18 Cara Menebalkan Alis Mata Dengan Cepat dan Aman

Alis mata yang tipis mungkin adalah masalah bagi sebagian orang di mana sebenarnya tebal tipisnya alis adalah karena faktor keturunan. Para wanita memang mendambakan alis yang cukup tebal karena bila tidak, mereka perlu menggambarnya supaya terlihat jelas. Sulam alis dan tato alis pun kini tengah populer demi memperoleh alis tebal, tapi cara menebalkan alis mata di bawah ini justru alami dan aman.

(Baca juga: manfaat es batu untuk alis)

1. Memakai Lemon

Buah lemon memang sangat kaya manfaat dan sudah banyak yang tahu akan manfaat lemon untuk rambut serta kulit kepala. Jadi untuk masalah alis yang ingin Anda tebalkan, gunakan lemon dengan menggosokkan irisan lemon tepat pada bagian alis atau atasnya, baru tunggu 20 menit sebelum membilas menggunakan air hangat. Kaya akan nutrisi, alis mata Anda otomatis akan ternutrisi sehingga bakal tumbuh lebih tebal secara alami.

2. Menggunakan Minyak Almond

Di dalam minyak almond, ada terkandung vitamin E yang sangat tinggi di mana inilah yang bakal membantu menumbuhkan alis mata secara alami dan lebih cepat. Untuk pertumbuhan alis yang aman, silakan sediakan minyak almond yang bisa Anda ambil beberapa tetes saja dan kemudian dioles ke alis secara menyeluruh. Demi hasil maksimal di mana alis tumbuh secara lebih lebat dan tebal, gunakan cara ini setiap harinya secara rutin tanpa bolong.

(Baca juga: manfaat almond untuk rambut)

3. Memakai Susu Putih

Selain baik untuk mendukung pertumbuhan tulang, susu yang diketahui memiliki kandungan kalsium tinggi juga bermanfaat dalam menumbuhkan alis mata. Manfaat susu putih ini bisa Anda buktikan sendiri dengan cara mengompreskan susu putih yang sudah Anda sediakan pada alis Anda. Gunakan kapas untuk mengompres supaya lebih mudah.

Kandungan baik di dalam susu putih mampu membantu alis mata tumbuh lebih cepat dan tebal secara alami. Jadi bila biasanya Anda membuat susu untuk diminum, kali ini sisihkan secukupnya untuk Anda usap-usapkan ke alis mata. Jangan dulu beri gula pada susu yang hendak Anda pakai supaya khasiatnya lebih berhasil.

4. Menggunakan Bawang Merah

Kalau bawang merah ini biasanya digunakan untuk memasak, Anda dapat memanfaatkannya untuk perawatan alis. Supaya alis tumbuh lebih subur dan lebat, iris-irislah bawang merah secukupnya, dan irisan itulah yang Anda bisa oles ke alis mata. Lakukan pengolesan sampai merata karena yang dibutuhkan hanyalah bagian sari atau jusnya.

Lakukan perawatan ini secara teratur supaya hasilnya bisa sangat maksimal. Hanya saja, jangan sampai mengenai mata atau rasanya bakal sangat pedas dan perih serta memicu iritasi mata. Cara alami ini cukup sederhana dan 1 siung bawang merah saja sudah lebih dari cukup untuk dipakai setiap harinya.

(Baca juga: manfaat bawang merah untuk alis)

5. Memakai Lidah Buaya

Ada banyak manfaat lidah buaya untuk kecantikan, salah satunya tentu menumbuhkan rambut. Tidak hanya rambut yang ada di kepala kita saja, tapi gel dari lidah buaya berfungsi pula menumbuhkan alis mata supaya tampil lebat. Cukup ambil gelnya, lalu usap-usapkan secara merata ke bagian alis mata Anda, tunggu 20-30 menit, bilas. Melakukan metode ini setiap hari sangat penting karena akan membuahkan hasil yang sangat baik.

6. Menggunakan Minyak Jarak

Satu lagi bahan alami yang jangan sampai Anda lupakan ketika hendak menebalkan alis secara alami. Jenis minyak ini kerap dimanfaatkan untuk meningkatkan kecantikan seseorang, jadi langsung ambil saja beberapa tetes, kemudian usapkan ke alis mata Anda.

Tunggulah sampai mengering, yaitu sampai kira-kira setengah jam. Gunakan air hangat untuk membasuh minyak pada alis tersebut hingga bersih. Melakukan secara rutin akan metode perawatan ini, khususnya setiap hari, Anda akan mendapati alis mata Anda tumbuh bertambah lebat secara maksimal.

