23 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Cepat Dalam Waktu Singkat

Kulit putih nan cerah adalah dambaan setiap wanita di mana kemudian berbagai cara dilakukan hanya untuk mendapatkan kulit yang demikian. Terkadang juga amat menjengkelkan tentang fakta bahwa kita perlu memutihkan kulit begitu lama, namun hanya sebentar saja berada di luar dan terkena panas kulit bisa langsung menghitam.

Kulit yang kusam dan gelap memang bisa dikarenakan oleh sinar matahari, tapi ini juga bisa dikarenakan  oleh stres, kosmetik yang kurang tepat, paparan polusi, ketidakseimbangan hormon, hingga kondisi medis tertentu dan pilihan gaya hidup yang kurang benar. Berikut ini ada sejumlah cara memutihkan kulit secara alami yang bisa Anda coba lakukan di rumah.

(Baca juga: tips membuat kulit putih)

1. Memakai Kunyit

Bahan satu ini tak hanya populer di Indonesia saja, tapi juga banyak digunakan di India untuk menjaga kerataan rona kulit. Mengandung sifat antioksidan dan antiseptik, kunyit akan sangat berguna dalam menyembuhkan juga berbagai masalah kulit yang mengganggu.

  • Caranya: Sediakan krim susu dan bubuk kunyit secukupnya lalu campurkan kedua bahan hingga bentuknya menjadi seperti pasta. Ramuan tradisional inilah yang perlu Anda pakai dan ratakan ke kulit yang terlihat kusam, baik itu kulit wajah atau kulit tubuh. Tunggu sampai mengering sebelum akhirnya boleh menggunakan air hangat untuk membersihkannya. Untuk hasil terbaik, silakan lakukan pengulangan metode perawatan ini secara rutin.

2. Menggunakan Mentimun

Mentimun tak hanya menjadi bahan alami yang mampu mencegah maupun mengatasi masalah mata panda atau kerutan pada wajah karena ada sifat penenangnya yang sangat nyaman. Mentimun ini bakal mendukung produksi kolagen lebih banyak sehingga menjadikan kulit tak sekadar cerah dan putih tapi juga lembut.

  • Cara 1: Potong atau iris mentimun, tebal atau tipis terserah Anda, kemudian irisannya bisa Anda terapkan pada kulit yang gelap dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, lepas dan bilaslah wajah dengan air hangat. Melakukannya secara rutin sehari 2 kali akan memberikan hasil yang luar biasa dalam membuat kulit lebih putih dan juga segar.
  • Cara 2: Manfaat timun untuk wajah dan kulit tubuh begitu besar dan bisa juga dicampur dengan bahan lainnya. Mentimun parut secukupnya dan juga madu sedikit bisa Anda campurkan dan dibuat masker untuk kulit wajah saja atau seluruh tubuh. Tunggulah maksimal 20 menit sebelum Anda gunakan air dingin untuk membilas.

(Baca juga: cara memutihkan badan secara alami)

3. Memanfaatkan Kentang

Jus kentang adalah pemutih alami sempurna yang bisa mencerahkan kulit tanpa efek samping. Dengan kandungan tinggi akan vitamin C, kulit wajah maupun tubuh Anda yang kusam dan gelap dapat dibersihkan dan diputihkan. Bahkan dengan jus kentang inilah Anda bisa membuat kulit teregenerasi.

  • Caranya: Kupas kentang yang sudah Anda sediakan, 1 atau 2 buah saja kiranya cukup dan potong-potonglah menjadi beberapa bagian atau iris. Ambil ekstrak jusnya dan bisa Anda aplikasikan ke seluruh kulit yang dirasa gelap atau kusam. Tinggalkan selama 20 menit dan barulah Anda pakai air bersih untuk membersihkan masker kentang ini. Perawatan seminggu 2 kali lebih baik.

