20 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Secara Alami dan Mudah

Rambut singa, begitulah julukan yang sering diberikan kepada orang yang keadaan rambutnya mengembang dan tidak rapi. Rambut mengembang biasanya tampak besar,kering dan bercabang. Sulitnya menata rambut yang mengembang agar rapi dan licin sering membuat orang kesal, bahkan menjadi tidak percaya diri karena merasa penampilannya tidak bagus. Apalagi jika rambut mengembang terjadi saat kita harus menghadiri acara resmi atau bertemu orang banyak. Tentu saja, kalau rambut rapi dan enak dilihat, sang empunya rambut juga akan merasa yakin akan penampilan dirinya sehari – hari.

Cara cepat untuk mengatasi rambut mengembang yang sering dilakukan adalah dengan mengikat rambut, memakai penutup kepala atau topi, namun hal itu akan membuat masalah baru, seperti munculnya ketombe karena kulit kepala sering ditutup dan lembab, atau rontok karena terlalu sering diikat. Biasanya rambut mengembang ini akan makin terlihat setelah keramas.

Penyebabnya

Penyebab rambut mengembang adalah:

  • Rambut sering terekspos panas yang berlebihan, dari alat catok, hair dryer, sinar matahari, dan lainnya.
  • Kondisi cuaca, seperti kelembaban udara.
  • Sering keramas dengan air hangat.
  • Sering terkena bahan kimia. Rambut terkena efek dari bahan kimia, misalnya bahaya cat rambut.
  • Penggunaan produk rambut yang kurang tepat.
  • Genetika, atau faktor keturunan yang membuat Anda memiliki rambut tebal dan mengembang.

Tips Untuk Mengatasi Rambut Mengembang

Sebenarnya banyak yang bisa dilakukan untuk cara mengatasi rambut mengembang ini. Dengan cara menata rambut yang tepat, rambut mengembang akan bisa ditaklukkan, sehingga penampilan Anda pun tidak akan menyerupai singa yang rambutnya besar dan megar. Beberapa cara menata rambut mengembang yaitu:

1. Pilih Stylist Yang Cocok

Rambut yang mengembang bisa diatasi dengan cara yang tepat dalam menatanya, yaitu dimulai dari potongan rambut yang cocok dan mengurangi kesan mengembang pada rambut. Memotong rambut memerlukan kecocokan dan stylist yang handal agar hasilnya sesuai harapan. Stylist yang kurang handal atau kurang memiliki pengetahuan untuk menata berbagai jenis rambut kemungkinan besar tidak bisa menata rambut mengembang Anda dengan baik. Salah – salah, potongan rambut yang disarankan malah membuat rambut tampak tidak karuan. Tidak perlu salon yang mahal untuk menemukan stylist yang sesuai dengan kriteria ini, karena tetap ada kemungkinan di salon biasa pun memiliki stylist yang handal.

2. Potong Rambut Teratur

Walaupun tidak mengganti model rambut, tetapi pastikan Anda memotong ujung rambut sebanyak beberapa centimeter setiap 6 hingga 8 minggu sekali untuk meminimalisir kemungkinan penyebab rambut bercabang. Pilih potongan model layer panjang yang dimulai dari tulang pipi dan lanjut ke arah bawah rambut untuk memberi kesan rambut lebih tipis. Jangan potong rambut terlalu pendek jika rambut Anda adalah jenis yang mengembang dan keriting. Potongan pendek justru akan membuat rambut makin sulit diatur, terlebih lagi ketika mulai tumbuh biasanya rambut akan tampak mencuat ke segala arah.

3. Kebiasaan Keramas

Periksa lagi kebiasaan Anda keramas, apakah terlalu sering? Mencuci rambut terlalu sering dapat menghilangkan kelembaban alami rambut, karena sampo bisa membuat rambut kering. Manfaat mencuci rambut setiap hari hanya untuk rambut yang benar – benar kotor, misalnya karena tertutup helm setiap hari, berketombe, atau berkutu. Pilih sampo yang bebas sulfat, tapi mengandung glycerin yang bisa membantu menutrisi rambut dari akar dan mencegah rambut patah.

