10 Manfaat Putih Telur Untuk Perawatan Rambut

Bagaimana ritual perawatan rambut Anda sehari – hari? Apakah Anda termasuk pengguna produk rambut modern? Terkadang, hasil perawatan rambut dengan menggunakan produk rambut mutakhir yang berbahan kimia sulit diprediksikan. Bisa saja hasil perawatan itu sesuai dengan yang diinginkan, atau malah membuat rambut semakin bermasalah karena kandungan kimianya. Mungkin sesekali ada baiknya mencoba perawatan rambut dengan bahan alami.

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat rambut adalah telur, dalam hal ini khusus putih telurnya. Beberapa orang lebih memilih memakai hanya bagian putihnya saja karena putih telur tidak berbau setajam bagian kuning telur atau jika memakai seluruh bagian telur. Tetapi bukan itu saja manfaat putih telur untuk rambut, masih ada berbagai macam manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan putih telur.

Bagaimana Putih Telur Bermanfaat Untuk Rambut 

Telur kaya akan vitamin terutama vitamin A, B, D dan E, protein, asam lemak dan mineral seperti sulfur yang sangat penting untuk menyehatkan rambut. Oleh karena itu telur mempunyai beberapa manfaat yang bisa menyehatkan rambut seperti berikut ini:

  • Penyebab rambut kering adalah kelembaban yang kurang pada kulit kepala. Menggunakan putih telur pada rambut yang kering bisa menambah kelembaban yang kurang. Manfaat putih telur yang melembabkan akan memberi kelembutan pada rambut dan membuatnya tampak sehat.
  • Nutrisi yang ada pada putih telur bisa mencegah rambut patah dan memperbaiki kerusakan rambut.
  • Menggunakan putih telur pada rambut dapat mengembalikan kilau rambut yang berasal dari kandungan asam lemaknya. Rambut yang sulit diatur akan menjadi lebih mudah ditata dengan pemakaian putih telur.
  • Masalah kerontokan rambut akan lebih mudah diatasi dengan kandungan vitamin A dan E dalam telur.

Menggunakan Putih Telur Untuk Rambut

Folikel rambut membutuhkan asupan protein yang tinggi untuk menjadikannya kuat. Protein tinggi bisa diperoleh dari telur mentah. Manfaat telur untuk rambut berasal dari telur mentah yang mengandung nutrisi yang baik untuk rambut.

1. Mengatasi Rambut Rusak

Putih telur dicampur bahan – bahan lain dapat mengatasi penyebab rambut rusak. Beberapa cara membuatnya sebagai berikut:

  • Manfaat pisang untuk rambut akan digunakan pada campuran ini. Bahan – bahan lain yang digunakan selain putih telur adalah satu buah pisang, dan susu. Hancurkan pisang sampai lumat dan menjadi pasta. Campurkan satu cangkir susu dan dua putih telur. Tambahkan satu sendok makan minyak essential pilihan Anda seperti minyak almond, zaitun, castor, dan lain – lain. Pakai ke rambut dan kulit kepala sampai rata. Biarkan sekitar satu setengah jam kemudian cuci rambut dengan sampo.
  • Siapkan satu putih telur, satu sendok makan madu, satu sendok makan yoghurt dan setengah sendok makan minyak kelapa. Campur merata dan pakai di rambut serta kulit kepala. Biarkan selama dua jam, kemudian cuci rambut memakai air dingin.

Manfaat madu untuk rambut sebagai bahan alami yang bisa membantu mempertahankan kelembaban pada rambut dan bisa membuat rambut tetap sehat serta tidak rentan terhadap kondisi rambut patah. Gunakan hanya madu murni untuk menjamin keefektivitasan ramuan ini. Hati – hati agar tidak menambahkan madu terlalu banyak, karena akan membuat campuran menjadi semakin lengket dan sulit dibersihkan.

2. Mengatasi Rambut Kering

Cara mengatasi rambut kering adalah dengan menggunakan nutrisi dari bagian putih telur. Ada dua cara untuk membuat ramuan dari putih telur untuk mengatasi rambut kering yaitu:

  • Kocok putih telur dan yogurt tawar, tambahkan satu sendok minyak almond atau minyak zaitun. Biarkan selama 45 menit agar meresap ke dalam kulit kepala. Lalu cuci dengan sampo sampai bersih. Ramuan ini juga akan menjadi cara melembutkan rambut yang kasar.
  • Siapkan satu putih telur dengan susu skim satu cangkir, gunakan pada kulit kepala dan rambut sampai rata selama 30 menit, kemudian cuci dengan menggunakan sampo.

Selain itu ada pula manfaat susu untuk rambut yang bisa menjadi cara merawat rambut kering agar kelembaban alaminya dapat kembali pulih.

3. Mengatasi Rambut Berminyak

Rambut yang minyaknya berlebih bisa mengarah ke berbagai macam masalah kulit seperti menyumbat pori – pori kulit wajah, menyebabkan jerawat, dan masalah kulit lainnya. Putih telur bisa menjadi cara mengatasi rambut berminyak dan mengatasi penyebab rambut berminyak juga.

  • Kocok satu putih telur sampai berbusa kemudian pakai di kulit kepala. Biarkan selama setengah jam lalu keramas dengan sampo agar baunya hilang.
  • Siapkan dua putih telur, satu sendok makan madu dan satu sendok makan minyak zaitun. Pakai shower cap pada rambut dan biarkan selama lima belas atau dua puluh menit. Bilas dengan air atau dengan menggunakan sampo.

4. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Telur adalah salah satu bahan makanan yang mengandung protein tinggi, begitu juga dengan rambut yang terbuat dari protein. Karena itu menggunakan putih telur bisa membantu percepatan pertumbuhan rambut. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk meramu putih telur dan bahan lainnya:

  • Cara merawat rambut agar cepat panjang dengan menggunakan putih telur dan yogurt dalam jumlah yang sama secukupnya pada kulit kepala dan rambut sampai rata. Biarkan selama sekitar dua puluh menit lalu bilas dengan air dingin atau sampo. Lakukan setidaknya sekali seminggu akan bisa menstimulasi pertumbuhan rambut.
  • Siapkan satu putih telur dan satu sendok makan minyak zaitun. Campur dengan merata, dan gunakan campuran ini pada kulit kepala dan rambut. Biarkan selama lima belas sampai dua puluh menit, lalu cuci bersih dengan air atau sampo. Selain manfaatnya untuk rambut orang dewasa, ada juga manfaat minyak zaitun untuk rambut anak.

5. Mengatasi Ketombe

Putih telur dan lemon adalah cara alami menghilangkan ketombe yang bisa menghilangkan kotoran dan lemak yang berasal dari minyak berlebih pada kulit kepala dan juga mengelupas sel – sel kulit mati di kepala. Karena itu ramuan ini sangat bagus sebagai cara menghilangkan ketombe di kulit kepala, sebab semua kotoran dan sel kulit mati tersebut adalah penyebab ketombe pada rambut. Cara pembuatannya yaitu:

  • Siapkan satu putih telur, dan setengah jeruk lemon.
  • Campur kedua bahan secara merata kemudian pakai di kulit kepala serta seluruh rambut.
  • Tutup rambut dengan shower cap.
  • Biarkan beberapa saat sampai agak mengering lalu cuci rambut dengan sampo.

Manfaat lemon untuk rambut bersifat astringent dan bisa membantu mengurangi minyak yang berlebihan di kulit kepala, juga mengandung anti bakteri yang bisa mencegah infeksi pada kulit kepala. Selain mengatasi ketombe dengan putih telur dan lemon, ada pula cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis yang bisa dicoba.

6. Memperkuat Akar Rambut

Akar rambut dapat diperkuat dengan campuran putih telur dan minyak kelapa. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut ini:

  • Campur satu putih telur dan satu sendok teh minyak kelapa sampai rata. Lalu aplikasikan ke rambut termasuk kulit kepala, biarkan sampai agak mengering. Kemudian bilas dan cuci rambut. Perlu diingat untuk tidak menambahkan minyak kelapa terlalu banyak karena bisa membuat rambut menjadi berminyak.

Semua campuran ini juga bisa digunakan untuk cara merawat rambut panjang dan cara memanjangkan rambut pria dengan cepat. Manfaat minyak kelapa untuk rambut yaitu kaya akan vitamin, mineral dan asam lemak esensial untuk menstimulasi folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Molekul -molekul kecil dalam minyak kelapa mudah meresap ke dalam kulit kepala dan akar rambut sehingga bisa menutrisinya agar tumbuh dengan baik. Ada pula manfaat VCO untuk rambut bayi yang mempunyai khasiat yang sama.

7. Memberi Kilau Pada Rambut

Bila Anda menginginkan rambut yang berkilau alami, selain manfaat teh untuk rambut ada putih telur. Bagian putih telur adalah salah satu bahan yang bisa digunakan untuk perawatan rambut. Cara – cara membuat ramuan putih telur untuk rambut berkilau adalah:

  • Siapkan satu putih telur dan tiga sendok air. Campur kedua bahan sampai rata, gunakan di kulit kepala. Lalu bungkus kepala dengan shower cap. Biarkan selama dua puluh menit. Bilas dengan air dingin sampai bersih atau keramas dengan sampo.
  • Siapkan satu putih telur dan satu sendok teh madu. Campur bahan – bahan tersebut sampai rata. Pakai di kulit kepala dan rambut sampai semua bagian sudah tertutupi. Biarkan sampai agak mengering lalu bilas sampai bersih dengan air dingin atau sampo.

8. Mengatasi Gatal Pada Kulit Kepala

Putih telur mempunyai manfaat hair mask untuk rambut yang bisa mengatasi penyebab rambut gatal dan penyebab kulit kepala gatal dan bentol. Cara menggunakannya yaitu dengan mengocok putih telur, lalu pakai di kulit kepala dan tutup dengan shower cap. Biarkan selama sekitar dua puluh menit dan bilas. Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

9. Membersihkan Rambut

Putih telur juga bisa digunakan sebagai bahan pembersih rambut. Seperti diketahui di rambut terdapat banyak kotoran, minyak dan sel kulit mati yang terkadang tidak ikut terbawa oleh proses mencuci rambut. Dengan menggunakan putih telur, semua kotoran yang tersisa bisa dibersihkan. Caranya sangat mudah, hanya mengocok putih telur secukupnya dan diaplikasikan ke kulit kepala. Kemudian bilas setelah dibiarkan beberapa menit agar meresap. Menggunakan putih telur juga dapat menjadi cara membuat rambut lembut alami.

10. Sebagai Kondisioner Rambut

Sebagai bahan perawatan untuk rambut, putih telur juga mempunyai manfaat conditioner rambut yang manjur. Terlebih dulu basahi rambut secukupnya. Campur satu putih telur dan setengah cup kondisioner yang biasa dipakai. Pakai di seluruh kulit kepala dan rambut. Biarkan selama dua puluh menit, lalu keramas dengan sampo. Bisa dilakukan dua minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang cocok.

Tips Ketika Menggunakan Masker Putih Telur

Agar perawatan alami ini bisa efektif, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin mencoba masker rambut dari bahan putih telur ini, yaitu:

  • Selalu lakukan perawatan dengan putih telur sebelum mandi, karena masker rambut yang terbuat dari putih telur ini rentan menetes kemana – mana. Jadi lebih baik gunakan masker ini sewaktu berada di kamar mandi agar mudah membersihkannya.
  • Jangan pernah gunakan air hangat atau panas untuk mencuci rambut yang sedang dipakaikan masker putih telur, karena suhu panas bisa membuat telur menjadi padat dan lengket ke rambut, dan menjadi sulit untuk dibersihkan.
  • Walaupun putih telur tidak terlalu bau seperti bagian kuningnya atau jika menggunakan satu telur secara utuh, tetapi untuk membersihkannya tetap harus menggunakan cara ekstra. Mungkin Anda akan harus membilasnya beberapa kali sampai baunya hilang.
  • Selalu gunakan sampo yang berbahan ringan atau sampo herbal untuk mencuci rambut setelah memakai perawatan dengan putih telur ini. Jangan menggunakan sampo yang keras, karena bisa menghilangkan efek perawatan yang ada pada rambut.
  • Berhati – hatilah untuk menghindari kontak dengan mata, hidung dan mulut. Dalam putih telur terkandung bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Pastikan tangan sudah dicuci bersih setelah memakaikannya ke rambut.
  • Sesuaikan bahan yang dipakai dengan panjang rambut, jangan sampai terlalu berlebihan memakainya dengan harapan akan membuat rambut semakin cantik, karena akan mendatangkan efek yang sebaliknya.

Satu hal yang perlu diperhatikan dan sebenarnya adalah hal yang sangat penting, jika Anda memiliki alergi terhadap telur atau bahan lainnya yang digunakan dalam campuran diatas, sebaiknya jangan mencobanya. Masih banyak perawatan lain untuk rambut yang tidak mengandung resiko alergi seperti manfaat anggur untuk rambut, manfaat buah apel untuk kesehatan rambut dan manfaat timun untuk rambut yang bisa dicoba.