20 Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Kulit dan Rambut

Sudah tak dapat dipungkiri lagi bahwa salah satu tanaman paling populer akan manfaatnya yang besar untuk kesehatan tubuh, kulit dan rambut adalah lidah buaya. Lidah buaya makin sering dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh, baik dari luar maupun dalam. Tumbuhan ini memang sangat besar khasiatnya, baik itu untuk merawat kulit, menyuburkan rambut, menyehatkan tubuh serta menyembuhkan luka.

Mungkin sebagian besar dari kita lebih sering mendengar atau mengetahui akan cara merawat rambut dengan lidah buaya. Tapi perlu diketahui bahwa lidah buaya pun sangat baik dan menguntungkan bagi kulit. Ada berbagai cara membuat masker lidah buaya bagi kulit maupun rambut yang kiranya menginspirasi Anda.

(Baca juga: manfaat lidah buaya untuk kulit wajah – cara merawat kulit wajah agar putih)

Pembuatan Masker Lidah Buaya untuk Kulit

Karena lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit, tak ada salahnya untuk mengetahui beberapa resep ramuannya.

1. Lidah Buaya, Bulir Mangga dan Jus Jeruk Nipis

Tak banyak yang tahu bahwa sebetulnya lidah buaya ketika digunakan sebagai bahan perawatan kulit bisa juga dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya. Jus jeruk nipis serta bulir mangga adalah contoh bahan yang bisa menyempurnakan kinerja lidah buaya.

  • Caranya: Siapkanlah bulir mangga, gel lidah buaya serta bulir mangga masing-masing dengan kuantitas yang sama. Ketiga bahan kemudian dapat Anda campurkan dengan memblendernya supaya membentuk pasta kental. Aplikasikanlah pasta tersebut ke wajah lalu tunggu 20 menit sebelum akhirnya dibilas; cara ini akan mendetoksifikasi kulit secara efektif.

2. Lidah Buaya dan Gula Pasir Coklat

Selain dari jus jeruk nipis dan juga bulir sari mangga, gula pasir coklat pun dapat digunakan sebagai kombinasi sempurna bagi lidah buaya. Keduanya adalah bahan yang akan membantu membersihkan kotoran dari pori-pori kulit Anda sehingga kulit bisa lebih bercahaya.

  • Caranya: Sediakanlah gel lidah buaya sebanyak 2 sendok makan bersama dengan gula pasir coklat sejumlah 1 sendok makan. Campurkanlah kedua bahan sebaik mungkin hingga bentuknya seperti adonan pasta. Aplikasikanlah ke area wajah Anda, terutama pada bagian hidung dan juga kening yang biasanya berkomedo. Usap-usapkan perlahan dengan gerakan memutar sekitar 5 menit sebelum kemudian dibilas dengan air biasa.

3. Lidah Buaya, Bubuk Kunyit dan Air Mawar

Supaya kulit jauh lebih bersinar serta lebih halus, lidah buaya adalah tanaman tepat yang bisa Anda andalkan. Kombinasikanlah dengan bubuk kunyit dan air mawar bila Anda ingin cara alternatif selain dari 2 cara yang sudah disebutkan sebelumnya.

  • Caranya: Sediakanlah gel lidah buaya sebanyak 1 sendok makan berikut juga bubuk kunyit sedikit dan air mawar beberapa tetes saja. Campurkanlah ketiga bahan secara merata untuk membentuk pasta kental. Boleh juga menambahkan madu dan susu secukupnya dan aplikasikan ke kulit leher dan wajah. Tunggu 30 menit sebelum bisa dibilas memakai air biasa.

(Baca juga: cara alami menghilangkan flek hitam)

4. Lidah Buaya, Minyak Zaitun, dan Kuning Telur

Alternatif ampuh lainnya yang patut untuk Anda pertimbangkan dan coba adalah lidah buaya yang dicampurkan dengan kuning telur serta minyak zaitun. Anda pasti sudah tahu sendiri sebesar apa manfaat dari minyak zaitun, jadi jangan ragu untuk mencobanya.

  • Caranya: Sediakanlah gel lidah buaya sebanyak 1 sendok teh berikut juga minyak zaitun dengan takaran yang sama, lalu campurkanlah bersama dengan 1 kuning telur dengan mengocoknya. Setelah itu, pakailah bola kapas untuk mengaplikasikannya ke kulit wajah; biarkan paling tidak 20 menit sebelum membilas. Kulit bakal lebih kencang, segar dan sehat berkat perawatan ini.

5. Lidah Buaya dan Buah-buahan

Masih ada lagi cara lainnya yang bisa Anda gunakan, yakni gel lidah buaya dengan kombinasi buah-buahan. Demi menutrisi kulit Anda, terutama yang berkulit kering, beberapa jenis buah seperti alpukat, kiwi, pisang dan jeruk dapat digunakan.

