18 Cara Membuat Masker Putih Telur untuk Wajah (Paling Mudah)

Masker putih telur merupakan bahan alami yang sangat baik untuk Anda yang memiliki masalah dengan kulit kendur dan berkeriput. Di bawah ini ada sejumlah manfaat putih telur bagi kulit wajah yang wajib untuk Anda ketahui dan bahkan kiranya membuat Anda yakin untuk mencoba membuat maskernya.

  • Mengenyalkan kulit wajah.
  • Mengendalikan produksi minyak yang berlebih pada permukaan kulit wajah.
  • Mencerahkan dan memutihkan kulit wajah secara alami.
  • Melembutkan kulit wajah yang kasar.
  • Mengecilkan pori-pori kulit wajah yang memroduksi banyak minyak.
  • Menghilangkan komedo.
  • Menghilangkan jerawat.
  • Mengatasi masalah kulit wajah lainnya.

Jika Anda memiliki salah satu atau beberapa masalah dari yang disebutkan sebelumnya, beberapa cara membuat masker putih telur di bawah ini sangat direkomendasikan bagi Anda.

(Baca juga: manfaat putih telur untuk rambut)

1. Putih Telur dan Alpukat

Mungkin Anda sudah pernah mengintip cara membuat masker alpukat sebelumnya. Putih telur adalah salah satu kombinasi paling baik untuk buah alpukat untuk dijadikan masker. Alpukat sendiri kaya akan mineral, vitamin E, B, A dan C serta sifat antioksidan.

  • Caranya: Sediakan 1 putih telur untuk dikocok lebih dulu lalu ditambahkan dengan ¼ buah alpukat matang yang sudah dilumatkan. Sesudah menjadi pasta karena dicampur dengan baik, Anda bisa mengaplikasikannya langsung ke area wajah. Lewat 20 menit, gunakan air biasa untuk mencuci wajah; alangkah baiknya kalau Anda melakukan perawatan ini 1 minggu 2 kali.

2. Putih Telur, Jus Lemon dan Lidah Buaya

Pada lidah buaya, kita tentu sudah sangat tahu bahwa ada sifat antimikroba yang bisa diandalkan dalam melawan bakteri. Sifat astringent dan pelembab alaminya pun juga sangat tinggi sehingga dapat menjadikan kulit super lembut.

  • Caranya: Sediakan gel lidah buaya sebanyak 2 sendok makan bersama dengan jus lemon segar 1 sendok teh dan 1 putih telur yang telah dikocok. Aplikasikan bahan-bahan yang sudah tercampur dengan baik ini ke area wajah yang ingin Anda rawat. Setelah mengering sendiri, Anda bisa membersihkannya dengan air biasa. Melakukan ini seminggu 2 kali bakal memberikan manfaat maksimal.

(Baca juga: manfaat putih telur untuk rambut rusak)

3. Putih Telur dan Yogurt

Yogurt tawar memiliki banyak manfaat bagi kulit dan salah satunya adalah menawarkan antibakteri. Karena antibakterinya tinggi, masker putih telur bersama dengan yogurt pasti mampu mengeliminasi bakteri dengan baik. Bahkan wajah berjerawat dan iritasi pun bisa diatasi dengan masker ini.

  • Caranya: Anda bisa menyiapkan sesendok makan yogurt dan juga 1 putih telur yang dikombinasikan bersama. Setelah menjadi adonan pasta, Anda bisa mengaplikasikan ke area wajah serta leher sampai menyeluruh. Tinggalkan selama 10-15 menit sampai mengering dan gunakanlah air biasa untuk membersihkannya kemudian. Melakukan perawatan ini seminggu 1 kali akan memberikan hasil paling maksimal bagi kesehatan kulit wajah Anda.

4. Putih Telur dan Minyak Lavender

Sifat antibakteri dan antiseptik di dalam minyak lavender sangatlah tinggi, maka tak salah kalau Anda mengombinasikannya bersama dengan putih telur untuk dibuat masker. Khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat, menggunakan masker ini akan sangat menguntungkan.

  • Caranya: Ambil 1 putih telur untuk Anda kocok dan tambahkan juga beberapa tetes minyak lavender ke dalamnya. Sesudah tercampur rata dan baik, Anda bisa mengaplikasikan langsung ke area kulit wajah, terutama yang berminyak. Bila kulit Anda sensitif dan berjerawat, masker ini adalah yang paling tepat. Tinggalkan selama beberapa menit sebelum membilasnya; langkah ini bisa dilakukan seminggu 1 kali.

