Sponsors Link

18 Penyebab Wajah Terlihat Tua Di Usia Muda

Sponsors Link

Tahukah Anda, bagian mana dari tubuh kita yang biasanya dilihat orang untuk pertama kali? Benar sekali, bagian itu adalah wajah kita, sehingga kesan pertama yang timbul tentang diri kita berkaitan erat dengan kondisi wajah kita juga. Bila wajah kita segar, cerah dan terawat, kesan yang muncul pun pasti menyenangkan. Tapi bila sebaliknya kondisi wajah kita kurang terawat, orang lain bisa menarik kesimpulan yang salah tentang pribadi kita. Walaupun belum tentu mencerminkan keseluruhan pribadi seseorang, namun wajah tetap menjadi bagian yang penting jika kita ingin mengenali atau menebak karakter orang lain.

ads

Wajah yang awet muda pastinya membuat kita merasa yakin akan kesan diri yang kita tampilkan. Tapi bagaimana jika wajah kita sudah mengalami kerut – kerut dan keriput, padahal usia kita masih muda dan seharusnya belum saatnya kerutan itu muncul? Pasti ada penyebab tertentu yang membuat wajah menjadi keriput sebelum waktunya. Cobalah teliti lagi bagaimana sebenarnya rutinitas Anda sehari – hari, siapa tahu ada beberapa hal dibawah ini yang menjadi penyebab wajah keriput:

1. Alkohol

Untuk Anda yang suka mengonsumsi alkohol, ketahuilah dampak buruk dari alkohol yaitu bisa menyebabkan dehidrasi dan mempengaruhi kandungan garam dalam tubuh, juga mempengaruhi proses regenerasi sel – sel tubuh yang akan menjadi penyebab wajah terlihat tua.

2. Rokok

Seperti telah diketahui, rokok mengandung racun yang bernama nikotin. Selain akan meresap ke dalam tubuh lewat asap rokok, juga ada akibat lain yang ditimbulkan rokok yaitu kulit wajah akan cepat menjadi keriput. Ini disebabkan karena asap rokok membuat wajah menjadi kering.

3. Bantal

Tidur menyamping menimbulkan kerutan pada wajah karena biasanya garis lipatan yang terbentuk di sarung bantal akan membekas pada kulit wajah. Jika berlangsung setiap hari dan anda tidur pada sisi wajah yang sama, bukan tidak mungkin menimbulkan kerutan permanen di wajah. Supaya kerutan pada sarung bantal tidak menyebabkan penambahan garis di wajah, coba ganti sarung bantal Anda atau ubah gaya tidur menjadi telentang.

4. Sering Tidur Larut

Tidur larut atau begadang sudah pasti akan membuat wajah tampak lebih tua. Selain tanda kelelahan yang jelas terlihat, wajah juga menjadi tidak segar. Kantung mata akan menggantung dan berwarna hitam, dan kulit muka kering serta kusam. wajah juga terlihat kuyu karena kurang tidur.

5. Foundation

Salah memilih warna foundation yang kurang cocok juga bisa membuat wajah terlihat tua. Cara memakainya juga berpengaruh. Jika mengaplikasikan terlalu tebal, maka wajah akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, karena kulit wajah juga menahan beban berat dari make up yang tebal. Coba gunakan BB cream sebagai pengganti foundation yang formulanya lebih ringan untuk kulit.

ads

6. Sedotan

Gerakan mengisap saat minum menggunakan sedotan juga bisa menyebabkan otot – otot wajah tertarik dan menyebabkan garis – garis halus yang mengarah kepada munculnya keriput.

7. Televisi atau Komputer

Menurut sebuah penelitian, orang yang menghabiskan waktu berjam – jam di depan televisi melebihi 6 jam sehari akan mempunyi resiko usianya berkurang sebanyak 4,8 tahun dibanding yang jarang berada di depan televisi atau komputer.

8. Ekspresi Wajah

Sering tertawa atau tersenyum bisa menghasilkan kerutan di sudut – sudut mata dan juga sudut bibir. Sedangkan mengerutkan dahi ketika heran atau kesal juga lama kelamaan akan mencetak kerutan yang permanen di wajah. Digabungkan dengan kulit yang kering dan tidak terawat, kerutan – kerutan itu akan lebih mudah terlihat pada wajah. Anda bisa melakukan manfaat totok aura wajah untuk menghilangkan berbagai kerutan halus yang mulai muncul.

