2 kali akan mengembalikan kelembaban kulit sehingga kulit kering dan mengelupas dapat teratasi secara sempurna dan optimal.

4. Memakai Madu

Mungkin Anda sudah tahu betul apa saja manfaat madu untuk masker wajah selain dari manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Dalam menjaga kecantikan kulit, terutama dari kulit mengelupas, silakan mengoleskan madu murni di kulit yang suka mengelupas tersebut setiap hari. Diamkan 45 menit sebelum Anda membersihkannya dengan air dingin; nutrisi dan mineralnya akan memberikan kelembaban maksimal.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kering pada wajah)

5. Menggunakan Oatmeal

Oatmeal selain bisa menjadi bahan makanan sehat bagi yang sedang mengalami sakit jantung juga bisa mengatasi masalah kulit kering dan mengelupas. Kandungan baiknya akan mengurangi gatal-gatal dan iritasi akibat terkelupasnya kulit. Tambahkan secangkir oatmeal ke dalam air mandi Anda yang masih hangat.

Berendamlah sekitar 30 menit dengan air oatmeal tersebut lalu bersihkan tubuh menggunakan air bersih setelahnya. Gunakan handuk lembut untuk menepuk-nepuk kulit sampai kering. Jangan lupa setelah itu Anda bisa menggunakan pelembab seperti biasanya; lakukan metode ini setiap harinya sebelum berangkat tidur supaya hasil yang didapat bisa seoptimal mungkin.

6. Memakai Minyak Wijen

Minyak wijen adalah bahan perawatan kulit kering yang tepat karena kandungan baik di dalamnya akan mengembalikan kelembaban kulit yang sempat hilang. Jenis minyak satu ini biasanya memang sering dipakai sebagai bahan untuk memasak, tapi Anda bisa menggunakannya sebagai pelembab. Oles saja secukupnya ke kulit yang mengelupas tersebut, tunggu beberapa menit.

Setelah lewat beberapa menit, bilas dengan air hingga bersih dan lakukan metode perawatan ini secara rutin setiap hari. Tekunlah dalam melakukan perawatan ini karena hasilnya efektif namun cukup lama untuk merasakannya. Jangan kaget bila setelah perawatan kulit bakal mengelupas lagi, ini karena sel kulit mati terangkat dan terjadi regernasi sel kulit baru.

(Baca juga: pelembab untuk kulit kering dan kusam)

7. Memanfaatkan Susu

Susu yang berkandungan kalsium tinggi bukan hanya akan menyehatkan tulang saja, karena pada dasarnya susu murni pun dapat mengatasi masalah kulit yang kering. Bila kulit kurang lembab, alhasil dapat mengelupas dan protein di dalam susulah yang akan merawatnya. Kandungan tersebut juga akan mengurangi gatal dan iritasi yang berpotensi terjadi.

Anda bisa mencampurkan 2 sendok makan susu murni dengan sesendok makan madu murni yang kemudian campuran ini Anda aplikasikan ke kulit secara merata sambil memberikan pijatan lembut. Tinggalkanlah kira-kira 10 menit sebelum Anda menggunakan air hangat untuk membasuhnya hingga bersih. Melakuannya sehari 2 kali adalah yang terbaik.

Atau, Anda bisa menuangkan susu dingin ke sebuah kain lembut bersih untuk kemudian Anda kompres serta oles ke kulit yang mengelupas. Lakukan selama 10 menit sebelum Anda bisa memakai air bersih untuk membasuhnya. Sehari 2-3 kali adalah waktu yang tepat untuk melakukan perawatan hingga kulit kembali lembab dan normal.

8. Menggunakan Gula dan Lemon

Begitu besar manfaat jeruk lemon untuk wajah, dan ini akan lebih besar lagi khasiatnya ketika dicampur bersama gula dan menjadikannya scrub. Lemon adalah bahan alami berkandungan sifat astringent kuat yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Maka dari itu, bahan ini cocok untuk mengatasi masalah kulit yang mengelupas.

Anda hanya perlu mencampurkan jus dari setengah buah lemon bersama setengah cangkir gula dan madu serta minyak zaitun masing-masing sebanyak sesendok makan. Larutan yang sudah jadi dapat Anda terapkan ke kulit kering sambil dipijat-pijat secara merata selama 5-10 menit. Gunakan air dingin untuk membilas bila sudah selesai; lakukanlah seminggu 2 kali secara rutin demi hasil memuaskan.

(Baca juga: cara merawat kulit agar tidak kusam)

9. Memanfaatkan Minyak Kelapa

Tak hanya minyak zaitun atau wijen yang bisa Anda manfaatkan, karena minyak kelapa pun yang sudah Anda hangatkan dapat Anda oles ke kulit yang mengelupas. Sambil memberikan pijatan dan menunggu minyak terserap sempurna ke dalam kulit. Setiap harinya, lakukanlah perawatan ini 3 kali untuk mengatasi kulit bermasalah Anda secara lebih maksimal.

10. Menggunakan Minyak Almond

Minyak almond dan juga daunnya adalah bahan yang bisa Anda pakai untuk merawat kulit ketika kulit Anda begitu kering sampai mengelupas. Untuk mengatasinya secara cukup cepat, Anda bisa memanfaatkan minyak almond yang langsung dapat dioles ke area kulit kering tersebut. Atau, Anda juga mampu membuat adonan pasta dari daun almond yang ditumbuk sampai halus, lalu dibalurkan ke kulit yang kering tersebut. Setelah beberapa waktu, Anda dapat membersihkannya menggunakan air bersih; melakukannya secara rutin setiap hari akan memberikan khasiat maksimal.

(Baca juga: pelembab wajah untuk kulit kering)

11. Memakai Pepaya

Salah satu manfaat masker pepaya bagi kulit adalah untuk mengatask masalah kulit mengelupas dan kering. Kaya akan sifat antioksidan, pepaya bisa dijadikan bahan perawatan kulit dengan melumatkannya lalu menerapkannya ke area kulit. Setelah beberapa waktu Anda bisa membasuhnya dengan air dan Anda akan melihat sel-sel kulit mati yang terangkat dan kulit kering akan menjadi lembab kembali.

12. Menggunakan Cendana

Untuk merawat dan mengatasi kulit mengelupas, tidak ketinggalan ada juga bubuk cendana yang bisa Anda siapkan sesendok teh banyaknya. Campurkanlah dengan sesendok teh madu murni dan juga bubuk kunyit beserta minyak zaitun. Setelah terbentuk adonan pasta, langsung terapkan ke kulit yang hendak Anda rawat, tunggu setengah jam, barulah Anda bilas dan keringkan.

13. Memanfaatkan Apel

Buah yang kita kenal sebagai buah yang mampu menjaga kesehatan tubuh ini ternyata juga dapat membantu mengatasi kulit kering dengan mengonsumsinya setiap hari. Jika ingin menggunakannya sebagai bahan perawatan dari luar, silakan lumatkan apel dan buat adonan pasta yang bisa dioles ke kulit. Menggunakannya secara rutin bakal mampu melembutkan dan mengurangi kelupasan kulit secara optimal.

(Baca juga: masker untuk kulit kering dan flek hitam)

14. Mengonsumsi Banyak Air Putih

Memperbanyak asupan air putih adalah salah satu cara sederhana untuk mengatasi masalah kulit kering. Ingat bahwa kulit yang kurang kelembabannya adalah karena kurang terhidrasi. Jadi, penuhilah asupan cairan secara maksimal dengan mengonsumsi banyak-banyak air putih, yakni minimal 10 gelas setiap harinya. Cara simpel ini akan membantu supaya kulit terjaga senantiasa kelembabannya.

15. Memakai Mint

Dalam merawat kulit mengelupas, Anda juga dapat menggunakan mint. Dengan sifat penenang alaminya, mint adalah bahan yang tepat untuk meregenerasi sel-sel kulit mati, menyegarkannya dan mengembalikan kelembaban kulit yang sudah berkurang. Ambil ekstrak jus dari beberapa daun mint segar, lalu aplikasikan langsung ke kulit setiap sebelum berangkat tidur di malam hari.

Keesokan harinya barulah Anda bisa membersihkan sisa-sisa ekstrak daun mint pada kulit dnegan air bersih yang hangat. Sesudah itu, jangan lupa juga menggunakan pelembab ringan yang biasa Anda pakai. Setelah kulit mengelupas Anda sudah normal dan sehat kembali, metode perawatan ini dapat Anda gunakan kadang-kadang saja dan tidak serutin sebelumnya.

(Baca juga: manfaat daun mint untuk wajah)

16. Memanfaatkan Yogurt

Kandungan mineral, asam dan enzim di dalam yogurt sangat baik dalam membantu kulit mendapatkan kembali kelembabannya. Untuk kulit super kering sekalipun, yogurt dapat Anda gunakan untuk perawatan sehari-hari. Hanya dengan mencampurkan 2 sendok makan yogurt dengan 2 sendok teh madu, larutan ini siap dioles ke kulit dan biarkan mengering sendiri sebelum dibasuh dengan air hangat.

17. Memakai Pisang

Manfaat pisang untuk kulit cukup banyak dan salah satunya adalah membantu melembutkan dan melembabkan kulit kering serta mengelupas. Cukup dengan menyediakan sebuah pisang matang, lumatkan, tambah dengan sedikit yogurt untuk membuat krim. Krim pelembab alami dari pisang ini dapat Anda oles ke area kulit kering Anda dan basuhlah dengan air setelah beberapa menit.

(Baca juga: penyebab wajah terlihat tua)

Itulah daftar cara mengatasi kulit mengelupas paling efektif dan sederhana untuk Anda lakukan sehari-hari. Bila kulit terlalu kering sampai mengelupas, jangan biarkan dan mulailah ambil langkah perawatan menggunakan bahan-bahan serta cara alami.