4. Menggunakan Oatmeal

Oatmeal yang dianggap sebagai makanan sehat ini juga menyehatkan bagi kulit manusia. Bahan ini tak hanya bagus untuk organ dalam tubuh tapi juga kesehatan kulit. Mampu mencerahkan dan memutihkan, sel-sel kulit yang sudah mati bakal diangkat dan digantikan sel-sel kulit baru.

  • Caranya: Sediakan oatmeal dan juga jus tomat yang kemudian bisa Anda kombinasikan masing-masing dengan takaran secukupnya, disesuaikan untuk kebutuhan kulit wajah saja atau seluruh tubuh. Aplikasikanlah kemudian ke kulit yang Anda rasa perlu dicerahkan. Bilaslah menggunakan air dingin ketika sudah lewat 20 menit dan gosok lembut untuk menghilangkan sel kulit mati. Penggunaan setiap hari lebih dianjurkan.

(Baca juga: cara memutihkan wajah secara alami)

5. Memakai Pepaya

Bila biasanya pepaya hanya diketahui dapat melancarkan buang air besar atau mengatasi sembelit dengan memakannya langsung, kini pepaya bisa dijadikan pencerah kulit. Dengan segudang nutrisi yang ada terdapat di dalam buah ini, kulit bakal putih bercahaya tanpa efek samping dan kelihatan begitu sehat.

  • Caranya: Gunakan pepaya satu potong saja yang kemudian bisa langsung Anda pakai dengan menggosok-gosokkannya ke kulit Anda yang gelap dan kusam. Biarkan hingga jus pepaya yang menempel di kulit terasa kering, barulah Anda bisa membilas menggunakan air dingin. Pemakaian metode ini setiap hari lebih disarankan. Memakannya setiap hari juga baik untuk mencerahkan kulit dari dalam.
ads

6. Menggunakan Ekstrak Bearberry

Ekstrak bearberry adalah salah satu cara memutihkan kulit secara alami dan juga menyehatkan. Karena sifat astringentnya tinggi, maka ekstrak ini juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik. Ada kandungan hydroquinon serta arbutin yang juga efektif untuk menghilangkan kulit gelap nan kusam.

  • Cara 1: Ekstrak bearberry yang sudah didapat bisa langsung ditambahkan atau dicampurkan pada krim pelembab yang biasanya Anda gunakan sehari-hari. Setelah tercampur rata, Anda dapat mengaplikasikannya secara rutin ke kulit wajah maupun kulit tubuh. Untuk hasil paling maksimal, silakan Anda mengulangi perawatan ini setiap hari secara rutin sampai hasilnya terlihat.
  • Cara 2: Ekstrak bearberry dapat Anda campur bersama dengan air dan juga gliserin sebelum kemudian Anda bisa mengaplikasikannya ke wajah atau tubuh menurut kebutuhan Anda. Untuk hasil kulit putih merata secara sempurna, lebih disarankan untuk mengulanginya sehari 2 kali setiap hari. Kulit akan terlihat putih, segar dan sehat dengan pemakaian yang benar dan teratur.

(Baca juga: tips agar kulit menjadi putih secara alami)

7. Memakai Madu

Manfaat madu untuk masker wajah salah satunya adalah untuk cara memutihkan  dan melembutkan. Tapi madu yang murni juga bisa Anda pergunakan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam dan gelap. Berkandungan antibakteri, segala bentuk noda, flek hitam dan tanda penuaan dini juga akan ditangani.

  • Cara 1: Untuk kulit gelap yang bertipe kering, Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh madu dan jus lemon, susu bubuk 1 sendok makan serta minyak almond ½ sendok teh. Campuran inilah yang bisa Anda kemudian terapkan ke seluruh kulit sampai merata. Tinggalkan selama 20 menit sebelum akhirnya Anda boleh membasuhnya dengan air dingin.
  • Cara 2: Anda juga bisa menggunakan madu murni tanpa dicampur bahan lain apapun dan langsung Anda aplikasikan ke kulit kusam yang Anda ingin cerahkan. Setelah dibalurkan merata, tunggulah maksimal 5 menit, siapkan air hangat untuk membasuhnya. Kedua cara ini bisa Anda lakukan setiap hari supaya hasil maksimalnya dapat dirasakan.

8. Memanfaatkan Ekstrak Murbei

Mungkin tak banyak yang tahu akan manfaat ekstrak murbei, tapi padahal sudah banyak produk kosmetik yang menggunakan bahan ini. Karena di dalamnya ada kandungan flavonoid fenolik, maka Anda akan mendapatkan keuntungan besar, seperti penghambatan produksi melanin. Asam linoleat, quercetin dan asam galat juga ada di dalam ekstrak ini.

  • Caranya: Sediakan ekstrak murbei dan juga lotion pelembab kulit yang biasa Anda gunakan sehari-hari. Cukup sederhana, Anda tinggal menambahkan dan mencampurkan ekstrak murbei tersebut ke lotion milik Anda sampai rata. Setelah itu, pakai lotion seperti biasa dengan menerapkannya langsung ke kulit kusam Anda. Sehari 2 kali adalah perawatan terbaik.

9. Menggunakan Minyak Almond

Senyawa baik di dalam minyak almond cukup banyak, termasuk juga adanya vitamin E, mineral, pitosterol, dan asam lemak tak jenuh. Bentuk aktif niasin atau niacinamide pun juga dapat dijumpai pada minyak almond ini sehingga mampu mencerahkan kulit secara merata. Noda dan kerutan juga dijamin memudar.

  • Caranya: Sediakan minyak almond yang sudah dihangatkan, lalu oles langsung ke kulit Anda, baik wajah maupun tubuh sambil memberikan pijatan. Pijatlah selama 15 menit dan setelah selesai Anda bisa membilas atau mandi sekalian. Setiap hari menggunakan perawatan ini akan membuahkan hasil maksimal selama 2 minggu, lalu lanjutkan seminggu 2-3 kali.

(Baca juga: cara merawat kulit tubuh)

10. Tepung Beras

Memakai tepung beras juga sama efektifnya dengan bahan-bahan alami lain yang sudah disebutkan. Bersifat antioksidan dan juga di dalamnya terkandung vitamin C dan E, kulit akan terlindung dari racun dan juga kulit bakal senantiasa terhidrasi. Karena adanya vitamin C, tentu kulit akan putih sempurna secara alami.

  • Caranya: Sediakan ½ hingga 1 cangkir beras yang belum dimasak bersama dengan susu dan air hangat. Gilinglah beras tersebut untuk membuatnya menjadi tepung atau bubuk. Barulah campurkan dengan susu dan terapkan ke kulit Anda sampai rata. Tunggu setengah jam sebelum menggunakan air hangat untuk membilas. Seminggu 2-3 kali adalah waktu perawatan terbaik.

11. Memanfaatkan Susu

Kalsium tinggi pada susu berperan sebagai pengatur warna normal kulit dan menjadikannya lebih cerah. Manfaat susu untuk kulit wajah dan tubuh perlu Anda pertimbangkan karena selain memutihkan, susu juga akan melindungi kulit dari kekeringan. Adanya asam laktat di dalamnya juga bakal menghambat pigmentasi kulit.

  • Caranya: Sediakan susu murni secangkir saja yang kemudian dapat Anda bisa panaskan pada api medium. Untuk aplikasinya, Anda bisa menggunakan kain lap supaya bisa terbalur secara merata ke seluruh kulit, baik wajah atau tubuh. Pijat-pijat selama 5 menit sebelum nantinya Anda bisa membilas atau langsung mandi. Selama 2 minggu, lakukan perawatan ini setiap hari.

(Baca juga: penyebab kulit keriput di usia muda)

12. Memakai Ekstrak Akar Licorice

Ekstrak licorice adalah bahan alami yang mengandung senyawa aktif seperti glabridin yang akan menjadi penghambat munculnya enzim yang membuat kulit gelap. Paparan sinar matahari yang jahat bukan lagi masalah. Bahkan jerawat dan kulit berminyak dapat dikendalikan dengan baik oleh licochalcone sebagai agen terbaik.

  • Caranya: Sediakan ekstrak licorice yang bisa langsung diterapkan ke kulit menggunakan kapas setiap menjelang tidur. Biarkan semalaman, lalu basuhlah menggunakan air esok paginya setelah bangun tidur. Untuk hasil maksimal, ulangi pemakaian secara teratur setiap harinya. Ini cocok untuk dijadikan masker wajah juga yang membutuhkan bahan-bahan lain, seperti pasta cendana, mentimun, jus timun dan jus lemon.

13. Menggunakan Yogurt

Asam laktat di dalam yogurt cukup tinggi sehingga dapat diandalkan sebagai agen pemutih alami yang akan menjadi solusi bagi kulit yang berpigmentasi berlebih. Dengan menghambat produksi melanin, yogurt yang juga berkandungan alpha hydroxy acids ini akan menjadi eksfoliator.

  • Cara 1: Pilihlah yogurt yang tanpa rasa alias tawar dan gunakanlah setengah atau secangkir yogurt tersebut ke seluruh kulit. Berikan pijatan-pijatan lembut yang akan mampu melancarkan juga peredaran darah. Tinggalkan selama 5 menit sebelum memakai air hangat untuk membersihkannya. Ulangi perawatan ini setiap hari hingga hasil terlihat dan sesuai dengan yang Anda harapkan.
  • Cara 2: Anda bisa mencampurkan yogurt tawar dengan madu; 1 sendok makan untuk yogurt dan 2 sendok teh untuk madu asli. Setelah dicampurkan, aplikasikan ke kulit gelap Anda dan tinggalkan selama kira-kira setengah jam sebelum dibersihkan menggunakan air bersih. Perawatan rutin setiap hari jelas akan menawarkan hasil terbaik.
  • Cara 3: Sediakan oatmeal dan jus lemon sebagai campuran yogurt tawar ini. Campurkan seluruh bahan sampai rata dan larutannya bisa dipakai dengan membalurkannya ke kulit yang ingin Anda cerahkan. Tinggalkan selama 20-25 menit dan selanjutnya basuh menggunakan air bersih. Anda akan menemukan bahwa cara ini begitu efektif ketika dilakukan secara rajin setiap hari.

(Baca juga: cara merawat kulit sensitif)

14. Memanfaatkan Kulit Jeruk dan Air Mawar

Kandungan vitamin C pada kulit jeruk cukup tinggi juga untuk dimanfaatkan sebagai pemutih kulit alami. Bahkan karena kandungan tinggi akan asam sitrunnya, kulit tak akan sekadar lebih cerah tapi juga segala masalah kulit akan teredakan. Ada cahaya alami yang diberikan sebagai efek perawatan dengan bahan ini.

  • Caranya: Gunakan beberapa kulit jeruk yang kemudian bisa digiling sampah halus dan tambahkan dengan air mawar sebanyak 2 sendok teh. Campuran yang sudah membentuk pasta dapat langsung diterapkan ke kulit wajah, bila ingin menerapkannya juga untuk tubuh, tambah takarannya. Tunggulah selama 15 menit, setelahnya barulah Anda basuh memakai air dingin.

15. Menggunakan Tomat

Selain buah jeruk, tomat pun mengandung vitamin C yang sangat tinggi serta membawa sifat astringent. Itulah yang menjadi alasan mengapa manfaat tomat untuk kulit begitu besar dan tak bisa Anda pungkiri lagi. Khusus untuk wajah berminyak dan kusam pun tomat dapat menjadi penyelamat.

  • Caranya: Sediakan tomat dan ambil jus atau sarinya saja yang bisa Anda terapkan langsung ke kulit. Tunggu sampai kering barulah Anda bisa menerapkan sarinya lagi pada sesi kedua. Lanjutkan prosedur seperti demikian hingga 20 menit berlalu, setelah itu pakai air untuk membasuhnya. Gunakan cara ini setiap hari bila memang ingin mendapatkan hasil optimal.

