12 Manfaat Putih Telur Untuk Rambut Rusak

Telur sebagai salah satu bahan makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari, baik itu sebagai lauk direbus atau digoreng, ataupun dijadikan bahan pembuat makanan atau kue. Sebab telur memang merupakan salah satu makanan yang kaya akan proteinnya, sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.  Bahkan sebagai salah satu program diet, biasanya orang akan mengkonsumsi telurnya hanya bagian putih saja. Sebab di dalam putih telur tidak terdapat lemak, sehingga baik bagi orang-orang yang menderita penyakit dengan larangan mengkonsumsi lemak secara berlebihan.

Tetapi kandungan gizi putih telur juga tak kalah dengan kuningnya. Sebab putih telur terbukti juga mengandung beberapa mineral, seperti kalsium, fosfor, kalium, magnesium, tembaga, seng dan zat besi. Selain itu juga mengandung sumber folat dan vitamin B12, niasin, betain dan kolin. Sehingga mengkonsumsi putih telur juga terpenuhi kebutuhan kalori untuk tubuh juga.

Dengan banyaknya kandungan gizi di dalamnya, putih telur tidak hanya dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh saja tetapi juga banyak dipakai sebagai perawatan kecantikan tubuh seperti kulit wajah dan rambut. Manfaat putih telur untuk rambut biasanya penggunaannya sebagai masker untuk rambut dengan menggunakan putih telur, atau bisa dicampur dengan bahan lainnya untuk menambah khasiat atau mengurangi bau amisnya.

Berikut ini berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari putih telur untuk perawatan rambut, yaitu :

1.Untuk mengatasi ketombe.

Ketombe pada rambut dapat mengganggu penampilan rambut, karena berupa bintik-bintik putih di rambut dan dapat menimbulkan rasa gatal. Biasanya orang yang mempunyai masalah ketombe, dapat menggunakan sampo yang dikhususkan untuk rambut ketombe. Tetapi ternyata putih telur juga bisa dimanfaatkan sebagai cara alami menghilangkan ketombe.

Caranya, gunakan putih telur dengan mengoleskan di rambut secara merata. Lakukan dengan sambil melakukan pemijatan kulit kepala Anda. Diamkan sebentar agar putih telur menempel di kulit kepala dan kandungannya meresap ke dalamnya. Setelah itu bilas rambut seperti keramas biasa.

2.Untuk mengatasi rambut rontok.

Putih telur mengandung zat besi yang tinggi, sehingga bila digunakan di rambut dapat meningkatkan kekuatan akar dan batang rambut. Maka putih telur juga dapat dipakai sebagai cara mengatasi rambut agar tidak rontok dan tidak mudah patah. Zat yang terkandung di dalam putih telur dapat menggantikan fungsi tonic dan vitamin rambut.

Caranya, dengan mencampur putih telur dengan air perasan jeruk lemon. Salah satu manfaat lemon untuk rambut adalah untuk membantu mengatasi kerontokan rambut. Setelah tercampur rata, oleskan dari kulit kepala hingga ke batang rambut. Setelah itu diamkan selama beberapa menit, dan lanjutkan dengan membilas rambut dengan air.

3.Untuk melembabkan rambut.

Kandungan protein yang terdapat pada putih telur dapat membantu menjaga kelembaban rambut secara alami. Sehingga Anda dapat mencoba mengaplikasikan putih telur ke rambut Anda sebagai cara mengatasi rambut kering dan bercabang.

Cara melakukan perawatannya yaitu dengan mengoleskan cairan putih telur yang telah dikocok ke rambut sebagai masker rambut.

4.Untuk mengurangi minyak pada rambut.

Tidak hanya kulit wajah saja yang bisa berminyak, tetapi kulit kepala di rambut pun juga dapat berminyak. Biasanya kalau Anda banyak melakukan aktivitas di luar, kecenderungan rambut memproduksi cairan minyak pun  semakin banyak. Hal inilah salah satu penyebab rambut berminyak. Minyak yang berlebih pada rambut bila tidak di atasi akan mengakibatkan gangguan rambut lainnya seperti ketombe dan rambut lepek.