(Baca juga: cara merawat rambut agar lurus)

7. Memakai Telur

Kandungan protein di dalam telur memang cukup tinggi dan inilah yang mampu menyediakan khasiat besar tak hanya bagi organ dalam tubuh, tapi juga bagi rambut dan kulit. Demi alis mata yang lebih tebal, pastikan Anda mencoba perawatan memakai telur, khususnya bagian kuningnya. Pisahkan terlebih dulu kuning dan putih telur, ambil kuningnya.

Kocok kuningnya terlebih dulu, barulah Anda oles ke alis mata Anda sampai rata; bila tak tangan berbau amis, gunakan cotton bud saat mengoles. Tunggu atau diamkan sekitar 15-20 menit hingga mengering, barulah Anda boleh membasuhnya. Pemakaian cara ini secara rutin akan menghasilkan pertumbuhan alis yang Anda harapkan, terutama kalau dilakukan setiap hari.

8. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang erat hubungannya dengan kesehatan tubuh manusia karena fungsinya yang bukan main banyak dan berguna. Untuk kecantikan alis Anda, ambil beberapa tetes saja akan minyak ini dan oles ke bagian alis sampai rata. Jangan asal oles, tapi juga berikan pijatan lembut supaya meresap.

Setelah dioles, tunggu dulu kira-kira 20-30 menit sebelum akhirnya Anda boleh membasuhnya menggunakan air bersih. Bahan alami ini bakal sangat berkhasiat secara efektif dalam menebalkan alis Anda apabila dilakukan setiap hari. Hasilnya tidaklah instan, namun penggunaan rutin jelas alis akan tumbuh semakin tebal secara perlahan tapi pasti.

(Baca juga: manfaat minyak zaitun untuk rambut anak)

9. Memakai Kemiri

Kemiri adalah bahan alami yang biasanya banyak digunakan untuk menumbuhkan rambut hingga bulu mata. Tapi Anda juga pasti pernah dengar akan manfaat kemiri untuk alis mata. Untuk menggunakannya, kemiri yang sudah disiapkan secukupnya dapat Anda sangrai terlebih dulu, ambil minyaknya karena itulah yang Anda paling butuhkan.

Minyak kemiri buatan sendiri inilah yang bisa langsung Anda terapkan ke alis mata secara merata memakai cotton bud. Lakukanlah setiap hendak berangkat tidur, yakni di malam hari, supaya kandungannya terserap sampai ke akar alis semalaman. Esok paginya barulah Anda bilas dengan air; memakai cara ini setiap hari akan memberikan hasil yang lebih memuaskan.

(Baca juga: cara menebalkan alis dengan kemiri)

10. Menggunakan Minyak Kelapa dan Lemon

Kalau sebelumnya sudah disebutkan bagaimana manfaat dari lemon sendiri untuk pertumbuhan alis mata, kini Anda bisa mengombinasikannya dengan minyak kelapa. Campurkanlah minyak kelapa secukupnya dengan kulit jeruk lemon yang sudah diserut. Ambil kapas dan rendam ke dalam larutan campuran tersebut, lalu kompreskan atau oles ke alis mata.

Diamkanlah selama semalaman supaya zat-zat baik penstimulasi pertumbuhan alis bisa terserap secara sempurna. Menggunakannya rutin setiap hendak tidur di malam hari bakal lebih efektif, sebab alis akan dapat teriritasi apabila Anda menggunakannya di siang hari dan terkena paparan sinar UV. Kapas yang digunakan akan lebih baik kalau ukurannya bisa sama dengan alis Anda.

(Baca juga: manfaat minyak kelapa untuk alis)

11. Diet Sehat

Berdiet mungkin bagi Anda hanyalah sebuah cara untuk menurunkan berat badan. Padahal sebenarnya berdiet sehat memiliki banyak keuntungan, salah satunya menumbuhkan alis mata supaya tampil tebal dan menarik. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya akan vitamin dan mineral seperti berikut:

  • Makanan kaya akan vitamin E, meliputi bayam, daun kemangi, dan kacang-kacangan.
  • Makanan kaya akan vitamin A, meliputi wortel dan ubi jalar.
  • Makanan kaya akan omega-3, meliputi ikan salmon, minyak zaitun, walnut, dan alpukat.
  • Makanan kaya akan zat besi, meliputi daging tanpa lemak, sayuran hijau, ikan, dan susu.
  • Makanan kaya akan protein, meliputi yogurt, lentil, kacang-kacangan, tahu dan keju.
  • Makanan kaya akan vitamin C, meliputi buah jeruk, pepaya, dan brokoli.

(Baca juga: manfaat edamame untuk kecantikan)

12. Tidur Cukup

Mendapatkan kualitas tidur yang baik dan cukup menjadi bagian dari cara menebalkan alis mata Anda. Tidur paling tidak sehari 6 jam bakal cukup dalam merangsang pertumbuhan alis mata yang diikuti tentunya dengan serangkaian metode perawatan alami yang sudah disebutkan sebelumnya. Dengan cara-cara di atas berikut juga tidur yang cukup, pertumbuhan alis mata akan menjadi semakin maksimal, yaitu semakin tebal dengan cepat.

13. Tidak Mencukur Alis Terlalu Sering

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa salah satu rahasia agar rambut cepat panjang dan lebat adalah dengan memotongnya ketika sudah panjang sedikit. Inilah yang kemungkinan menjadi dasar bagi beberapa orang untuk sering-sering mencukur alis supaya bisa tambah tebal. Padahal justru hal seperti ini tidak dianjurkan, baik itu tweezing atau waxing alis mata, sebaiknya tidaklah dilakukan secara sering supaya pertumbuhan alis secara alami tidak terhambat.

14. Menggunakan Petroleum Jelly

Carilah produk petroleum jelly untuk Anda gunakan sebagai penumbuh alis agar makin tebal dan lebat. Khasiat dari petroleum jelly benar-benar baik karena mampu melembabkan sekaligus menjadikan alis mata lebih tegas serta lurus. Oleskan petroleum jelly secara rutin di mana per harinya bisa 3-4 kali, hasil akan terlihat tidak sampai sebulan.

(Baca juga: manfaat vaseline untuk alis)

15. Memberi Pijatan

Tidak perlu harus selalu sedia minyak esensial hanya untuk memijat alis supaya pertumbuhannya lebih cepat dan tebal. Ketika sedang di waktu senggang, cobalah untuk memijat folikel rambut di bawah alis mata Anda secara rutin alias setiap hari. Gerakan pemijatan pastikan dilakukan secara memutar dengan arah tumbuhnya alis. Coba dan rasakan sendiri perbedaannya dalam beberapa bulan.

(Baca juga: fungsi alis mata manusia)

16. Menggunakan Urang Aring

Urang aring adalah bahan alami yang pada umumnya bakal lebih sering digunakan untuk menumbuhkan rambut atau menghitamkannya. Namun bila rambut pada kepala saja dapat secara efektif distimulasi untuk tumbuh secara lebih lebat dan tebal, mengapa tidak mencobanya untuk alis mata? Vitamin E di dalam urang aring cukup tinggi sehingga pastinya sangat bermanfaat untuk menebalkan alis.

Vitamin E yang diketahui baik untuk kesehatan kulit rupanya bukan sebatas itu saja. Manfaat urang aring untuk alis pun termasuk besar karena vitamin E-nya mampu membuat alis tumbuh lebih subur. Ketebalan yang diciptakan oleh urang aring ini pada alis mata Anda bakal sangat alami sehingga tentu tak perlu lagi memanfaatkan pensil alis.

17. Memakai Mentega

Tak banyak yang tahu bahwa mentega selain nikmati dimakan dengan roti atau digunakan sebagai bahan memasak, juga mampu menebalkan alis. Untuk alis yang tebal secara natural tanpa efek samping, cobalah untuk mengoleskannya sedikit atau secukupnya ke seluruh alis mata Anda. Sesudah dioles merata, tinggalkan semalaman.

Itu artinya, Anda perlu menjadikan perawatan ini ritual tepat menjelang tidur di malam hari. Barulah esok paginya dapat Anda bersihkan dan basuh sampai bersih menggunakan air hangat. Melakukan metode ini secara rutin akan membantu Anda memperoleh hasil yang selama ini diharapkan. Perhatikan dalam 1-2 bulan sejak Anda memulai perawatan, Anda akan menyukai progresnya.

(Baca juga: manfaat mentega untuk alis)

18. Menggunakan Seledri

Untuk alis yang tebal dan alami serta subur, Anda bisa juga memanfaatkan daun seledri yang Anda bisa pakai setiap hari untuk perawatan. Anda dapat mengaplikasikannya secara sederhana, yakni dengan menumbuk daunnya yang sudah Anda sediakan secukupnya dan terapkanlah pada alis secara merata. Sekitar 20-30 menit Anda perlu menunggu lebih dulu sampai kandungan nutrisinya terserap ke dalam kulit.

Setelah 30 menit berlalu, bilas menggunakan air dan kalau Anda memakai cara ini setiap hari, alis tebal yang Anda dambakan bakal tercipta tanpa bersusah-payah. Bahkan cara ini sangat murah tanpa bahan campuran lainnya. Namun, daun ini juga bisa dicampurkan bersama bahan lainnya, yaitu minyak zaitun atau minyak hazelnut.

(Baca juga: manfaat mencukur alis)

Demikianlah cara menebalkan alis mata yang bisa Anda coba secara sederhana dan tanpa mengeluarkan kocek yang mahal. Kiranya cara-cara tersebut dapat berhasil sehingga Anda tak perlu lagi harus repot-repot berlama-lama menggambar alis lagi.