25 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Paling Alami dan Ampuh

Cukup mengesalkan memang bila memiliki jenis kulit berminyak walaupun memang tipe kulit seperti ini lebih baik ketimbang kulit kering karena tidak akan mudah berkerut. Hanya saja, ketika minyak pada wajah terlalu berlebihan, maka wajah pun bakal kelihatan mengkilap, apalagi sesudah beberapa jam memakai krim wajah atau makeup. Namun tenang saja, ada segudang cara mengatasi wajah berminyak tanpa harus mengkhawatirkan efek samping berbahaya.

(Baca juga: manfaat eksfoliasi wajah)

1. Sering Minum Air Putih

Air putih tak hanya sekadar menghidrasi tubuh agar senantiasa sehat dan segar, tapi air putih juga berguna dalam menjaga kesehatan kulit. Teorinya, kelembaban yang kurang pada tubuh akan memicu kulit kerng di mana kulit pun juga bakal memroduksi minyak lebih.

Minyak yang diproduksi secara berlebihan oleh kulit tersebut tujuannya adalah untuk dapat menyeimbangkan kulit yang kering. Maka dari itu, minum banyak air putih sangat banyak manfaatnya dan pastikan konsumsi 8-10 gelas per harinya. Ketimbang minum minuman lainnya seperti soft drink, air putih selalu jauh lebih baik.

2. Menggunakan Kertas Minyak

Alangkah dianjurkan untuk selalu ke mana-mana membawa kertas minyak sebagai pertolongan pertama ketika sedang bepergian. Terkadang wajah bakal lebih berminyak dari biasanya ketika memakai makeup, jadi jangan lupa selalu sedia kertas minyak untuk menyerap secara cepat. Lebih baik memakai kertas minyak ketimbang ditumpuk lagi dengan bedak.

(Baca juga: manfaat buah apel untuk kesehatan rambut)

3. Menggunakan Apel

Bila Anda bertanya cara mengatasi muka berminyak secara alami, salah satu caranya adalah dengan menggunakan buah apel. Buah menyehatkan ini dapat menjadi eksfoliator atau pengangkat sel kulit mati dan juga bersifat antiseptik serta astringent. Untuk kulit berminyak, apel adalah bahan aman untuk dijadikan metode perawatan wajah.

  • Caranya: Sediakan setengah apel yang bisa Anda parut, lalu parutannyalah yang bisa Anda taruh merata pada seluruh area wajah. Tunggu selama 15 menit sebelum kemudian Anda pakai air hangat untuk mencuci wajah. Atau, bisa juga Anda campurkan parutan apel dengan jus lemon serta yogurt sesendok teh masing-masing untuk dibuat pasta. Terapkan ke wajah, tunggu 45 menit sebelum kemudian dicuci dengan air dingin.

4. Rajin Membersihkan Wajah

Kulit bisa sangat berminyak biasanya karena pembesaran pori-pori di mana diikuti juga dengan folikel rambut pada kulit yang super banyak. Apabila kulit berminyak ditambah dengan timbul jerawat, biasanya kulit bakal menjadi sangat sensitif.

Bila sudah demikian, jangan malas untuk membersihkan wajah setiap harinya, apalagi melakukan metode double cleanse. Biasakan untuk melakukan metode tersebut dan selalu ganti handuk secara rajin karena handuk yang terlalu lama bakal kemungkinan sudah dipenuhi kuman. Bahkan sarung bantal yang tidak diganti-ganti bisa mengotori wajah kita dengan menumpuknya kuman di sana.

(Baca juga: manfaat menthol untuk wajah)

5. Menggunakan Putih Telur

Bahan satu ini tak hanya bagus dalam menghilangkan komedo saja, tapi juga bermanfaat dalam mengatasi wajah berminyak. Kandungan vitamin A berkadar tinggi bakal secara ampuh membuat minyak berlebih berkurang sekaligus juga membuat kulit lebih kencang.

  • Caranya: Kocoklah 1 putih telur hingga benar-benar kaku dan langsung terapkan ke area wajah Anda yang sudah dibersihkan. Tunggu kering sebelum dibilas dengan air hangat; alangkah lebih bermanfaat bila dilakukan seminggu 2 kali perawatan ini. Atau, bisa juga dengan menambahkan setengah jus lemon pada putih telur, dicampur, lalu terapkan ke wajah. Biarkan selama 15 menit sebelum mencucinya menggunakan air hangat.

6. Memanfaatkan Tomat

Sebagai salah satu jenis sayur yang tinggi kadar vitamin C-nya, tomat tak hanya mampu diandalkan sebagai pemutih wajah alami. Vitamin C-nya juga baik dalam mengendalikan minyak berlebih pada wajah serta mengatasi timbulnya jerawat. Kandungan asam penyerap minyak alaminya juga menjadi andalan.

  • Caranya: Sediakan sebuah tomat yang bisa Anda belah menjadi 2, lalu langsung gunakan dengan cara menggosok-gosokkannya ke permukaan kulit wajah. Jus dapat Anda biarkan meresap ke dalam kulit kira-kira 15 menit saja. Gunakan air dingin sebagai pembilas, tepuk-tepuk wajah sampai kering, lanjutkan dengan pemakaian pelembab wajah ringan bebas minyak. Melakukannya rutin seminggu 3-4 kali akan lebih memuaskan hasilnya.

(Baca juga: manfaat tomat untuk kulit)

ads

7. Mengombinasikan Pisang dan Madu

Kombinasi antara pisang dan madu untuk dijadikan masker adalah pilihan yang sangat tepat untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah. Mencampurkan keduanya tak hanya akan berguna untuk jenis kulit berminyak, untuk kulit kering dan berkerut sekalipun juga sangat baik.

  • Caranya: Sediakan sebuah pisang berikut juga madu sebanyak 1 sendok makan yang kemudian keduanya bisa diblender bersama-sama. Tambahkan juga sedikit jus lemon sebagai pelengkap, dan kalau sudah jadi bisa Anda terapkan ke wajah, tinggalkan 15 menit. Untuk membuka pori-pori, gunakan handuk basah hangat untuk membilas atau membersihkan wajah. Tepuk-tepuk kulit wajah hingga kering, barulah aplikasikan pelembab seperti biasa.

8. Memakai Mentimun

Ada banyak cara alami dalam menyingkirkan minyak berlebih dari kulit wajah, dan itulah salah satu manfaat timun untuk wajah Anda. Di dalam mentimun, ada kandungan tinggi akan kalium, magnesiu, vitamin E dan A yang sangat tinggi sehingga sangat efektif dalam mengatasi kulit berminyak.

  • Caranya: Sediakan mentimun segar dan potong-potong secara tebal-tebal. Gosok-gosokkan irisan mentimun ke seluruh wajah setiap malam sebelum tidur, dan biarkan semalaman. Esok paginya baru Anda bilas menggunakan air hangat. Atau bisa juga Anda campurkan jus mentimun bersama perasan jeruk nipis. Terapkan ke wajah, tunggu kering, lalu pakai air hangat sebagai pembilas.

(Baca juga: manfaat totok aura wajah)

9. Memanfaatkan Garam

Kalau Anda mengira bahwa garam hanya bisa digunakan sebagai penyedap masakan, ternyata garam dapat dijadikan bahan perawatan kulit wajah berminyak juga. Sebagai agen pengering alami serta desinfektan, garam diyakini punya kemampuan besar dan efektif dalam mengurangi atau mengatasi minyak berlebih pada wajah.

  • Caranya: Sediakan sebuah botol semprot yang bisa Anda isi dengan air hangat, lalu tambah dengan 1 sendok teh garam. Untuk penerapannya, Anda dapat menutup mata lebih dulu, lalu air garam tersebut bisa disemprotkan ke wajah secara merata. Jangan terburu membilasnya karena biarkan demikian agar kandungan baik garam terserap sempurna. Setiap hari, ulangi perawatan ini secara teratur dan rasakan manfaatnya.

10. Menggunakan Kuning Telur

Bila biasanya bagian putih telurlah yang diketahui mampu mengatasi masalah kulit, kini kuningnya bisa ikut dimanfaatkan. Kabar baiknya, bagian kuning telur pun memiliki manfaat besar dalam menghilangkan kelebihan produksi minya pada wajah. Jadi, terserah Anda mau memakai putih atau kuningnya saja.

  • Caranya: Siapkan 2 butir telur, pecahkan, pisahkan antara kuning dan putihnya untuk mengambil bagian kuningnya saja. Kocok kedua kuning telur sampai benar-benar tampak merata lalu ambil bola kapas untuk diterapkan ke seluruh area wajah. Selama 15 menit, biarkan untuk meresap, dan ketika sudah waktunya Anda bisa membilas memakai air dingin.

(Baca juga: manfaat kuning telur untuk wajah)

11. Memanfaatkan Kulit Jeruk

Pada umumnya, mungkin buah atau daging jeruk yang digunakan sebagai metode perawatan wajah. Kali ini kulit jeruklah yang perlu Anda pertimbangkan untuk digunakan dalam mengendalikan sekresi minyak berlebihan. Sebagai agen astringent, kulit jeruk cukup mumpuni untuk diandalkan sebagai penghilang minyak pada kulit wajah.

  • Caranya: Sediakan kulit jeruk secukupnya yang kemudian bisa Anda keringkan di bawah sinar matahari lebih dulu. Giling hingga menjadi bubuk, lalu bubuk yang sudah jadi campurkan dengan air mawar untuk membentuk pasta. Pasta inilah yang Anda bisa terapkan pada seluruh wajah, tinggalkan 15 menit. Setelah itu gunakan air untuk membilas; selain minyak noda hitam juga dapat Anda cegah.

12. Memakai Baking Soda

Karena ada sifat pengelupas kulit alami, baking soda atau soda kue lebih sering digunakan untuk meremajakan kulit. Namun sebenarnya baking soda pun memiliki kemampuan baik dalam mengatur produksi minyak berlebih. Bahkan kadar pH kulit juga dapat menjadi lebih seimbang dengan bahan ini.

  • Caranya: Ambil baking soda sebanyak 2 sendok makan yang bisa dicampurkan langsung dengan air sebanyak 1 sendok makan. Buatlah pasta dari campuran tersebut, lalu pasta bisa diterapkan ke seluruh wajah asal jangan kena mata. 5 menit kemudian pasti sudah mengering, barulah Anda pakai air hangat sebagai pembilas wajah hingga bersih.

(Baca juga: cara menghilangkan bekas luka)

13. Menggunakan Yogurt

Untuk urusan diet, yogurt tawar selalu masuk dalam daftar menu, apalagi sebagai cemilan sehat. Namun karena kandungan asam laktatnya cukup tinggi, Anda bisa mengandalkannya sebagai penghilang minyak pada wajah. Ada kemampuan menyerap minyak berlebih pada kulit wajah sehingga wajah mengkilap dapat Anda hindari.

  • Caranya: Cukup gunakan yogurt tawar sebanyak 1 sendok makan saja dengan menerapkannya ke area wajah secara menyeluruh. Tunggu 15 menit supaya menyerap, barulah Anda mencuci wajah. Sehari sekali setiap hari lebih disarankan. Atau, yogurt organik 1 sendok makan dapat Anda campurkan dengan oatmeal yang sudah ditumbuk. Aduklah di dalam madu hangat sebanyak 1 sendok teh, dan oles ke wajah, tunggu 15 menit sebelum membilasnya.

14. Memanfaatkan Jeruk Lemon

Jangan lupa bahwa manfaat jeruk lemon untuk wajah yang berminyak, berjerawat serta kusam sangat tinggi. Ambil jusnya sebab asam sitrat serta sifat antiseptiknya mampu menyeimbangkan kadar pH kulit dan mengendalikan produksi minyak secara efektif.

  • Caranya: Sediakan jus lemon segar sebanyak 1 sendok teh dan campurkan bersama air yang sudah disuling sebanyak 1 ½ sendok teh. Campuran inilah yang perlu Anda terapkan pada kulit wajah menggunakan kapas yang dicelupkan ke ramuan lebih dulu. Tunggu 10 menit baru dibilas dengan air hangat. Pemakaian sehari sekali dalam beberapa hari kiranya bisa membuat kulit tak seberminyak sebelumnya.

(Baca juga: manfaat lemon untuk rambut)

15. Menggunakan Susu

Orang dengan kulit yang sangat berminyak biasanya juga mempunyai kulit yang sensitif. Untuk wajah berminyak yang cukup sulit dikendalikan, Anda memerlukan pembersih wajah yang mampu mengenyalkan, menghaluskan, dan melembabkan tanpa membuat produksi minyak makin menjadi-jadi.

  • Caranya: Gunakan metode perawatan wajah dengan susu; campur susu sebanyak 2 sendok makan dengan 2-3 tetes minyak lavender. Celupkan kapas halus ke dalam larutan tersebut untuk kemudian Anda oles ke wajah secara menyeluruh. Pijat-pijat lembut beberapa menit agar peredaran darah menjadi lancar. Jangan dibilas selama semalaman, jadi gunakan tepat sebelum tidur, baru dibilas esok paginya memakai air dingin.

16. Memakai Madu

Selain bisa menjadi campuran atau pelengkap metode perawatan dengan bahan lain, madu juga bisa menjadi bahan utama dalam perawatan wajah berminyak. Tak hanya sebagai pencegah penuaan dini, Anda pun mampu mengurangi minyak berlebih pada permukaan kulit wajah. Karena bersifat antiseptik, kulit berjerawat juga bisa diatasi dengan bahan ini.

