Sponsors Link

18 Cara Membuat Masker Kunyit untuk Wajah

Sponsors Link

Kunyit merupakan jenis rempah yang rimpangnya banyak dimanfaatkan untuk alasan kesehatan. Banyak orang mulai memercayai akan khasiat dari kunyit sehingga menjadikannya sebagai obat alami berbagai masalah kesehatan. Kandungan zat kurkumin penyebab warna kuning keoranyean pada kunyit adalah yang menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan para penggunanya, termasuk juga untuk kesehatan kulit.

ads

Berbagai keuntungan ditawarkan oleh kunyit kepada kulit kita tanpa harus kita pergi ke salon dan membayar mahal. Kunyit yang dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya begitu baik dan berikut adalah contoh manfaat yang bisa diperoleh:

  • Mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati,
  • Mengobati psoriasis, eksim dan poison ivy yang merupakan penyakit kulit.
  • Mengobati kaki yang pecah-pecah.
  • Menghambat pertumbuhan rambut yang ada di permukaan wajah.
  • Menurunkan risiko pigmentasi atau penggelapan kulit.
  • Mengobati stretch marks.
  • Menurunkan risiko penuaan dini.
  • Mengobati keriput.
  • Masker wajah untuk kulit kering.
  • Mengobati jerawat.

(Baca juga: cara membuat lulur kunyit – cara membuat masker pisang)

1. Kunyit dan Madu

Seperti kita tahu kunyit adalah rempah luar biasa manfaat masker kunyit untuk wajah sangatlah besar. Untuk meningkatkan manfaatnya, madu adalah bahan kombinasi yang sangat bisa Anda andalkan.

  • Caranya: Sediakan bubuk kunyit ¼ sendok teh bersama juga dengan jus lemon ½ sendok teh dan juga madu 1 sendok makan (pastikan memakai madu murni). Seluruh bahan bisa Anda campur dan aduk merata. Jika agak cair, maka tambahkan saja tepung gandum atau tepung beras supaya lebih kental. Oles ke wajah, tunggu kering, lalu gunakan air hangat untuk membilasnya nanti.

2. Kunyit dan Bubuk Kakao

Untuk perawatan wajah yang lebih murah dan efektif, kunyit yang dicampur dengan bubuk kakao sekaligus bahan lainnya seperti susu, aspirin, kuning telur dan minyak vitamin E/zaitun adalah solusi yang oke.

  • Caranya: Sediakanlah bubuk kunyit sebanyak ½ sendok teh berikut bubuk kakao tanpa pemanis ½ sendok teh, 2 buah tablet aspirin, susu 2 sendok makan, 1 kuning telur, 3-4 tetes minyak zaitun/vitamin E dan tepung gram 1 sendok makan. Seluruh bahan bisa Anda campurkan sampai rata dan balurkan ke wajah; tunggu kering sebelum kemudian dibilas dengan air biasa.

3. Kunyit dan Lentil

Untuk kulit wajah yang bermasalah dengan minyak berlebih sekaligus jerawat, pastikan Anda mempertimbangkan untuk menggunakan masker kunyit yang dikombinasikan dengan lentil atau miju-miju ini.

  • Caranya: Sediakanlah bubuk kunyit sebanyak ½ sendok teh saja, berikut juga bubuk lentil 1 sendok makan. Bila ingin menambahkan juga oatmeal sebanyak 1 sendok makan juga bisa. Campurkan seluruh bahan bersama dengan air secukupnya sampai membentuk adonan pasta halus. Aplikasikan ramuan masker ini ke wajah sampai rata dan tunggu mengering sebelum kemudian bisa Anda bilas dengan air hangat dan dingin secara bergantian.

(Baca juga: cara mengatasi kulit wajah kering)

4. Kunyit dan Jus Lemon

Untuk kulit yang kusam dan agak gelap, mungkin Anda berkeinginan untuk menjadikannya lebih putih dan bercahaya. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk menggunakan masker wajah dari kunyit dan jus lemon supaya kulit wajah lebih memesona.

  • Caranya: Siapkan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok teh bersama dengan jus lemon beberapa tetes. Tak ketinggalan juga tambahkan susu dan tepung gram secukupnya. Setelah dicampur dan terbentuk adonan pasta, silakan langsung balurkan di wajah. Tunggulah antara 15 hingga 20 menit sebelum Anda bisa membilasnya memakai air hangat dan memakai pelembab khusus kulit wajah.

