24 Cara Merawat Kulit agar Putih Berseri

Apakah Anda salah satu dari sekian banyak wanita yang mendambakan kulit putih bercahaya? Sebetulnya ada berbagai cara merawat kulit agar putih yang bisa Anda coba di rumah tanpa susah-susah. Supaya kulit cerah dan mulus, di bawah ini ada beberapa langkah yang Anda bisa lakukan secara rutin dan buktikan sendiri efektivitasnya.

(Baca juga: cara mencegah kerutan di wajah)

1. Meningkatkan Asupan Air Putih

Air putih sangatlah bermanfaat bagi tubuh, tak hanya baik untuk kesehatan organ dalam kita, tapi juga menjaga supaya kulit tetap segar, jauh dari kusam dan bertambah putih. Minum banyak air putih termasuk juga di dalam tips membuat kulit putih secara alami, jadi sebaiknya jangan sampai kekurangan asupannya.

Kurangnya asupan air putih pada tubuh akan memicu dehidrasi dan inilah yang kemudian menjadikan kulit kusam, gampang bersisik, kasar serta kering. Tak jarang juga kulit pun mengalami pecah-pecah di beberapa area. 8 gelas per hari adalah yang paling dianjurkan supaya kulit tetap sehat dan menjadikan tubuh senantiasa bugar.

2. Memakai Kunyit

Buatlah scrub dari kunyit untuk merawat kulit wajah serta tubuh secara mudah. Campurkan saja bubuk kunyit yang sudah Anda siapkan bersama dengan oatmeal secukupnya. Setelah jadi, aplikasikan scrub buatan sendiri ini pada kulit yang ingin dijaga putihnya. Dengan cara ini jugalah Anda bakal mampu menghaluskan kulit dan meregenerasi sel-selnya.

3. Memakai Air Mawar dan Kunyit

Selain dengan oatmeal, kunyit bisa juga dicampur dengan air mawar di mana Anda perlu mencampurkan 2 sendok makan air mawar dan 1 sendok makan bubuk kunyit. Setelah jadi, aplikasikan menggunakan kuas ke wajah secara menyeluruh. Diamkan beberapa saat sebelum akhirnya dibersihkan dengan air biasa nanti.

(Baca juga: cara mengencangkan kulit wajah)

4. Menggunakan Madu dan Kunyit

Kombinasi antara ½ sendok makan madu dan 1 sendok makan bubuk kunyit dapat Anda jadikan adonan pasta. Sesudah tercampur rata dan menjadi pasta, oles merata ke wajah maupun area tubuh lainnya. Tunggulah sekitar 10 menit sampai benar-benar kering, barulah Anda gunakan air dingin untuk membilasnya.

5. Memakai Apel

Meski apel diketahui menjadi cara mengatasi wajah berminyak, apel yang diserut dan dicampur dengan sari jeruk nipis secukupnya dapat dijadikan masker pemutih kulit. Bila sudah teraplikasikan ke wajah maupun bagian tubuh lainnya dengan memakai kapas, tunggu 30 menit sebelum membasuhnya. Kulit akan menjadi cerah dengan penggunaan teratur.

6. Menggunakan Lemon dan Madu

Kedua bahan ini memiliki kemampuan dalam mencerahkan, melembabkan, menghaluskan, serta menyegarkan kulit. Ambil air perasan lemon secukupnya yang dicampur bersama dengan madu untuk mengangkat kelebihan minyak dengan mengoleskannya ke kulit. Jadikan masker seperti biasa dan tunggulah 20-30 menit sebelum Anda bilas.

(Baca juga: cara merawat wajah agar tidak kusam)

7. Memanfaatkan Jeruk Nipis dan Tomat

Karena tomat dan juga jeruk nipis mengandung vitamin C, maka tak heran kalau keduanya dikombinasi maka akan bermanfaat dalam menjaga kulit supaya putih dan bercahaya. Sari jeruk nipis yang dicampur dengan jus tomat dapat menjadi masker ampuh yang juga melindungi kulit dari radikal bebas.

8. Memakai Susu dan Kunyit

Ambil susu bubuk putih secukupnya yang kemudian dicampur dengan bubuk kunyit sesuai dengan kebutuhan juga, namun pastikan keduanya bertakaran sama. Aplikasikan secara merata pada kulit tubuh dan wajah Anda setiap hari secara rutin. Bila teratur, perawatan ini bakal menjadikan kulit jauh lebih halus dan cerah.

9. Memakai Minyak Zaitun

Tak hanya kulit wajah saja yang perlu Anda perhatikan kesehatan dan kecerahannya, tapi bagian-bagian lain seperti siku dan lutut pun kerap berubah menjadi gelap akibat penimbunan sel kulit mati. Supaya kulit tak lagi kusam dan terawat putih senantiasa, oles minyak zaitun secara merata, lalu tunggu 15 menit. Bilas dengan air biasa apabila sudah lewat waktu tersebut.

(Baca juga: tips agar kulit menjadi putih secara alami)

ads

10. Memakai Bawang putih

Banyak orang yang tak begitu menggemari bawang putih apabila harus dikonsumsi mentah-mentah. Aromanya saja sudah cukup mengganggu dan tak sedap, tapi sebenarnya bawang putih sangat bermanfaat dalam melindungi kulit dari segala macam bentuk virus serta bakteri penyebab infeksi. Konsumsilah setiap hari dalam keadaan mentah, baik itu secara langsung, diolah menjadi sambal, atau dicampur pada salad.

11. Menggunakan Ketela Rambat

Mungkin menggunakan ketela rambat sebagai salah satu cara merawat kulit supaya tetap putih dan cantik masih kurang terlalu populer. Namun sebenarnya bahan makanan berkandungan karbohidrat tinggi ini juga berguna dalam memutihkan serta menjaga kesehatan kulit secara maksimal.

Anda tak perlu meramunya untuk penggunaan luar kulit, karena cara yang paling mudah untuk menjaga kulit Anda adalah dengan mengonsumsi ketela rambat ini. Efeknya sebagai peningkat aliran darah pada kulit sangat baik dan efektif. Belum lagi manfaatnya untuk meningkatkan suasana hati sehingga kulit pun menjadi jauh lebih berkilau dan tampak segar.

12. Memanfaatkan Air Beras

Pasti Anda setidaknya sudah pernah mendengar betapa besar dan banyaknya manfaat beras untuk wajah, jadi tentunya juga bisa membayangkan bahwa air beras pun berguna bagi kesehatan kulit.Air beras dapat Anda gunakan untuk menjaga kebersihan kulit demi membuatnya senantiasa berkilau dan cerah.

Untuk merawat kulit supaya senantiasa putih berseri, konsumsilah air beras setiap hari dan pastikan bahwa air beras ini dalam keadaan sudah matang alias telah dimasak dengan baik. Di dalam air beras ada kandungan 8 jenis asam amino esensial yang bakal meregenerasi otot serta sel kulit sehingga Anda tak akan rugi.

(Baca juga: cara memutihkan wajah)

13. Memakai Kacang-kacangan

Mendengarnya saja mungkin Anda sudah geleng-geleng kepala karena kacang justru identik sebagai pemicu masalah kulit seperti jerawat. Jangan khawatir karena pada dasarnya kacang malah mampu menjadi penyembuh jerawat. Selenium serta zinc di dalam kacang sangat tinggi sehingga akan membuat kemampuan mineral serta vitamin E akan meningkat.

Ketika terjadi peningkatan pada mineral lain serta vitamin E, ini artinya Anda dapat memperbaiki kondisi kulit yang kusam, rusak dan bermasalah. Supaya kadar lemak di dalam kulit tetap normal dan stabil, kacang ovenlah yang lebih dianjurkan untuk dikonsumsi. Hindari konsumsi kacang goreng bila Anda hendak menyehatkan dan mempercantik kulit.

14. Mengonsumsi Nasi Merah

Kondisi kulit ternyata dipengaruhi pula oleh kandungan gula darah pada tubuh dan ini sudah terbukti oleh beberapa penelitian. Jadi, alangkah bijaknya apabila Anda mulai mempertimbangkan untuk mengonsumsi nasi merah dan mulai meninggalkan nasi putih. Vitamin B di dalam nasi merah sangatlah tinggi, begitu juga antioksidan serta mineralnya sehingga kulit akan lebih mudah beregenerasi.

15. Memakai Pepaya

Di dalam buah berwarna oranye kemerahan ini ada enzim yang bernama papain yang tentunya dapat menolong proses pengangkatan sel kulit mati. Otomatis dengan demikian, kulit bakal menjadi jauh lebih putih, segar dan tampak sehat. Gunakan pepaya ini sebagai masker sehari-hari supaya flek hitam pada wajah juga ikut memudar.

(Baca juga: manfaat masker pepaya bagi kulit)

16. Menggunakan Lidah Buaya dan Jeruk Nipis

Seperti kita tahu, manfaat lidah buaya untuk kecantikan tak usah diragukan lagi, entah itu digunakan untuk rambut ataupun kulit. Kombinasikan kedua bahan tersebut untuk kemudian diaplikasikan pada kulit agar kulit senantiasa sehat dan putih alami. Cara ini juga ampuh untuk menjadi solusi jerawat, bekas jerawat, serta flekf-flek hitam.

17. Mengonsumsi Tahu Putih

Selain nasi merah, ada juga bahan makanan yang dapat Anda sajikan setiap harinya, seperti tahu putih. Tahu putih yang terbuat dari kedelai ini tentu mengandung banyak zat-zat baik, seperti aneka mineral, sifat antioksidan, lemak sehat dan tinggi protein yang semuanya ini tubuh perlukan. Konsumsilah tahu putih ini setiap hari untuk merawat kulit dari dalam agar senantiasa sehat dan cerah alami.

18. Menggunakan Susu

Bahan alami lainnya yang patut Anda pertimbangkan adalah susu di mana memang susu ini sudah terbukti dapat mencerahkan kulit secara sempurna. Kandungan pada susu ada yang bisa Anda andalkan untuk membasmi flek hitam pada kulit. Berendamlah atau basuhlah wajah menggunakan susu murni secara rutin setiap hari agar kulit kelihatan lebih segar, mulus, elastis, jauh dari penuaan dini dan juga putih.

(Baca juga: cara memutihkan badan secara alami)

Sponsors Link

19. Memakai Bengkoang

Kandungan vitamin C, vitamin B1, rotenon, serta pachyrhizon di dalam bengkoang adalah yang paling baik dalam memudarkan noda hitam pada wajah. Kulit yang kusam dan tak bercahaya dapat diatasi dengan masker bengkoang. Karena tanpa efek samping berbahaya, maka banyak orang yang meyakini bahwa bengkoang adalah bahan alami yang aman dalam memutihkan kulit.

20. Memakai Lemon

Ingat bahwa manfaat lemon untuk kulit cukup besar karena adanya vitamin C serta mineral lainnya. Inilah yang menjadikan lemon senantiasa berguna untuk membuat kulit lebih putih dan berseri. Untuk kulit bebas kusam dan flek hitam, gunakan lemon untuk perawatan setiap harinya, yakni dengan mencampurkan air perasannya dengan air biasa, lalu gunakan untuk membasuh kulit tubuh maupun wajah setiap hari.

21. Menggunakan Pelembab

Setiap sehabis mandi, jangan ketinggalan untuk mengoleskan pelembab pada kulit serta wajah Anda, terutama area yang mudah menghitam seperti siku dan lutut. Untuk hasil yang jauh lebih efektif dan baik, Anda bisa mencoba memakai body butter yang diaplikasikan setiap sesudah mandi. Ini tak hanya akan memutihkan kulit tapi juga bakal membuat kulit jauh lebih lembab.

(Baca juga: manfaat totok aura wajah)

22. Rajin Mencuci Wajah

Untuk merawat kulit supaya terus putih bercahaya bebas kusam, jangan malas untuk mencuci wajah setiap harinya. Wajah adalah bagian yang paling menonjol dan mudah kelihatan ketika kusam akibat terkena debu, maka paling tidak Anda mencucinya sehari 2 kali agar selalu bersih dan tampil segar. Namun terlalu sering mencuci wajah juga tak baik karena hanya akan membuat kulit mudah kering.

23. Menambah Asupan Buah dan Sayuran

Konsumsilah buah dan sayur segar setiap harinya di mana memang ini menjadi bagian dari diet Anda yang paling sehat. Nutrisi dari makanan-makanan tersebut bakal menjadikan kulit selalu kelihatan segar dan cerah. Ketika Anda mengonsumsi sayuran dan buah, imbangi dengan menghindari juga makanan berlemak jahat.

24. Membatasi Pemakaian Kosmetik dan Produk Perawatan Kulit

Satu lagi rahasia cara merawat kulit agar senantiasa cerah dan segar, yakni dengan membatasi pemakaian produk-produk perawatan kulit serta kosmetik. Bahan kimia di dalam produk kecantikan tak terjamin aman untuk kulit kita, dan justru mampu memicu kerusakan kulit. Jadi, selalu waspada dan lebih bijak dalam memilih serta menggunakan produk-produk tersebut.

(Baca juga: manfaat eksfoliasi wajah)

Semoga serangkaian cara merawat kulit agar putih berseri tersebut mampu membantu Anda menjadikan kulit lebih baik dan jauh dari masalah.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 30th, October 2016 / 12:40 Oleh :
Kategori : Kulit