25 Krim Penghilang Stretch Mark yang Ampuh

Stretch mark merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses kehamilan. Banyak ibu hamil yang mengalami stretch mark yang muncul selama masa kehamilannya ataupun sesudah melahirkan. Stretch mark atau Stretch Gravidanum secara umum adalah trauma yang terjadi pada kulit karena bekas peregangan. Biasanya stretch mark terdapat di bagian perut, paha bagian dalam, dada, dan lengan atas, serta sebagian besar terjadi pada wanita, walaupun tidak menutup kemungkinan pria juga bisa terkena stretch mark.

Proses Terjadinya Stretch Mark

Kesamaan dari peroses timbulnya stretch mark ini ada satu, yaitu adanya peregangan yang drastis pada kulit. Sebelum stretch mark muncul, biasanya akan diawali dengan rasa gatal dan muncul garis aatau guratan kemerahan. Terkadang secara sadar atau tidak, rasa gatal ini akan digaruk yang justru menyebabkan garisnya menjadi semakin jelas. Lapisan dermis pada kulit menipis sehingga pembuluh darah tampak ke permukaan kulit, lalu berubah menjadi garis putih saat pembuluh darah mengerut.

Cara Merawat Stretch Mark

Sebagian besar kasus stretch mark terjadi pada kehamilan, karena  kulit akan mengakomodasi pertumbuhan janin yang pesat sehingga meregang dengan cepat. Untuk mencegah atau mengurangi stretch mark yang sudah terlanjur terbantuk, berikut ini ada beberapa merk krim penghilang stretch mark yang bisa digunakan:

1. Mustela Stretch Marks Intensive Action 75ml

Cream yang dibuat khusus untuk ibu hamil dan menyusui ini sudah pasti sangat aman karena tidak mengandung paraben, phtalate atau phenoxyethanol serta sudah diuji secara klinis. Cream ini juga aman bagi kulit yang sensitif karena bersifat hipoalergenik. Cream ini ditujukan untuk digunakan saat usia kehamilan 6-9 bulan dan setelah melahirkan. Untuk pencegahan, ketahuilah ciri – ciri kulit sensitif yang bisa tampak, siapa tahu kulit Anda termasuk juga.

2. Mustela Stretch Marks Double 150ml

Cream yang berasal dari Mustela juga ini ditujukan untuk mencegah stretchmark sejak awal kehamilan sampai setelah melahirkan. Kandungannya tidak jauh berbeda dengan Mustela Intensive, yaitu tidak mengandung paraben, phtalaete atau phenoxyetanol yang berbahaya bagi tubuh. Untuk perawatan tradisional, Anda bisa mencoba manfaat daun pegagan untuk kulit yang bisa juga merawat kulit yang terkena stretch mark.

3. Cussons Nourishing Stretch Mark Cream

Bukan hanya membuat produk untuk bayi saja, tetapi Cussons sekarang juga mengembangkan rangkaian produk perawatan Cussons First Year New Mom yang salah satu produknya adalah krim untuk stretch mark ini. Sebagai bekal untuk merawat kulit dengan lebih baik, Anda juga perlu mengetahui beberapa langkah perawatan kulit kering, apa saja penyebab kulit cepat keriput, dan apa saja vitamin untuk kulit kering yang baik.

4. Mothercare It’s Your Body Stretch Mark Cream 200 ml

Kandungan minyak almond manis dan shea butter dalam krim ini bertujuan untuk tetap membuat kulit lembut dan kenyal selama kehamilan. Bila digunakan secara teratur akan meminimalkan resiko terjadinya stretchmark. Krim ini tidak lengket dan bersifat hipoalergenik. Ada pula manfaat almond untuk rambut yang berasal dari minyaknya yang digunakan untuk merawat rambut.

5. Biolane Organic Stretch Mark Cream 200 ml

Produk ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya stretch mark pada kehamilan. Kandungan hydra-bleine, yaitu kombinasi dari lipid yang berasal dari tumbuhan dan wheat protein akan menjaga kulit dari dehidrasi dengan mempertahankan kandungan air dalam kulit. Selain itu juga terdapat kandungan vitamin E untuk kulit dan Argan Oil.

6. Clarins Stretch Mark Control

Krim dari Clarins yang mengandung ekstrak crowberry ini yang akan memicu produksi kolagen pada kulit, juga tidak hanya ditujukan untuk stretch mark pada kulit ibu hamil saja, melainkan juga untuk stretch mark yang terbentuk di kulit karena sebab – sebab lainnya. Kolagen sebaiknya memang diproduksi secara alami oleh kulit, karena ada bahaya suntik kolagen yang bisa terjadi apabila tidak dilakukan oleh ahli yang berpengalaman dan bersertifikat. Selain itu, juga ada bahaya suntik silikon di wajah yang sangat beresiko.

