22 Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam Secara Alami Paling Ampuh

Salah satu faktor yang dilihat pertama kali dari penampilan kita adalah wajah, karena itu wajah yang bersinar cemerlang sangat diinginkan oleh hampir semua wanita. Terlebih lagi jika wajah yang berseri dan mulus itu tampak sangat alami sehingga makin menampakkan kecantikan seseorang, yang tentunya juga berperan mendorong rasa percaya diri. Wajah yang kehilangan sinarnya sehingga menjadi kusam biasanya akan mempengaruhi penampilan juga, membuat seseorang merasa kalau wajahnya tidak enak dilihat. Wajah kusam juga memberikan kesan kalau pemiliknya tidak memperhatikan kebersihan wajahnya. Penyebab wajah kusam ada banyak, beberapa di antaranya yaitu:

  • Genetik

Yang dimaksud dengan faktor genetik ini adalah apabila jenis kulit Anda memang sudah berminyak secara alaminya. Kulit berminyak memang memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk mengalami masalah kulit kusam, karena kelenjar minyak yang aktif dan berlebihan akan memberi kesan wajah tidak cerah. Begitu pula dengan kulit wajah yang cendering kering. Kekurangan produksi minyak dapat membuat wajah juga tampak kusam.

  • Gaya Hidup

Pada jaman sekarang, tuntutan hidup dan pekerjaan sangat tinggi. Begitu pula tingkat kesibukan dan stress yang meningkat. Kesibukan yang lumayan padat seringkali membuat seseorang melupakan gaya hidup sehat. Misalnya, terbiasa memakan makanan cepat saji, banyak merokok, mengalami stress, lupa waktu makan, banyak tidur larut, minum kafein, tidak berolahraga, dan lain – lain. Semua kebiasaan itu mempengaruhi kesehatan tubuh akibat kurangnya asupan nutrisi yang bergizi, yang pada akhirnya akan mempengaruhi pula kepada kondisi kulit kita.

  • Kosmetik

Pemakaian kosmetik yang kurang sesuai dengan kondisi kulit juga dapat membuat kulit menjadi kusam karena zat – zat yang terkandung didalamnya kurang cocok dengan kondisi kulit Anda. Terkadang iklan kosmetik yang membanjir di media massa membuat seseorang tergiur untuk mencobanya, padahal belum tentu produk itulah yang dibutuhkannya. Lebih jeli dalam memilih produk yang Anda butuhkan akan menghindari masalah pada kulit.

  • Lingkungan

Kondisi lingkungan yang buruk juga dapat menjadi pemicu timbulnya masalah kulit kusam. Misalnya lingkungan yang kurang bersih, banyak debu, polusi dari asap kendaraan ataupun pembakaran sampah, asap rokok, sering terpapar sinar matahari, dan lain – lain. Partikel – partikel debu akan mempertinggi resiko kulit akan menjadi kusam dan kulit yang kusam bisa menjadi penyebab kulit keriput di usia muda karena kurangnya nutrisi yang diterima.

  • Kurang Minum Air Putih

Pentingnya mengonsumsi air putih dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh setiap harinya sangat berhubungan dengan kondisi kulit, karena cukup minum air putih membantu kulit tetap terhidrasi dengan baik sehingga terjaga kecerahannya. Kurang minum air putih akan membuat kulit menjadi kering dan kusam. Minum air putih adalah salah satu tips membuat kulit putih dan menjadi cara mencegah penuaan dini.

Sponsors Link

  • Kurangnya Kebersihan

Kebersihan disini tentu maksudnya adalah kebersihan pribadi, seperti mandi dan membersihkan muka secara rutin. Keadaan kulit yang bersih menjadi salah satu cara merawat kulit agar tidak kusam, karena kotoran tidak bertumpuk di permukaan dan pori-pori kulit.

Jika Anda sudah terlanjur mengalami masalah kulit yang kusam, tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kulit kusam Anda menjadi cerah kembali, seperti yang akan dibahas berikut:

1. Cuci Muka Teratur

Dari semua hal yang bisa dilakukan untuk cara merawat wajah agar tidak kusam, hal paling mendasar yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa sebelum memulai perawatan apapun, wajah harus dalam keadaan bersih. Biasakan mencuci wajah paling tidak dua kali sehari agar keadaan kulit wajah selalu terbebas dari kotoran.

