3 Manfaat Emas untuk Kecantikan Kulit

Emas merupakan salah satu jenis logam mulia yang memiliki harga jual tinggi. Emas adalah salah satu jenis logam yang bersifat lunak dan mudah ditempa. Emas memiliki tingkat kekerasan sebesar 2,5-3 Mohs, tingkat tersebut menunjukkan bahwa emas merupakan salah satu jenis logam yang bertekstur lembek. Emas terbentuk dalam jangka waktu yang sangat panjang, pembentukannya berasal dari proses magmatisme atau pengkonsentrasian di permukaan bumi. Pada suhu sekitar 1000 derajat celcius, emas akan melebur.

Perawatan Kecantikan dengan Emas

Emas merupakan salah satu logam mulia yang sering digunakan untuk aksesoris. Namun belakangan emas tidak hanya digunakan sebagai perhiasan yang menunjang penampilan. Akhir-akhir ini emas dijadikan sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan. Berbagai klinik perawatan kecantikan yang relatif ternama banyak menawarkan perawatan kecantikan dengan menggunakan emas. Banyak juga berbagai produk perawatan kecantikan seperti krim anti aging yang menawarkan kandungan emas dalam produknya. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa emas merupakan salah satu jenis elemen yang dapat menyehatkan dan mempercantik kulit. Metode perawatan dengan bahan emas ini biasanya dilakukan oleh wanita dengan tingkat ekonomi tinggi.

Emas merupakan salah satu jenis logam mulia, maka jangan heran jika perawatan kulit dengan menggunakan emas bisa menghabiskan uang mencapai jutaan rupiah untuk satu kali perawatan. Namun, bagi yang tertarik melakukan perawatan kecantikan dengan emas tidak perlu khawatir dengan banyaknya uang yang harus dikeluarkan, karena hasil yang diberikan juga akan sebanding dengan pengorbanan materi.

Mengapa Emas Baik untuk Kulit ?

Sejak zaman dahulu, emas telah dipercaya memiliki banyak manfaat untuk merawat kecantikan kulit. Bahkan dahulu Cleopatra, sebagai simbol kecantikan dunia, telah menggunakan emas untuk melakukan perawatn kecantikan. Dahulu di India, emas dipergunakan sebagai salah satu bahan pengobatan yang bermanfaat menyembuhkan penyakit jantung. Emas dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Perawatan kulit dengan bahan emas biasanya dilakukan dengan metode lulur atau facial emas. Pada berbagai produk kecantikan, emas sering dijadikan sebagai bahan campuran dalam krim kecantikan, seperti krim pencerah wajah atau krim anti-aging. Perlu diketahui bahwa perawatan kecantikan dengan emas bukan berarti memasukkan mineral emas ke dalam tubuh. Perawatan yang terbaik ialah tetap meletakkan mineral emas di atas permukaan kulit. Lalu mengapa emas bisa menambah kecantikan kulit? Emas bersifat berkilau sehingga efek pemakaian emas pada perawatan kulit akan menimbulkan dampak kulit nampak bercahaya. Emas akan memberikan tambahan efek tampilan pada kulit akibat refleksi cahaya oleh kulit sehingga kulit nampak lebih cerah dan bercahaya.

Jika banyak krim kecantikan yang mengatakan bahwa kandungan emas dalam krim akan meresap ke kulit dan mencerahkannya maka itu adalah anggapan yang kurang tepat. Kandungan mineral dalam krim adalah zat yang membuat kulit nampak sehat dan terawat, sedangkan emas sifatnya hanya berada di permukaan kulit dan menimbulkan efek refleksi cahaya sehingga kulit terlihat lebih bersinar.

Cara Menggunakan Emas untuk Perawatan Kecantikan

Perawatan kecantikan dengan emas dilakukan dengan teknik pemakaian masker. Masker yang dioleskan pada kulit tidak 100% terdiri dari mineral emas murni. Bahan perawatan tersebut terbuat dari emas murni dengan berbagai campuran bahan-bahan alami yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Masker yang telah dioleskan dan agak mengering selanjutnya akan digosokkan pada kulit dengan tujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Jika proses tersebut selesai dilakukan, maka masker akan dibersihkan dari kulit.

Proses perawatan kulit dengan emas tidak berhenti pada pemakaian masker saja. Tahap selanjutnya adalah pemakaian serum emas untuk kulit. Pemakaian serum tersebut dilangsungkan selama kurang lebih 2 jam. Hasilnya, kulit terasa lebih rileks dan sehat.