9. Pendingin atau Pemanas Udara

Berada terlalu lama di sebuah ruangan yang mempunyai pemanas atau pendingin udara juga bisa membuat kulit kering dan lama kelamaan akan menjadi keriput.

10. Sinar Matahari

Terlalu sering berada di bawah panas matahari akan berefek buruk untuk kulit. Paparan sinar ultraviolet atau sinar UV bisa membuat wajah terlihat lebih tua karena menjadi hitam, kering dan bersisik. Manfaat air teh untuk wajah bisa mengatasi kulit yang terbakar karena lama terkena sinar matahari.

11. Stress

Terlalu banyak pikiran bisa memicu kulit keriput di usia yang muda. Stress akan mempercepat penuaan dari sel – sel yang berada di dalam tubuh. Kalau sel – sel tubuh mengalami penuaan, pasti demikian juga halnya dengan kulit wajah. Selain itu, ketegangan kulit wajah akibat kita sedang berpikir berat juga dapat menimbulkan keriput.

12. Jarang Cuci Muka

Ketika merasa sangat letih, pada malam hari pasti kita ingin langsung tidur saja dan tidak terpikir untuk membersihkan muka. Kebiasaan ini dapat menyebabkan penuaan dini pada wajah, karena kotoran dan debu bertumpuk di kulit wajah, menyumbat pori – pori dan bisa membuat wajah menjadi berjerawat juga.

13. Kopi

Berlebihan minum kopi juga akan menjadi penyebab wajah terlihat tua. Karena kopi bisa membuat kita mengalami dehidrasi bila diminum dalam jumlah banyak. Kulit yang dehidrasi akan kekurangan air, yang pada akhirnya mempengaruhi kelembaban kulit.

14. Kurang Minum Air Putih

Selain minum kopi, kurang minum air putih juga akan mempengaruhi asupan air ke tubuh. Tubuh yang kekurangan air akan membuat kulit juga menjadi kering, dan cepat mengalami keriput.

15. Sabun Mandi

Sabun mandi mengandung lapisan alkali yang bisa mengeringkan kulit wajah. Oleh sebab itu, jangan pernah menggunakan sabun mandi untuk mencuci muka, akibatnya akan membuat kulit wajah kusam dan kering. Cara merawat kulit agar tidak kusam dan kering bukan dengan sabun mandi, tetapi dengan sabun khusus untuk wajah.

16. Diet Ekstrim

Karena ingin terlihat langsing, diet yang dilakukan justru jadi berlebihan sehingga membuat tubuh kekurangan cairan dan nutrisi. Akibatnya fungsi tubuh jadi terganggu, termasuk keadaan kulit yang menjadi kering karena tidak mendapatkan cukup nutrisi untuk kelembaban kulit. Untuk mengatasi kondisi kulit yang rusak karena diet dapat dilakukan cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami menggunakan masker yang terbuat dari buah-buahan.

17. Makanan Tidak Sehat

Senang menyantap makanan yang tinggi kolesterol seperti gorengan, santan, dan lain – lain juga akan berpengaruh terhadap kondisi kulit kita. Tidak adanya vitamin yang didapatkan untuk melancarkan fungsi tubuh berakibat kulit yang tidak segar dan menjadi penyebab kulit keriput di usia muda.

18. Gula

Anda yang gemar minuman kemasan yang mengandung gula buatan atau gemar menambahkan gula banyak – banyak ke minuman, semestinya waspada. Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan proses penggumpalan protein atau lemak dengan glukosa yang berasal dari gula. Akibat dari penggumpalan ini adalah kakunya jaringan di seluruh tubuh dan menyebabkan kulit mengerut.

Cara Agar Wajah Tidak Tampak Lebih Tua

Pasti kesal jika banyak orang salah menebak usia kita karena melihat wajah kita, mereka mengira kita lebih tua dari kenyataannya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah wajah kita terlihat lebih tua, bahkan jika dilakukan dengan telaten akan membuat kita tampak semakin muda.