5. Kunyit dan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami yang memiliki segudang khasiat. Tak hanya menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh, minyak kelapa juga dapat menjadi campuran yang baik untuk kunyit ketika dijadikan sebagai masker.

  • Caranya: Sediakanlah bubuk kunyit sebanyak ¼ sendok teh berikut juga minyak kelapa beberapa tetes saja yang pas untuk membuat pasta kental. Ketika kedua bahan dicampur dan sudah memperoleh konsistensi yang diinginkan serta adonan pasta sudah halus, balurkan ke wajah Anda secara menyeluruh. Sesudah dibiarkan selama 10 menit lamanya, Anda bisa mencuci wajah hingga bersih dengan air biasa. Melakukan perawatan ini secara teratur akan melindungi kulit dari mikroba berbahaya.

6. Kunyit, Madu dan Susu

Perawatan kulit wajah dengan masker kunyit bisa juga Anda buat di rumah dengan mengombinasikannya bersama dengan susu dan juga madu murni. Kedua bahan tambahan tersebut adalah bahan yang tepat untuk menjaga kulit supaya tetap sehat dan cerah.

  • Caranya: Sediakanlah bubuk kunyit ¼ sendok teh berikut juga madu organik, susu dan 2 sendok makan tepung gram atau oatmeal. Seluruh bahan siap untuk Anda campur yang akhirnya nanti membentuk adonan pasta kental untuk dibalurkan ke wajah sebagai masker. Pastikan Anda membalurkannya hingga ke leher dan tunggulah selama 15 menit sebelum Anda bilas dengan air dingin dan hangat secara bergantian.

(Baca juga: cara mengencangkan kulit wajah)

ads

7. Kunyit dan Alpukat

Anda perlu menyimak juga cara membuat masker alpukat bila ingin tahu seberapa besar manfaat dari alpukat sebagai bahan kombinasi bagi kunyit. Keduanya adalah bahan ampuh yang mampu meremajakan kulit dengan menghidrasi dan menutrisinya secara maksimal.

  • Caranya: Sediakanlah bubuk kunyit sebanyak ¼ sendok teh dan juga alpukat yang sudah dikupas dan dilumatkan sebanyak 1 sendok makan. Tambahkan juga yogurt 1 sendok teh bila perlu. Sesudah dicampurkan, akan terbentuklah adonan pasta yang halus dan kental di mana bisa Anda balurkan langsung ke kulit wajah dan leher. Tinggalkan maksimal 10 menit sebelum bisa dibilas menggunakan air dingin.

8. Kunyit dan Tepung Gram

Tepung gram memang tak begitu familiar bagi sebagian dari kita, tapi tepung ini sebetulnya lebih dikenal dengan istilah chickpea yang biasanya baik untuk menghilangkan kotoran dari pori-pori kulit. Bahkan tepung gram juga bermanfaat untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

  • Caranya: Siapkanlah bubuk kunyit sebanyak ½ sendok teh berikut tepung gram 1 sendok makan. Jangan lupa juga untuk menyediakan air sedikit sesuai kebutuhan. Kedua bahan bisa Anda campur dan ditambahkan sedikit air supaya akhirnya membentuk pasta kental dan tidak terlalu cair. Balurkan ke wajah dan leher seperti biasa, tunggu mengering sendiri, dan bilaslah dengan air dingin.

9. Kunyit dan Bubuk Cendana

Untuk kulit wajah bersinar alami dan tampak lebih segar serta sehat, tak ada salahnya untuk mencoba menggunakan kunyit yang dikombinasikan dengan bubuk cendana. Tambahkan juga bahan-bahan lainnya yang penting seperti tepung gram dan madu hingga air mawar.

  • Caranya: Siapkanlah bubuk kunyit sebanyak ½ sendok teh berikut bubuk cendana kuning 1 sendok teh. Bahan lainnya seperti madu dan tepung gram masing-masing sesendok teh dan beberapa tetes air mawar juga diperlukan. Sesudah dicampur dan menjadi bentuk pasta, oles ke wajah dan tunggulah kering secara menyeluruh. Gunakan air dingin untuk membersihkan masker setelah itu; hasil maksimal bisa dirasakan bila Anda melakukan perawatan ini 1 minggu 3 kali.

