10 Cara Menghaluskan Kulit Kaki Yang Kasar dan Kering

Bila dibandingkan dengan kulit tangan, kulit kaki seringkali kurang mendapat perhatian. Sebab letaknya yang ada di bagian bawah dan tidak banyak diperhatikan orang lain. Tetapi tidak ada salahnya melakukan perawatan terhadap kulit kaki. Agar penampilan kita yang cantik tidak hanya di bagian wajah dan bagian atas tubuh saja, tetapi juga di bagian bawahnya. Karena kadang kala ada saatnya orang lain juga memperhatikan bagian bawah, misalnya saat menggunakan rok atau celana pendek dan saat membuka alas kaki. Anda tidak ingin kan orang lain melihat kulit kaki Anda terlihat kasar, kering, kusam ataupun pecah-pecah.

Untuk melakukan perawatan kaki agar halus, Anda bisa menggunakan krim atau losion juga. Saat ini sudah banyak beredar krim atau losion khusus untuk kulit tubuh atau khusus untuk menghaluskan kaki. Bahkan Anda juga bisa melakukan perawatan di salon kecantikan. Tetapi untuk menghaluskan kaki Anda juga bisa mencoba cara yang alami dengan bahan-bahan alami.

Berikut ini cara menghaluskan kulit kaki dengan bahan-bahan alami, yaitu :

1.Mentimun.

Mentimun kaya akan nutrisi yang penting bagi tubuh. Sehingga tidak heran kalau mentimun banyak dikonsumsi sebagai salah satu menu diet sehat. Untuk urusan kecantikan, mentimun pun juga sudah banyak digunakan, seperti manfaat timun untuk rambut agar sehat dan berkilau, manfaat timun untuk mata dan wajah agar segar dan halus. Mentimun dipakai sebagai salah satu cara menghaluskan kulit wajah yang kasar secara alami. Ternyata mentimun juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit kaki.

Cara menghaluskan kulit kaki dengan mentimun adalah :

  • Haluskan mentimun dengan cara di blender.
  • Lalu baluskan pada bagian kulit kaki.
  • Diamkan sesaat baru kemudian dibilas dengan air.

 2.Getah papaya.

Selain buah dan daunnya yang biasa kita konsumsi, ternyata getah dari buah pepaya ini juga bisa menghaluskan kulit kaki. Sebab buah pepaya kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C dan enzim papain. Enzim papain berkhasiat untuk meregenerasi sel-sel kulit mati dan membuat pori-pori kulit mudah terbuka sehingga mudah dibersihkan. Untuk menghaluskan kulit kaki, bagian getahnya pepaya yang digunakan. Getah pepaya yang bersifat dingin ini tidak hanya dapat menghaluskan kulit, tetapi juga dapat mencerahkan kulit.

Cara menggunakan getah pepaya untuk menghaluskan kulit kaki :

  • Potong pangkal buah pepaya yang masih mengkel atau pepaya muda, sampai mengeluarkan getahnya.
  • Kemudian oleskan getah pepaya tersebut pada kulit kaki yang kasar atau ke seluruh bagian kaki.
  • Lalu bersihkan dengan air hangat. Manfaat air hangat ini adalah agar pori-pori kaki terbuka dan getah mudah meresap ke dalam kulit.
  • Lakukan sehari dua kali pagi dan sore untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Manfaat getah pepaya lainnya adalah sebagai cara menghilangkan kutil di tangan secara alami.

3.Mengkudu.

Buah mengkudu yang rasanya pahit dan baunya kurang sedap ini memang dikenal banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit. Buah mengkudu mengandung anti oksidan, anti kanker, berbagai vitamin dan mineral. Kandungan saponin yang terdapat di dalam mengkudu ini berkhasiat sebagai sabun pembersih untuk membersihkan sel-sel kulit mati dan menghaluskan kulit.

Cara menggunakan mengkudu untuk menghaluskan kulit kaki :

  • Pilih buah mengkudu yang sudah matang, berwarna kekuningan atau sudah lembek.
  • Lalu blender mengkudu tersebut hingga halus.
  • Oleskan jus mengkudu tadi ke bagian kulit kaki yang kasar.
  • Setelah itu bersihkan dengan air.
  • Lakukan perawatan ini satu kali sehari pada malam hari. Bila rutin dilakukan, dalam waktu sebulan maka kulit kaki yang kasar atau pecah-pecah akan menjadi halus kembali.

Selain untuk perawatan kulit tubuh, ada juga manfaat mengkudu untuk perawatan rambut.