  • Caranya: Sediakanlah beberapa potong dari buah-buah yang sudah disebutkan sebelumnya yang kemudian Anda campurkan bersama dengan gel lidah buaya 1 sendok teh. Untuk kulit yang benar-benar kering secara ekstrem, bisa tambahkan sesendok minyak almond 1 sendok teh. Ramuan kemudian bisa dibalurkan ke wajah sebagai masker, tunggu 20 menit, dan bersihkan dengan air biasa.

6. Lidah Buaya dan Air Mawar

Bila sebelumnya ada bubuk kunyit juga yang menyertai, kali ini Anda bisa cukup menggunakan gel lidah buaya dan air mawar saja. Keduanya adalah cara kombinasi yang sangat oke bila Anda hendak membersihkan kulit wajah dari bekas luka maupun jerawat.

  • Caranya: Ambil gel lidah buaya serta air mawar di mana masing-masing bisa disiapkan dengan takaran yang sama. Buatlah adonan pasta dengan mengombinasikan keduanya, lalu aplikasikanlah ke kulit leher serta wajah Anda. Bersihkan dengan air biasa sesudah sekitar setengah jam. Lakukan rutin agar bisa merasakan sendiri efektivitas dari perawatan ini.

(Baca juga: pembersih wajah alami)

7. Lidah Buaya, Madu, Pepaya dan Yogurt

Satu lagi resep ramuan masker lidah buaya untuk kulit yang ampuh. Seperti kita tahu, manfaat lidah buaya untuk kecantikan begitu besar, begitu juga dengan madu, yogurt dan pepaya, jadi tak ada salahnya mengombinasikan bahan-bahan ini bersama untuk perawatan wajah Anda.

  • Caranya: Sediakanlah gel lidah buaya sedikit, sepotong pepaya matang, sesendok makan madu murni serta sesendok teh yogurt. Seluruh bahan dapat Anda blender bersama-sama sampai hasilnya tercampur rata. Aplikasikanlah pasta ke leher maupun wajah Anda selama 15 menit lamanya. Sesudah 15 menit, barulah Anda bisa membilas menggunakan air hangat; cara ini bakal sangat efektif dalam membersihkan dan membuat kulit lebih cerah.

8. Lidah Buaya, Putih Telur, Minyak Kamomil dan Teh Hijau

Masih ada ide lainnya yang bisa Anda coba buat di rumah untuk merawat kulit Anda, terutama yang bermasalah dengan kulit berjerawat. Kulit berjerawat biasanya tak jauh-jauh juga dari masalah minyak berlebih, jadi Anda bisa mengandalkan bahan alami ini.

  • Caranya: Sediakanlah 4 sendok makan gel lidah buaya bersama juga dengan 2 tetes minyak kamomil, sesendok makan teh hijau, serta 1 putih telur. Aplikasikanlah ke wajah secara merata dan tunggulah selama 20 menit sebelum akhirnya bisa Anda bersihkan dengan memakai air dingin.

9. Lidah Buaya dan Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh mungkin lebih dikenal sebagai solusi bagi yang rambutnya berketombe atau mengalami kerontokan. Tapi lebih dari itu, minyak pohon teh dapat menjadi kombinasi yang baik untuk merawat kulit bersama dengan lidah buaya. Bahkan minyak pohon teh sangat bermanfaat untuk mengobati infeksi kulit dan jerawat serta menghidrasi kulit.

  • Caranya: Yang paling dibutuhkan adalah sesendok teh minyak pohon teh yang kemudian Anda campurkan bersama dengan gel lidah buaya yang banyaknya 2 sendok teh saja. Gunakan sebagai masker bagi wajah Anda, terutama wajah yang dipenuhi dengan jerawat. Bila menggunakannya rutin, Anda akan mengalami sendiri kebaikan dari perawatan satu ini.

(Baca juga: cara menghilangkan noda hitam di wajah)

10. Lidah Buaya dan Minyak Mawar

Selain dari air mawar, ada pula minyak mawar yang juga bisa digunakan untuk kebaikan dan kesehatan kulit. Jika Anda dapat menjumpai minyak mawar dengan cukup mudah, tak ada salahnya untuk mengombinasikan bahan tersebut bersama gel lidah buaya sebagai masker.

  • Caranya: Minyak mawar yang diperlukan adalah sebanyak 1 sendok makan saja, sedangkan gel lidah buaya yang Anda bisa pakai adalah 3 sendok makan. Aplikasikan campuran ini secara merata ke area wajah dan juga bagian leher selama kurang lebih 15 menit. Setelahnya, bilas sampai bersih memakai air hangat; lakukanlah secara teratur supaya efektivitasnya bisa Anda buktikan.

