12 Cara Menghilangkan Telur Kutu Dengan Cepat

Bila Anda mengalami gatal-gatal di kulit kepala, coba dicek apakah penyebab rambut gatal itu adalah kutu rambut. Kutu rambut merupakan sejenis hewan kecil yang berwarna hitam, yang berkembang biak dengan cara bertelur di rambut akibat rambut yang tidak dijaga kebersihannya. Rasa gatal di kepala sebenarnya bukan hanya disebabkan karena kutu rambut yang suka menghisap darah di kulit kepala, tetapi juga akibat adanya reaksi alergi kulit kepala terhadap jenis parasit tersebut. Kasus munculnya kutu rambut di kepala memang lebih banyak dialami pada anak-anak, karena kebiasaan anak-anak yang suka beraktivitas di tempat-tempat yang kurang bersih. Tetapi kemungkin orang dewasa terkena pun juga bisa, bila berdekatan dengan anak yang berkutu.

Seekor induk telur kutu dapat bertelur sebanyak 5-6 buah telur sehari, dan membutuhkan waktu sekitar 8 hari untuk kemudian menetas menjadi kutu. Jadi bisa Anda bayangkan berapa banyak kutu yang bisa bersarang di rambut, bila kita tidak mengatasi masalah kutu di rambut. Berbagai cara dilakukan untuk membasmi kutu rambut. Mulai dari obat pembasmi kutu seperti peditox, sampo untuk kutu, bahkan dengan cara alami menghilangkan kutu rambut dengan bahan-bahan alami.

Tetapi berbeda dengan telur kutu yang lebih sulit untuk dibersihkan. Bentuknya yang bulat kecil ini dilapisi dengan zat lengket yang membuatnya menempel di folikel rambut. Sehingga seringkali kutu sudah berhasil dibersihkan, tetapi telur kutu masih menempel di rambut. Padahal telur kutu ini bisa menjadi bibit kutu yang baru saat menetas. Selain itu setelah menetas pun sisa kulit telur masih menempel di rambut. Sehingga bila telur-telur kutu tidak dibersihkan akan mengganggu keindahan rambut, dimana rambut akan terlihat ada bintik-bintik putihnya. Telur kutu lebih banyak menempel di rambut bagian bawah dan samping, sehingga akan nampak terlihat sekali saat rambut diikat. Hal ini sangat mengganggu penampilan kita ,kan.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba beberapa cara menghilangkan telur kutu berikut ini :

1.Memotong rambut.

Memotong rambut adalah cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk memudahkan membersihkan telur kutu. Kalau pria, lebih baik rambut dicukur habis hingga botak. Tetapi untuk wanita, Anda dapat memotong rambut lebih pendek. Hal ini untuk mengurangi jumlah telur kutu di rambut, dimana telur kutu lebih banyak bersarang di bagian bawah rambut. Selain itu upaya untuk membersihkannya jadi semakin sedikit dengan semakin berkurangnya telur kutu.

2.Gunakan sisir serit.

Sisir serit merupakan jenis sisir yang biasanya dipakai untuk membersihkan kutu dan telurnya. Bentuknya lurus dan bergigi rapat. Sehingga saat disisir, telur kutu ikut terbawa oleh sisir tersebut. Rajin-rajinlah menggunakan sisir serit sebagai salah satu cara menghilangkan kutu dan telurnya.

Tetapi sebelum menggunakan sisir serit, sebaiknya Anda olesi rambut dengan leave-in conditioner yaitu kondisioner yang dipakai dengan cara dioleskan dan tanpa perlu dibilas dengan air. Dengan kondisioner ini rambut lebih halus dan tidak mudah kusut, sehingga saat disisir dengan  sisir serit rambut tidak ikut ketarik.

Sisir rambut secara pelan-pelan agar kulit kepala tidak terluka. Pastikan Anda menyisir rambut secara merata dimulai dari pangkal rambut hingga ke ujung rambut, agar telur-telur kutu yang bersarang di tiap helaian rambut ini bisa berjatuhan atau ikut terbawa oleh sisir serit.

3.Bilas rambut dengan cuka putih.

Cuka mengandung bahan kimia yang dapat melarutkan zat lengket yang melapisi telur kutu. Bahkan kandungan antiseptik pada cuka dapat membersihkan kulit kepala dari kotoran, jamur maupun bakteri. Sehingga manfaat cuka untuk rambut agar bersih dan sehat juga.

