7 Cara Menghilangkan Ketombe Pada Rambut Berhijab Paling Mudah

Rambut adalah mahkota bagi kaum wanita, keindahan dan kesehatan rambut harus selalu terjaga setiap harinya. tidak jarang banyak dari kaum wanita yang rela menguras kantongnya demi mendapatkan perawatan rambut yang maksimal. Memang tidak ada salahnya, tapi akan lebih hemat jika kita melakukan perawatan rambut di rumah menggunakan bahan-bahan alami. Hanya saja kamu perlu mencari tahu bagaimana cara merawat rambut berjilbab, cara membuat masker rambut alami.Ada banyak sekali gangguan yang bisa terjadi pada rambut dan kulit kepala kita, seperti lepek, kering, bercabang, pecah-pecah dan sebagainya. Namun lain halnya dengan gangguan kulit kepala yang biasa muncul seperti, gatal-gatal, ketombe, kering dan sebagainya. (baca Juga: Cara Membuat Masker Rambut Alami , Cara Membuat Masker Lidah Buaya)

Begitu juga dengan wanita berhijab, merawat rambut juga menjadi prioritas dalam menjaga penampilannya lho. Namun berbeda hal nya dengan risiko yang dimiliki wanita berhijab, karena mereka memiliki risiko 3 kali lipat berketombe dibandingkan wanita yang tidak berhijab. Ketombe bisa saja muncul kapan saja ia mau, tanpa permisi pada kita tentunya. Nah kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara menghilangkan ketombe pada rambut berhijab. Sebelum kita membahas lebih jauh cara menghilangkan ketombe pada rambut berhijab, yuk kita pahami dulu dari mana sih asalnya ketombe. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Ketombe  , Cara Alami Menghilangkan Ketombe)

Faktor Penyebab Munculnya Ketombe

  • Malassezia Globosa : Adalah mikro-organisme yang dimiliki oleh setiap orang, dan bahkan pada sebagian orang sensitive dengan Malassezia Globosa ( organisme yang sangat kecil ).
  • Minyak kulit kepala :  Mikro-organisme Malassezia globosa bisa memakan minyak pada kulit kepala manusia, dan umumnya dikenal dengan nama sebum ( minyak kulit kepala).
  • Sensitivitas individual:  Hal ini tergantung pada bagaimana setiap kulit kepala kita bereaksi, ada yang langsung gatal-gatal, berketompe dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Ketombe , Manfaat Buah Kelapa Bagi Kecantikan)

Gejala Munculnya Ketombe

Ketombe bisa saja datang pada kulit kepala kamu tanpa permisi. Kamu bisa mengenali gejala yang muncul pada kulit kepala, kamu bisa mengenali gejalanya seperti berikut :

  • Kulit kepala kering
  • Kulit kepala retak atau pecah-pecah
  • Kulit kepala ketat
  • Kulit kepala berminyak
  • Kulit kepala bersisik
  • Kulit kepala mengalami kemerahan

Baca Juga :

Cara Mengilangkan Ketombe

1. Shampo

Gantilah shampo mu dengan shampoo anti ketombe. Pilihlah shampo anti ketombe yang sesuai dengan kulit kepala dan jenis rambut mu. Cucilah rambut dengan shampo dengan teratur, jangan lupa untuk membilas bersih rambut agar tidak ada busa yang tertinggal karena bisa menyebabkan ketombe dan gatal pada kulit kepala.

Baca Juga :

2. Teh Basi

Tahukah kamu jika teh basi dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Cara menggunakannya cukup mudah lho, rendamlah teh dengan air panas dan biarkan semalaman. Ketika kamu mau keramas, cucilah rambut dan kulit kepala menggunakan teh basi. Pastikan jika seluruh kulit rambut terkena teh basi ini, setelah itu cucilah rambut menggunakan shampo anti ketombe. Bilas kepala dengan air bersih, dan pastikan jika tidak ada sisa busa ada rambut atau kulit kepala. Karena jika kamu meninggalkan busa pada rambut atau kulit kepala, hal ini bisa memicu timbulnya ketombe dan gatal pada kulit kepala.