4.Cuka.

Cuka yang rasanya asam ini biasa digunakan sebagai penyedap rasa dalam masakan. Tetapi tidak hanya sebagai bumbu dapur, cuka juga banyak dipakai untuk kecantikan. Tidak hanya cuka putih biasa, ada juga berbagai jenis cuka lainnya seperti cuka anggur dan cuka apel. Ada manfaat cuka apel untuk rambut kering, kusam dan berketombe. Sedangkan untuk menghaluskan kulit kaki, Anda juga bisa mencoba menggunakan cuka putih biasa.

Cara menggunakan cuka untuk menghaluskan kulit :

  • Tuang cuka ke dalam wadah atau ember yang telah diisi dengan air hangat.
  • Campur dengan sabun secukupnya.
  • Rendam kaki selama beberapa menit.
  • Setelah itu bilas kaki dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

5.Minyak peppermint.

Minyak peppermint  merupakan salah satu bahan pembuat permen karet, yang terdiri dari ramuan dua tanaman hibrida yaitu mint air dan spearmint. Minyak peppermint ini juga dipakai sebagai bahan kosmetik dan medis, karena berkhasiat untuk meremajakan dan menyegarkan kulit, sehingga bisa digunakan untuk kulit wajah dan tubuh, bahkan juga untuk perawatan rambut. Kandungan peppermint juga terbukti dapat membunuh bakteri dan dapat dipakai untuk menghaluskan kulit kaki.

Cara pemakaiannya pun mudah saja, Anda tinggal mengoleskan minyak peppermint ke bagian kaki secara merata. Penggunaan peppermint di bagian kaki juga bisa membantu menghilangkan pegal dan linu pada kaki. Diamkan saja di kaki hingga mengering sendiri tanpa perlu dibilas. Fungsi minyak peppermint ini juga bisa sebagai minyak relaksasi yang menyegarkan dan menenangkan, akibat adanya kandungan menthol di dalamnya. Bahkan manfaat menthol untuk kecantikan wajah agar wajah bersih, bebas jerawat dan minyak berlebih.

6.Strawberry.

Buah strawberry mengandung vitamin C yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh, dan sebagai antioksidan yang bisa meregenerasi kulit mati. Sehingga buah berwarna merah yang rasanya manis agak asam ini, tidak hanya baik dikonsumsi saja. Anda juga bisa menggunakannya untuk perawatan kulit kaki agar tampak halus.

Cara menggunakan strawberry untuk menghaluskan kaki dengan menambahkan beberapa bahan alami lainnya, yaitu minyak zaitun dan garam. Minyak zaitun dapat dipakai juga sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun. Cara membuat campuran strawberry dengan minyak zaitun dan garam untuk menghaluskan kulit kaki adalah :

  • Haluskan strawberry dengan blender.
  • Lalu campurkan dengan minyak zaitun dan garam kasar secukupnya.
  • Kemudian oleskan ramuan tersebut ke kaki.
  • Diamkan beberapa menit.
  • Setelah itu bilas dengan air hangat.

 7.Scrub kopi.

Ampas kopi tidak hanya bisa dipakai sebagai manfaat masker kopi untuk masker wajah, manfaat kopi untuk kulit juga bisa dibuat scrub untuk menghaluskan kulit kaki. Kandungan bahan di dalam kopi aman untuk kulit, bahkan mampu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga dapat melembutkan dan mencerahkan kulit.

Berikut ini cara membuat scrub kopi untuk menghaluskan kulit kaki :

  • Gunakan ampas kopi dari minuman kopi yang telah dibuat sebelumnya.
  • Tiriskan airnya sehingga hanya ampas kopinya saja yang digunakan.
  • Masukkan ampas kopi ke dalam wadah.
  • Tambahkan sedikit minyak zaitun atau baby oil ke dalamnya dan diaduk hingga tercampur rata.
  • Lalu oleskan ramuan tadi ke kulit kaki secara merata.
  • Diamkan selama 20 menit.
  • Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih, keringkan dengan handuk dan bilas kembali dengan air dingin.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin sekali seminggu hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Selain untuk perawatan kulit, manfaat kopi untuk perawatan rambut juga.

8.Jeruk nipis atau lemon.

Jeruk nipis dan lemon kaya akan vitamin C nya, sehingga dapat meremajakan kulit dan mencerahkan kulit. Sehingga tidak heran kalau jeruk nipis dan lemon banyak dipakai untuk perawatan kecantikan, seperti manfaat jeruk lemon untuk wajah berjerawat, berminyak dan kusam. Begitu pula dengan kaki, yaitu Anda bisa menggunakan jeruk nipis atau lemon untuk menghaluskan kaki.