(Baca juga: cara menghilangkan bulu di wajah)

10. Kunyit dan Minyak Mustard

Apakah Anda mempunyai masalah pada kulit wajah di mana tumbuh rambut-rambut di sana? Bila ya, ada solusi tepat yang bisa digunakan, yakni masker dari kunyit sekaligus minyak mustard.

  • Caranya: Sediakan bubuk kunyit di mana banyaknya cukup ½ sendok teh saja berikut juga minyak mustard beberapa tetes ditambah pula sesendok teh tepung gram seperti biasa. Seluruh bahan ini bisa Anda campurkan hingga rata bersama air sesuai kebutuhan. Pasta kental yang sudah jadi bisa dibalurkan ke seluruh wajah dan tinggalkan selama 5 menit. Gosok-gosokkan perlahan untuk menghilangkan rambut-rambut atau bulu di wajah, namun hati-hati akan iritasi dan kemerahan.

11. Kunyit dan Baking Soda

Kulit wajah kusam bisa otomatis menurunkan rasa percaya diri karena tampak kurang begitu menarik. Bila ingin mencerahkan kulit wajah Anda dan mencegahnya kembali kusam, Anda bisa memakai kunyit dan baking soda sebagai masker.

  • Caranya: Anda hanya perlu ½ sendok teh bubuk kunyit dan juga baking soda sebanyak 1 sendok teh. Untuk mencampurkannya dan membuat adonan pasta, tambahkanlah air mawar 1 sendok teh. Sesudah seluruh bahan tercampur, pasta bisa diaplikasikan ke wajah dan leher; berikan pula pijatan selama 5 menit. Biarkan 7 menit lamanya sebelum dibilas memakai air dingin.

12. Kunyit dan Jus Mint

Pernah mendengar atau bahkan mencoba langsung akan masker yang terbuat dari kombinasi jus mint serta kunyit? Bila belum pernah, Anda bisa mencobanya sekarang untuk membuktikan sendiri efektivitas dari masker satu ini.

  • Caranya: Yang Anda butuhkan hanyalah jus mint secukupnya berikut juga bubuk kunyit sesuai kebutuhan. Keduanya bisa dicampur sampai akhirnya Anda memperoleh adonan pasta yang pas untuk diaplikasikan ke wajah serta leher. Pasta yang sudah jadi bisa Anda balurkan secara menyeluruh ke wajah dan leher dan tunggulah mengering sendiri. Sesudah kering barulah Anda membasuh wajah dengan air biasa.

(Baca juga: cara mencerahkan kulit wajah)

13. Kunyit dan Margosa

Margosa tampaknya masih begitu asing di telinga kita, tapi padahal margosa merupakan bahan alami yang berkandungan sifat antijamur, antibakteri dan antivirus. Itulah mengapa kunyit yang dicampurkan dengan margosa ini bisa menjadi masker wajah sebagai cara memutihkan wajah secara alami dan menghilangkan jerawat secara ampuh.

  • Caranya: Anda hanya perlu menyediakan daun margosa beberapa lembar atau 1 genggaman tangan banyaknya berikut juga bubuk kunyit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sesudah itu, bubuk kunyit bisa Anda tambahkan ke daun margosa yang telah Anda tumbuk. Ramuan yang sudah cukup halus bisa Anda balurkan ke wajah dan leher; tunggu beberapa menit sebelum bisa dibilas memakai air hangat.

14. Kunyit dan Kacang Kedelai

Sebagai masker wajah, kacang kedelai juga bisa Anda manfaatkan dengan baik sebagai kombinasi bagi kunyit. Untuk kulit wajah yang berseri, segar dan sehat, campuran kunyit dan kacang kedelai adalah salah satu yang terbaik untuk Anda coba.

Sponsors Link

  • Caranya: Siapkanlah sesendok teh bubuk kunyit dan juga kacang kedelai segenggaman tangan. Kacang kedelai perlu direndam lebih dulu di dalam air hangat selama 25 menit. Setelah disaring, campur dan blender bersama-sama dengan bubuk kunyit untuk membentuk adonan pasta. Balurkan ke leher dan wajah dan biarkan mengering, barulah setelahnya Anda menggunakan air hangat untuk membilas.