  • Caranya: Anda bisa secara langsung menerapkan madu murni yang sudah disediakan langsung ke seluruh wajah secara merata. Tunggu 15 menit saja sebelum membasuh wajah menggunakan air dingin. Sehari 2 kali adalah aturan perawatan yang dianjurkan demi dapat memperbaiki pori-pori yang membesar sehingga tampilan lebih segar dan tak mengkilap.

(Baca juga: manfaat madu untuk rambut)

17. Memanfaatkan Tepung Jagung

Nama lain tepung jagung adalah tepung maizena dan selain bisa untuk membuat makanan, ini bisa menjadi solusi tepat bagi kulit wajah berminyak. Bahkan dengan tepung jagung jugalah Anda bisa memperoleh wajah yang kelihatan bersih, cerah dan halus secara alami.

  • Caranya: Sediakan tepung jagung yang banyaknya mencapai 2-3 sendok makan saja dan campurlah dengan air hangat seperlunya. Tujuan penambahan air hangat adalah untuk membuat pasta. Pasta yang sudah jadi dapat Anda terapkan ke bagian wajah selama beberapa menit hingga kering. Gunakan air hangat untuk membilas; setiap hari Anda bisa mengulangi metode perawatan ini untuk hasil lebih optimal.

18. Menerapkan Masker Lumpur

Pernah dengar bahwa masker lumpur atau tanah liat itu baik untuk kulit berminyak? Bila belum pernah mencoba, tak ada salahnya kali ini Anda mengambil langkah ini. Masker tanah liat diyakini mampu menghilangkan sel-sel kulit mati, kotoran dan sisa-sisa makeup. Pori-pori pun bakal lebih kencang serta kulit bisa lebih lembut.

  • Caranya: Ambil tanah liat sebanyak 3 sendok makan yang kemudian dapat dicampur bersama air biasa atau air mawar secukupnya supaya terbentuk pasta. Pasta tersebutlah yang perlu Anda terapkan ke wajah secara menyeluruh. Namun tinggalkan selama 20 menit sebelum boleh dibilas; lakukan seminggu sekali untuk hasil terbaik.

(Baca juga: masker untuk mengencangkan kulit)

19. Tidak Mengonsumsi Makanan Berlemak

Cara merawat kulit berminyak agar tidak kusam dan lepek lainnya adalah dengan menghindari makanan yang tak sehat. Mungkin Anda penggemar makanan bersantan dan berlemak tinggi lainnya karena sangat nikmat. Namun perlu diketahui bahwa makanan-makanan seperti itu mampu berkontribusi lebih untuk memroduksi minyak lebih banyak pada kulit wajah.

Segala makanan yang tinggi akan garam, gula, serta lemak (khususnya lemak jenuh) tak hanya mampu menyebabkan berbagai penyakit kronis. Kulit wajah super mengkilap akibat produksi minyak juga disebabkan oleh faktor tersebut. Makanan dari tepung dan produk susu pun juga demikian, kecuali yang rendah lemak, jadi batasi atau kalau bisa hindari mulai sekarang.

20. Mengonsumsi Makanan Pengontrol Minyak

Bila ada jenis makanan yang mampu menyebabkan produksi minyak berlebih, ada juga makanan-makanan yang sehat dan baik untuk kulit. Makanan semacam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, serta biji-bijian adalah yang paling tepat. Konsumsilah jenis makanan seperti itu agar wajah tak begitu berminyak.

Jenis-jenis makanan tersebut justru malah dianggap sebagai makanan pengendali produksi minyak berlebih, khususnya buah sitrus serta sayuran berwarna hijau. Dengan memilih makanan seperti itu, memang Anda bisa menganggap cara ini sebagai diet sehat. Bahkan ketika menyiapkan menu sayuran, jangan tambahkan banyak minyak, tapi cukup dengan mengukus atau merebusnya saja.

(Baca juga: manfaat lidah buaya untuk kulit wajah)

21. Mengendalikan Stres

Anda harus tahu lebih dulu apa yang menyebabkan kulit wajah bisa sangat berminyak selain dari faktor kelenjar dan makanan. Stres juga merupakan faktor penting dalam produksi minyak berlebih pada wajah Anda. Penting untuk Anda tahu bahwa stres bisa menjadi pemicu tubuh untuk menghasilkan kortisol yang menyebabkan produksi minyak tak tanggung-tanggung.