Cara mengatasi rambut berminyak berlebihan di rambut, Anda bisa menggunakan manfaat putih telur untuk rambut rusak. Caranya, dengan menggunakan masker putih telur. Untuk mengurangi bau amis dari putih telur, Anda juga dapat menambahkan air jeruk lemon atau air jeruk nipis.

5.Sebagai moisturizer rambut.

Moisturizer rambut biasanya digunakan untuk melapisi rambut sebelum keramas dengan sampo. Secara alami, Anda juga bisa menggunakan putih telur sebagai moisturizer rambut.

Cara penggunaan putih telur ini dioleskan sebelum keramas dengan sampo. Setelah didiamkan beberapa menit, baru bilas dengan air dan lakukan keramas rambut seperti biasa dengan sampo.

6.Untuk memanjangkan rambut.

Kandungan protein pada putih telur dapat dimanfaatkan sebagai cara memanjangkan rambut secara alami. Sebab zat putih telur tersebut dapat merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat.

Cara menggunakannya sama dengan cara sebelumnya, yaitu dengan menggunakan putih telur yang telah dikocok. Lalu dioleskan dari akar rambut hingga ujung rambut sampai merata, sambil dilakukan pijatan lembut agar terjadi penyerapan zat gizi di kulit kapala. Diamkan 5-10 menit dengan menutup rambut dengan shower cap. Setelah itu bilas rambut hingga bersih dan bau amis hilang.

7.Untuk mengatasi rambut beruban.

Rambut yang beruban sering dikaitkan dengan semakin tambah tuanya umur seseorang. Hal ini tentu saja dapat merusak penampilan rambut Anda. Maka tak heran kalau banyak orang yang berusaha menutupi uban dengan melakukan pengecatan rambut. Tetapi zat putih telur dapat Anda manfaatkan juga untuk mengatasi rambut yang beruban, sehingga rambut Anda tetap hitam.

Cara menggunakannya yaitu denganmencampur putih telur dengan air dan garam secukupnya. Lalu pijat rambut dengan ramuan tadi. Diamkan selama 2-3 jam. Setelah itu baru bilas rambut dengan air hingga bersih.

8.Untuk meluruskan rambut.

Untuk meluruskan rambut secara alami, Anda dapat memanfaatkan putih telur sebagai masker rambut . Sehingga Anda tidak perlu melakukan pelurusan rambut di salon. Tetapi tentu saja Anda perlu sabar bila ingin meluruskan rambut dengan putih telur. Sebab biasanya pemakaian bahan alami harus dilakukan secara rutin dan memakan waktu lebih lama.

Cara pemakaiannya yaitu dengan mencampur putih telur dengan madu atau minyak zaitun. Setelah campuran putih telur tersebut dioleskan pada rambut, diamkan selama 30-45 menit. Setelah itu bilas rambut dengan sampo dan kondisioner agar rambut lebih lembut dan mudah lurus. Selain dapat membuat rambut lurus, masker putih telur ini juga bisa membuat rambut menjadi terlihat lebih mengkilap, lembut dan mudah ditata.

9.Untuk mengatasi rambut bercabang dan kusam.

Kandungan nutrisi yang ada pada putih telur dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari yang mengakibatkan rambut menjadi kusam. Dan juga dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat penggunaan hairdryer ataupun alat pencatok rambut secara berlebihan, yang bisa membuat rambut menjadi mudah bercabang.

Untuk mengatasi rambut yang bercabang dan kusam, Anda dapat menggunakan masker putih telur pada rambut Anda secara rutin.

10.Sebagai kondisioner alami.

Dengan kandungan nutrisi pada putih telur yang dapat melembutkan rambut, maka penggunaan masker putih telur dapat dipakai sebagai kondisioner alami untuk rambut. Sehingga dengan menggunakan kondisioner putih telur bisa mengatasi rambut yang kering dan sebagai cara membuat rambut lembut dan mudah diatur.

