14 Cara Mengatasi Rambut Berminyak Berlebihan Paling Efektif

Kalau ingin ditelusuri, ada banyak penyebab rambut berminyak yang sebenarnya perlu Anda coba untuk ketahui. Ada baiknya mengenal satu per satu akan penyebabnya lebih dulu agar kemudian Anda bisa mengetahui bagaimana cara mengatasi rambut berminyak paling baik. Apabila Anda menginginkan cara yang efektif, ada sejumlah langkah yang kiranya dapat dipertimbangkan di bawah ini.

(Baca juga: cara mengatasi rambut agar tidak rontok)

1. Memakai Sampo Ringan

Rambut dengan kelebihan minyak memang cukup mengganggu, khususnya kalau udara sedang panas-panasnya yang menjadikan rambut mudah lepek. Untuk masalah minyak berlebih pada rambut, alangkah baiknya kalau Anda mencoba menggunakan sampo ringan. Ini artinya, kandungan pada sampo yang Anda pakai sebaiknya tidaklah terlalu berat.

Contoh paling oke untuk mengatasi rambut berminyak Anda adalah dengan memakai sampo bayi. Atau untuk amannya, Anda juga bisa memilih sampo mild yang memang dikhususkan untuk mengatasi rambut berminyak dan merawatnya. Biasanya, dengan sampo khusus inilah Anda bakal mampu mengurangi minyak berlebih pada rambut karena produksinya bakal lebih terkontrol.

(Baca juga: cara mengatasi rambut rontok dan kering)

2. Mencuci Rambut 2 Hari 1 Kali

Karena minyak berlebih pada rambut, Anda juga butuh untuk mencuci rambut alias keramas lebih sering, yakni paling tidak 2 hari sekali. Keramas secara rutin ini bakal membuat rambut berminyak teratasi. Terlalu jarang keramas dan padahal mempunyai masalah rambut berminyak itu seringkali malah menimbulkan masalah lainnya, seperti kerontokan dan ketombe.

3. Tidak Menggunakan Serum Rambut

Untuk rambut tipe berminyak, Anda yang biasanya sudah terlalu sering memakai serum rambut sebaiknya tidak lagi menggunakannya. Serum rambut yang Anda kira mampu membuat rambut lebih sehat malah justru bisa memberikan efek lepek pada tampilan rambut. Rambut pun malah kelihatan semakin berminyak, jadi daripada serum, pakailah vitamin rambut.

(Baca juga: cara mengatasi rambut kering)

4. Tidak Menggunakan Kondisioner

Supaya rambut Anda yang bertipe berminyak tersebut dapat selalu sehat, justru Anda tidak menggunakan kondisioner setiap sehabis atau saat keramas. Bagi jenis kulit kering kondisioner memang penting, tapi khusus bagi rambut berminyak, minyak di rambut hanyalah akan menjadi lebih serius dan parah. Rambut dijamin makin lepek, jadi gantilah kondisioner dengan vitamin untuk rambut tipe berminyak.

5. Merawat dengan Pisang

Menggunakan buah pisang adalah salah satu cara mengatasi rambut lepek, berminyak dan tipis yang paling oke. Karena di dalamnya terkandung antioksidan tinggi beserta mineral dan vitamin, manfaat dari buah pisang ini bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut Anda.

Apabila Anda sebaiknya tidak menggunakan produk kondisioner, Anda bisa merawat kesehatan rambut dan mengurangi kadar minyak menggunakan buah pisang. Jadikan masker rambut atau kondisioner alami yang efeknya mampu mengurangi produksi minyak yang berlebih. Tak perlu lagi Anda khawatir soal sebum pada rambut dan kulit kepala.

  • Caranya: Sediakan pisang yang telah matang, haluskan, campurkan dengan madu 1 sendok teh, aduk-aduk. Aplikasikan ke kulit kepala serta rambut Anda, pastikan akar rambut juga Anda oles. Tunggu 20 menit, selanjutnya rambut dapat Anda cuci atau keramasi.