Itulah mengapa Anda perlu mulai dari sekarang tahu bagaimana cara mengendalikan stres yang baik dan benar. Dengan mampu mengelola stres, produksi kortisol pun bakal berkurang yang otomatis membuat produksi minyak juga menurun. Berelaksasilah dengan mengandalkan teknik-teknis pernapasan dalam-dalam, yoga, atau meditasi yang bisa dilakukan setiap hari secara rutin.

Sponsors Link

22. Memakai Lidah Buaya

Tanaman bernama lain aloe vera ini sudah tak usah dipungkiri lagi soal khasiatnya. Manfaat lidah buaya untuk kulit serta rambut sudah sangat populer, jadi tak salah bila Anda menggunakannya sebagai solusi kulit berminyak. Sifat antimikrobanya membuat bahan ini sangat ideal dalam merawat kulit sebagai penyerap produksi minyak lebih.

  • Caranya: Ambil daun atau batang lidah buaya dan potong menjadi 2 bagian yang kemudian Anda manfaatkan gelnya. Oles gel ke seluruh wajah dan biarkan mengering baru basuhlah wajah menggunakan air bersih. Dalam sehari, lakukan 2 atau 3 kali perawatan sederhana ini agar manfaat yang optimal dapat Anda rasakan dan buktikan sendiri.

(Baca juga: manfaat seledri untuk wajah)

23. Menggunakan Seledri

Bila seledri pada umumnya dipakai untuk merawat kesehatan rambut, seledri kali ini dapat Anda gunakan sebagai solusi dari wajah mengkilap akibat minyak berlebih. Jenis daun ini bermanfaat dalam mengurangi minyak tapi dengan tetap memberi nutrisi serta tanpa membuat kulit kering.

  • Caranya: Ambil seledri 3 batang saja dan pastikan kondisinya masih segar. Sediakan air secukupnya, lalu rebus sampai mendidih. Sesudah seledri dicuci, potong dalam ukuran kecil-kecil dan masukkan ke cangkir. Air panas tadi bisa dituang ke cangkir, lalu biarkan terseduh. Setelah agak dingin, masukkan ke lemari es; air rendaman seledri dingin itulah yang bakal Anda pakai untuk mencuci wajah sebelum tidur.

24. Memanfaatkan Cuka Sari Apel

Orang-orang kebanyakan mengetahui bahwa cuka sari apel mampu mengatasi jerawat karena sifat antibakterinya. Namun untuk kulit berminyak pun juga mujarab karena jerawat sendiri biasa dipicu oleh kulit yang berminyak dan invasi bakteri.

  • Caranya: Buatlah toner alami buatan sendiri menggunakan cuka sari apel ini dengan mengencerkan kira-kira ¼ cangkir cuka sari apel bersama dengan air murni ¾ cangkir saja. Setelah dicampur, toner dapat Anda terapkan di kulit menggunakan kapas lembut. Tunggu dan tinggalkan selama 10 menit sebelum Anda pakai air dingin untuk membasuhnya. Menggunakan cara ini semunggu beberapa kali akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal.

25. Memakai Oatmeal

Oatmeal memang dikenal sebagai sarapan sehat bagi penderita penyakit jantung. Namun tak hanya untuk kesehatan organ dalam tubuh kita saja oatmeal ini dapat dimanfaatkan. Oatmeal juga mampu menyerap kelebihan minyak pada kulit wajah secara alami tanpa efek samping.

  • Caranya: Sediakan oatmeal sebanyak 1 sendok makan yang bisa dicampur bersama sedikit gel lidah buaya hanya untuk membentuk scrub. Sesudah scrub jadi, terapkan secara merata ke seluruh wajah dan tinggalkan selama 15 menit kurang lebih. Lanjutkan dengan membilasnya menggunakan air bersih, tapi pastikan bahwa Anda yang berjerawat menjauhi cara ini. Scrub memiliki tekstur yang kasar yang bila digunakan oleh yang berwajah jerawatan, maka akan membuat wajah teriritasi dan jerawat menjadi lebih mudah pecah.

(Baca juga: manfaat oatmeal untuk wajah sensitif)

Apabila Anda takut dan khawatir akan efek samping berbahaya dari produk-produk pengontrol minyak pada wajah, gunakanlah cara mengatasi wajah berminyak seperti di atas. Langkah-langkah tersebut lebih kecil efek sampingnya, bahkan hampir tidak ada karena saking alaminya. Pilih cara yang aman dan efektif untuk membuat kulit Anda kelihatan lembab, segar dan sehat tanpa mengkilap.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 26th, August 2016 / 08:12 Oleh :
Kategori : Wajah