25 Cara Menghilangkan Kutu Rambut di Kepala

Cara menghilangkan kutu banyak dicari oleh ibu yang memiliki anak berkutu. Memang di lingkungan sekolah, kutu akan mudah menyebar. Misalnya saja melalui hembusan angin dan melalui rambut. Tidak hanya anak kecil saja yang beresiko untuk memiliki kutu, orang dewasa maupun orang tua yang kurang menjaga kebersihan rambutnya pun rentan untuk memiliki kutu. Jika ditawari, tentu setiap orang tidak mau memiliki kutu. Hal itu dikarenakan kutu merupakan hewan pengganggu yang merugikan manusia.

Kutu hinggap dan berkembang biak di rambut manusia. Kutu itu bisa menimbulkan rasa gatal, selain itu kutu tersebut juga akan menghisap darah manusia. Bekas hisapan kutu itu akan menimbulkan warna hitam sehingga membuat kulit kepala menjadi tidak cantik lagi. Jika kepala ditumbuhi banyak kutu rambut, orang akan sulit berkonsentrasi akibat rasa gatal yang ada di rambutnya. Tidak hanya itu saja telur kutu yang melekat pada helai rambut manusia akan mengurangi kecantikan rambut. Beban psikis pun akan dimiliki oleh orang yang berkutu, kebanyakan orang yang berkutu akan dijauhi sebab mereka takut akan tertular kutu orang tersebut.

Penularan Kutu Rambut

Sebelum rambut menjadi berkutu, ada baiknya kita untuk mengetahui bagaimana seseorang tertular kutu rambut, lalu menjadi memiliki kutu rambut. Berikut ini adalah berbagai hal yang bisa menyebabkan seseorang tertular kutu rambut :

Kontak Langsung

Cara pertama yang bisa membuat seseorang tertular kutu rambut adalah dengan kontak langsung dengan si pemilik kutu rambut. Contoh dari kontak langsung ini adalah rambut anda bersinggungan dan bersentuhan dengan orang yang memiliki kutu rambut. Hal itu bisa menyebabkan seseorang dengan mudah memiliki kutu rambut sebab kutu rambut itu dengan mudah akan berpindah tempat melalui rambut tersebut.

Kontak Tidak Langsung

Cara kedua untuk menularkan kutu rambut adalah dengan cara tidak langsung atau melalui media penularan. Media penularan itu bisa berupa benda yang dipakai oleh pemilik rambut yang berkutu. Misalnya saja adalah handuk, topi, sisir dan juga pelindung kepala. Oleh sebab itu, jangan bergantian barang pribadi dengan orang yang memiliki kutu. Terlihat sadis memang, namun hal tersebut bermanfaat untuk menghindarkan diri kita dari efek negatif kutu rambut.

Terbang atau Melompat

Kutu rambut memiliki keunikan yaitu bisa terbang dari satu rambut ke rambut lainnya. Meski begitu jarak penerbangannya hanya dekat, terbang dalam jarak jauh bisa dibantu dengan hembusan angin. Sehingga jika berada di dekat orang yang memiliki kutu, besar kemungkinan akan memiliki kutu sebab kutu itu bisa terbang dan melompat ke rambut.

Sebelum kutu bertambah banyak di dalam rambut anda dan mengganggu konsentrasi anda, ada baiknya anda mengetahui cara menghilangkan kutu secara cepat dan efektif. Untuk menghilangkan kutu harus dengan telur-telurnya, sebab telur kutu itu bisa menetas dan menghasilkan kutu baru. Berikut ini adalah cara menghilangkan kutu yang bisa anda coba di rumah :

1. Mengambil Kutu dengan Tangan

Menghilangkan kutu secara alami dan mudah dilakukan adalah dengan mengambil kutu tersebut dengan tangan dan mengambil telur kutu yang menempel di helai rambut. Memang cara ini agak lama, namun jika teratur dilakukan kutu rambut pun bisa menghilang tak berbekas. Orang pada jaman dahulu banyak yang menggunakan cara ini untuk menghilangkan kutu. Mereka akan duduk berjajar-jajar ke belakang sambil mencari kutu rambut orang yang ada di depannya. Orang jaman dulu menyebutnya dengan “pepetan”.