Cara menghilangkan telur kutu dengan cuka putih adalah :

  • Basuh rambut dan kulit kepala dengan cuka putih secara merata.
  • Lakukan pemijatan secara lembut agar kandungan cuka meresap ke kulit kepala.
  • Lalu tutup kepala dengan shower cap atau handuk.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Setelah itu sisir rambut dengan sisir serit agar telur kutu mudah terlepas dari rambut.
  • Bilas rambut dengan air dan sampo hingga bersih.
  • Lakukan perawatan ini rutin dan selama 3 kali pemakaian akan terlihat hasilnya yaitu telur kutu akan bersih dari rambut.

4.Menggunakan minyak zaitun.

Minyak zaitun banyak dipakai untuk berbagai perawatan kecantikan. Salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut anak  adalah untuk membasmi telur kutu. Minyak zaitun tidak hanya bisa menyumbat lubang pernapasan kutu dan membuatnya mati lemas, tetapi minyak ini juga dapat mengendurkan cengkeraman telur pada rambut sehingga menjadi mudah disingkirkan.

Baca Juga:

Cara pemakaiannya :

  • Oleskan minyak zaitun pada rambut dan kulit kepala secara merata.
  • Lakukan pemijatan lembut di kulit kepala.
  • Lalu tutup kepala dengan shower cap.
  • Tunggu selama 8 jam. Sebaiknya Anda gunakan sebelum tidur dan diamkan hingga keesokkan paginya.
  • Setelah itu baru rambut dibilas sampai bersih.

5.Memakai minyak kelapa.

Manfaat minyak kelapa untuk rambut sejak lama dikenal untuk perawatan rambut agar mudah tumbuh lebat. Sehingga manfaat vco untuk rambut bayi agar tumbuh dengan lebat banyak dipakai oleh kaum wanita untuk bayinya.Tapi minyak kelapa juga bisa dipakai untuk membersihkan telur kutu.

Cara menggunakannya sama dengan minyak zaitun. Dan jangan lupa setelah menggunakan minyak kelapa, sisir rambut dengan sisir serit agar telur kutu mudah dibersihkan.

6.Minyak kayu putih.

Selain dengan minyak zaitun dan minyak kelapa, jenis minyak yang satu ini juga ampuh membersihkan telur kutu. Minyak kayu putih biasa kita oleskan untuk menghangatkan tubuh.

Cara pemakaiannya pun sama dengan minyak zaitun. Hanya saja bila di oleskan di kulit kepala, rasanya akan terasa panas di kepala. Jadi bila Anda merasa tidak nyaman dengan cara ini, Anda dapat menghentikan pemakaiannya dan menggunakan bahan alami lainnya.

7.Bawang merah.

Bawang merah sebagai salah satu bumbu masakan ini, mengandung sulfur putih yang sangat efektif untuk membunuh telur kutu. Selain itu bau bawang merah yang menyengat membuat kutu juga tidak betah dengan baunya.

Baca Juga:

Cara pemakaiannya adalah :

  • Ambil bawang merah secukupnya lalu kupas dan cuci bersih.
  • Haluskan bawang merah tadi dengan cara ditumbuk hingga halus.
  • Setelah itu terapkan pada rambut dan kulit kepala secara merata.
  • Tutup menggunakan shower cap.
  • Diamkan semalaman.
  • Lalu keramas rambut dengan sampo.

8.Baby oil.

Seperti halnya dengan minyak essensial lainnya, baby oil juga  bisa digunakan untuk perawatan kesehatan tubuh dan rambut. Produk khusus bayi ini ternyata juga ampuh untuk meluruhkan telur kutu yang menempel pada rambut. Minyak yang dikandung pada baby oil ini membuat rambut licin dan halus sehingga mudah melepaskan telur kutunya dari rambut.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengoleskan baby oil pada rambut secara merata. Dan setelah itu sisir dengan sisir serit dan Anda akan melihat telur kutu mudah terangkut di sisir serit tersebut. Setelah itu baru keramas rambut seperti biasa. (Baca juga: Manfaat Baby Oil Untuk Alis)

9.Obat kumur.

Obat kumur seperti Listerine mengandung persentase alkohol yang tinggi, sehingga dapat merontokkan telur kutu yang melekat di folikel rambut. Tetapi pemakaian obat kumur ini juga mesti berhati-hati jangan sampai mengenai mata karena bisa membuat mata pedih.

Cara menggunakan obat kumur untuk membersihkan telur kutu adalah :

  • Basahi rambut dengan obat kumur atau Listerine secara menyeluruh.
  • Tutup kepala dengan shower cap.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Lalu bilas hingga bersih.
  • Atau Anda juga bisa menggunakan obat kumur atau Listerine ini semalaman saat tidur dan bilas rambut keesokkan paginya.

10.Minyak almond.

Minyak almond merupakan bahan alami yang berkhasiat sebagai salah satu cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Tetapi tidak hanya membantu mengatasi telur kutu, manfaat almond untuk rambut juga dapat membantu merawat kesehatan rambut secara alami.

Cara menghilangkan telur kutu dengan minyak almond :

  • Campurkan minyak almond dengan air perasan lemon atau jeruk nipis.
  • Oleskan campuran tadi ke seluruh bagian rambut secara merata.
  • Pijat dengan lembut selama 10 menit
  • Diamkan hingga 2 jam.
  • Lalu keramas rambut hingga bersih.

11.Jus lemon.

Lemon memiliki sifat asam yang tinggi sehingga berkhasiat untuk menghilangkan telur kutu. Perawatan rambut dengan jus lemon ini aman dan cocok untuk semua kalangan dari anak-anak sampai dewasa. Selain itu manfaat lemon untuk rambut agar tumbuh lebat dan terhindar dari berbagai masalah rambut.

Cara mengatasi telur kutu dengan jus lemon :

  • Peras lemon ke dalam wadah dan campur dengan cuka secukupnya.
  • Lalu basuhkan air lemon tadi ke rambut sambil dipijat.
  • Diamkan selam 30 menit.
  • Lalu bilas hingga bersih.

12.Lidah buaya.

Lidah buaya sudah tidak asing lagi digunakan untuk perawatan rambut. Manfaat aloe vera untuk rambut adalah sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah rambut, seperti rambut bercabang, rontok, ketombe, hingga menghilangkan telur kutu.

Cara menghilangkan telur kutu dengan lidah buaya :

  • Ambil lidah buaya dan dicuci bersih, lalu belah menjadi 2 bagian.
  • Oleskan gel lidah buaya yaitu bagian dalam lidah buaya yang berbentuk lendir ke rambut.
  • Lakukan pemijatan lembut selama 5 menit.
  • Diamkan meresap selama 2-3 jam.
  • Setelah itu keramas.

Selain untuk perawatan rambut, ada juga manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh.

Tips Mencegah Kutu Datang Kembali

Setelah telur-telur kutu bersih dari rambut, sebaiknya Anda berusaha mencegah munculnya kutu di kepala lagi. Sebab dengan munculnya kutu lagi tentu saja akan menyisakan telur-telur kutu di rambut kepala Anda.

Berikut ini tips mencegah kutu datang kembali :

  • Setelah melakukan perawatan menghilangkan kutu dan merasa kutu sudah bersih, coba dicek lagi siapa tahu masih ada yang tersisa terutama telur kutunya yang memang lebih sulit dibersihkan. Cara mengeceknya dengan cahaya matahari yang terang di luar rumah agar mudah terlihat telur kutunya. Bila masih menyisakan sedikit segera lakukan perawatan seperti yang telah disebutkan di atas.
  • Menjaga kebersihan dan kesehatan rambut dengan rajin keramas atau melakukan perawatan rambut.
  • Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan kegunaannya. Sebab penggunaan sampo yang tidak cocok juga dapat menyebabkan munculnya kutu.
  • Jangan bersentuhan kepala dengan orang lain yang mempunyai kutu. Termasuk tidak tidur satu ranjang dengan anggota keluarga yang kutuan. Karena kutu akan dengan mudah berpindah tempat ke rambut yang lain.
  • Hindari kontak dengan benda-benda milik orang yang kutuan, seperti penutup kepala, aksesori rambut, pakaian, sarung bantal ataupun sprei.

Baca Juga:

Agar perawatan rambut bisa lebih cepat terbebas dari telur kutu, satu hal yang perlu diingat adalah selalu lakukan penyisiran dengan sisir serit setelah menggunakan bahan-bahan alami tadi. Atau Anda juga bisa membersihkannya dengan menggunakan tangan satu per satu. Sebab bila tidak rajin dibersihkan, penggunaan bahan-bahan alami itu hanya melepaskan sebagian telur kutu dari rambut sementara biasanya masih ada telur yang tertinggal juga.