Cara menggunakannya dengan mencampur putih telur dengan beberapa bahan lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, seperti madu, minyak almond dan yogurt. Setelah tercampur rata, oleskan secara menyeluruh pada rambut. Diamkan selama 45 menit agar nutrisi yang ada di dalamnya meresap pada rambut. Lalu bilas dengan air sampai bersih. Dengan pemakaian rutin, maka Anda mendapatkan manfaat conditioner rambut yang akan terasa lebih lembut seperti menggunakan kondisioner.

11.Untuk mengatasi kulit kepala gatal dan berkutu.

Salah satu penyebab rambut gatal adalah adanya kutu rambut di kepala. Rambut yang gatal dan berkutu tentu saja merupakan tanda rambut yang sudah tidak sehat dan perlu perawatan intensif. Saat ini sudah banyak obat untuk mengatasi gatal atau kutu rambut yang beredar di masyarakat. Tetapi pemakaian bahan kimia yang terlalu sering justru dapat menambah kerusakan rambut lainnya. Untuk itu Anda juga bisa menggunakan bahan alami dengan putih telur dan garam, yang ampuh untuk mengatasi kulit kepala yang gatal dan berkutu.

Cara memakainya mudah saja, sama seperti penggunaan masker putih telur hanya saja ditambahkan dengan garam secukupnya. Lalu lakukan pemijatan di kulit kepala agar nutrisi dari putih telur dan garam meresap ke dalam kulit kepala, sehingga dapat menghindarkan kulit kepala dari rasa gatal dan kutu. Lalu bilas dengan air dan sampo seperti keramas biasa.

12.Untuk melebatkan rambut.

Siapa sih yang tidak menginginkan rambut lembat. Tentunya Anda juga ingin punya rambut tebal. Bahkan banyak produk perawatan rambut yang khusus diformulasikan untuk melebatkan rambut. Tetapi banyak juga bahan alami yang bisa dipakai untuk melebatkan rambut, seperti manfaat seledri untuk rambut dan manfaat aloe vera untuk rambut. Begitu juga dengan putih telur dapat dipakai untuk meningkatkan volume rambut.

Untuk pemakaiannya, Anda cukup mencuci rambut dengan campuran putih telur dan susu. Manfaat susu untuk rambut dapat menutrisi rambut lebih sehat lebat. Setelah itu keramas dengan sampo untuk menghilangkan bau amisnya. Cara ini juga cocok untuk Anda yang memiliki jenis rambut kering dan coklat.

Efek Samping Putih Telur

Saat mengkonsumsi putih telur dapat memberikan efek samping bagi tubuh juga, khususnya buat Anda yang sensitive terhadap jenis makanan tertentu. Efek samping yang ditimbulkan oleh telur adalah :

  • Alergi.

Alergi terhadap putih telur ini akibat kandungan protein yang ada dalam albumin yang ada di bagian putih telurnya. Gejala alergi yang timbul setelah mengkonsumsi putih telur adalah gatal-gatal, ruam kulit, kulit merah dan bengkak, kram, diare, mual dan muntah. Tetapi ditemukan juga gejala alergi putih telur yang lebih parah, yaitu mulut bengkak, sulit bernapas, tekanan darah turun, pusing bahkan bisa kehilangan kesadaran.

  • Natrium tinggi.

Kandungan makanan dengan natrium tinggi tidak bagi penderita tekanan darah tinggi. Sementara di dalam putih telur ternyata kandungan natriumnya sebesar 403 mg sehingga tidak baik di konsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

  • Alergi kulit.

Pada pemakaian sebagai masker rambut, untuk Anda yang memiliki kulit sensitif mungkin pemakaian putih telur ini bisa menyebabkan munculnya alergi di kulit, seperti gatal dan kulit merah. Bila Anda mengalami alergi, segera hentikan penggunaan masker rambut dengan putih telur ini.

Yang perlu diingat adalah untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan masker manfaat putih telur untuk rambut rusak ini 2 kali seminggu saat Anda mandi dan sebelum keramas. Setelah itu untuk menghilangkan bau amis telur, cuci rambut dengan sampo sampai benar-benar bersih dan kalau perlu diulangi pemakaian samponya. Semoga dengan ulasan di atas Anda dapat memanfaatkan putih telur tidak hanya untuk menu diet Anda, tapi juga bisa Anda manfaatkan untuk perawatan rambut.