(Baca juga: manfaat telur untuk rambut)

5. Putih Telur dan Mentimun

Satu lagi ramuan masker wajah dari putih telur yang dipercaya dapat membantu mengurangi jerawat. Mentimun adalah jenis sayur atau buah yang kaya akan kandungan air di mana memang sangat bagus untuk melembabkan kulit wajah.

  • Caranya: Sediakan 1 putih telur dan kocoklah. Tak lupa siapkan juga mentimun yang bisa Anda potong menjadi 3 cm panjangnya. Campurkanlah dengan putih telur menggunakan blender, barulah Anda aplikasikan ke area wajah serta leher yang berkulit sensitif dan berminyak. Tunggu 15-20 menit sebelum Anda mengambil air hangat untuk mencuci wajah. Seminggu 2 kali adalah waktu paling tepat untuk melakukan perawatan ini.

6. Putih Telur dan Baking Soda

Baking soda terlepas dari bahaya dan efek samping dari penggunaannya sebetulnya memberikan manfaat besar bagi kulit. Buatlah masker putih telur yang dicampur dengan baking soda untuk merawat kulit yang kiranya berminyak atau sensitif dan berjerawat.

  • Caranya: Siapkan 1 putih telur yang kemudian dikombinasikan bersama dengan baking soda sebanyak 2 sendok makan. Setelah ramuan jadi, Anda bisa mengaplikasikan langsung ke area wajah secara merata. Tinggalkanlah 20-25 menit lamanya sebelum memakai air hangat untuk membersihkan masker dari wajah. Tak perlu setiap hari, Anda hanya perlu melakukan proses ini seminggu 1 atau 2 kali.

(Baca juga: cara menghilangkan komedo dengan putih telur)

ads

7. Putih Telur, Bubuk Kunyit dan Jeruk Nipis

Anda tertarik untuk menjadikan kulit wajah jauh lebih cerah dan tidak lagi kusam? Masker wajah dari putih telur yang dikombinasikan dengan bubuk kunyit serta jeruk nipis merupakan resep yang direkomendasikan.

  • Caranya: Cukup dengan menyediakan 1 putih telur, ½ sendok teh bubuk kunyit, serta 1 sendok teh air jeruk nipis, Anda bisa mencampurkan seluruh bahan di dalam sebuah wadah berupa mangkok. Sesudah tercampur rata barulah dioleskan ke area leher dan wajah. Sebelumnya, Anda perlu mencuci wajah dengan air hangat agar pori-porinya terbuka dan masker pun bisa diterapkan dan ditunggu mengering sebelum dibilas dengan air dingin.

8. Putih Telur dan Minyak Zaitun

Meski memang banyak orang lebih tahu akan manfaat masker kuning telur, Anda bisa mulai mengenali khasiat dan keuntungan apa saja yang diberikan oleh masker putih telur. Bahkan Anda juga bisa mengatasi masalah kulit wajah berjerawat dan kasar juga dengan mengombinasikannya bersama minyak zaitun.

  • Caranya: Ambil 1 putih telur untuk dicampurkan dengan sesendok teh minyak zaitun ekstra virgin. Aplikasikan langsung ke area kulit wajah serta leher barulah sesudah beberapa menit bisa Anda bilas dengan air biasa. Cara ini tak hanya bakal mengusir jerawat tapi juga baik untuk melembutkan kulit wajah yang kasar.

(Baca juga: cara menghilangkan bintik hitam di wajah dengan putih telur)

9. Putih Telur, Oatmeal dan Minyak Zaitun

Ada resep ramuan masker putih telur lainnya yang juga turut menyertakan minyak zaitun, tapi kali ini ditambah pula dengan oatmeal. Masker ini akan menjadi bertambah maksimal dalam melembutkan wajah dan membebaskan kulit dari jerawat. Bahkan sel-sel kulit mati dijamin pula ikut terangkat.