Perawatan kecantikan kulit dengan menggunakan emas memang terbilang mahal karena emas merupakan logam mulia yang bernilai jual tinggi. Namun, hasil yang diberikan dari perawatan kecantikan tersebut hampir tidak akan mengecewakan. Hal tersebut bisa menjadi bahan referensi bagi Anda yang ingin mencoba melakukan perawatan dengan bahan emas. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh ketika melakukan perawatan dengan emas.

1. Emas dapat Menjaga Kekencangan Kulit

Kulit yang kencang merupakan salah satu idaman bagi setiap wanita. Kulit yang mulai mengerut sering dikeluhkan banyak wanita karena mereka menganggap bahwa kerutan adalah tanda dari penuaan. Tahukah anda bahwa emas dapat menjaga kekencangan kulit Anda? Emas dapat membantu pembentukan kolagen pada kulit. Semakin tua usia seseorang, pembentukan kolagen akan menurun, kolagen yang ada di kulit juga lambat laun akan mengalami kerusakan sehingga kulit menjadi berkerut.

Dengan melakukan perawatan kecantikan menggunakan emas, niscaya kulit akan lebih kencang. Manfaat emas untuk kecantikan akan membantu proses pembentukan kolagen. Maka jangan heran jika berbagai merek krim anti-aging memiliki campuran partikel emas sebagai upaya mencegah terjadinya kerutan pada kulit sebagai tanda dari penuaan.

2. Emas Hampir Tidak Akan Menimbulkan Alergi

Partikel logam seperti apapun dapat menimbulkan resiko alergi jika digunakan pada kulit. Akan tetapi, emas merupakan logam mulia yang memiliki resiko paling rendah untuk menimbulkan alergi pada kulit. Bahkan, penggunaan emas untuk perawatan kulit hampir tidak akan menimbulkan iritasi apapun pada kulit, tidak seperti jenis-jenis logam yang lain. Tentu saja kemungkinan terjadinya alergi masih mungkin, tetapi hal tersebut biasanya terjadi karena partikel emas dicampurkan dengan mineral logam lain. Alergi kemungkinan disebabkan oleh campuran mineral logam lain tersebut.

Bahkan di daerah Eropa dan India, serbuk emas murni digunakan sebagai campuran pada jenis minuman tertentu. Emas murni terbukti tidak akan menimbulkan perubahan rasa dan reaksi dengan semua jenis cairan yang ada di dalam tubuh. Maka bagi Anda yang memiliki kulit sensitif tidak perlu khawatir melakukan perawatan dengan emas, selama emas yang digunakan adalah emas murni.

3. Dapat Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami kerusakan sel hingga timbul sel kulit mati di kulit. Sel-sel kulit mati tersebut akan menimbulkan noda hitam di kulit. Kulit juga akan terlihat lebih kusam dan gelap. Pemakaian emas untuk perawatan kulit dapat mengatasi permasalahan tersebut. Partikel emas yang digunakan sebagai bahan lulur atau untuk facial akan membantu proses pengangkatan sel-sel kulit mati sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan noda hitam di kulit akan berkurang.

Emas juga akan membantu proses regenerasi sel. Sel-sel yang telah rusak dan mati akan digantikan sel-sel yang baru sehingga kulit terlihat lebih kencang.

Hal-hal Penting yang Harus Diperhatikan

Meskipun perawatan kecantikan dengan emas relatif aman dan menyehatkan kulit, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal penting berikut ini sebelum Anda melakukan perawatan kulit dengan emas.

  • Meskipun emas hampir tidak akan menimbulkan alergi pada kulit, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu. Tanyakan mengenai resiko yang mungkin timbul terhadap kulit jika Anda melakukan perawatan kulit dengan emas.
  • Jangan tergiur dengan harga murah. Perawatan kecantikan dengan emas biasanya tidak menawarkan harga yang murah. Hal tersebut dikarenakan perawatan kecantikan dilakukan oleh dokter yang benar-benar profesional dan bersertifikat. Selain itu, bahan yang digunakan untuk perawatan biasanya adalah bahan yang berkualitas sehingga hasil yang diberikan juga optimal.
  • Lakukanlah perawatan dengan emas jika usia Anda sudah di atas 17 tahun. Tanda-tanda kerusakan dan gangguan sel-sel kulit biasanya timbul pada usia di atas 17 tahun. Terlalu banyak melakukan perawatan kulit sebelum 17 tahun justru dapat mengikis nutrisi alami pada kulit.
  • Perawatan kecantikan dengan emas dapat dilakukan dua minggu sekali. Jangka waktu tersebut akan memberikan hasil maksimal pada kesehatan dan kecantikan kulit.

Baca juga tentang perawatan kecantikan lainnya, seperti :