(Baca juga: penyebab wajah bruntusan)

16. Memakai Jus Lemon

Karena di dalamnya terkandung astringent alami, jus lemon sangat berperan dalam mengurangi produksi minyak berlebih dan mengencangkan pori-pori. Dengan komposisi asam alami yang juga sempurna, jus lemon ini jugalah yang akan membuat kulit putih dan tampak cerah. Sifat antioksidan dan kandungan vitamin C-nya begitu tinggi sehingga mendukung pertumbuhan sel kulit baru.

  • Caranya: Siapkan jeruk lemon yang bisa Anda ambil dan pakai bagian jusnya saja. Balurkan ke seluruh kulit yang ingin Anda cerahkan. Tunggu 30 menit atau minimal 20 menit sebelum dibasuh dengan air. Pemakaian cara ini setiap hari akan memberikan hasil memuaskan.

Setelah pemakaian jus lemon ini, selama 1-2 jam Anda tidak boleh terkena paparan sinar matahari karena bakal mengiritasi dan membuat kulit lebih sensitif. Jika kulit juga ada luka, jangan balurkan jus lemon pada luka tersebut atau luka akan makin perih dan buruk. Karena dapat mengeringkan kulit, Anda bisa menggunakan pelembab setiap hari selama menjalankan perawatan.

17. Menggunakan Air Mawar

Air mawar ini biasanya adalah bahan yang diketahui berguna untuk dijadikan toner bagi kulit wajah. Selain bisa menyeimbangkan pH kulit dan menyegarkan permukaan kulit, fungsinya juga sebagai pemutih dengan menstimulasi sirkulasi darah. Tanpa campuran apapun, air mawar juga sangat bermanfaat.

  • Caranya: Sediakan air mawar secukupnya, seberapa banyak air mawar akan ditentukan oleh bagian tubuh mana saja yang hendak Anda rawat dengan bahan ini. Sediakan juga kapas di mana ini bisa dipakai untuk membalurkan air mawar ke kulit yang hendak Anda putihkan. Celup kapas ke air mawar, aplikasikan langsung ke kulit wajah dan tubuh.

(Baca juga: cara menghilangkan tompel secara alami)

Sponsors Link

18. Memanfaatkan Asam Kojic

Kojic acid diketahui asalnya adalah dari jamur dan merupakan senyawa alami yang bisa menjadi penghambat perkembangan tironase. Dengan begitu, pembentukan melanin juga akan dicegah dengan baik. Asam kojic yang datang dari Jepang ini bisa menjadi pemutih kulit alami, namun tidak dianjurkan bagi yang memiliki kulit sensitif.

  • Caranya: Sediakan ½ sampai 1 sendok teh asam kojic serta krim pelembab yang biasanya Anda pakai sehari-hari. Bersihkan seluruh kulit yang hendak Anda rawat lebih dulu, lalu tambahkan asam kojic ke krim pelembab tersebut. Pakai pelembab tersebut setiap hari secara rutin ke kulit Anda yang dirasa gelap dan kusam. Ulangilah perawatan ini setiap hari selama 1-2 bulan.

19. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa pada dasarnya sangat berguna dalam mencerahkan kulit dan menjadikannya lembut. Untuk kulit kusam yang bertipe kering, minyak kelapa adalah pilihan yang tepat. Senyawa fenolik akan menjadi antioksidan yang akan membuat kulit bercahaya dan senantiasa lembab.

  • Caranya: Minyak kelapa ini perlu Anda hangatkan terlebih dulu, barulah Anda terapkan ke seluruh wajah dan juga kulit tubuh. Berikan juga pijatan lembut yang gerakannya memutar dan tinggalkan selama semalaman supaya kandungan baiknya bisa terserap sempurna. Tambahkan gula jika ingin karena ini bisa digunakan sebagai scrub pengangkat sel-sel kulit mati. Lakukan perawatan 2 kali seminggu saja.