(Baca juga: cara mengatasi wajah berminyak)

6. Menggunakan Minyak Pohon Teh

Masalah rambut berminyak Anda dapat diatasi juga dengan minyak pohon teh atau tea tree oil yang bersifat antiseptik serta anti jamur. Kedua sifat tersebut adalah yang paling bisa Anda andalkan untuk membasmi segala macam jenis jamur dan bakteri.

Dengan kandungan tersebutlah, masalah ruam, gatal, iritasi di bagian kulit kepala serta ketombe juga bisa ditangani dengan tepat. Kotoran, sebum dan minyak berlebih juga akan berkurang dengan pemakaian rutin minyak jenis ini.

  • Caranya: Cukup sederhana, tinggal Anda ambil beberapa tetes minyak pohon teh untuk Anda pakai dengan mengoleskannya ke seluruh rambut dan termasuk kulit kepala. Pijatlah kurang lebih 5-8 menit, barulah Anda keramasi menggunakan sampo ringan.

7. Memakai Air Lemon

Bahan alami satu ini sudah terbukti ampuh, baik untuk kulit berminyak maupun bagi rambut. Kadar minyak yang berlebih dapat dikurangi, berikut juga masalah ketombe. Sifat asamnyalah yang bisa Anda gunakan supaya produksi minyak dapat terkontrol lebih baik.

  • Caranya: Sediakan lemon 1 buah saja yang bisa kemudian Anda peras untuk diambil airnya. Perasan air lemon dapat Anda campurkan bersama air sebanyak 1 gelas. Keramasilah rambut Anda terlebih dulu, bilas hingga bersih, lanjutkan dengan membasuh rambut menggunakan air lemon tersebut. Pakai handuk untuk mengeringkannya.

(Baca juga: manfaat lemon untuk rambut)

8. Menggunakan Kulit Jeruk

Selain dijadikan cara merawat kulit berminyak agar tidak kusam, kulit kepala dan rambut Anda pun mampu terawat dengan baik dengan bahan ini. Sifat antioksidan, kandungan vitamin C dan kalsiumnya sangatlah tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi rambut berminyak. Masalah ketombe sekalipun bakal ditangani secara alami.

  • Caranya: Ambil beberapa kulit jeruk, secukupnya saja, kemudian bisa Anda giling. Campurlah bersama dengan madu 2 sendok teh, lalu oleskan ke rambut serta kulit kepala secara merata. Setelah maksimal setengah jam, keramasi menggunakan sampo ringan. Sebagai alternatifnya, Anda bisa menggunakan juga bubuk kulit jeruk di mana ini berasal dari kulit jeruk kering yang sudah halus.

9. Memakai Tepung Jagung

Kalau biasanya tepung jagung dimanfaatkan sebagai bahan pembuat makanan, kali ini Anda bisa mengandalkannya sebagai penyerap kelebihan minyak. Pemakaian tepung jagung ini bakal membantu kulit kepala bersih dari minyak dan rambut pun menjadi halus secara alami. Akar rambut juga akan lebih diperkuat oleh kandungan vitamin E-nya.

  • Caranya: Sediakan tepung jagung secukupnya, lalu taburkanlah ke kulit kepala maupun rambut sampai merata. Berikan pijatan juga kira-kira selama 5 menit, dan Anda dapat membiarkannya kurang lebih setengah jam. Setelah itu keramasi sampai bersih. Seminggu 2 kali adalah perawatan terbaik untuk cara mengatasi rambut berminyak Anda.

10. Menggunakan Teh Hijau

Di dalam teh hijau, ada kandungan sifat antioksidan tinggi yang bukan hanya mampu mengatasi masalah rambut berminyak tapi juga rambut dengan masalah iritasi, ruam, serta ketombe. Kandungan taninnya pun sangat bisa diandalkan sebagai astringent yang akan mengontrol kadar minyak berlebih penyebab rambut kelihatan lepek.

  • Caranya: Perawatan ini sama sekali tidak sulit, Anda cukup menyeduh teh hijau seperti normalnya, cairan kemudian bisa Anda saring, tunggu supaya dingin. Keramasi rambut Anda lebih dulu menggunakan sampo ringan, barulah teh hijau yang sudah dingin bisa Anda pakai untuk membilas. Bukan dengan air biasa, melainkan dengan air teh hijau, lalu pakai handuk untuk mengeringkannya.

