14 Cara Mencegah Kerutan di Wajah Paling Ampuh Secara Alami

Munculnya kerutan di wajah dianggap wajar sesuai dengan bertambahnya usia seseorang. Tetapi bila tanda-tanda kerutan mulai nampak di usia yang muda, ini tentu menjadi masalah munculnya penuaan dini. Anda tentunya ingin mencari cara mencegah penuaan dini di wajah Anda. Kerutan di wajah biasanya muncul di area dahi, lingkaran sekitar mata, ataupun pipi.

Penyebab kerutan di wajah

Selain akibat dari penuaan, penyebab kulit keriput di usia muda disebabkan oleh beberapa hal yang lainnya, yaitu :

  • Paparan sinar matahari.

Matahari yang mengandung sinar UV bila sering mengenai wajah, akan membuat kulit wajah kita menjadi kering dan kelembabannya makin lama makin berkurang. Hal inilah yang membuat wajah menjadi berkerut.

  • Penggunaan bahan kosmetik.

Bahaya bahan kosmetik yang salah atau tidak sesuai dengan kulit wajah merupakan salah satu penyebab munculnya kerutan di wajah. Sebab bahan kosmetik yang berbahaya mengandung bahan kimia yang seringkali menimbulkan efek samping untuk kulit.

  • Dehidrasi.

Kulit kita juga membutuhkan cairan agar tetap terjaga kelembabannya. Sehingga bila tubuh kekurangan cairan akan menyebabkan kulit juga kering dan kulit tidak bisa menghasilkan sel-sel baru yang dapat mengakibatkan terbentuknya garis-garis kerut di wajah.

  • Diet yang berlebihan.

Bila diet dilakukan secara berlebihan maka nutrisi penting untuk tubuh juga semakin berkurang, sehingga mempengaruhi kesehatan kulit. Sebab tubuh memerlukan asupan vitamin dan mineral yang cukup, dan begitu pula dengan kulit wajah. Sehingga bila diet dilakukan secara berlebihan, hal ini akan menimbulkan kerutan di wajah juga.

  • Kurang istirahat.

Pada malam hari merupakan waktu bagi kulit wajah untuk membentuk sel-sel baru kolagen yang rusak. Sehingga bila kita kurang tidur, maka semakin sulit terbentuknya peremajaan kulit wajah.

  • Merokok.

Zat-zat berbahaya dari rokok tidak hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh, tapi juga berpengaruh pada kesehatan kulit wajah. Sebab merokok menjadi penghambat pasokan darah ke seluruh tubuh, sehingga menimbulkan efek munculnya kerutan di wajah.

Setelah mengetahui penyebab munculnya kerutan di wajah, sebaiknya Anda menghindari hal-hal tersebut sebagai cara mencegah kerutan di wajah. Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kerutan di wajah :

1. Banyak mengkonsumsi air putih

Air putih mempunyai manfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. tetapi air putih juga baik untuk menjaga kelembaban tubuh agar tidak kering dan kusam yang menyebabkan munculnya kerutan di wajah. Maka jangan lupa untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari, dan kurangi mengkonsumsi minuman mengandung alkohol dan kafein yang dapat mempercepat dehidrasi dalam tubuh.

Sponsors Link

2. Gunakan sun block atau tabir surya

Saat Anda beraktivitas di luar di atas jam 9, pengaruh sinar UV tidak baik untuk kesehatan kulit. Maka untuk mencegah pengaruh buruk sinar UV yang bisa berakibat terhadap kulit wajah, gunakan sun block atau tabir surya. Selain itu Anda bisa menjaga wajah Anda juga dengan menggunakan topi atau payung agar terhindar dari paparan sinar matahari.

3. Cukupi kebutuhan gizi

Melakukan diet yang ketat seringkali menyebabkan tubuh kekurangan asupan gizi. Oleh karena itu jangan sampai tubuh kekurangan zat gizi yang diperlukan bagi kesehatan kulit juga. Pilih juga makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti buah berry (strawberry, blueberry, blackberry, dan sebagainya), serta makanan yang mengandung vitamin A, B kompleks, C dan E.