15. Kunyit dan Putih Telur

Putih telur dikenal sebagai bahan yang baik dan efektif untuk mengencangkan kulit wajah yang mulai kendur. Jadi, mengombinasikan putih telur dengan kunyit sebagai masker wajah adalah keputusan yang tepat. Ini karena keduanya bakal menawarkan nutrisi lebih lengkap bagi kulit Anda.

  • Caranya: Sediakanlah 1/3 sendok teh bubuk kunyit bersama dengan 1 putih telur. Tambahkan pula 1 sendok makan gandum atau oats di mana seluruhnya kemudian Anda campur hingga merata pada sebuah wadah mangkok. Aplikasikan larutan masker ke wajah dan usapkan secara perlahan; cucilah wajah sesudah 15 menit menggunakan air dingin.

(Baca juga: cara mencegah penuaan dini)

16. Kunyit dan Tanah Liat

Pasti sebagian besar dari Anda sudah cukup familiar akan manfaat dari tanah liat bagi kulit. Tanah liat dan kunyit dapat Anda jadikan masker wajah bagi jenis kulit yang normal. Anda bisa menambahkan madu bila ingin mengunci kelembaban dan menjaga supaya kulit tetap dalam kondisi terhidrasi.

  • Caranya: Sediakanlah ½ sendok teh bubuk kunyit bersama juga dengan bubuk tanah liat sebanyak 1 sendok makan. Boleh juga tambahkan madu dan air mawar masing-masing 1 sendok teh. Sesudah dicampurkan dan menjadi pasta, aplikasikan ke area leher dan wajah. Tunggulah 15-20 menit sebelum akhirnya Anda dapat memakai air dingin untuk membilas sampai bersih.

17. Kunyit

Kunyit pun dapat memberikan manfaat besar bagi kulit wajah Anda meski tak dikombinasikan dengan bahan lainnya. Biasanya, masker dengan bahan kunyit saja bisa diandalkan untuk merawat kulit jenis sensitif. Demi melindungi kulit Anda yang sensitif dan selalu menjaga kesehatannya, Anda bisa membuat masker sendiri di rumah.

  • Caranya: Sederhana saja, Anda bisa menyiapkan sesendok teh bubuk kunyit yang dicampurkan dengan air secukupnya (biasanya sedikit saja hanya untuk membentuk pasta kunyit). Sesudah pasta terbentuk, Anda bisa aplikasikan ke wajah dan ketika kering, Anda bisa menggunakan air dingin untuk membasuh. Lakukan secara rutin agar kulit Anda terproteksi dengan sempurna.

18. Kunyit dan Krim Wajah

Kombinasi terakhir yang bisa Anda coba di rumah adalah kunyit yang dicampurkan bersama dengan krim segar khusus untuk wajah. Resep masker wajah satu ini umumnya dipercaya mampu mengatasi kulit wajah yang kering dan kurang terhidrasi.

  • Caranya: Anda bisa menyiapkan ½ sendok teh bubuk kunyit dan krim segar sebanyak 1 sendok makan dan air mawar dengan takaran yang sama. Pastikan seluruh bahan tersebut Anda campur sampai rata dan wajah Anda pun perlu diuap selama kurang lebihnya 5 menit sebelum masker diaplikasikan. Proses penguapan tersebut bertujuan supaya pori-pori kulit terbuka dan saat masker dibalurkan, nutrisinya bisa meresap secara sempurna. Tinggalkan masker selama 20 menit dan barulah Anda membersihkan dengan air hangat.

(Baca juga: manfaat eksfoliasi wajah – cara merawat kulit wajah agar putih – manfaat emas untuk kecantikan)

Itulah serangkaian cara membuat masker kunyit paling mudah dan alami yang bisa Anda praktikkan di rumah. Anda bisa memilih resep masker kunyit yang memang benar-benar sesuai dengan kondisi dan tipe kulit. Bagi yang ingin tampil cantik juga bebas masalah kulit, tentunya tak usah bingung lagi soal kocek.

Kalau perawatan di luar terasa begitu mahal dan Anda malas juga untuk keluar rumah, perawatan dengan masker buatan sendiri adalah ide bagus. Untuk menyehatkan kulit wajah, Anda tak perlu bayar mahal karena bisa dilakukan sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang pastinya tanpa efek samping juga.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 14th, January 2017 / 16:54 Oleh :
Kategori : Wajah