  • Caranya: Sediakan 1 putih telur dan juga 1 sendok teh minyak zaitun ekstra virgin sama seperti resep sebelumnya, berikut pula sesendok makan oatmeal. Campuran yang sudah jadi bisa Anda aplikasikan langsung ke area wajah maupun bagian leher. Sambil diaplikasikan, Anda bisa memijat wajah dan kemudian membiarkannya selama 15 menit. Barulah sesudah itu Anda membersihkan dengan air hangat.

10. Putih Telur dan Minyak Kelapa

Minyak kelapa seperti yang kita ketahui memiliki sifat antibakteri, sifat anti-inflamasi dan juga antiseptik. Itulah mengapa minyak kelapa bisa juga Anda sertakan ketika hendak membuat masker putih telur.

  • Caranya: Anda bisa mengambil 1 putih telur untuk kemudian ditambahkan dengan beberapa tetes minyak kelapa organik. Anda perlu mencampurkannya secara merata lebih dulu, barulah diaplikasikan ke kulit leher dan wajah. Tunggulah selama 15-20 menit sebelum kemudian Anda bisa membilas wajah hingga bersih dengan air biasa. Lakukanlah metode perawatan kulit ini secara rutin seminggu 1-2 kali saja.

(Baca juga: manfaat kuning telur untuk wajah)

11. Putih Telur dan Kulit Jeruk

Kulit jeruk merupakan bahan alami yang sangat baik tak hanya untuk mengontrol kelebihan minyak tapi juga mencerahkan wajah. Jadi tak salah bila Anda memilih kulit jeruk sebagai campuran masker putih telur supaya kulit wajah Anda terawat secara sempurna.

  • Caranya: Pertama-tama, kulit jeruk yang telah dikeringkan bisa Anda giling sampai bentuknya menjadi bubuk atau tepung. Barulah setelah itu Anda campurkan dengan 2 putih telur sampai merata. Aplikasikan ke wajah dan leher sesudah itu dan biarkan kering sendiri selama beberapa menit sebelum Anda bisa membersihkannya dengan air biasa. Melakukannya rutin seminggu 1-2 kali pasti akan memberikan hasil yang paling baik.

12. Putih Telur dan Pisang

Buah pisang seringkali dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kulit maupun rambut karena memang kandungannya begitu baik. Anda bakal menjumpai senyawa lutein yang masih termasuk antioksidan yang bisa mengurangi jerawat. Masker kombinasi putih telur dan pisang bisa meningkatkan kesehatan kulit secara luar biasa.

  • Caranya: Sediakan 1 putih telur yang telah dikocok, berikut juga jus lemon 1 sendok teh dan pisang yang sudah dihaluskan sebanyak 1 sendok makan. Campurkan sampai seluruh bahan menjadi adonan pasta dan pasta inilah yang Anda jadikan masker kulit wajah. Tinggalkan 20 menit hingga masker kering di wajah barulah Anda cuci wajah Anda.

(Baca juga: tips agar kulit menjadi putih secara alami)

13. Putih Telur, Madu dan Susu

Putih telur juga bisa dicampurkan dengan susu dan madu karena kedua bahan ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit. Demi kulit wajah yang lembut, cerah dan bebas keriput serta jerawat, Anda bisa membuat masker dengan kombinasi ketiga bahan tersebut.

  • Caranya: Siapkan 1 putih telur bersama dengan beberapa tetes madu organik/murni serta susu 1 sendok teh. Bila Anda memiliki kuas kosmetik, aplikasikan larutan masker satu ini secara lebih mudah dengan kuas ini. Tinggalkanlah selama kurang lebih 30-40 menit, baru setelahnya Anda bisa membilas wajah menggunakan air biasa sampai sisa-sisa masker bersih dari wajah.

14. Putih Telur dan Teh Hijau

Seperti yang kita tahu, teh hijau berkandungan sifat antioksidan yang begitu tinggi sehingga bagus bagi kesehatan tubuh dan kulit. Manfaat teh untuk wajah pun cukup banyak dan bisa Anda mendapatkannya salah satunya dari jenis teh hijau. Selain bisa diminum ternyata Anda dapat menjadikannya sebagai masker.

  • Caranya: Sediakanlah 1 putih telur dan juga secangkir teh hijau di mana keduanya bisa Anda campurkan. Namun pastikan bahwa teh hijau yang Anda seduh sudah dingin sebelum dicampurkan. Barulah setelahnya Anda aplikasikan ke area wajah serta leher yang sudah dalam keadaan bersih. Biarkan selama beberapa menit atau hingga kering dan bilas sampai bersih dengan air hangat.