4. Gunakan Kondisioner

Setiap kali selesai keramas, jangan lupakan memakai kondisioner yang cocok untuk rambut mengembang. Manfaat conditioner rambut adalah untuk membantu melembutkan sehingga rambut tidak terlalu mengembang dan lebih mudah diatur. Bahkan, cobalah hanya membubuhkan conditioner sebanyak dua kali seminggu lalu langsung bilas tanpa keramas. Conditioner tidak mengandung bahan yang dapat mengurangi minyak alami rambut seperti sampo, dan juga bisa menjadi cara mengatasi rambut rontok dan kering.

ads

5. Keringkan Rambut Dengan Benar

Cara ang benar untuk mengeringkan rambut bukan dengan menggosok – gosokkan handuk ke rambut. Bila Anda melakukan itu, rambut justru akan menjadi kasar dan beresiko pecah – pecah. Keringkan dengan cara menepuk – nepuk handuk ke rambut sampai lumayan kering, lalu biarkan terkena udara agar kering alami.

6. Pakai Produk Rambut

Cara melembutkan rambut yaitu gunakan produk yang khusus diproduksi untuk mengatasi rambut mengembang. Produk penataan rambut ini sekarang sangat mudah didapatkan di toko – toko yang menjual perlengkapan kecantikan. Hanya saja, jangan pelit menggunakan produk rambut ini. Karena rambut yang tebal dan mengembang memang memerlukan penggunaan dalam jumlah yang agak banyak.

7. Sediakan Lebih Banyak Waktu

Memiliki rambut yang mengembang biasanya disebabkan karena Anda punya jenis rambut yang tebal. Untuk menata rambut tebal dan mengembang, akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Maka, cara merawat rambut agar lembut adalah sediakan waktu lebih setiap hari untuk menata rambut Anda. Waktu lebih berguna agar tampak lebih rapi, dan juga diperlukan kesabaran agar hasilnya sepadan.

8. Gunakan Hair Dryer

Jika habis keramas, biarkan rambut kering secara alami terlebih dulu. Rambut kering sebelum di hair dryer sangat perlu, untuk meminimalkan kerusakan jika menggunakan hair dryer terlalu sering. Kemudian Anda bisa menatanya dengan hair dryer sebagai cara merawat rambut agar lurus. Jangan lupa memakai hair dryer yang kualitasnya lumayan baik, karena hair dryer yang berkualitas seadanya juga akan berefek buruk ke kondisi rambut menjadi penyebab kerusakan pada rambut nantinya. Dan juga jaga jarak sekitar 15 cm saat menata rambut. Setelahnya semprotkan light hair spray ke rambut supaya tetap rapi.

9. Gunakan Alat Catok

Jika digunakan terlalu sering, alat catok rambut memang bisa menyebabkan rambut menjadi rusak, merah, bercabang dan kering. Semua itu tidak akan terjadi jika Anda menggunakannya seperlunya saja.  Manfaat catok rambut bagi rambut mengembang adalah catok bisa menjadi cara cepat untuk menata rambut bila Anda sedang tidak punya banyak waktu. Ingatlah selalu oleskan serum rambut sebelum menggunakan alat catok untuk melindungi rambut.

10. Aksesoris Rambut

Rambut yang tebal dan mengembang membutuhkan aksesoris yang khusus, yang bisa kuat menahan volume rambut. Jangan coba memakai jepit rambut yang rapuh atau berbahan kurang bagus, karena itu tidak bisa bertahan lama di rambut mengembang. Pilihlah yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama.

11. Sisir Rambut

Untuk menyisir rambut yang mengembang, diperlukan sisir yang kokoh juga agar mampu menahan tekanan saat menyisir dan tidak mudah patah. Sisir rambut yang bergigi jarang baik untuk rambut mengembang. Anda dapat mencoba juga cara meluruskan rambut secara alami menggunakan bahan – bahan alami.

12. Kepang!

Mengikat rambut terlalu sering memang tidak disarankan, karena beresiko rambut akan rontok atau mudah patah. Tapi lain halnya dengan mengepang rambut. Jika rambut mengembang Anda sedang sulit diatur, solusinya adalah atasi dengan mengepang rambut. Kelebihan dari rambut mengembang yang tebal, kepangan akan tampak lebih bagus daripada yang berambut tipis. Cobalah manfaat masker alpukat untuk rambut agar lebih mudah diatur.

13. Masker Rambut

Menggunakan masker rambut dua kali seminggu juga menjadi cara merawat rambut agar tidak mengembang yang jitu. Perawatan alami selalu memiliki efek samping yang minimal dibandingkan perawatan berbahan kimia. Manfaat hair mask untuk rambut bisa membantu mengurangi masalah rambut mengembang Anda dengan memberi rambut kelembaban alami.

Sponsors Link

14. Keringkan Sebelum Tidur

Jangan pernah tidur dengan rambut yang setengah kering, karena penyebab rambut keriting adalah tidur dengan rambut basah. Keesokan harinya rambut akan kusut dan makin sulit diatur. Kalau terpaksa, keringkan dengan menggunakan hair dryer agar cepat kering.

15. Selalu Bawa Produk Rambut

Untuk berjaga – jaga, selalu simpan produk rambut seperti serum rambut di tas anda. Bawalah produk serum yang berbentuk spray, agar Anda mudah mengaplikasikannya bila perlu menata rambut kembali ketika sedang diluar rumah.

16. Rawatlah Ujung Rambut

Jangan hanya berfokus pada akar dan bagian tengah rambut saja. Ujung rambut juga perlu dirawat agar tidak rusak dan bercabang. Jika bercabang, rambut akan terlihat makin mengembang. Cara merawat agar rambut tidak bercabang yaitu dengan memakai masker rambut atau serum khusus untuk rambut bercabang.

17. Pakai Hair Tonic

Salah satu produk yang bisa digunakan adalah tonik rambut. Pemakaiannya yang teratur bisa menjadi solusi untuk rambut mengembang Anda. Banyak merk yang bisa dipilih, sesuaikan dengan jenis serta masalah rambut Anda.

18. Lakukan Perawatan Dengan Hot Oil

Perawatan rambut menggunakan hot oil bisa untuk cara mengatasi rambut mengembang. Hot oil adalah cara merawat rambut dengan memanaskan sedikit minyak yang akan digunakan ke rambut. Minyak yang digunakan berasal dari minyak nabati, seperti minyak almond. Manfaat almond untuk rambut adalah memperbaiki kesehatan kulit kepala, memperbaiki kerusakan rambut, membersihkan kulit kepala dan lain – lain. Minyak zaitun juga selain bisa digunakan untuk rambut mengembang, ada manfaat minyak zaitun untuk rambut anak. Bisa dilakukan seminggu sekali. Minyak lainnya yang bisa digunakan yaitu:

  • Minyak Argan yang bisa melindungi kutikula rambut dari pengaruh cuaca seperti kelembaban.
  • Minyak Kelapa yang bisa memberikan kelembaban pada rambut.
  • Minyak Biji Bunga Matahari juga bisa melembabkan rambut.
  • Minyak Alpukat yang kaya akan lemak yang bisa melembabkan rambut.

19. Gunakan Produk Bebas Alkohol

Produk yang bebas alkohol sangat penting untuk masalah rambut mengembang, karena kandungan alkohol justru akan menjadi penyebab rambut kering dan rambut kering akan mudah sekali mengembang.

20. Gunakan Sarung Bantal Yang Lembut

Untuk menghindari gesekan rambut dengan sarung bantal yang bisa menyebabkan rambut semakin kasar dan mengembang keesokan harinya, usahakan memakai sarung bantal yang berbahan lembut. Jika memungkinkan, gunakan yang berbahan silk atau sutera. Atau, bungkus rambut Anda dengan kain sutra untuk menghindari rambut mengembang karena tergesek permukaan kasar saat tidur.

Dalam pemilihan produk rambut, ada kalanya Anda harus mencoba beberapa jenis atau merk sebelum menemukan produk yang tepat untuk rambut Anda yang mengembang. Usahakan meneliti dulu kandungan dari produk – produk tersebut, jangan sampai mempunyai kandungan bahan kosmetik yang berbahaya.Jika perlu mintalah saran dari stylist Anda tentang produk yang baik untuk rambut.

Mengatasi rambut yang mengembang memang bisa jadi agak sulit dan melelahkan, karena trik – trik untuk menjinakkan rambut harus dilakukan setiap hari jika ingin penampilan sempurna. Karena itu diperlukan kesabaran dan ketelatenan lebih untuk terus melakukan cara perawatan rambut mengembang ini. Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu jangan sampai Anda menjadi terlalu memaksa karena ingin mempunyai rambut yang indah seperti model. Resikonya, Anda akan berlebihan dalam merawat rambut yang mengembang, seperti membeli terlalu banyak produk rambut, terlalu sering menggunakan hair dryer dan catok, serta malah melakukan keramas terlalu sering. Lakukanlah perawatan sewajarnya saja, dan jangan putus asa jika belum mendapatkan hasil yang diinginkan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 02nd, September 2016 / 04:20 Oleh :
Kategori : Rambut