4. Rajin membersihkan wajah

Setiap selesai beraktivitas, jangan lupa sesaat sebelum tidur untuk membersihkan wajah Anda dari debu atau sisa make up. Gunakan pembersih dan pelembab wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Sebab sisa make up yang mengendap di wajah semalaman akan menyebabkan pori-pori kulit wajah terhambat dan membuat kulit lama-kelamaan menjadi berkerut.

5. Oleskan krim atau serum mata

Kerutan seringkali muncul di area sekitar mata, yang dikenal dengan munculnya lingkaran kantung mata hitam (mata panda). Anda dapat menggunakan krim dan serum mata yang berfungsi untuk melembabkan area di sekitar mata. Sebab dengan kondisi kulit yang lembab, maka kerutan di wajah bisa dicegah. Krim bisa digunakan setiap malam sebelum tidur, sedangkan serum digunakan seminggu sekali saja untuk mengencangkan kulit area mata.

6. Susu dan madu

Madu dapat digunakan sebagai masker wajah.Manfaat madu untuk masker wajah berguna untuk menyerap dan mempertahankan kelembaban kulit, sehingga bisa menjaga elastisitas kulit. Susu mengandung asam laktat yang tinggi, yang bermanfaat untuk membersihkan kotoran-kotoran di dalam pori-pori kulit. Sehingga pembentukan kolagen kulit bisa lebih optimal. Dengan perpaduan susu dan madu dapat mengatasi munculnya kerutan di wajah.

Cara mencegah kerutan di wajah dengan susu dan madu :

  • Campur 1 sendok makan madu dengan ½ sendok makan susu tawar dan diaduk hingga rata.
  • Oleskan kedua campuran tadi ke wajah sambil dilakukan pemijatan lembut.
  • Diamkan agar meresap selama 30 menit.
  • Lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

7. Eksfoliasi dengan jus lemon dan gula

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kolagen pada kulit wajah. Selain itu manfaat jeruk lemon untuk wajah juga mengandung asam sitrat yang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kerutan di wajah. Sedangkan gula mengandung glikolat yang dapt memperbaiki kerusakan sel-sel kulit. Bila menggabungkan kedua bahan ini, Anda mendapatkan manfaat eksfoliasi wajah yang dapat mencegah kerutan di wajah.

Cara mencegah kerutan di wajah dengan lemon dan gula :

  • Campur 1 sendok teh gula dengan 2 sendok makan air perasan lemon dan campur dengan rata.
  • Oleskan campuran tadi ke wajah sambil dipijat-pijat.
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Lalu bilas dengan air dingin.

8. Masker putih telur

Kandungan protein yang tinggi pada putih telur berkhasiat untuk memperbaiki sel-sel kulit yang mengalami kerusakan dan mempercepat regenerasi sel-sel kulit yang baru. Sehingga cara menghilangkan bintik hitam di wajah dengan putih telur, dimana bintik hitam ini sebagai salah satu tanda penuaan dini juga. Selain itu putih telur juga bersifat astrigen yang membuat kulit nampak lebih kencang dan terbebas dari kerutan di wajah.

Cara mengatasi kerutan di wajah dengan masker putih telur :

  • Pisahkan putih telur dari kuningnya sebanyak 2 butir dan kocok hinggu berbusa.
  • Oleskan masker putih telur ke wajah sambil dipijat-pijat
  • Diamkan selama 20 menit agar meresap sempurna.
  • Setelah mongering akan terasa kaku di wajah dan bilas wajah dengan air dingin.

Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari masker yang lainnya untuk mencegah kerutan di wajah, seperti :

ads

9. Mencuci wajah dengan minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung asam linoleat yang dapat membantu kulit agar tetap terhidrasi dan mengurangi efek dari kerutan. Selain untuk mencegah munculnya kerutan di wajah, cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun. Anda dapat menggunakan minyak zaitun dengan minyak wortel atau air perasan wortel yang sama-sama mengandung asam linoleat yang tinggi juga.

Cara mencegah kerutan di wajah dengan minyak zaitun :

  • Campur 2 sendok teh minyak zaitun dengan 2 tetes minyak wortel atau air perasan wortel.
  • Gunakan minyak tadi untuk memijat wajah selama 30 detik.
  • Diamkn selama 30 menit.
  • Lalu bilas dengan air hangat, sebab manfaat air hangat untuk wajah agar mendapatkan efek relaksasi.

10. Pijat wajah secara rutin

Pemijatan wajah secara rutin dapat membantu mencegah munculnya kerutan di wajah. Sebab dengan pemijatan dapat menarik bagian-bagian kulit wajah hingga menjadi lebih kencang dan tidak berkerut. Usahakan memijat pada bagian kelenjar getah bening untuk menguras bersih kelebihan berat air di wajah.

Cara melakukan pemijatannya :

  • Lakukan pemijatan dengan jari telunjuk dan jari tengah.
  • Mulailah memijat dari bagian bawah kuping dengan gerakan memutar, lalu menurun menuju ke sisi leher.
  • Setelah itu gerakan ke bagian bawah dagu, ke bawah tulang rahang dan ke arah telinga.
  • Pindah pijat ke bagian dalam mata menuju kea rah bagian luar mata.
  • Lalu pindah ke bagian pelipis dan menurun ke arah kedua sisi wajah.
  • Ulangin gerakan pemijatan tadi sebanyak 5 kali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Olahraga

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi manfaat olahraga untuk kecantikan juga. Sebab dengan olahraga maka peredaran darah akan lancar dan bahkan sampai ke kulit wajah sehingga terhindar dari kerutan. Melakukan olah raga yang baik adalah di pagi hari, sebab udaranya masih bersih dan sejuk, serta badan juga akan terasa lebih segar.

12. Melakukan senam wajah

Untuk mencegah kerutan di wajah, Anda dapat juga melakukan senam wajah. Senam wajah ini bermanfaat untuk menyehatkan kulit dan otot-otot pada wajah Anda, sehingga kerutan tidak mudah muncul di wajah.

Cara melakukannya :

  • Pijat perlahan pada bagian sekitar mata menggunakan ujung-ujung jari.
  • Lakukan pelafalan a, I, u, e, o dengan mulut lebar untuk mengencangkan otot di pipi.
  • Pijat wajah bagian pipi dan dahi dengan gerakan ke atas agar kulit wajah kencang dan tidak turun menjadi berkerut.

13. Tidur telentang 

Kalau Anda suka tidur miring sebaiknya mulai sekarang dihindari. Sebab tidur miring akan membuat wajah tertekan dan muncullah masalah kerutan di wajah. Tidur yang baik adalah tidur telentang.

14. Menggunakan krim wajah

Selain menggunakan bahan-bahan alami, untuk Anda yang ingin praktis atau tidak mau repot Anda juga bisa menggunakan krim anti-aging yang banyak dijual di pasaran, seperti Ponds Age Miracle, SK-II Facial Lift Emulsion, L’Oreal Double Lift, Olay Total Effect CC Cream, dan sebagainya. Tetapi Anda harus cermati penggunaannya agar Anda tidak mendapatkan efek yang kurang baik untuk kulit. Sebab bahan kimia yang terkandung di dalamnya kadang bisa memberikan efek samping untuk kulit.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kerutan di wajah. Dengan rajin melakukan hal-hal di atas, niscaya Anda dapat menjaga penampilan diri wanita menjadi lebih sehat, cantik, dan kerutan di wajah.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 09th, August 2016 / 04:36 Oleh :
Kategori : Wajah