7. Nutrimoist

Cream dari CNI ini terbuat dari tanaman langka cina dan khasiatnya tidak hanya menghilangkan masalah stretch mark, tetapi juga dapat menghilangkan berbagai masalah kulit lainnya seperti bekas jerawat, keriput, tumit pecah – pecah, cara mengatasi kulit kaki kering,  dan cara menghaluskan kulit kaki, cara menghilangkan bekas luka, serta banyak lagi.

8. Yoko Extra Rich Stretch Marks Cream 200ml

Krim untuk menghilangkan dan mencegah stretch mark ini juga dapat memutihkan kulit dan membuatnya halus serta kenyal dengan kandungan licorice, kolagen, ekstrak vitamin B dan hydrocotyl. Juga melembabkan kulit dan mencegah iritasi. Apabila Anda ingin kulit menjadi putih, ada beberapa jenis produk pemutih badan serta cara memutihkan badan secara alami yang dapat digunakan secara khusus untuk cara merawat kulit agar putih, tidak menyatu dengan krim untuk stretch mark. Untuk cara tradisional, manfaat bengkoang untuk kulit akan sangat manjur untuk membuat kulit Anda menjadi lebih putih, begitu juga dengan cara membuat lulur susu yang mudah untuk memutihkan kulit.

9. Glyderm 125ml

Produk ini adalah produk yang paling diingat orang berkat taktik pemasarannya yang gencar. Kandungan glyderm yaitu tri derm actives, yaitu tanaman Centalla Asiatica yang bisa menguatkan kulit, shea butter yang akan mengurangi garis halus dan sel kulit, serta almond oil yang dapat meremajakan kulit.

10. Satto Body Stretch Marks

Krim ini diperkaya dengan kandungan vitamin E dan emollient yang dapat menghilangkan guratan halus pada kulit bagi wanita selama kehamilan atau setelahnya, dan juga untuk orang yang sedang berdiet, karena penurunan berat badan bisa menimbulkan stretch mark.

11. Laoshiya Cream Stretch Marks

Mengandung Centella Asiatica, kolagen, elastin dan vitamin C serta allantoin, Laoshiya bisa mencegah stretch mark atau mengembalikan kulit menjadi kembali normal. Untuk pencegahan, krim ini cukup dioleskan satu kali sehari pada area kulit yang sering timbul stretch mark seperti perut dan paha. Sedangkan untuk menghilangkan stretch mark, krim penghilang stretch mark ini bisa dioleskan sebanyak tiga kali sehari.

12. Bio Oil 60ml

Produk ini telah lama disebut sebagai minyak ajaib karena juga bisa menyelesaikan berbagai masalah kulit selain stretch mark. Sekarang produk ini telah beredar secara resmi di Indonesia. Produk ini juga dapat menjadi cara merawat kulit tubuh Anda.

13. Palmer’s Massage Lotion for Stretch Marks 250ml

Kandungan pure cocoa butter, vitamin E, shea butter dan bio C elaste (gabungan dari kolagen, elastin, argan oil, sweet almond oil, dan centella asiatica) dapat digunakan selama kehamilan maupun setelah kehamilan. Anda juga perlu mengetahui cara mengatasi kulit kering dan bersisik secara alami untuk merawat kulit jika Anda memiliki kulit yang cenderung kering.

14. Re Gen Oil 75 ml

Re Gen Oil mempunyai kandungan utama vitamin A, E dan PCL Liquid. Vitamin A mampu merangsang kulit untuk memproduksi kolagen alami, karena itu akan mengencangkan, meremajakan dan melembabkan kulit. Vitamin E akan melindungi kulit dengan manfaat anti oksidannya, sedangkan PCL Liquid adalah zat yang mampu membuat warna kulit menjadi merata, halus, kencang dan melindungi kulit. Produk ini sudah dijual bebas di Indonesia. Ketahui juga cara meratakan warna kulit secara alami dan cara mengatasi kulit kusam pada wajah.

15. Oriflame Anti Stretch Mark Cream

Tekstur yang cepat menyerap merupakan salah satu keunggulan dari produk oriflame untukmengatasi masalah stretch mark. Krim ini akan membantu mengurangi stretch mark dari segi warna dan ukurannya yang akan berkurang serta memudar.

16. Momilen Stretch Mark Cream

Formula krim ini dibuat khusus untuk perawatan kulit wanita yang hamil. Kandungan emolien, elastin, vitamin E dan kolagen yang akan membantu menyamarkan garis halus yang sudah mulai terbentuk dan menyamarkannya.

17. Wish Anti Stretch Mark Dr. Boyke 100ml

Krim anti stretch markproduk resmi dari Dr. Boyke ini mengandung ekstrak tanaman ivy, horsetail, ladies mantle, minyak jojoba dan vitamin E. Manfaatnya selain menyamarkan dan pengurangi penampakan stretch mark, juga dapat mengencangkan kulit bagi wanita yang sedang menjelang menopause, dan menghilangkan garis selulit. Ketahuilah juga tips mencegah penuaan dini dan tips merawat kulit sensitif Anda.

18. Earth Mama Angel Baby Natural Stretch Oil

Terbuat dari 100% campuran minyak nabati, dengan kandungan calendula dan chamomile, minyak borage dan minyak esensial neroli membantu memelihara elastisitas kulit yang dapat mencegah timbulnya stretch mark. Aman untuk yang memiliki bakat alergi atau kulit sensitif karena tidak mengandung minyak yang berasal dari kacang – kacangan dan pewangi atau pewarna artifisial.

19. L’Occitane Almond Supple Skin Oil

Mempunyai kandungan minyak almond sebanyak lebih dari 50 persen dan camelina, yang membantu memberikan kekenyalan pada kulit. Harumnya segar dan lembut, hasil akan terlihat setelah satu bulan pemakaian. Minyak ini juga akan dapat mengatasi penyebab kulit kering.

20. Wellys Cellulite Stretch Mark Cream

Krim ini tidak hanya menghilangkan stretch mark saja, namun juga dapat sekaligus menghilangkan selulit sehingga kulit menjadi mulus dan lembut kembali.

21. Sebamed Anti Stretch Mark Cream

Dengan kemampuan mengembalikan jaringan kulit yang rusak setelah melahirkan, mengembalikan kelenturan dan kelembutan kulit serta mencegah stretch mark selama kehamilan, krim dari Sebamed ini dapat menjadi salah satu pilihan.

22. Sensitif Stretch Mark Cream

Produsen alat tes kehamilan ini juga memproduksi krim untuk mencegah stretch mark yang bisa digunakan selama kehamilan. Kandungannya yang telah diuji tidak menimbulkan efek samping dan aman digunakan.

23. Vienna Stretch Mark Cream 80ml

Konsentrasi krim ini dibuat sehingga mudah menyerap shingga melembabkan kulit dan mengatasi stretch mark dari dalam. Tidak hanya mencegah dan mengurangi streth mark yang terjadi selama kehamilan, namun juga karena penurunan berat badan yang drastis atau pertambahan usia yang menyebabkan kulit menjadi kering.

24. Dewi Sri Spa Innoshape Stretchmark Lessening Cream 90ml dan 380ml

Ini merupakan produk anti stretch mark lokal, yaitu pembuatnya adalah Martha Tilaar yang sudah lama terkenal di dunia kosmetik tradisional Indonesia. Krim ini dapat memudarkan warna stretchmark, mempertahankan kekenyalan kulit, memperbaiki kerusakan jaringan ikat pada kulit, dan mencegah peregangan kulit. Aromanya juga dapat memberikan efek relaksasi atau menenangkan. Tidak hanya penting untuk mengencangkan kulit tubuh, namun juga penting mencari cara mengencangkan kulit leher.

25. Activa NT Stretch Mark Cream

Formula Activa mampu mencegah dan menghilangkan stretch mark dengan menguaatkan jaringan kulit, memperbaiki kerusakan kulit, dan menjaga kelembaban kulit.  Digunakan sedini mungkin saat hamil dan dianjurkan untuk tetap memakainya selama dua bulan setelah kehamilan untuk memperbaiki kulit yang kendor setelah melahirkan.

Sebenarnya yang bisa mengalami stretch mark bukan hanya ibu hamil saja, melainkan orang yang kehilangan berat badan secara drastis juga karena kulitnya juga kehilangan banyak elastisitas seiring dengan kehilangan lemak dalam jumlah besar. Usahakan untuk selalu membaca petunjuk pemakaian dengan teliti sebelum menggunakan agar tidak melakukan kesalahan pemakaian yang tidak akan memberikan hasil maksimal.