  • Pembersih Wajah

Gunakan pembersih wajah yang ringan dan berbahan lembut. Jika menggunakan pembersih wajah yang formulanya terlalu keras, akibatnya kandungan minyak di wajah yang terbuang saat membersihkan akan lebih banyak. Kulit akan menjadi lebih kering dan mempercepat proses penuaan. Pakailah produk yang disesuaikan untuk usia Anda dan pastikan keasliannya untuk menghindari bahaya make up palsu.

Sponsors Link

  • Pelembab

Kondisi kulit yang kelembabannya bagus sangat penting untuk mencegah penuaan dini. Cara menghilangkan kerutan pada wajah yaitu dengan menggunakan pelembab yang mengandung anti aging sehingga selain melembabkan juga akan mengurangi tanda penuaan pada kulit.

  • Tabir Surya

Dalam iklim tropis yang banyak sinar matahari seperti negara kita, pemakaian tabir surya sangat penting. Tabir surya yang mengandung SPF 15 bisa mencegah bintik – bintik hitam, kusam dan keriput. Jika flek atau bintik hitam sudah terlanjur tampak di wajah, bisa Anda gunakan cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun serta cara menghilangkan bintik hitam di wajah dengan putih telur.

  • Krim Malam

Khasiat Olay Total Effect Night Cream yang  mengandung formula anti aging dan sekaligus melembabkan kulit sangat cocok untuk mencegah kulit wajah menampakkan tanda – tanda penuaan dini.

  • Krim Mata

Kantung mata yang tampak tebal dan hitam juga mengganggu penampilan wajah dan membuat wajah tampak lebih tua. Untuk mengatasinya bisa menggunakan cream untuk menghilangkan kantung mata yang banyak terdapat dipasaran.

  • Lakukan Pengelupasan Wajah

Pengelupasan wajah yang dilakukan secara ringan bisa merangsang pembaruan sel – sel kulit baru untuk menggantikan kulit lama yang sudah kusam. Manfaat eksfoliasi wajah yaitu untuk membantu peluruhan sel kulit mati yang bisa mempercepat peremajaan kulit wajah. Eksfoliasi wajah bisa dilakukan di salon dengan teknik bernama prosedur chemical peeling.

  • Minum Air Putih

Selalu usahakan untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Kurangi minuman kemasan, air teh atau kopi. Utamakan air putih untuk mencukupi kebutuhan air di tubuh Anda dan sebagai cara mencegah wajah kering.

  • Olahraga

Manfaat olahraga untuk kecantikan pastinya sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah yang akan membuat kulit tampak cerah dan bersinar. Tubuh yang segar juga memperlambat proses penuaan pada kulit.

  • Kolagen

Kolagen diperlukan oleh tubuh sebagai bahan yang berperan dalam mempertahankan kekenyalan kulit. Dengan kandungan kolagen yang cukup, kulit akan selalu tampak awet muda. Cukupi kebutuhan kolagen dalam tubuh dengan konsumsi buah – buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, alpukat, tomat dan wortel. Sebenarnya, sumber kolagen juga bisa didapat dari suntik vitamin C dan kolagen yang biasa dilakukan di klinik perawatan kecantikan. Namun bahaya suntik kolagen apabila ada kesalahan pada prosedurnya terlalu riskan untuk ditanggung.

  • Masker Wajah

Cara mencegah penuaan dini bisa dilakukan dengan rajin memakai masker wajah. Banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat wajah agar tidak cepat tampak tua, misalnya manfaat masker kunyit untuk wajah.

  • Hindari Rokok dan Alkohol

Cara mencegah kerutan di wajah adalah dengan menjauhi penyebabnya seperti rokok dan alkohol. Mungkin bagi yang telah terbiasa merokok dan minum alkohol akan sedikit kesulitan menghentikan kebiasaannya tersebut, tapi jika tidak ingin mempunyai wajah yang tampak tua, harus dimulai sedikit demi sedikit.

Kelembaban wajah adalah kunci utama untuk membuat wajah tetap awet muda, karena kulit yang terjaga kadar kelembabannya tidak mudah menjadi kering serta keriput. Oleh karena itu lakukanlah ritual perawatan kecantikan Anda yang biasanya dan jaga jangan sampai kulit wajah mengalami kekeringan. Selain itu juga dengan menjaga pola makan serta apapun yang dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit wajah yang prima.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 05th, September 2016 / 04:16 Oleh :
Kategori : Wajah