12 Cara Memanjangkan Poni dengan Cepat

Model rambut yang menarik sangat beragam pada masa sekarang ini. Bermunculan berbagai variasi model dan gaya yang dikatakan dapat membuat seseorang wanita tampak makin modis dan cantik. Untuk mencoba berbagai model rambut tersebut, tentu saja harus disesuaikan dengan tekstur rambut dan bentuk wajah seseorang. Bermacam – macam model rambut ini ada yang berponi dan ada yang tidak. Model poni rambut pun berbeda sesuai dengan model rambut secara keseluruhan. Beberapa wanita senang memakai model rambut yang berponi untuk menutupi dahi dan bentuk wajah yang lebar dan juga untuk mempercantik penampilannya.

Biasanya poni tersebut adalah hasil dari potongan yang dilakukan oleh penata rambut profesional. sehingga modelnya rapi. Namun ada juga yang memotong poninya sendiri karena merasa model rambutnya kurang cocok, dan justru melakukan kesalahan dengan bentuk poni yang tidak rapi. Atau menyesal karena potongan poni justru membuat wajahnya tampak kurang menarik. Bila kejadiannya seperti ini, memanjangkan poni perlu waktu lebih lama lagi daripada memanjangkan rambut secara keseluruhan. Lalu, adakah yang bisa dilakukan untuk memanjangkan poni lebih cepat? Selama menunggu poni menjadi panjang, berikut ini ada hal yang bisa Anda lakukan:

Menata poni yang sedang dipanjangkan

Pada tahap – tahap awal memanjangkan poni, mungkin saja Anda akan merasa sedikit tidak percaya diri karena bentuk poni yang tidak beraturan. Lakukan beberapa tips berikut untuk menyamarkandan menata penampilan belum maksimal.

1. Gunakan jepit rambut 

Poni yang sedang dipanjangkan mungkin akan terlihat kurang sesuai dengan potongan rambut Anda. Gunakan jepit rambut besar atau yang berukuran biasa untuk menjepit bagian poni yang kurang beraturan. Jepit dengan kuat bagian poni agar terlihat rapi dan orang lain tidak akan menyadari bagian yang sedang Anda coba tutupi tersebut.

2. Gunakan Bandana

Mungkin Anda tidak selalu memiliki waktu untuk menata poni setiap hendak keluar rumah. Bandana dapat menjadi solusi yang baik untuk mengatasi hal ini. Pilihlah bandana yang modis dan berwarna cerah yang cocok dengan busana Anda. Pakai bandana beberapa sentimeter dari dahi dan tarik sedikit agar tenbentuk jambul kecil di atas dari, sehingga dahi Anda tidak terlalu terbuka.

3. Mengepang poni

Jika poni Anda cukup panjang untuk dikepang, hal ini akan menyembunyikan masalah poni yang sedang Anda panjangkan. Selain itu, kepangan poni yang rapi akan membuat rambut Anda tampil berbeda dan lebih menarik. Jangan lupa untuk menjepit poni yang dikepang agar tetap rapi.

4. Gunakan produk penata rambut

Untuk menata poni yang belum bagus tampilannya, Anda bisa menggunakan produk penata rambut yang ringan agar poni yang masih dipanjangkan menurut dan mudah ditata. Bisa juga menggunakan hairspray agar helai – helai poni tidak berantakan.

Tips Memanjangkan Poni

Ketika Anda sedang berusaha memanjangkan poni, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai tips yang bisa membantu poni agar lebih cepat panjang.

1. Potong ujung poni

Memotong ujung poni setiap beberapa waktu sekali secara teratur dapat membantu poni untuk tumbuh lebih cepat. Memotong ujung poni membuat rambut lebih sehat, dan rambut yang sehat akan mudah menyerap nutrisi dari tubuh yang membuatnya akan tumbuh lebih cepat. Jangan memotong poni terlalu banyak atau mengubah modelnya selama belum mencapai panjang yang diinginkan, karena itu hanya akan membuat Anda melalui rasa penyesalan lagi. Memotong ujung poni secara teratur tidak saja menjaga bentuknya tetap bagus, tapi juga membuat poni mudah bersatu dengan seluruh potongan rambut.

