16 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik Secara Alami

Pada umumnya orang Indonesia selalu mendambakan mempunyai kulit yang putih dan lembab. Sehingga banyak yang melakukan berbagai cara dan tips membuat kulit putih. Tapi sebenarnya kulit yang sehat tidaklah harus putih, tetapi kulit yang sehat adalah kulit yang bersih dan cerah. Sehingga permasalahan kulit yang kering dan bersisik termasuk dalam kulit yang kurang sehat.

Kulit bersisik ini merupakan gejala yang diakibatkan bersamaan oleh kulit yang kering. Umumnya kulit kering dan bersisik ini terletak di bagian kulit tubuh mana saja, bisa di lengan, kaki maupun wajah. Kulit yang bersisik terlihat kasar, retak-retak, dan hampir menyerupai sisik. Hal ini tentu saja membuat kita merasa kurang nyaman dan rasa percaya diri juga berkurang. Dan tentu saja bisa merusak penampilan diri kita. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah)

Agar mendapatkan kulit yang sehat, Anda harus tahu juga penyebab kulit kering dan bersisik. Berikut ini penyebab terjadinya kulit menjadi kering dan bersisik yang perlu Anda ketahui :

  • Faktor genetik atau keturunan.

Kondisi kulit yang kering dan bersisik bisa jadi disebabkan karena faktor genetik atau keturunan. Jadi jika dari orang tua atau keluarga kita memiliki jenis kulit yang kering dan bersisik, maka tidak menutup kemungkinan kalau kita pun akan memiliki jenis kulit yang sama.

  • Akibat kurang perawatan.

Kurangnya menjaga kesehatan kulit bisa jadi pemicu munculnya kulit kering dan bersisik. Seperti mandi yang kurang bersih dan tidak melakukan perawatan kesehatan kulit, contohnya lulur atau menggunakan body lotion. Padahal perawatan kulit ini merupakan salah satu cara menjaga penampilan diri wanita.

  • Penggunaan produk yang kurang cocok.

Bisa juga karena penggunaan sabun, kosmetik atau produk perawatan kulit lainnya yang kurang cocok dengan jenis kulit Anda.

  • Cuaca panas dan dingin.

Kulit yang terkena sinar matahari terlalu lama bisa berakibat buruk untuk kulit. Begitu pula sebaliknya, saat cuaca dingin dari hembusan angin dingin bisa mengakibatkan kulit menjadi kering dan bersisik. Selain itu hembusan dari AC yang terlalu lama juga bisa menjadi penyebabnya.

  • Regenerasi atau pergantian kulit.

Pergantian kulit ditandai dengan lapisan kulit yang mengering dan terkelupas, sehingga menyebabkan kulit menjadi terlihat kering dan bersisik.

  • Kurang nutrisi.

Kurangnya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin B2 dan E bisa menyebabkan kulit kering dan bersisik.

  • Kurangnya asupan air.

Tubuh memerlukan cairan yang cukup untuk menjaga kesehatan kulit. Bila kita kurang minum, maka kulit kita pun jadi kurang sehat dan cerah.

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik secara Alami

Agar kulit Anda tetap sehat dan cerah serta terbebas dari kulit kering dan bersisik, Anda dapat mencoba cara merawat kulit tubuh yang bisa Anda terapkan berikut ini :

ads

1.Buah nanas

Buah dengan rasa asam manis ini memang dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga baik untuk dikonsumsi. Selain itu kandungan nutrisi dalam nanas juga dapat bermanfaat sebagai salah satu cara mencegah penuaan dini pada kulit dan wajah. Khasiat buah nanas juga bisa dipakai untuk mengatasi kulit kering dan bersisik.

Caranya pilihlah buah nanas yang telah masak atau matang. Lalu dikupas dan diparut atau diblender hingga halus. Kemudian balurkan nanas yang telah halus tadi ke bagian kulit yang kering dan bersisik, seperti di tangan atau kaki. Lakukan rutin 1 kali sehari saat mau tidur malam, dan saat bangun pagi bersihkan dengan air hingga bersih.