Mendapatkan kutu dengan kedua tangannya bisa menjadi hal yang memuaskan bagi orang yang melakukan pepetan. Tidak hanya itu saja, istilah pepetan juga sering dilakukan bagi orang yang sedang mencari uban di kepala.

2. Menggunakan Suri Rambut

Mungkin anda sedikit asing dengan suri rambut, namun orang jaman dulu sering menggunakan suri rambut untuk menghilangkan kutu. Suri rambut seperti sisir namun kerapatan lebih dibandingkan dengan sisir. Cara menggunakannya pun sama dengan sisir. Anda tinggal menyisir rambut anda menggunakan suri tersebut, kutu akan terperangkap di suri tersebut. Tidak hanya itu saja, suri rambut juga bisa menjatuhkan kutu dari rambutnya.

3. Almond

Untuk menghilangkan kutu rambut bisa menggunakan kacang almond. Selama ini kacang almond banyak digunakan untuk menghilangkan kutu sebab memiliki tingkat keefektifan yang tinggi. Berikut ini adalah cara menghilangkan kutu dengan menggunakan kacang almond :

  • Ambil kacang almond sebanyak 10 butir.
  • Kemudian rendam sepuluh biji almond selama semalaman penuh
  • Saat pagi hari kupas kulit almond tersebut kemudian haluskan kacang almond menggunakan blender ataupun penggilingan
  • Tambahkan sebanyak tiga sendok makan air perasan dari jeruk lemon
  • Campurkan tumbukan kacang almond dengan perasan air jeruk lemon tersebut sehingga membentuk seperti pasta
  • Pasta yang telah terbentuk tersebut dioleskan ke kulit kepala secara merata kemudian pijat kulit kepala secara lembut
  • Pasta tersebut menempel di kulit kepala dan diamkan selama dua jam
  • Keramas rambut menggunakan air yang telah dingin
  • Lakukan perawatan sebanyak seminggu sekali dan dilakukan selama dua bulan berturut-turut lamanya

4. Alkohol

Menghilangkan kutu rambut juga dengan menggunakan alkohol. Alkohol memiliki kandungan isopropyl dimana kandungan tersbeut ampuh untuk digunakan membasmi kutu. Kandungan dalam alkohol itu aman untuk digunakan dalam membasmi kutu. Keberhasilan menghilangkan kutu menggunakan alkohol sangat efektif, berani atau tidaknya menggunakan alkohol sebagai pembasmi kutu tergantung pada keyakinan anda. Berikut ini adalah cara membasmi kutu dengan menggunakan alkohol :

  • Siapkan wadah khusus untuk menampung alkohol. Tuangkan sedikit alkohol ke dalam mangkuk tersebut.
  • Gunakan jari untuk mengusapkan alkohol ke seluruh bagian rambut dan juga ke seluruh bagian kulit kepala. Pijat kulit kepala yang telah dilumuri alkohol secara perlahan-lahan.
  • Diamkanlah selama beberapa menit.
  • Setelah didiamkan selama beberapa menit, tambahkan kondisioner pada kulit rambut dan kemudian pijat secara lembut kembali.
  • Gunakanlah suri atau sisir khusus untuk bisa mengelurkan semua kutu yang ada di rambut.
  • Jika anda merasa sudah cukup, barulah anda bisa mengeramasi rambut anda dengan air dan sampo biasa.
  • Untuk perawatan ini hanya bisa dilakukan selama seminggu sekali dengan rentang waktu satu bulan atau dua bulan secara berturut-turut.