2. Jaga kelembaban rambut

Menjaga rambut tetap lembab alami sangat penting, karena kelembaban alami rambut akan mencegah masalah rambut bercabang dan penyebab rambut bercabang. Produk deep conditioning dapat menjadi cara mengatasi rambut bercabang dengan memberikan kelembaban yang meresap ke dalam batang rambut. Lakukan perawatan ini sekali seminggu untuk rambut yang diwarnai atau dirawat dengan bahan kimia, dan dua minggu sekali untuk rambut yang tidak terkena bahan kimia. Rambut yang sering diproses menggunakan kimia seperti rebonding dan smoothing juga harus diperhatikan dengan cara merawat rambut rebonding agar awet dan cara merawat rambut smoothing agar tahan lama.

3. Pilih model poni samping

Model poni yang menyamping akan lebih mudah untuk dipanjangkan daripada model poni yang menutupi seluruh dahi karena tidak akan mudah menusuk mata ketika sudah semakin panjang. Bila Anda memutuskan untuk mempunyai poni, maka pilihlah gaya poni menyamping yang lebih praktis.

4. Potong poni di bagian tengah

Cara lain untuk mensiasati poni yang sedang dipanjangkan adalah dengan memotong poni di bagian tengah atau menata poni Anda ke bagian tengah. Pisahkan poni menjadi dua bagian kiri dan kanan lalu sisirlah kesamping mengikuti belahan tengah rambut. Dengan demikian poni akan lebih mudah bersatu dengan rambut Anda secara keseluruhan dan tidak terlihat kalau potongannya berbeda.

Cara cepat memanjangkan poni

Poni adalah bagian dari rambut, jadi jika Anda merasa bentuk poni kurang cocok atau kurang bagus maka cara satu – satunya untuk memperbaiki potongannya adalah dengan menunggu sampai poni menjadi panjang dengan sendirinya. Hal itu berarti sama saja dengan menunggu pertumbuhan rambut secara keseluruhan. Namun janganlah khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memancing pertumbuhan poni atau rambut secara keseluruhan agar bisa lebih cepat.

1. Memanjangkan poni dengan teh hijau

Manfaat teh untuk rambut bisa diambil dari manfaat teh hijau untuk rambut yang dapat membantu rambut agar tumbuh lebih cepat. Dengan demikian, poni juga akan tumbuh lebih cepat berkat kandungan antioksidan dalam teh hijau yang akan melancarkan sirkulasi darah dari kulit kepala menuju rambut. Cara menggunakan teh untuk memanjangkan poni yaitu dengan membasuh rambut menggunakan air teh hijau yang sudah diseduh. Biarkan selama dua puluh menit atau lebih, lalu cuci rambut seperti biasanya.

2Memanjangkan poni dengan santan

Manfaat santan untuk rambut adalah sebagai cara meluruskan rambut secara alami dan juga cara merawat rambut keriting. Selain itu, kandungan minyak nabati dalam santan dapat membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat. Cara menggunakan santan untuk memanjangkan rambut dan poni sangat mudah, yaitu dengan membalurkan santan ke seluruh bagian rambut. Lalu bungkuslah kepala dengan handuk hangat selama sekitar dua puluh menit, kemudian bilas seperti biasa dengan air dingin.

3. Memanjangkan poni dengan kuning telur

Selama ini yang lebih dikenal adalah manfaat kuning telur untuk wajah daripada manfaat telur untuk rambut. Padahal kuning telur juga dapat menjadi cara memanjangkan rambut secara alami, dengan begitu juga akan menjadi cara memanjangkan poni.  Untuk cara memakainya, cobalah untuk mengoleskan kuning telurnya ke kulit kepala dan rambut Anda selama beberapa menit, lalu bilas sampai bersih. Baunya memang akan tercium anyir atau amis, karena itu Anda harus membersihkannya dengan seksama.

4. Memanjangkan poni dengan kulit apel

Manfaat buah apel untuk kesehatan rambut yaitu sebagai bahan alami yang dapat mengatasi berbagai masalah rambut seperti rambut rusak, ketombe, rambut kering dan lain sebagainya. Selain itu, bagian apel lain yang juga dapat berguna untuk perawatan rambut adalah kulit apel. Manfaat kulit apel untuk rambut sangat berguna untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Cara menggunakan kulit apel sebagai perawatan poni agar cepat panjang yaitu dengan menghaluskan kulit apel secukupnya, lalu balurkan ke rambut. Diamkan sampai agak kering lalu bilas sampai bersih.

Model poni yang cocok sesuai bentuk wajah

Kebanyakan wanita yang ingin memanjangkan poni biasanya merasa poni mereka kurang cocok dengan potongan yang telah dimiliki sekarang. Karena itu, cobalah simak beberapa model poni yang cocok dengan bentuk wajah berikut ini agar tidak mengalami hal yang sama lagi:

  • Model poni untuk wajah oval 

Bagi pemilik wajah ovel, mereka sangat beruntung karena semua model poni dapat terlihat bagus di wajahnya. Pemilik wajah oval mempunyai keleluasaan untuk memilih beragam potongan rambut dan poni yang dia sukai tanpa takut untuk terlihat tidak cocok dan mengalami bad hair day karena potongan yang salah. Jangan lpa untuk mencari cara mengatasi rambut mengembang dan cara merawat rambut agar tidak mengembang jika Anda memiliki rambut yang sulit ‘dijinakkan’.

  • Model poni untuk wajah persegi

Wajah persegi biasanya dicirikan dengan garis rahang yang kuat dan terlihat dominan daripada aspek wajah yang lain. Garis rahang sama besar dengan lebar tulang pipi. Untuk melembutkan garis rahang yang keras, potongan poni yang berpinggiran lurus dengan kedua sisi yang lebih panjang daripada bagian tengah. Contohnya poni berpotongan arched bang. Hindari poni dengan pinggiran tumpul dan belah tengah. Bila Anda ingin memiliki rambut lurus, ketahuilah cara meluruskan rambut tanpa rebonding dan cara membuat rambut lembut agar mudah diatur.

  • Model poni untuk wajah bulat

Wajah berbentuk bulat yang biasanya terlihat berpipi tembam harus disiasati dengan poni berpotongan pinggir atau side swept bang agar wajah tidak terlihat terlalu bulat dan sedikit ramping. Usahakan untuk juga menghindari potongan rambut pendek di pinggir yang akan memperjelas wajah yang bulat. Untuk pemilik rambut berminyak, ketahuilah merk sampo untuk rambut berminyak yang bagus.

  • Model poni untuk wajah bentuk hati

 Wajah bentuk hati mudah dilihat dari dahi yang lebar dan dagu yang menyempit sesuai bentuk hati. Potongan poni yang jatuh dan lurus di dahi dapat memperkuat kesan yang ditampilkan pemilik wajah berbentuk hati. Selain itu poni belah tengah yang panjangnya sama bisa menjadi pilihan lainnya. Salah satu contoh model poni yang cocok adalah rolled up bang. Ketahui juga cara mengatasi rambut lepek dan tipis yang ampuh serta apa saja merk  vitamin rambut kering yang tepat untuk merawat rambut Anda.

  • Model poni untuk wajah lonjong

Poni bermodel belah tengah yang jatuh ke depan dahi dan berpotongan di atas alis akan cocok bagi pemilik bentuk wajah lonjong. Begitu juga dengan bentuk poni yang lurus dan rata, tanpa layer. Contohnya, potongan poni yang mengunakan nama blunt bang. Bagi Anda yang memiliki potongan bob, perlu diketahui juga cara merawat rambut bob serta apa saja penyebab rambut apek agar rambut Anda tetap terlihat indah.

Nah, setelah mengetahui beragam cara memanjangkan poni dan model poni yang cocok untuk bentuk wajah, Anda bisa mencoba menata rambut dengan model poni terbaru. Agar tidak terjadi kesalahan potong, sebaiknya diskusikan dengan hair stylist Anda mengenai model poni yang paling cocok. Seorang hair stylist berpengalaman pasti sudah bisa mencocokkan bentuk wajah pelanggannya dengan potongan rambut yang sesuai, jadi sebaiknya Anda tidak salah memilih salon kecantikan untuk memotong rambut agar tidak menyesal. Juga hindari untuk memaksa mencoba model terbaru, padahal penata rambut Anda sudah menyatakan bahwa model tersebut tidak akan cocok untuk Anda.