Cara menggunakan jeruk nipis atau lemon untuk menghaluskan kaki :

  • Belah jeruk nipis atau lemon.
  • Peras dan ambil airnya.
  • Oleskan air dari jeruk nipis atau lemon ini ke kaki.
  • Diamkan beberapa menit.
  • Lalu basuh kaki dengan air hingga bersih. Jangan menggunakan sabun karena bisa menyebabkan iritasi kulit.

9.Garam.

Garam yang biasa dipakai untuk menyedapkan masakan, bisa juga digunakan untuk perawatan kesehatan tubuh. Karena garam sebagai antiseptik alami sehingga manfaat garam untuk kulit dapat membantu membersihkan kulit dari bakteri.

Untuk pemakaian garam untuk kaki ini, caranya dengan merendam kaki di air hangat yang telah dicampur dengan garam. Merendam kaki dapat melunakkan kulit kaki sehingga mudah untuk dibersihkan atau disikat. Selain itu garam dapat berfungsi untuk menghilangkan jamur yang bersarang di kaki, terutama di sela-sela jari kaki. Jadi saat merendam kaki di air garam, sambil Anda bersihkan kaki dengan sikat lembut juga. Hingga kaki terlihat bersih dan halus kembali.

10.Batu apung.

Batu apung sebagai bahan alami yang dapat Anda pakai untuk menggosokkan bagian kaki yang kasar, seperti bagian tumit yang kering dan pecah-pecah. Lakukan perawatan ini setiap kali mandi dengan menggosokkan kaki dengan batu apung secara pelan-pelan agar tidak menimbulkan luka, lalu bilas dengan air.  Maka sediakan selalu batu apung di kamar mandi, agar dapat dilakukan rutin sehingga Anda mendapatkan kaki yang halus kembali.

Tips mengatasi kulit kasar dan kering

Selain menggunakan bahan-bahan alami untuk menghaluskan kulit kaki, Anda pun juga harus memperhatikan beberapa hal untuk mengatasi kulit kaki menjadi kasar dan kering. Berikut ini tips mengatasi kulit kaki menjadi kasar dan kering :

  • Perhatikan penggunaan sabunnya. Sabun memang berperan untuk membersihkan kulit dari kotoran. Tapi beberapa produk sabun justru dapat mempengaruhi kelembaban kulit. Biasanya sabun batang cenderung membuat kulit semakin kering dan bersisik. Untuk itu sebaiknya Anda menggunakan sabun cair atau sabun gel, karena bentuknya membantu menghaluskan dan melembabkan kulit.
  • Keringkan kaki setelah mandi atau setelah mencuci kaki dengan handuk. Agar tidak menimbulkan infeksi jamur, yang dapat membuat kaki menjadi kasar.
  • Gunakan produk pelembab untuk kulit kering dan kusam khusus kaki. Pelembab khusus kaki ini biasanya memiliki kandungan pelembab yang lebih banyak daripada losion biasa, karena kulit kaki lebih tebal dan cenderung lebih kering. Produk pelembab kaki biasanya mengandung alpha hydroxyl acid yang ampuh menghaluskan kulit kaki. Anda dapat menggunakannya setiap selesai mandi atau malam hari sebelum tidur. Lalu letakkan kaki lebih tinggi, seperti di atas bantal atau di tembok selama 10 menit. Cara ini untuk melancarkan aliran darah yang menumpuk di telapak kaki dan dapat menyebar ke seluruh tubuh.
  • Konsumsi air putih yang cukup. Karena air putih baik untuk menjaga kelembabab alami kulit yang menutrisi kulit dari dalam tubuh. Maka jangan lupa minumlah minimal 8 gelas air putih setiap hari.
  • Pilihlah alas kaki yang tepat, jangan terlalu sempit dan sesuai dengan ukuran kaki. Ukuran alas kaki yang terlalu sempit dapat menyebabkan gesekan atau iritasi dan membuat kaki jadi kasar. Selain itu jangan terlalu lama menggunakan sepatu yang tertutup untuk memberikan ruang bernapas pada kaki, sehingga kaki juga tidak mudah terkena jamur.

Demikian beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk menghaluskan kulit kaki. Intinya adalah Anda harus rajin  dan sabar melakukan perawatan kulit kaki, sehingga dalam waktu beberapa minggu Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan.