16 Cara Menghilangkan Komedo Membandel Secara Alami

Pada orang dengan jenis kulit yang berminyak, masalah kulit yang satu ini sering muncul. Bintik hitam atau putih di wajah ini dikenal dengan sebutan komedo. Komedo biasanya tampak seperti bintik hitam di wajah yang terutama berada di daerah hidung, mata, pipi, dahi dan dagu. Bila Bintik komedo ini tentu saja mengganggu kemulusan kulit wajah terlebih jika tampak dengan jelas apabila kita sedang menggunakan cermin. Munculnya komedo berasal dari penumpukan minyak, kotoran dan sel kulit mati yang ada di bawah kulit wajah. Penumpukan minyak, kotoran dan sel kulit mati ini lambat laun menyumbat pori – pori wajah atau kelenjar sebaceous. Ada dua jenis komedo yaitu:

  • Blackhead

Komedo hitam ini dikenal juga sebagai komedo terbuka karena tidak ditutupi oleh lapisan kulit dan berwarna hitam sebagai hasil dari proses oksidasi antara oksigen dengan pigmen kulit yaitu melamin. Biasanya terletak pada hidung, dagu dan dahi. Karena tidak tertutup oleh epitel kulit, komedo ini sangat mudah dikeluarkan. Namun dalam proses pembersihannya harus hati – hati, karena komedo yang mengalami inflamasi atau peradangan dapat berkembang menjadi jerawat.

  • Whitehead

Komedo putih ini disebut sebagai komedo tertutup karena terletak di bawah lapisan epitel kulit dan biasanya muncul di daerah tulang pipi, hidung dan kelopak mata. Terasa padat jika disentuh, komedo ini muncul secara berkelompok ataupun tunggal. Karena tertutup maka komedo ini sulit untuk dikeluarkan.

Penyebab Komedo Pada Wajah

Selain karena kulit berminyak, faktor – faktor lain juga dapat menjadi penyebab komedo seperti ini:

  • Genetik

Faktor genetik atau keturunan  dapat berpengaruh jika dalam riwayat keluarga seseorang mempunyai sejaran kulit yang mengalami masalah komedo.

  • Hormon

Ketidak seimbangan hormon juga dapat mempengaruhi resiko seseorang mengalami masalah komedo pada wajahnya. Misal, tingginya hormon testosteron dapat mempengaruhi aktivitas kelenjar minyak di wajah sehingga menghasilkan minyak yang berlebih. Atau aktivitas hormon yang tidak stabil pada masa remaja, , tingkat stres yang tinggi, pemakaian kontrasepsi KB dan lain – lain. Selain komedo, flek hitam di wajah juga bisa muncul karena pemakaian alat suntik KB. Menggunakan masker bengkoang dan mentimun adalah salah satu cara menghilangkan flek hitam akibat pemakaian KB suntik.

  • Kosmetik

Pemakaian kosmetik yang kurang cocok dengan wajah meningkatkan resiko penyebab alergi kulit wajah yang juga dapat memicu timbulnya komedo.

  • Jarang Membersihkan Wajah

Wajah yang jarang dibersihkan tentu saja akan menimbulkan dampak seperti menumpuknya kotoran, minyak dan sel – sel kulit mati di wajah yang pada akhirnya menjadi penyebab munculnya komedo.

Sponsors Link

  • Lingkungan

Sering terpapar polusi seperti asap kendaraan, asap rokok dan lainnya juga turut menjadi penyebab munculnya komedo pada wajah.

  • Makanan

Senang menyantap makanan yang mengandung banyak minyak seperti goreng – gorengan juga akan berpengaruh kepada produksi kelenjar minyak di wajah, karena seperti yang telah dibahas bahwa kelebihan minyak juga menjadi salah satu penyebab munculnya komedo.

Untuk kaum wanita, penampakan komedo pada wajah ini tentu saja sangat mengganggu karena menimbulkan kesan wajah yang tidak mulus. Pada masa sekarang ini telah banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah komedo yaitu seperti berikut ini:

1. Pasta Gigi

Pasta gigi atau odol ternyata juga mempunyai manfaat menghilangkan komedo, lho. Caranya sangat mudah, cukup gunakan pasta gigi herbal atau mint dan gosokkan ke area wajah yang berkomedo. Biarkan hingga agak kering dan mengeras, kemudian bersihkan dan lihat hasilnya.

2. Lemon

Manfaat lemon untuk wajah berasal dari kandungan vitamin C dan zat asamnya yang dapat membantu membersihkan  komedo. Belah lemon menjadi dua bagian, sebelumnya cuci dulu wajah menggunakan air hangat agar pori – pori terbuka, kemudian usapkan lemon ke seluruh wajah. Biarkan selama 5-10 menit. Pemakaian lemon ini memang akan menimbulkan sedikit rasa perih. Sesudahnya bilaslah dengan air dingin. Tidak hanya manfaat lemon untuk wajah yang bisa Anda dapatkan, namun dengan beberapa cara tertentu Anda juga bisa mendapatkan manfaat lemon untuk rambut.

3. Putih Telur

Pisahkan sebutir telur antara kuning dan putihnya, lalu kocok bagian putih telurnya dan oleskan ke wajah di area yang berkomedo selama 10 hingga 15 menit sampai kering kemudian bilas dengan air hangat. Tidak hanya putihnya saja yang dapat menjadi cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami dan menjadi salah satu tips membuat kulit putih, manfaat masker kuning telur juga sama berkhasiatnya bagi perawatan wajah dan Anda juga bisa menggunakan manfaat telur untuk rambut.

4. Kayu Manis

Manfaat bubuk kayu manis untuk kecantikan wajah salah satunya yaitu untuk cara menghilangkan komedo membandel. Bubuk kayu manis sebanyak 1 sendok makan dicampur dengan 3 sendok makan madu dicampur dalam wadah hingga tercampur rata. Pakaikan ke wajah selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air hangat. Campuran madu berguna karena manfaat madu sebagai masker wajah juga sangat baik khasiatnya.

5. Pepaya

Manfaat masker pepaya bagi kulit sangat bagus. Pilihlah buah pepaya matang lalu potong secukupnya, kupas dan cuci daging buahnya sebelum dihancurkan. Setelah lumat, oleskan ke wajah secara merata lalu diamkan selama kira – kira 30 menit. Bilaslah dengan air hangat.

6. Lidah Buaya

Tidak hanya untuk rambut, ada pula manfaat lidah buaya untuk kecantikan, manfaat lidah buaya untuk kulit, juga manfaat lidah buaya untuk kulit wajah. Ambil sebatang lidah buaya segar lalu potong dan kupas. Oleskan gelnya ke bagian wajah yang berkomedo. Bersihkan dengan air hangat.

7. Baking Soda

Baking soda sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk cara menghilangkan tahi lalat juga bisa dipakai untuk membersihkan komedo. Caranya dengan mencampur satu sendok makan baking soda dan dua sendok makan air hangat. lalu oleskan ke wajah sambil dipijat perlahan – lahan selama dua atau tiga menit. Jangan terlalu lama mengaplikasikan baking soda ini karena dpat membuat wajah menjadi kering.

8. Tea Tree Oil

ads
Beberapa tetes tea tree oil atau minyak pohon teh yang dicampur dengan setengah gelas air diaplikasikan ke wajah menggunakan kapas. Biarkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Sebelum mencoba minyak pohon teh ini ada baiknya Anda menggunakana uji alergi lebih dulu. Oleskan sedikit minyak ke bagian belakang telinga. Biarkan semalaman, lalu lihat keesokan paginya apakah ada tanda – tanda alergi seperti ruam, kemerahan atau gatal. Jika tidak, berarti anda bebas menggunakan minyak ini tanpa resiko alergi.