3. Hair Tonic

Hair tonic tidak hanya bisa kamu manfaatkan untuk menyehatkan rambut lho, tapi juga untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Gunakanlah hair tonic setelah keramas, kamu bisa menggunakan hair tonic dengan mengusap atau menyemprotkan nya pada rambut. Jangan lupa untuk melakukan pijatan lembut pada kulit kepala, agar hair tonic mampu menjangkau kulit kepala dan menghilangkan ketombe.

Baca Juga:

4. Keringkan Rambut

Setiap pagi atau sore mungkin beberapa wanita selalu rutin mencuci rambutnya. Atau bahkan ketika mandi pagi sebelum bekerja mereka keramas terlebih dahulu. Untuk wanita berhijab, akan lebih baik jika mengeringkan rambutnya dahulu sebelum memakai hijabnya. Karena jika menggunakan hijab ketika rambut masih basah atau belum kering, hal ini akan memicu timbulnya ketombe pada kulit kepala. Oleh sebab itu sebaiknya keramas lebih pagi agar memiliki banyak waktu untuk mengeringkan rambut sebelum berhijab.

5. Menggunakan Hijab Yang Bersih

Menjaga kerbersihan adalah sebagian dari iman, oleh sebab itu kita juga harus menjaga kebersihan rambut kita agar terhindar dari ketombe. Salah satu dengan menggunukan hijab yang bersih, hal ini dilakukan untuk meminimalisir munculnya gejala ketombe pada kulit kepala kita. Sebelum menggunakan hijab, pastikan jika hijab yang akan kita gunakan bersih. Akan lebih baik jika kita memang rutin mencuci hijab kita agar tidak ada mikro-organisme yang menempel pada hijab.

Baca Juga:

6. Memilih Kain Hijab

Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala memang perlu, dan tidak terkecuali pada kamu yang berhijab. Jika kamu seorang wanita berhijab yang lebih sering beraktivitas diluar rumah, sebaiknya pilihlah hijab yang nyaman. Pilihlah kain hijab yang dapat menyerap keringat dan udara dapat keluar masuk atau tidak membuat kepala kita gerah. Hal ini harus kamu perhatikan agar kulit kepala mu tidak panas, karena jika kulit kepala panas akan berkeringat dan memicu produksi sebum berlebih. Dengan berlebihannya sebum pada kulit kepala, dapat menyebabkan munculnya gatal dan ketombe pada kulit kepala kita.

7. Rajin Merawat Rambut

Selain dengan menjaga kebersihan, kamu juga perlu menjaga kesehatan rambut lho. Kamu bisa melakukannya di rumah dengan membeli produk alami yang dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala. Kamu bisa memasker rambut sendiri di rumah, gunakan air air hangat sebagai steam rambut. Cucilah rambut dengan air bersih, dan pastikan tidak ada sisa masker yang tertinggal di kepala kita. Selain itu jangan lupa menggunakan hair tonic agar rambut tetap sehat, segar dan terhindar dari ketombe. Jika kamu ingin menggunakan bahan alami, kamu juga bisa menggunakan manfaat buah alpukat untuk rambut lho. Alpukat dapat di jadikan salah satu cara mengatasi rambut rontok dan cara mengatasi rambut kering.

Pencegahan Agar Ketombe Tidak Parah

Mencegah memang jauh lebih baik dari pada mengobati, dan begitu pula dengan hal yang satu ini. Apa salahnya jika kita mencegah agar ketombe pada kulit kepala tidak semakin parah . Yuk lakukan pencegahan ini agar ketombe tidak berkembang semakin banyak pada kulit kepala kita. Pertama cucilah rambut secara teratur, gunakan shampoo anti ketombe. Keringkan rambut sebelum beraktivitas, gunakan hair tonic rambut agar rambut segar dan kulit kepala sehat. Lalu begaiamana  jika ketombe sudah terlanjur muncul pada kulit kepala ?? Untuk mempelajari cara menghilangkan ketombe pada rambut berhijab, yuk ikuti cara yang berikut ini. (Baca Juga: Manfaat Ginseng Untuk Rambut , Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut )