8 Cara Mengencangkan Kulit Leher Secara Alami

Kulit leher seringkali menjadi bagian tubuh yang luput dari perhatian kita. Padahal bagian ini bisa saja menjadi keriput atau kendur seiring dengan bertambahnya usia. Kulit leher yang kendur dapat dikencangkan dengan menggunakan banyak cara. Cara-cara tersebut bisa secara alami, medis, atau perawatan salon. Namun anda harus selektif dalam memilih salon kecantikan untuk perawatan kulit anda. Jika anda sembarangan memilih, bisa-bisa anda mendapatkan hal-hal yang tidak anda inginkan. Salah satunya adalah penggunaan bahan kosmetik yang berbahaya.

Nah, jika anda ingin mencari informasi mengenai cara mengencangkan kulit leher secara alami, simaklah artikel kali ini sampai tuntas. Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai beberapa cara perawatan alami untuk mengencangkan kulit leher. Di sini anda bisa mendapatkan aneka macam cara alami mengencangkan kulit leher tanpa harus melakukan suntik vitamin C dan kolagen untuk mendapatkan kulit leher yang kencang. Apa saja caranya?

1. Lakukan olahraga secara rutin

Beberapa jenis gerakan pemanasan bisa menjadi sarana anda untuk mendapatkan kulit leher yang kencang. Olahraga memang telah menjadi salah satu cara menjaga penampilan diri wanita. Kesadaran akan pentingnya olahraga ini adalah suatu kemajuan yang baik dalam hal gaya hidup. Manfaat olahraga untuk kecantikan salah satunya adalah sebagai cara mencegah penuaan dini. Kulit leher yang mengendur adalah salah satu dari tanda penuaan yang bisa diatasi dengan olahraga teratur.

Lakukanlah gerakan yang melibatkan otot leher seperti beberapa gerakan yang terdapat dalam yoga atau jenis senam kebugaran lainnya. Kulit keriput atau kendur juga tidak hanya menyerang kaum usia lanjut. Pada usia muda, kulit keriput bisa saja terjadi. Penyebab kulit keriput di usia muda salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat. Maka dari itu berolahragalah secara rutin.

2. Cukupi kebutuhan tubuh akan air

Tubuh manusia 90 persennya terdiri dari komponen air. Oleh karena itu kita membutuhkan asupan air dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Jumlah konsumsi air yang disarankan oleh ahli kesehatan adalah minimal sebanyak 2 liter atau sekitar 8 gelas per hari. Kekurangan air dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi yang akan berdampak pada menurunnya fungsi organ, kulit kering, bibir pecah-pecah, dan bahkan kulit menjadi keriput lebih cepat. Konsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup akan membantu anda mendapatkan cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami, begitu juga pada bagian leher.

3. Konsumsi makanan organik

Mungkin saat ini anda telah banyak menemukan berbagai jenis buah, sayur, dan beberapa jenis bahan makanan yang menggunakan label organik. Memang harga bahan makanan tersebut akan cenderung lebih mahal daripada jenis bahan makanan yang tidak berlabel organik. Apa yang membedakan keduanya? Makanan organik tidak mengandung pupuk serta pestisida berbahan kimia berlebih yang dapat masuk ke dalam tubuh. Jika terlalu banyak jumlah yang masuk ke dalam tubuh, tentu hal ini tidak baik untuk keadaan tubuh kita. Oleh karena itulah saat ini banyak tersedia makanan organik yang memang dikenal lebih sehat.

Sayuran dan buah organik dapat membantu anda mendapatkan kulit yang awet muda. Keadaan kulit sangat ditentukan oleh asupan nutrisi terutama jenis vitamin yang dapat menjaga elastisitas kulit seperti vitamin C. beberapa jenis buah dan sayur adalah sumber dari vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh tersebut. Jadi, jika anda ingin mendapatkan kulit leher yang kencang, masukkan bahan makanan organik ke dalam menu makanan sehari-hari anda. Rasakan manfaat kiwi bagi kulit atau manfaat pisang untuk kulit wajah dan tubuh dengan mengonsumsinya.

4. Mengunyah permen karet

Pasti anda bertanya-tanya apa iya suatu kegiatan sepele seperti mengunyah permen karet dapat membantu mendapatkan kulit yang kencang? Jawabannya tentu saja benar. Permen karet tanpa gula dapat membantu anda mendapatkan kulit leher yang kencang karena dapat melatih bagian otot yang ada pada sekitar leher. Ketika anda mengunyak permen karet tanpa gula, rahang anda secara otomatis akan membuka dan menutup. Gerakan inilah yang berfungsi dalam melatih otot-otot pada leher anda.

Cara mengunyah permen karet untuk mengencangkan kulit leher dapat anda praktikkan dengan mengunyah selama 20 sampai 30 detik kemudian diam selama 10 detik. Setelah itu anda bisa terus mengulanginya beberapa kali. Lakukanlah kebiasaan tersebut minimal 3 kali dalam seminggu.

5. Hindari gaya hidup tidak sehat

Kehidupan di perkotaan membuat kita seringkali harus mengikuti arus. Namun hal ini bukan berarti anda juga harus terlibat dalam gaya hidup yang tidak sehat. Salah satu jenis gaya hidup yang tidak sehat adalah merokok. Pada sebatang rokok terdapat berbagai kandungan zat racun yang sangat buruk bagi tubuh manusia. Rokok dapat berkontribusi dalam pengenduran kulit tubuh anda secara lebih cepat, termasuk kulit pada bagian leher. Paparan asap rokok pun mampu memberikan efek negatif tersebut. Jadi mulai sekarang jauhilah rokok sebisa mungkin.

6. Jangan terlalu lama terpapar sinar matahari

Sinar matahari pagi memang baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin D yang baik bagi tulang dan kulit kita. Namun hal ini tentu berbeda dengan sinar matahari terik di siang hari. Sinar matahari langsung yang membuat kulit kita terpapar mengandung UVA dan UVB serta radikal bebas yang sangat tidak baik bagi kesehatan kulit. Oleh karena itu, lebih baik hindari terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama. Jika anda terpaksa melakukan aktivitas di bawah terik matahari, gunakanlah payung meski anda telah menggunakan produk perawatan yang mengandung tabir surya. Hal tersebut tidak akan cukup.

7. Jaga berat badan tetap stabil

Diet mungkin akan membantu anda untuk mendapatkan tubuh impian. Namun jika anda sudah memiliki berat badan yang ideal, sebaiknya anda tetap menjaga berat badan tersebut agar terhindar dari kulit leher yang kendur. Penurunan berat badan dapat berkontribusi pada mengendurnya kulit di seluruh tubuh, termasuk kulit leher anda. Jika anda menginginkan kulit leher yang kencang, salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan menjaga berat tubuh tetap pada kondisinya.

8. Gunakan masker leher

Anda bisa membuat masker untuk mengencangkan kulit yang berasal dari bahan-bahan alami. Masker merupakan perawatan kulit dari luar yang bisa anda gunakan pada kulit leher. Lengkapilah perawatan kulit anda dengan penggunaan masker buah, sayur, atau bahan lainnya yang bisa anda buat sendiri. Beberapa jenis buah dapat menjadi bahan untuk membuat masker. Dengan cara ini anda bisa mendapatkan manfaat masker pepaya bagi kulit, manfaat masker kuning telur, atau manfaat melon untuk kecantikan.

Itulah cara mengencangkan kulit leher yang bisa nada terapkan tanpa menggunakan bantuan pisau bedah medis atau perawatan di salon kecantikan yang pasti membutuhkan banyak biaya. Selamat mencoba!