9. Teh hijau

Bukan hanya sebagai minuman yang lezat saja, teh juga dapat berguna bagi kecantikan. Diantaranya ada manfaat teh basi untuk wajah dan manfaat air teh untuk wajah. Teh hijau dapat bermanfaat adengan memakai daunnya. Rendam daun teh hijau secukupnya selama 10-15 menit lalu celupkan kapas ke air rendaman tersebut. Tepukkan kapas yang telah dibasahi dengan rendaman teh hijau ke wajah,biarkan hingga agak kering lalu bilas wajah.

10. Gula

Manfaat eksfoliasi wajah salah satunya untuk membersihkan komedo bisa didapatkan dari gula. Campurkan satu sendok makan gula dengan satu sendok air lalu gosokkan sambil dipijat perlahan ke wajah. Setelah selesai, bilas wajah dengan air hangat. Manfaat air hangat untuk membilas wajah yaitu untuk memastikan wajah benar – benar bersih dari bahan yang telah diaplikasikan untuk perawatan wajah Anda.

11. Uap Air Panas

Air panas yang telah mendidih dituangkan ke dalam baskom, lalu hadapkan wajah Anda ke dalam baskom tersebut agar terkena uap airnya sambil menggosok perlahan bagian – bagian yang berkomedo.

12. Garam

Manfaat air garam untuk wajah diantaranya adalah untuk membersihkan wajah. Manfaat garam untuk kulit yaitu sebagai bahan untuk scrub yang dapat membersihkan komedo. Campurkan garam dengan air hangat lalu cucilah wajah dengan campuran itu terutama pada area yang berkomedo sambil dipijat perlahan.

13. Oatmeal

Manfaat oatmeal untuk wajah sensitif sangat bagus karena dapat mengikis sel kulit mati dan melembutkan wajah. Oatmeal juga dapat dicampur dengan yoghurt tawar untuk membersihkan komedo. Yoghurt yang merupakan salah satu cara mencegah penuaan dini pada wajah dapat menyerap minyak yang berlebih. Campurkan dua sendok oatmeal yang dicampur dengan tiga sendok yoghurt tawar hingga menjadi pasta. Pakailah di wajah selama kurang lebih 20-30 menit lalu kembali bilas dengan air hangat.

14. Cuka Apel

Cuka apel tidak hanya bermanfaat bagi yang mempunyai masalah rambut berketombe, kering dan kusam. Manfaat cuka apel untuk rambut sangat berkhasiat. Manfaat lainnya adalah untuk wajah berkomedo. Satu sendok makan larutan cuka apel dicampurkan dengan satu sendok makan air dioleskan ke wajah menggunakan kapas. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas sampai wajah bersih.

15. Plester Penghilang Komedo

Bagi anda yang lebih ingin praktis dan tidak ingin repot membuat berbagai macam ramuan, ada plester penghilang komedo yang telah banyak dijual bebas dengan bermacam harga. Plester ini digunakan di hidung setelah terlebih dulu dibasahi air pada satu sisi agar menempel. Setelah beberapa menit, plester yang sudah kering dicabut. Komedo akan ikut tercabut pada sisipleater yang menempel ke hidung. Kekurangannya, plester ini hanya dapat membersihkan area hidung saja.

16. Facial

Metode ini digunakan untuk membersihkan wajah secara menyeluruh dan biasanya dilakukan di salon oleh seorang ahli kecantikan. Untuk Anda yang lebih ingin memercayakan pada ahlinya, anda bisa melakukan facial di salon pilihan. Namun waspadalah terhadap resiko yang ditimbulkan oleh bahaya facial di salon sembarangan.

Dari beberapa pilihan diatas, tentunya terserah kepada Anda untuk memilih mana cara yang paling cocok untuk diterapkan ke wajah Anda. Untuk mencegah timbulnya komedo berlebih di wajah, ada baiknya anda memperhatikan hal – hal berikut ini untuk memelihara kesehatan kulit Anda yaitu selalu menjaga kebersihan wajah, gunakan kosmetik yang cocok, dan jaga makanan serta gaya hidup yang sehat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 18th, July 2016 / 05:57 Oleh :
Kategori : Wajah