11. Lidah Buaya, Jus Lemon dan Gula Pasir Coklat

Manfaat lidah buaya untuk kulit bisa juga Anda buktikan dengan merawat diri menggunakan kombinasi antara lidah buaya dengan gula pasir coklat serta jus lemon. Masker ini nantinya akan bekerja sebagai eksfoliator, alias pengangkat sel-sel kulit mati supaya kulit jauh lebih halus.

  • Caranya: Sediakanlah gel lidah buaya sebanyak 2 sendok makan, lalu juga gula pasir coklat sebanyak 2 sendok teh, beserta jus lemon 1 sendok teh. Seluruh bahan bisa Anda campurkan hingga rata yang kemudian diaplikasikan ke area wajah sampai menyeluruh. Tunggu beberapa menit (sekitar ½ jam) sebelum akhirnya bisa dibilas dengan air biasa.

12. Lidah Buaya, Mentimun dan Air Mawar

Bila Anda khawatir tentang masalah infeksi kulit dan juga kulit yang terpigmentasi, maka Anda bisa mengembalikan warna alami kulit dengan 3 bahan utama tersebut. Masker kulit ini akan bekerja secara efektif apabila Anda melakukan perawatan tidak secara setengah-setengah dan selalu rutin.

  • Caranya: Siapkan gel lidah buaya yang banyaknya 2 sendok makan berikut juga beberapa potong mentimun serta beberapa tetes air mawar. Ketiga bahan bisa dicampur untuk membentuk pasta, lalu aplikasikan secara langsung ke area kulit wajah dan leher Anda. Biarkan setengah jam sebelum menggunakan air hangat untuk membilas bersih kulit wajah dan leher Anda.

13. Lidah Buaya, Minyak Zaitun dan Shea Butter

Khusus bagi Anda yang memiliki kulit kombinasi, yakni antara kering tapi juga berminyak serta sensitif, pastikan Anda menggunakan ramuan masker satu ini. Shea butter sendiri merupakan sebuah ekstrak lemak alami di mana asalnya adalah dari pohon Shea.

  • Caranya: Sediakan shea butter, minyak zaitun dan tentunya gel lidah buaya sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah itu, campurkan semuanya menjadi adonan pasta yang kemudian siap diaplikasikan ke kulit wajah dan leher Anda. Biarkanlah maksimal selama 20 menit dan bilaslah memakai air dingin. Jika melakukan perawatan ini secara rutin, maka kelembaban sekaligus kelembutan kulit akan meningkat.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kusam)

Pembuatan Masker Lidah Buaya untuk Rambut

Selain untuk kulit, Anda juga perlu mengetahui beberapa resep atau cara membuat masker lidah buaya bagi kesehatan rambut. Di bawah ini ada beberapa ramuan perawatan yang kiranya bakal menjadi favorit Anda.

1. Lidah Buaya dan Kembang Sepatu

Untuk rambut yang halus, lebih lebat dan lebih bercahaya, tak ada salahnya untuk mulai melirik metode perawatan menggunakan lidah buaya serta bunga kembang sepatu. Tak hanya itu, kombinasi keduanya juga bakal merawat serta mencegah dari masalah rambut bercabang, khususnya kalau digunakan secara rutin sebagai masker rambut.

  • Caranya: Penggunaannya cukup sederhana karena Anda hanya membutuhkan gel lidah buaya sebanyak 1 cangkir saja yang kemudian Anda bisa tambahkan dengan pasta bunga sepatu sebanyak 2 sendok makan. Keduanya perlu Anda ratakan dengan mencampurkannya sampai akhirnya terbentuklah pasta. Aplikasikan masker rambut ini ke seluruh bagian rambut, lalu tunggu 45 menit sebelum dibilas sampai bersih.

2. Lidah Buaya, Bubuk Fenugreek, Bubuk Kemangi dan Minyak Jarak

Bila memiliki masalah rambut yang begitu kusam, kering atau justru rusak, jangan bersedih dulu. Ada ramuan alami yang bisa Anda jadikan masker rambut dan mampu merawat kesehatan rambut secara alami. Campuran antara gel lidah buaya serta minyak jarak, bubuk fenugreek serta bubuk kemangi bisa menjadi solusi.

  • Caranya: Sediakanlah setengah cangkir ekstrak gel lidah buaya yang kemudian Anda tambah serta campurkan dengan minyak jarak 2 sendok teh, bubuk fenugreek 2 sendok teh, dan juga bubuk kemangi sebanyak 1 sendok teh. Ratakan dan aplikasikan ke rambut sampai juga ke bagian akarnya. Tinggalkan semalaman (kenakan shower cap) dan esok harinya baru Anda keramasi.