2.Pisang

Jenis buah lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering dan bersisik adalah pisang. Selain itu manfaat pisang untuk kulit juga bisa melembutkan tumit kaki yang pecah-pecah.

Caranya, haluskan pisang dengan blender hingga berbentuk seperti pasta. Lalu oleskan pasta pisang tersebut ke kulit tubuh yang kering dan bersisik. Diamkan selama 15 menit agar nutrisi dari pisang bisa meresap ke kulit. Setelah itu bilas dengan air.

3.Jeruk purut tua

Jeruk yang juga kaya akan vitamin C-nya bisa membantu meregenerasi kulit. Untuk mengatasi kulit yang kering dan bersisik, Anda dapat menggunakan buah jeruk purut yang sudah tua.

Caranya mudah saja, cukup dengan menggosokkan buah jeruk purut tua yang sudah dibelah menjadi dua ke bagian kulit yang kering dan bersisik. Cara ini bisa Anda lakukan rutin setiap malam sebelum tidur, baru kemudian saat bangun pagi bersihkan dengan air.

Tidak hanya jeruk purut yang bermanfaat untuk kulit, berbagai jenis jeruk lainnya juga berkhasiat untuk kecantikan. Seperti manfaat jeruk lemon untuk wajah berjerawat, berminyak dan kusam ataupun manfaat jeruk nipis untuk rambut rontok, beruban dan berketombe.

4.Minyak zaitun

Minyak zaitun sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang banyak dipakai untuk kecantikan, di antaranya adalah cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun. Begitu pula untuk mengatasi kulit kering dan bersisik, Anda juga bisa mencoba menggunakan minyak zaitun.

Caranya, cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ke bagian kulit yang kering dan bersisik. Lakukan juga pemijatan secara lembut selama 10 menit. Bila dilakukan rutin setiap malam sebelum tidur, Anda bisa mendapatkan sensasi kulit yang cerah bebas kering dan sisik.

5.Gunakan pelembab

Pelembab atau handbody lotion bisa Anda gunakan untuk membantu kelembaban alami kulit Anda. Oleskan pelembab di kulit tangan, kaki, siku, lutut ataupun tumit yang kering dan bersisik terutama sehabis mandi ataupun sebelum tidur. Pelembab yang Anda gunakan sebaiknya yang mengandung vitamin E yang baik untuk kulit. Selain itu pilih juga pelembab untuk kulit kering dan kusam yang cocok dengan jenis kulit Anda. Bila dalam penggunaannya tidak cocok, segera hentikan dan ganti dengan produk lainnya.

6.Gunakan tabir surya atau sunblock

Sinar matahari yang mengenai kulit dapat membuat kulit menjadi tidak sehat akibat efek sinar UV-nya. Karena itu gunakanlah tabir surya atau sunblock saat Anda akan beraktivitas di luar. Gunakan sunblock dengan SPF minimal SPF 30 agar efektif benar-benar melindungi kulit. Bila Anda lama beraktivitas di luar ruangan, gunakan kembali 2-3 jam kemudian. (Baca Juga: Manfaat Menthol Untuk Wajah , Cara Mencegah Kerutan di Wajah)

7.Petroleum jelly

Petroleum jelly ini berbentuk seperti balsam yang dipakai sebagai salah satu produk kecantikan, salah satunya untuk melembabkan kulit yang kering dan bersisik.

Cara penggunaannya, Anda tinggal mengoleskan petroleum jelly ini ke bagian kulit yang kering dan bersisik. Sebaiknya Anda mengoleskan saat sebelum tidur dan  dibiarkan semalaman. Dan keesokkan paginya Anda akan mendapatkan kulit yang lebih lembab dari sebelumnya. (Baca Juga: Manfaat Vaseline Untuk Alis)

8.Mandi susu

Manfaat susu untuk kulit wajah dan tubuh banyak sehingga dipakai untuk berbagai perawatan kecantikan. Karena itu Anda bisa menggunakan cara mandi susu ini untuk melembabkan kulit secara alami dan terbebas dari kulit kering dan bersisik. Mandi susu juga bisa membuat kulit menjadi lebih lembut dan kenyal. Anda bisa melakukan perawatan kulit dengan mandi susu di salon atau Anda lakukan sendiri di rumah.

9.Peeling atau scrubbing

Peeling atau scrubbing dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan meregenerasi kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat dan cerah. Scrubbing bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang alami dan aman untuk kulit, seperti manfaat garam untuk kulit dan ampas kopi sebagai salah satu cara menghaluskan telapak tangan dan manfaat ampas kopi untuk rambut.

Sponsors Link

10.Konsumsi makanan yang banyak mengandung kolagen

Kolagen diperlukan untuk meregenerasi dan melembabkan kulit. Untuk menjaga kesehatan kulit bisa didapat dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolagen, seperti ikan salmon, buah-buahan dan sayuran. Bisa juga dengan perawatan dari luar dengan mengoleskan krim atau lotion yang mengandung bahan kolagen. Bahkan ada juga perawatan dengan mengambil manfaat suntik kolagen bagi kulit untuk membantu meregegenerasi kulit.

11.Asupan vitamin yang cukup

Agar kulit sehat terawat, perlu asupan vitamin dari dalam tubuh juga. Vitamin E, C dan A adalah vitamin yang paling banyak diperlukan untuk mendapatkan kulit yang sehat. Maka perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin E, C dan A.

12.Banyak minum air putih

Minum air putih merupakan salah satu cara merawat kulit agar tidak kusam. Dengan banyak minum air putih dapat membantu menjaga kelembaban kulit, menyehatkan kulit dan menghilangkan kulit kering dan bersisik. Bila tubuh kekurangan air putih dapat menyebabkan dehidrasi yang akan berdampak buruk pada kulit. Maka dari itu jangan lupa untuk selalu minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.

13.Rutin melakukan olahraga

Olahraga tidak hanya menyehatkan tubuh saja, tetapi manfaat olahraga untuk kecantikan kulit juga. Maka rajinlah melakukan olahraga setiap hari. Bila tidak sempat, tidak perlu olahraga yang berat tapi bisa dengan jalan kaki atau jogging. Bahkan naik turun tangga saat di kantor misalnya, dapat dimasukkan dalam kategori olahraga juga. Di waktu senggang Anda bisa melakukan olahraga lainnya, seperti bersepeda, berenang ataupun senam.

14.Hindari sinar matahari langsung

Pengaruh sinar UV yang langsung mengenai kulit dapat mengakibatkan kulit menjadi rusak dan merupakan salah satu penyebab wajah kusam. Maka saat melakukan aktivitas di luar gunakan topi atau payung agar kulit terhindar dari sinar matahari. Bisa juga menggunakan jaket atau baju lengan panjang dan celana panjang untuk menghindari kotak kulit tangan dan kaki secara langsung dengan sinar matahari.

15.Jangan terlalu sering mandi dengan air panas

Manfaat air hangat untuk wajah adalah dapat membuka pori-pori kulit menjadi lebih lebar. Bila mandi dengan air panas kulit tubuh pun dapat terkena efek dari keadaan panasnya. Keadaan panas yang terlalu sering berpengaruh tidak baik terhadap kesehatan kulit dan menyebabkan kulit menjadi mudah kering dan bersisik. Sehingga saat mandi sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan air panas.

16.Jangan terlalu lama di ruangan ber-AC

Dingin dari AC membuat efek yang kurang baik bagi kulit, yaitu menjadi mudah kering dan bersisik. Tetapi aktivitas kita mungkin lebih banyak di ruangan ber-AC, seperti di kantor atau di mobil. Kalau memang banyak beraktivitas di ruangan ber-AC, usahakan jangan sampai kurang minum untuk menghindari dehidrasi. Selain itu gunakan juga pelembab di kulit untuk membantu mengurangi efek AC di kulit.

Demikianlah cara mengatasi kulit kering dan bersisik yang bisa Anda terapkan. Sehingga Anda bisa mendapatkan kulit Anda sehat dan cerah dan terbebas dari kulit kering dan bersisik. Tetapi agar tetap terjaga kecantikan kulitnya, Anda juga harus menghindari penyebab dari munculnya kulit kering dan bersisik itu.

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 05th, October 2016 / 00:35 Oleh :
Kategori : Kulit