11. Memakai Putih Telur

Manfaat telur untuk rambut cukup besar, baik itu bagian putihnya maupun kuningnya. Namun kini yang Anda butuhkan adalah bagian putihnya saja. Kaya akan kalsium, protein, biotin dan vitamin B12, rambut pasti akan ternutrisi secara luar biasa. Ada kandungan enzim pula yang berperan sebagai peghancur bakteri serta mengontrol produksi minyak di kulit kepala.

  • Caranya: Sediakan putih telur 2 buah saja dan taruhlah di sebuah mangkuk. Kemudian putih telur ini bisa Anda terapkan langsung ke rambut Anda yang masih dalam keadaan basah. Jangan lupa juga oleskan ke kulit kepala hingga menyeluruh sampai 5 menit saja. Tunggu setengah jam sebelum Anda membersihkannya dengan sampo ringan.

(Baca juga: cara mengatasi muka berminyak)

12. Menggunakan Cuka Sari Apel

Bila pada umumnya cuka sari apel berguna sebagai penurun kolesterol, pada kesempatan ini manfaat yang bakal diambil dari cuka sari apel adalah perannya sebagai solusi rambut berminyak. Selain minyak pada rambut dapat berkurang, rambut juga akan dibuat lebih halus, berkilau dan sehat.

  • Caranya: Campurkanlah secangkir air dengan secangkir cuka sari apel. Keramasi dulu rambut Anda, lalu untuk pembilasannya Anda dapat menggunakan campuran ini sampai menyeluruh. Tunggu kira-kira 10 menit, barulah Anda boleh membasuh rambut dengan air bersih. Perawatan ini bisa Anda ulang 3-4 kali dalam 1 minggu demi hasil paling efektif.

13. Memanfaatkan Lidah Buaya

Berkandungan sifat anti inflamasi, lidah buaya adalah salah satu bahan terbaik bakal mampu dimanfaatkan secara optimal untuk mengatasi masalah rambut berminyak. Bahkan lidah buaya juga sangat bermanfaat dalam menumbuhkan rambut, membuatnya berkilau alami dan menyeimbangkan pH kulit pada kepala Anda.

  • Caranya: Ambil bagian gelnya seperti pada umumnya, ambil secukupnya, lalu terapkan ke kulit kepala sekaligus rambut Anda secara menyeluruh. Pijat-pijat juga ketika mengoleskannya, Anda pun mampu mencampurnya dengan sampo bila ingin. Sesudah 1 jam, Anda dapat mencuci rambut Anda menggunakan sampo ringan. Penggunaan metode ini setiap hari secara rutin akan memberikan hasil efektif dan optimal tentunya.

(Baca juga: manfaat aloe vera untuk rambut)

14. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga adalah bahan yang tak boleh dilewatkan ketika merawat rambut Anda. Manfaat jeruk nipis untuk rambut sangat besar. Rambut berminyak Anda dapat dipastikan tidak lagi mudah lepek setelah menggunakan bahan ini.

  • Caranya: Ambil bagian airnya saja, lalu perasan jeruk nipis ini bisa digunakan setelah Anda mengeramasi rambut. Ketika pengaplikasian, jangan lupa berikan pijatan-pijatan lembut pada kulit kepala Anda. Ini dipercaya mampu membuat akar rambut lebih kuat dan menjadikan rambut tak lepek sebab jeruk nipis telah menyerap produksi minyak berlebih. Alternatifnya, Anda bisa mencampurkan air jeruk nipis 1 sendok makan dengan gel lidah buaya 1 sendok makan juga ke sampo Anda. Keramasi rambut Anda dengan sampo ini dan buktikanlah hasilnya setelah seminggu berturut-turut memakainya.

(Baca juga: cara mengatasi rambut rontok)

Demikianlah cara mengatasi rambut berminyak yang diketahui paling efektif. Jadi, cobalah sekarang juga dan pastikan cara-cara tersebut Anda lakukan rutin supaya dapat ucapkan selamat tinggal pada rambut berminyak nan lepek Anda.