(Baca juga: cara merawat kulit berminyak)

20. Memakai Baking Soda

Sebagai salah satu cara menghilangkan belang di wajah, itu artinya menggunakan baking soda akan membantu Anda meratakan warna kulit. Mampu mengangkat sel-sel kulit mati, baking soda pun berperan sebagai penyeimbang pH kulit, mencerahkan, serta menyembuhkan inflamasi yang terjadi.

  • Caranya: Campurkan baking soda sebanyak 1 sendok teh bersama dengan minyak zaitun 1 sendok teh juga beserta madu sebanyak setengah sendok teh. Minyak zaitun yang digunakan sebaiknya adalah yang ekstra virgin, barulah semua bahan diaduk hingga rata, dan aplikasikan larutan ke kulit Anda. Sesudah 10 menit, bersihkan larutan yang menempel dengan air bersih dan keringkan.

21. Menggunakan Teh Hijau

Teh hijau tak kalah efektif dalam memutihkan dan menyehatkan kulit. Untuk kulit lebih cerah, halus dan bercahaya. Ada kandungan flavonoid pada teh hijau yang mampu memberikan efek tersebut pada kulit. Bahkan tanda penuaan dini pun juga bisa diatasi menggunakan bahan alami ini.

  • Caranya: Sediakan daun teh hijau 1 sendok makan yang kemudian bisa diseduh bersama secangkir air dan kemudian didinginkan. Ambil teh yang sudah dingin tersebut sebanyak 2 sendok teh dan tambah dengan krim 1 sendok teh dan gula merah 2 sendok teh. Setelah dicampur rata, Anda bisa langsung menerapkannya ke kulit Anda sambil memijat-mijatnya. Menggunakan metode perawatan ini seminggu 2 kali saja akan memberikan hasil luar biasa apabila rutin.

(Baca juga: cara memutihkan daerah kewanitaan)

22. Memanfaatkan Alpukat

Karena lemak baik dan glutamin di dalam buah alpukat begitu tinggi, tidak salah bila Anda menjadikan buah ini sebagai bahan perawatan Anda. Kandungan vitamin A di dalamnya juga sangat tinggi sehingga pastinya akan mendukung kulit agar lebih cerah. Sel kulit mati pun pasti terangkat dan tergantikan oleh sel kulit baru yang lebih sehat dan baik.

  • Caranya: Sediakan buah alpukat dan ambil bagian daging secukupnya dan sesuai yang Anda perlukan. Campurlah bersama dengan madu sedikit hingga terbentuk pasta. Pasta inilah yang Anda gunakan untuk dioles ke kulit wajah serta tubuh sampai Tunggulah kira-kira 25 menit sebelum dibasuh sampai bersih menggunakan air dingin.

23. Melakukan Yoga

Tak banyak yang tahu bahwa olahraga atau jenis latihan ini mampu memberikan manfaat besar bagi kulit. Selain pikiran dan tubuh yang sehat, Anda juga bisa memperoleh kulit cerah bersinar secara alami. Ada pose tertentu yang bisa Anda coba untuk lakukan khusus untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Supaya aman, Anda bisa datang ke kelas yoga dan melakukannya menurut arahan dari instruktor supaya lebih aman. Sirkulasi darah bakal terangsang dengan lebih baik sehingga tak hanya tubuh saja yang sehat, melainkan juga kulit Anda.

(Baca juga: cara menghilangkan flek hitam di wajah)

Itulah cara memutihkan kulit secara alami yang bisa kiranya Anda pilih untuk lakukan rutin selama di rumah. Tanpa menggunakan produk pemutih dengan bahan-bahan kimia berefek samping berbahaya, Anda pun tetap bisa mempercantik kulit tubuh Anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 08th, September 2016 / 15:18 Oleh :
Kategori : Kulit