(Baca juga: cara memutihkan wajah secara alami)

15. Putih Telur, Alpukat dan Yogurt

Sebelumnya kita sudah menyimak akan resep masker wajah putih telur dengan alpukat saja dan putih telur dengan yogurt saja. Kali ini, Anda juga bisa mencampurkan ketiga bahan di mana masker ini bakal sangat baik untuk kulit tipe kering yang butuh pelembab.

Sponsors Link

  • Caranya: Sediakan 1 putih telur, sesendok teh yogurt dan ½ alpukat matang yang telah dihancurkan atau dihaluskan. Seluruh bahan perlu Anda campur rata dan bentuklah adonan pasta dari bahan-bahan tersebut. Pasta kemudian bisa Anda aplikasikan lalu ditinggalkan selama 20 menit lamanya sebelum bisa dibersihkan dengan cara membilas menggunakan air biasa.

16. Putih Telur dan Madu

Cukup mengombinasikan bagian putih telur dan madu saja sudah lebih dari cukup untuk membuat masker yang berguna untuk mengecilkan dan mengencangkan pori-pori kulit. Bahkan masker ini pun diketahui mampu menjadi pencegah dari bakteri yang menyerang kulit wajah.

  • Caranya: Anda bisa menyiapkan 1 putih telur yang kemudian dikombinasikan alias dicampur dengan sesendok makan madu. Sesudah menjadi pasta kental pasca dicampur, Anda bisa membalurkannya ke seluruh wajah dan leher Anda dan tunggu hingga ada sensasi mengencang. Sesudah kering dan ada efek mengencang dari masker tersebut, Anda bisa membasuh wajah untuk membersihkan memakai air biasa.

(Baca juga: manfaat madu untuk wajah)

17. Putih Telur dan Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh seperti yang kita tahu sangat baik untuk kesehatan kulit dengan kandungan-kandungan seperti antijamur, antibakteri bahkan juga antiseptik. Jika putih telur dicampur dan dikombinasikan dengan minyak pohon teh ini, otomatis sel-sel kulit mati dan rusak akan dapat disingkirkan dengan baik.

  • Caranya: Sediakan beberapa putih telur dan juga minyak pohon teh sebanyak 4 tetes saja. Campur sampai rata dan setelahnya bisa Anda balurkan pada wajah berikut bagian leher secara menyeluruh. Tunggulah selama 15-20 menit sebelum Anda bersihkan menggunakan air hangat, mengeringkannya dan mengaplikasikan pelembab khusus wajah. Merawat wajah dengan cara ini 1 minggu 2 kali sangatlah dianjurkan.

18. Putih Telur, Yogurt dan Baking Soda

Satu lagi resep masker alami yang cocok untuk Anda bila memiliki masalah dengan jerawat, inflamasi, iritasi atau masalah kulit lainnya. Baking soda dan yogurt bisa dicampurkan bersama dengan putih telur agar menjadi lebih efektif dalam merawat kulit wajah.

  • Caranya: Sediakan 3 putih telur yang kemudian dicampurkan dengan ¼ cangkir yogurt tawar bebas lemak dan baking soda sebanyak 2 sendok makan. Jangan lupa juga menambahkan jus lemon supaya lebih ampuh dalam mengatasi masalah kulit yang ada. Sesudah itu aplikasikanlah ke wajah dan leher sampai rata, lalu tunggu setengah jam hingga maskernya kering. Gunakanlah air hangat untuk membersihkannya; lakukan cara ini seminggu sekali atau 2 kali untuk hasil paling maksimal.

(Baca juga: cara menghilangkan bekas luka)

Meski Anda sudah tahu cara membuat masker putih telur, ada baiknya untuk tetap menjaga asupan makanan juga. Berdiet secara sehat dan seimbang akan jauh lebih membantu dalam menjaga kesehatan kulit. Pola makan dan pola tidur yang baik merupakan cara alami yang bisa membuat kulit senantiasa bercahaya, sehat, tampak segar dan jauh dari kerusakan selain merawatnya dengan masker dari bahan alami tersebut.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 16th, January 2017 / 03:25 Oleh :
Kategori : Wajah