2. Gunakan Pelembab

Kulit kusam terjadi karena kondisi kulit yang kering. Untuk melembabkannya ada banyak produk pelembab untuk kulit kering dan kusam yang dijual di pasaran. Gunakan pelembab setiap hari secara teratur dan jangan lupa membersihkan wajah setelah beraktivitas, perlahan kulit Anda akan berangsur cerah kembali. Tentu saja dengan memilih produk yang paling cocok untuk Anda. Jangan sampai salah memilih kosmetik, karena banyak bahan kosmetik berbahaya yang terkandung dalam kosmetik yang tidak diproduksi oleh pembuat yang kompeten. Anda bisa memilih yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid) karena salah satu fungsi AHA untuk kulit  adalah mengatasi masalah kulit kusam.

3. Gunakan Tabir Surya

Sinar matahari juga dapat menjadi penyebab kulit kusam seperti telah disebutkan sebelumnya. Untuk mencegahnya anda dapat menggunakan krim tabir surya setiap kali akan beraktivitas ke luar ruangan. Krim ini akan melindungi kulit Anda dari pengaruh sinar matahari yang merugikan.

4. Makanan Sehat

Kondisi kulit juga tergantung dari asupan gizi yang diterima oleh tubuh. Makanan bergizi seperti sayur, buah – buahan dan yang mengandung gizi seimbang sangat baik untuk menjaga kondisi kulit. Kurangilah konsumsi makanan berminyak dan mengandung lemak.

6. Chemical Peeling

Cara mengeksfoliasi atau mengelupas kulit wajah dengan menggunakan bahan kimia ini disebut prosedur chemical peeling. Dengan perawatan ini Anda akan memperoleh manfaat eksfoliasi wajah adalah mengelupas sel kulit mati yang dapat menjadi salah satu penyebab kulit kusam jika menumpuk di wajah. Perawatan ini biasanya dilakukan di salon atau klinik kecantikan.

7. Facial

Facial adalah salah satu bentuk atau cara untuk membersihkan wajah. Rajin melakukan facial akan membuat kulit wajah tampak bersih dan berseri, karena dalam prosesnya terdapat beberapa tahap yang membersihkan kulit wajah dan menutrisinya dengan menggunakan masker. Hanya saja, waspadalah terhadap apa saja yang merupakan bahaya facial di salon agar tidak merugikan Anda.

8. Totok Aura

Totok aura adalah terapi yang memadukan teknik pijat dan tekan menggunakan tenaga dalam dari jari tangan terapisnya sehingga aura akan terpancar dari dalam keluar tubuh. Bila Anda ingin merawat kulit wajah yang berangsur menjadi kusam, cara ini bisa dicoba untuk menjaga aura Anda tetap bersinar. Manfaat totok aura wajah akan mempengaruhi cahaya wajah juga sehingga tidak terkesan kusam.

9. Olahraga

Peredaran darah yang lancar dalam tubuh turut membantu nutrisi yang dibutuhkan kulit agar terdistribusi dengan baik. Manfaat olahraga untuk kecantikan adalah melancarkan peredaran darah tersebut. Biasakan berolahraga yang dapat dilakukan minimal sekali sehari, dimulai dari yang sangat ringan misalnya senam pagi setelah bangun tidur atau perbanyak gerak tubuh seperti berjalan kaki, naik tangga, melakukan pekerjaan rumah tangga dan lainnya sebagai cara menjaga penampilan diri wanita.

Perawatan Wajah Kusam dengan Masker Alami

ads
Masker buah – buahan mengandung banyak manfaat alami yang sangat berkhasiat. Untuk mendapatkan nutrisi alami dari buah bagi kulit kita, masker tersebut bisa terbuat dari beberapa buah ini:

1. Masker Pisang

Manfaat pisang untuk kulit salah satunya yaitu untuk menghidrasi dan melembabkan kulit. Kandungan potasium dalam pisang berperan dalam hal tersebut. Selain itu pisang mengandung banyak antioksidan, vitamin A, C, zinc dan beberapa kandungan lainnya yang sangat bagus untuk kulit. Cara pemakaiannya dengan menghancurkan pisang hingga lumat dan halus, lalu oleskan ke wajah sampai merata. Kemudian bersihkan setelah didiamkan beberapa saat.

2. Masker Bengkoang

Buah berwarna putih ini sering dijadikan bahan untuk membuat rujak. Namun bengkoang juga mempunyai khasiat baik sebagai bahan untuk merawat kulit. Beberapa produsen kosmetik menggunakan bengkoang sebagai salah satu bahan dalam produk mereka. Manfaat memakai masker bengkoang setiap hari akan membuat wajah mendapatkan kembali rona cerahnya. Cara membuatnya yaitu: setelah dicuci bersih, parut buahnya dan peras hasil parutan tersebut dan buang ampasnya. Biarkan mengendap selama beberapa saat, hasil endapan itulah yang dapat dipakai sebagai masker. Biarkan selama sekitar setengah jam lalu bilas menggunakan air hangat.

3. Masker Tomat

Kulit putih dan bersinar adalah salah satu manfaat tomat untuk wajah. Mengatasi kulit kering juga merupakan khasiat dari masker tomat. Cara memakainya sangat mudah. Pilih tomat yang masih segar, lalu hancurkan dan ambil sarinya, kemudian pakaikan di wajah Anda. Biarkan selama beberapa saat, lalu bilaslah masker setelahnya sampai bersih.

4. Masker Pepaya

Pepaya memiliki kandungan vitamin C yang sangat bagus untuk kulit. Cara pemakaiannya sangat sederhana. Hancurkan buah pepaya secukupnya hingga halus, lalu pakai di kulit wajah secara merata. Biarkan selama setengah jam lalu bersihkan. Manfaat masker pepaya untuk kulit adalah mengatasi kulit kusam, mengurangi minyak pada kulit, membantu peremajaan kulit dan banyak lagi.

5. Masker Alpukat

Buah yang warnanya hijau ini tidak hanya enak bila dijadikan jus, tetapi juga bermanfaat untuk kecantikan wajah. Manfaat alpukat untuk kulit antara lain yaitu mencerahkan kulit, melembabkan, mengatasi keriput, membersihkan  dan mengatasi masalah minyak pada kulit. Caranya sama dengan buah – buahan lainnya, yaitu menggunakan daging buahnya yang telah dihaluskan sebagai masker, diamkan beberapa saat, lalu bersihkan. Tentu saja gunakan buah yang masih segar.

6. Masker Wortel

Sayuran yang identik dengan makanan kelinci ini mengandung banyak vitamin A dan C yang dibutuhkan kulit, sehingga manfaat wortel untuk kulit bagus untuk merawat kulit yang kusam. Parut sejumlah wortel, secukupnya saja, lalu pakaikan ke wajah Anda. Bersihkan setelah terasa meresap ke kulit, tidak perlu terlalu lama. Bisa juga dicampur dengan madu.

7. Masker Madu

Manfaat madu untuk masker wajah sama berkhasiatnya dengan masker buah. Madu dapat mengatasi kulit berminyak, berjerawat, kering dan kusam. Pilihlah madu asli yang khasiatnya tidak diragukan lagi. Oleskan ke seluruh wajah, diamkan beberapa saat lalu bersihkan dengan handuk yang dicelup air hangat. Selain manfaatnya untuk kulit wajah, manfaat madu untuk bibir juga baik untuk mencegah bibir kering dan pecah – pecah.

Dari sekian banyak tips dan cara merawat wajah agar tidak kusam yang telah dibahas tersebut, pilihan ada pada Anda untuk menentukan cara manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila salah satu atau beberapa cara tersebut dilakukan secara teratur, pastinya masalah kulit yang kusam perlahan – lahan akan teratasi dan mengembalikan rona sehat kulit wajah Anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 20th, July 2016 / 07:14 Oleh :
Kategori : Wajah