(Baca juga: cara mengatasi rambut agar tidak rontok)

3. Lidah Buaya, Jus Lemon dan Minyak Kelapa

Untuk rambut yang bermasalah karena kering dan kasar, jangan khawatir karena lidah buaya mampu mengembalikan kelembutannya. Bahkan dengan kombinasi minyak kelapa serta jus lemonnya, Anda bisa juga membuat rambut kembali bercahaya jauh dari kekusaman.

  • Caranya: Siapkanlah gel lidah buaya yang banyaknya 3 sendok teh saja berikut juga jus lemon serta minyak kelapa yang masing-masing bertakaran sama, yaitu 1 sendok teh. Setelah menjadi larutan masker, aplikasikanlah ke rambut sambil memijat kulit kepala. Tunggulah 20 menit dengan sabar sebelum akhirnya boleh Anda keramasi.

4. Lidah Buaya, Minyak Kelapa dan Wheat Germ Oil

Wheat germ mungkin istilah yang cukup asing, namun sebenarnya ini masih termasuk bagian inti benih gandum. Kandungan gizi dari wheat germ sangatlah tinggi sehingga tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, wheat germ dalam bentuk minyak pun sangat baik untuk kesehatan rambut.

  • Caranya: Sediakan gel lidah buaya sebanyak setengah cangkir yang kemudian ditambahkan pula dengan setengah cangkir minyak kelapa serta wheat germ oil sebanyak ¼ cangkir. Setelah larutan masker jadi, oles dan pijatkan ke rambut serta kulit kepala sampai merata. Tunggulah sesudah itu sekitar 30 menit sebelum kemudian Anda bisa membilas bersih menggunakan air biasa.

(Baca juga: cara merawat rambut agar tidak kering)

5. Lidah Buaya dan Minyak Zaitun

Untuk masker rambut yang sudah pasti alami lainnya, ada lidah buaya yang dikombinasikan dengan minyak zaitun. Tak hanya menjadi masker, kedua bahan ini bila dicampur dapat Anda manfaatkan pula sebagai kondisioner karena sangat bisa melembutkan tekstur rambut yang bermasalah dengan kekeringan dan kasar.

  • Caranya: Tak ada takaran khusus, cukup Anda ambil minyak zaitun dan gel lidah buaya masing-masing dengan jumlah yang sama. Campurkan kedua bahan lalu aplikasikan secara menyeluruh pada rambut dan kulit kepala; gunakanlah sisir supaya lebih mudah. Selama 1 ½ jam Anda harus menunggu dan membiarkannya meresap, lalu setelah itu lanjutkan dengan mengeramasi sampai bersih.

6. Lidah Buaya, Air Mawar dan Minyak Pohon Teh

Anda memiliki masalah dengan ketombe dan khawatir bahwa Anda tak bisa mengatasinya? Lidah buaya yang dikombinasikan dengan minyak pohon teh serta air mawar adalah yang terbaik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, minyak pohon teh berguna sebagai pengusir ketombe.

  • Caranya: Ambil saja gel lidah buaya secukupnya bersama dengan beberapa tetes minyak pohon teh yang cukup untuk diaplikasikan ke seluruh rambut. Jangan lupa untuk menambahkan pula air mawar sehingga menjadikan ramuan masker ini lebih mujarab. Setelah diaplikasikan ke rambut dan kulit kepala, tinggalkan selama 1 jam lamanya sebelum bisa dibilas. Cukup melakukannya seminggu 1-2 kali secara rutin, dipastikan ketombe dapat hilang.

7. Lidah Buaya dan Telur

Manfaat aloe vera untuk rambut bisa juga dirasakan dengan mengombinasikan antara lidah buaya serta telur. Untuk rambut yang lebih cantik, sehat dan lembut, perawatan dengan masker satu ini sangatlah direkomendasikan.

  • Caranya: Sediakanlah 1 butir telur serta gel lidah buaya secukupnya yang kiranya takaran bisa disamakan dengan banyaknya telur. Campurkanlah keduanya, lalu aplikasikan merata ke rambut, tinggalkan selama 15-20 menit. Bilas atau keramasihlah sesudah itu dan rasakan sendiri efek positifnya bagi rambut Anda, khususnya jika melakukan perawatan ini rutin.

(Baca juga: cara menghilangkan ketombe secara alami – manfaat conditioner rambut)

Itulah serangkaian cara membuat masker lidah buaya bagi kulit dan rambut. Karena banyak pilihan, maka tak ada alasan tentunya untuk melewatkan waktu perawatan kulit serta rambut Anda.