Manfaat Anggur Untuk Rambut – Buah, Minyak Biji, dan Minuman Red Wine

Buah anggur dikenal dengan sebutan “ratu buah-buahan” karena buah anggur dianggap buah mewah dengan harganya yang cukup mahal tetapi memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Buah anggur yang berbentuk bulat kecil-kecil ini termasuk dalam keluarga Vitaceae dan memiliki tiga jenis warna yaitu warna hijau, merah dan hitam atau ungu. Buah ini bisa dimakan langsung atau bisa digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur (wine), minyak biji anggur, dan kismis.

Buah anggur memang memiliki rasa yang lezat asam manis jika kita konsumsi langsung. Tetapi dibalik rasanya yang enak, buah anggur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan salah satunya adalah untuk perawatan rambut. Rambut yang sehat dan indah pasti menjadi idaman setiap wanita. Untuk merawat kesehatan rambut ini tidak ada salahnya mencoba buah anggur. Buah anggur yang kita konsumsi secara langsung bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut, karena lebih alami daripada menggunakan produk-produk yang mengandung bahan kimia yang kadang justru memberi efek samping yang kurang baik terhadap rambut kita. Anggur yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut adalah buahnya, minyak bijinya, dan juga minuman anggurnya (wine).

Buah

Kandungan yang terdapat di dalam buah anggur yang dapat dimanfaatkan untuk merawat rambut :

  1. Antioksidan alami – dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga dapat mendorong pertumbuhan rambut, sehingga tumbuh lebih lebat. (Baca juga : manfaat kulit apel untuk rambut)
  2. Vitamin C dan vitamin A – dapat melindungi kulit kepala dari sinar ultraviolet yang menyengat langsung ke kepala, sehingga tetap terjaga kelembabannya dan rambut berkilau dan tidak kering. (Baca juga : manfaat air beras untuk rambut)
  3. Vitamin E dan asam linoleat – dapat memperkuat folikel sehingga rambut kuat dan sehat sehingga bermanfaat dalam mengatasi rambut rontok dan kerusakan rambut akibat penanganan yang kasar.
  4. Resveratrol – membantu mencegah rambut rontok
  5. Antiseptik – mengatasi kerusakan rambut dan sebagai obat kulit kepala yang gatal (Baca juga : penyebab kulit kepala gatal dan bentol)

Cara membuat masker buah anggur untuk rambut :

  • Ambil beberapa biji buah anggur
  • Blender buah anggur tersebut sampai halus
  • Balurkan secara merata ke kulit kepala dan batang atau helai rambut
  • Kemudian bungkus rambut dengan handuk kering selama kurang lebih 30 menit
  • Sambil menunggu masker rambut bekerja, Anda bisa bersantai sambil menutrisi rambut dari dalam tubuh dengan ngemil buah anggur atau minum jus anggur
  • Setelah 30 menit, bilas masker anggur tadi dengan air hingga bersih
  • Gunakan masker anggur selama 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal
Sponsors Link

Minyak Biji

Minyak biji anggur (grapeseed oil) yang dalam bahasa latin disebut dengan Vitus vinifera merupakan salah satu jenis minyak yang berkualitas, yang didapat dengan cara mem-pressing atau menekan biji anggur yang telah dikeringkan.Minyak biji anggur mengandung kadar OPC (Oligomere Proanthrocyanidin) yang tinggi, yang merupakan antioksidan paling tinggi 50 kali lebih kuat dari vitamin E dan 30 kali lebih tinggi dari vitamin C. Minyak ini bersifat melembabkan dan memiliki kemampuan regenerative, sehingga sangat populer sebagai bahan kosmetik dan aromaterapi.

(Baca juga : manfaat minyak zaitun untuk rambut anak)

Manfaat minyak biji anggur untuk rambut :

  1. Untuk pertumbuhan rambut

Minyak biji anggur  yang mengandung vitamin E, asam linoleat, protein dan mineral dapat mudah diserap oleh kulit kepala, sehingga semua nutrisi tersebut dapat membuat rambut tumbuh dengan lebih cepat.

(Baca juga : manfaat cuci rambut setiap hari)

  1. Menghilangkan ketombe dan dermatitis seboroik (kerak di kulit kepala)

Salah satu penyebab timbulnya ketombe di rambut dan kerak di kulit kepala adalah kulit kepala yang kering. Minyak biji anggur dapat bermanfaat sebagai pelembab alami yang dapat menyerap ke dalam kulit kepala, sehingga rambut terjaga kelembabannya dan tidak kering.

(Baca juga : manfaat jeruk nipis untuk rambutcara menghilangkan ketombe)

  1. Membuat rambut terlihat berkilau

Dengan minyak biji anggur, akan membuat rambut Anda terlihat lebih indah dan berkilau, karena kandungan nutrisinya yang dapat menjaga kesehatan rambut.

  1. Mengatasi rambut rontok

Vitamin E dan asam linoleat di dalam minyak biji anggur dapat memperkuat folikel rambut sehingga rambut tidak rontok.

(Baca juga : manfaat buah alpukat untuk rambut)

  1. Melembabkan kulit kepala

Minyak biji anggur sebagai vitamin alami yang dapat diserap di dalam kulit kepala sehingga melembabkan rambut dan memperkuat kutikula rambut.

(Baca juga : cara mengatasi rambut kering)

  1. Sebagai kondisioner alami

Minyak biji anggur bisa dipakai sebagai kondisioner alami dan memiliki efek sebagai pendingin. Selain melembutkan rambut, minyak ini juga akan membuat rambut lebih lentur, kuat dan terbebas dari kerapuhan dan ujung pecah-pecah.

(Baca juga : cara melembutkan rambut)

  1. Sebagai aromaterapi

Tekstur minyak biji anggur tidak berminyak sehingga tidak meninggalkan residu di kulit kepala. Minyak biji anggur juga memiliki sifat emolien yang baik dan cocok untuk semua jenis rambut sehingga dapat dipakai sebagai aromaterapi.

Cara memakai minyak biji anggur di rambut :

  • Cara 1 :

Ambil beberapa tetes minyak biji anggur, lalu oleskan ke kepala secara merata. Lakukan pemijatan secara lembut dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

  • Cara 2 :

Tuang beberapa tetes minyak biji anggur ke dalam kantong plastik, rendam sebentar di dalam air panas, lalu usapkan minyak yang telah hangat itu secara merata ke kulit kepala dan rambut. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, lalu Anda dapat melakukan keramas dengan seperti biasa.

Minuman Anggur (red wine) Untuk Rambut

Anggur yang dibuat minuman biasa kita sebut dengan sebutan wine. Jenis  red wine (anggur merah) lebih dikenal  sebagai wine yang banyak khasiatnya dibanding white wine, karena red wine mengandung resveratrol lebih banyak dibanding white wine sebagai akibat dari proses pembuatannya, dimana red wine difermentasikan dengan kulit anggur yang lebih lama. Siapa yang sangka kalau wine yang biasa diminum ini ternyata juga berkhasiat untuk kesehatan rambut.

Sponsors Link

Manfaat red wine untuk rambut :

  1. Membuat rambut berkilau

Hasil fermentasi anggur ini juga memiliki khasiat yang sama dengan buahnya dan minyak bijinya, yaitu dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan berkilau.

(Baca juga : manfaat mengkudu untuk rambut)

  1. Mencegah kerontokan rambut

Resveratrol adalah bahan utama dalam pembuatan wine yang dapat mengurangi pembentukan peradangan dan sel-sel mati, sehingga mengurangi rambut rontok dan dapat merangsang pertumbuhan rambut baru.

(Baca juga : manfaat alpukat untuk rambut rontok)

  1. Mengobati ketombe

Untuk menghilangkan ketombe, dapat memanfaatkan minuman red wine ini karena juga mengandung vitamin C dan A yang membantu menjaga kelembaban rambut.

(Baca juga : manfaat ginseng untuk rambut)

  1. Memperbaiki rambut yang rusak

Wine sama seperti buahnya juga memiliki sifat antioksidan sehingga wine menjadi pilihan ideal untuk meremajakan dan memperbaiki rambut Anda yang rusak.

(Baca juga : penyebab kerusakan pada rambut)

Cara memakai red wine di rambut :

  • Untuk membuat rambut berkilau – setelah rambut dikeramas dengan sampo dan kondisioner, siramlah wine sebagai bilasan terakhir. Anda akan melihat rambut Anda akan terlihat lebih berkilau.
  • Untuk menghilangkan ketombe – campurkan beberapa sendok teh wine dengan sedikit air lalu usapkan ke kulit kepala. Tutup kepala dengan handuk dan biarkan selama 30 menit. Kemudian, Anda bilas dengan air hangat menggunakan sampo.

Mengonsumsi anggur baik itu buahnya, minyak bijinya maupun minumannya bisa memberi efek samping bila dikonsumsi terlalu banyak. Terutama tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Wine bila diminum terlalu banyak dapat membuat mabuk. Sedangkan untuk pemakaian di luar tubuh, anggur aman dipakai di rambut. Kecuali buat Anda yang memiliki jenis kulit yang mudah alergi, dapat menghentikan penggunaan anggur di rambut Anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 18th, May 2016 / 11:35 Oleh :
Kategori : Rambut