16 Cara Merawat Kulit Tubuh Agar Mulus Secara Alami

Tidak mudah memang untuk menjaga serta merawat kulit tubuh agar senantiasa bersih, cerah, sehat dan menawan. Bagi Anda yang ingin kulit tubuh sempurna indahnya, Anda perlu melakukan perawatan yang telaten dan sabar dengan segala langkah di bawah ini. Ada beberapa tips cara merawat kulit tubuh yang kiranya dapat menjadi referensi bagi Anda untuk Anda lakukan setiap hari.

(Baca juga: tips membuat kulit putih)

1. Minum Banyak Air Putih

Air putih sangat baik manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan kulit karena mampu menghidrasi kulit sehingga tak tampak kering maupun kusam. Dengan jumlah cairan yang terpenuhi setiap harinya, kulit tubuh bakal tetap sehat, tanpa kekeringan atau minyak berlebih. Kurang lebih 8-10 gelas air putih adalah yang paling dianjurkan untuk diminum.

2. Mandi dengan Pancuran atau Shower

Bagi Anda yang sudah terbiasa mandi dengan menggunakan shower atau pancuran, rupanya ini merupakan cara perawatan yang baik bagi kulit tubuh Anda. Dibandingkan dengan metode berendam, mandi di bawah pancuran bakal lebih efektif dalam memberikan perlindungan terhadap kulit tubuh. Airnya pun lebih bagus kalau suam-suam kuku, jadi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

(Baca juga: penyebab kulit keriput di usia muda)

3. Memakai Sabun Ber-pH Rendah

Untuk merawat kulit tubuh senantiasa bersih dan sehat, Anda dapat menggunakan sabun yang pH-nya rendah atau sabun yang super lembut setiap kali mandi. Apabila memang kulit Anda bertipe kering dan menjadi kering sesaat setelah mandi, perhatikan betul pilihan sabun yang Anda pakai. Sabun ber-pH rendah dan bertekstur lembut akan menjaga kesehatan serta kelembutan kulit tanpa menjadikannya kering.

ads

4. Tidak Merokok

Berhentilah merokok bagi Anda yang sudah terbiasa merokok. Selain mampu menjadi penyebab rambut rontok parah, merokok juga merusak kesehatan kulit. Tak hanya kanker paru-paru saja ancaman terbesar dari kebiasaan merokok ini, tapi juga kekusaman pada kulit dan menimbulkan tanda-tanda penuaan dini.

Jangan salahkan kulit yang cepat menua apabila Anda setiap hari merokok atau terkena paparan asap rokok. Segera hentikan kebiasaan ini apabila Anda ingin memiliki kulit tubuh yang sehat, segar, dan cerah secara alami. Tidak merokok adalah salah satu bagian terbaik dari pola hidup sehat yang Anda jalani.

(Baca juga: penyebab wajah kusam)

5. Mengenakan Pakaian Hangat ketika Udara Dingin

Kulit tubuh membutuhkan perlindungan ketika cuaca sedang sangat dingin-dinginnya. Hawa atau udara dingin dapat membuat kulit tubuh menjadi lebih mudah mengering. Kulit bakal menjadi tak sehat dan tak nyaman di saat yang sama, belum lagi nantinya juga muncul sisik serta tekstur kasar yang sangat mengganggu penampilan. Memakai pakaian hangat jelas adalah solusinya supaya tubuh tidak mengering dan mendapatkan kelembaban.

6. Mendapat Kualitas Tidur yang Cukup

Tidur tidak hanya berfungsi mengistirahatkan otak dan organ-organ dalam tubuh kita. Saat memperoleh kualitas tidur yang baik dan cukup, kesehatan kulit pun akan ikut terjaga dengan sempurna. Untuk kulit tampak lebih segar dan sehat, 7-9 jam adalah waktu tidur yang dianjurkan bagi Anda supaya tubuh mendapatkan banyak istirahat dan perbaikan sel-sel jaringan tubuh berjalan lancar.

(Baca juga: cara mencegah kerutan di wajah)

7. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Selain penting dalam memberikan perlindungan pada kulit dari udara dingin, Anda juga perlu memberikan proteksi kepada kulit dari paparan sinar ultraviolet yang jahat. Sebaiknya tidak mengekspos kulit tubuh Anda ketika cahaya matahari sedang panas-panasnya. Tabir surya adalah yang perlu Anda terapkan setiap hendak akan pergi di siang hari yang SPF-nya sesuai dengan jenis kulit.

8. Pola Makan Sehat

Menjalankan pola makan sehat akan memberikan manfaat bagi kesegaran kulit tubuh. Selain menjadi cara merawat wajah agar tetap segar, makan makanan yang sehat, yaitu makanan bergizi seimbang juga bakal membantu meningkatkan kesehatan kulit tubuh. Setiap harinya, pilih makanan yang bernutrisi tinggi, terutama sayuran dan buah di mana di dalamnya ber-antioksidan tinggi. Antioksidan bakal mampu memberikan perlindungan maksimal dari segala radikal bebas dan kerusakan kulit.

(Baca juga: manfaat air hangat untuk wajah)

9. Menggunakan Jeruk

Demi kulit sehat cerah nan berseri, memakai buah jeruk sebagai perawatan kulit tubuh bisa dicoba. Hanya dengan menyediakan 3-4 buah jeruk, bubuk lada hitam, dan garam secukupnya, Anda bisa membuat jus jeruk dari bahan-bahan tersebut. Setelah itu bisa Anda minum setiap hari segelas saja per harinya untuk mendetoksifikasi tubuh. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi bakal membantu membersihkan kulit dari dalam karena segala racun dan zat-zat berbahaya bisa dikeluarkan.

10. Memakai Wortel

Manfaat wortel untuk kulit wajah serta tubuh sangat tinggi. Anda bisa dengan mudah menyediakan 4-6 buah wortel serta irisan kecil jahe yang sudah dikupas. Potong-potong kedua bahan kecil-kecil dan ekstrak jusnya. Tambahkan air secukupnya, aduk dan kemudian dapat Anda minum setiap harinya. Ada kandungan antioksidan yang bakal membebaskan kulit tubuh dari radikal bebas dari dalam.

(Baca juga: cara menghilangkan bintik hitam di wajah)

11. Menggunakan Air Mawar

Air mawar sangat bagus untuk kesehatan kulit tubuh di mana Anda bisa menggunakan air mawar yang sudah disimpan di dalam lemari es selama satu setengah jam. Anda dapat menuangkan air mawar ke dalam air mandi Anda dan gunakan air ini untuk mandi. Menggunakan air mawar untuk mandi setiap pagi dan sore.

Kalau biasanya air mawar sangat baik untuk digunakan sebagai toner alami bagi kulit wajah, Anda dapat menggunakan bahan ini untuk membersihkan dan menyegarkan kulit tubuh Anda. Selain itu, ada efek segar dan bercahaya untuk kulit dengan menstimulasi sirkulasi darah. Bahkan bahan ini jugalah yang mampu menyeimbangkan pH kulit tubuh.

12. Menggunakan Teh Hijau

Dengan menyiapkan daun teh hijau sebanyak 1 sendok makan, bersama dengan krim 1 sendok teh, serta gula merah sebanyak 2 sendok teh. Rebus daun teh di dalam air sebanyak 1 cangkir, angkat ketika mendidih, diamkan sampai dingin dan tambahkan gula merah dan krim yang bisa Anda campurkan kemudian. Ini bisa Anda aplikasikan ke seluruh kulit tubuh atau wajah saja, dobel resep bisa dilakukan apabila dirasa kurang.

Berikan pijatan selama pengaplikasian dan bersihkan menggunakan air dingin sesudah didiamkan 10 menit. Apabila menginginkan hasil yang baik dan maksimal, Anda dapat mengaplikasikan seminggu sekali atau dua kali saja. Kaya akan flavonoid, teh hijau menjadi pilihan oke untuk menjaga produksi kolagen pada kulit. Elastisitas kulit bakal terjaga dan akan mencerahkan serta menunda kerutan tanda penuaan dini.

(Baca juga: manfaat air teh untuk wajah)

13. Memakai Minyak Zaitun

Selain dipakai sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun, bahan ini pun mampu merawat kulit tubuh secara keseluruhan. Sediakan minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan dan air hangat secukupnya. Ambil minyak zaitun secukupnya dan teteskan ke air mandi Anda, kemudian bisa mulai dilakukan perawatan menggunakan bahan satu ini sambil memberikan pijatan-pijatan ringan pada area kulit tubuh yang Anda pernah rawat.

Sponsors Link

14. Menggunakan Madu

Madu murni tak hanya efektif dalam merawat, menghaluskan dan mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Madu yang asli dan organik dapat dioles ke seluruh bagian kulit yang ingin Anda rawat setelah Anda basahi. Dalam keadaan kulit lembab setelah dibasahi, Anda dapat mengaplikasikannya sampai rata dan tinggalkan selama 5 menit.

Sesudah 5 menit berlalu, jangan lupa untuk membersihkannya dengan membasuh menggunakan air hangat supaya bersih. Setiap hari menggunakan cara perawatan ini bakal memberikan hasil positif yang maksimal karena ada agen antimikroba dan higroskopik yang bakal melembutkan dan membersihkan kulit. Kaya akan antioksidan, noda-noda hitam pun dapat dihilangkan.

(Baca juga: cara menghilangkan kutil secara alami)

15. Memakai Pepaya

Sediakan pepaya matang beberapa potong berikut juga bubuk cendana sebanyak 1 sendok teh serta madu dengan takaran yang sama. Potongan pepaya yang kecil-kecil bisa ditambahkan dengan bubuk cendana tadi bersama dengan madu. Campurkan sampai merata seluruh bahan sampai membentuk pasta.

Seluruh larutan dapat diaplikasikan ke area tubuh yang kulitnya ingin Anda rawat. Tunggu lebih dulu 20 menit sebelum Anda boleh memakai air dingin untuk membersihkan. Seminggu satu kali adalah waktu terbaik untuk merawat tubuh Anda dengan bahan satu ini karena pepaya sendiri berperan sebagai eksfoliator alami yang bakal mengangkat sel kulit mati dan menggantikannya degan sel kulit baru.

16. Memakai Baking Soda

Pemakaian baking soda termasuk di dalam cara mengencangkan kulit wajah, dan ini artinya, bila digunakan untuk seluruh kulit tubuh juga bakal bermanfaat. Baking soda yang dicampurkan dengan minyak zaitun ekstrak virgin dan juga madu secukupnya bisa menjadi larutan yang Anda balurkan ke seluruh kulit tubuh. Tunggu lebih dulu sekitar 10 menit atau lebih barulah Anda boleh membasuh menggunakan air dingin.

Sama seperti pepaya, ada peran sebagai eksfoliator yang dimainkan oleh baking soda ini di mana kemampuan utamanya adalah mengangkat sel-sel kulit mati. Bahkan pH kulit bisa diseimbangkan dengan menggunakan bahan satu ini. Segala bentuk kerusakan kulit, seperti inflamasi atau peradangan pun bisa disembuhkan oleh kandungan baik dari baking soda.

(Baca juga: cara merawat kulit berminyak)

Itulah beberapa cara merawat kulit tubuh yang bisa dilakukan tanpa memberikan efek samping berbahaya bagi kulit. Baik dari dalam maupun luar, cara-cara ini dapat Anda coba supaya kulit bisa lebih sehat tanpa penggunaan bahan kimia berbahaya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 07th, September 2016 / 04:38 Oleh :
Kategori : Kulit