5. Menggunakan Jus Lemon

Jus lemon bermanfaat dalam hal kecantikan. Hal itu dikarenakan kandungan asam laktat yang ada pada buah lemon bisa digunakan untuk menyiksa kutu yang ada di kepala. Berikut ini adalah cara menghilangkan kutu menggunakan jus lemon yang patut untuk anda ketahui :

  • Ambillah sari buah lemon dari buah lemon yang segar.
  • Basuhkanlah atau balurkan perasan air jeruk lemon itu ke seluruh bagian rambut.
  • Diamkan rambut selama setengah jam, kemudian membilas rambut menggunakan campuran cuka dengan air hangat.
  • Menghilangkan kutu dengan cara ini termasuk dalam cara cepat dan cocok untuk dilakukan siapa saja, baik orang tua, orang dewasa maupun untuk anak-anak. Menghilangkan kutu dengan cara ini termasuk aman dan tidak membahayakan bagi kesehatan rambut.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak yang bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Minyak zaitun merupakan minyak yang didapatkan dari ekstrasi buah zaitun. Buah zaitun memiliki banyak manfaat diantaranya untuk perawatan kulit, menghilangkan kaki yang pecah-pecah dan tentunya untuk menghilangkan kutu rambut. Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun ini adalah sebagai berikut ini :

  • Oleskan minyak zaitun ke seluruh kulit kepala, lakukanlah pada tiap helai rambut saat anda akan tidur malam.
  • Tutup kepala dan masukkan rambut ke dalam shower cup.
  • Tidur sebaiknya dalam posisi telentang.
  • Saat pagi harinya membilas rambut menggunakan air bersih yang mengalir kemudian melakukan keramas seperti biasa.

7. Bawang Merah

Rempah satu ini merupakan rempah yang kaya akan manfaat. Bawang merah merupakan rempah yang bisa digunakan dalam mengobati berbagai macam penyakit. Bawang merah kini juga banyak dilirik untuk masalah kecantikan. Berikut ini adalah cara meghilangkan kutu dengan menggunakan minyak zaitun yang patut untuk dicoba :

  • Siapkan sebanyak 4 sampai dengan 5 butir bawang merah.
  • Blender bawang merah tersebut sampai benar-benar halus.
  • Masukkan blenderan bawang merah tersebut ke dalam kain dan memeras dengan menggunakan kain tersebut sampai sari dari bawang merah keluar.
  • Tampung sari bawang merah tersebut ke dalam mangkuk.
  • Oleskan sari bawang merah tersebut ke bagian kulit kepala, pijat secara perlahan-lahan kulit kepala tersebut dan tutup kepala anda menggunakan shower cup.
  • Diamkan rambut anda selama 2 jam.
  • Setelah 2 jam, keramaslah dengan menggunakan sampo biasa. Namun air yang digunakan adalah air hangat.
  • Keringkanlah rambut dengan menggunakan handuk. Setelah dikeringkan sisirlah menggunakan sisir khusus seperti suri agar kutu bisa menghilang dari rambut anda.

8. Mayones

Cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutu adalah dengan menggunakan mayones. Mayones selama ini digunakan dalam berbagai macam makanan. Namun mayones ternyata memiliki khasiat untuk menghilangkan kutu secara alami. Berikut ini adalah cara menghilangkan kutu menggunakan mayones yang harus diketahui :

  • Usapkan mayones ke bagian rambut dan juga ke bagian kulit kepala.
  • Tutup rambut anda menggunakan shower cup. Jika diperlukan anda bisa membungkusnya menggunakan handuk bersih.
  • Diamkan mayones selama 6 jam. Dalam jangka waktu 6 jam tersebut mayones akan membasmi kutu yang ada di bagian rambut.
  • Jika sudah didiamkan, cucilah rambut menggunakan sampo biasa dan anda bisa mengeringkan rambut anda menggunakan hair dryer. Temperatur panas yang ada pada hair dryer bisa digunakan untuk mematikan kutu rambut yang ada di rambut.
  • Untuk terakhir kali, gunakanlah sisir khusus kutu dan sisir rambut anda dari bagian pangkal rambut sampai dengan bagian ujung rambut. Lihatlah berapa banyak kutu tewas yang bisa anda dapatkan.

9. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dipercaya untuk kesehatan dan juga kecantikan. Cara menghilangkan kutu dengan menggunakan minyak kelapa adalah sebagai berikut ini :

  • Oleskan minyak kelapa ke bagian seluruh rambut terutama ke bagian kulit rambut. Pijatlah kulit rambut secara perlahan-lahan.
  • Tutup rambut anda dan masukkan rambut ke dalam shower cup.
  • Diamkan selama semalaman.
  • Saat pagi hari, cucilah rambut anda dengan menggunakan sampo.
  • Saat rambut telah kering, sisirlah rambut anda menggunakan sisir yang khusus untuk kutu.
  • Untuk melakukan perawatan ini, lakukanlah setiap hari minimal seminggu lima hari. Lanjutkan pada minggu-minggu sebelumnya jika kepala masih gatal dan kutu belum mati dengan sempurna.

10. Cuka

Cuka bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut. Kadar asam setat di dalam cuka itulah yang bisa digunakan untuk membunuh dan membasmi kutu rambut. Cuka juga dipercaya bisa digunakan untuk menghancurkan telur kutu yang belum menetas. Sayangnya menghilangkan kutu dengan menggunakan cuka memiliki efek samping yang merugikan untuk rambut. Cuka bisa menjadi penyebab kerusakan pada rambut dan membuatnya mudah patah, jika anda membilasnya dengan tidak sempurna.

Oleh sebab itu, ketika anda membasmi kutu dengan menggunakan cuka sebaiknya membilasnya dengan air yang banyak agar tidak ada cuka yang masih menempel di kulit rambut atau di bagian rambut.

11. Minyak Kayu Putih dan Jeruk Nipis

Campuran antara jeruk nipis dengan minyak kayu putih bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut. Sampai saat ini menghilangkan kutu dengan minyak kayu putih dan jeruk nipis terbukti keberhasilannya. Cara menggunakan minyak kayu putih dengan jeruk nipis agar bisa untuk menghilangkan kutu adalah sebagai berikut :

  • Memeras dua buah jeruk nipis dan ditampung dalam sebuah mangkuk.
  • Tambahkan ke dalam mangkuk sebanyak 6 sendok makan minyak kayu putih.
  • Campurkan kedua bahan tersebut samapai tercampur secara merata.
  • Usapkan ramuan tersebut ke bagian kulit kepala dan di pijat-pijat sampai merata.
  • Diamkan selama 2 jam lamanya.
  • Cuci rambut dengan air bersih yang mengalir.
  • Setelah membilasnya dengan air anda bisa menyampo rambut menggunakan sampo biasa.

12. Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya bisa digunakan untuk menghilangkan kutu. Manfaat lidah buaya pun bisa digunakan untuk merawat rambut agar sehat dan bercahaya. Berikut ini cara menggunakan lidah buaya agar kutu rambut bisa hilang :

  • Ambil tanaman lidah buaya yang berwarna hijau tua. Hijau tua menandakan bahwa tanaman lidah buaya sudah berumur tua.
  • Cuci tanamam lidah buaya itu menggunakan air yang mengalir.
  • Belah lidah buaya tersebut agar menjadi dua bagian.
  • Gosokkan daging lidah buaya yang berwarna putih itu ke bagian kulit kepala.
  • Ratakan lendir tersebut dengan menggunakan tangan yang sudah dibasahi menggunakan air. Pijat kulit kepala secara lembut selama 20 menit.
  • Diamkan selama 3 jam, setelah itu bilas rambut menggunakan air.
  • Yang terakhir kali adalah melakukan keramas agar lendir lidah buaya tersebut benar-benar menghilang.

13. Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki banyak kahsiat terutama untuk kesehatan. Untuk kecantikan rambut dun sirsak bermanfaat untuk menghilangkan kutu rambut. Berikut ini adalah cara menghilangkan kutu dengan menggunakan daun sirsak :

  • Rebus sebanyak 7 lembar daun sirsak yang sudah di cuci bersih.
  • Rebus dengan tiga gelas air sampai mendidih.
  • Setelah dingin, gunakan rebusan daun sirsak itu untuk keramas.

14. Memotong Rambut

Untuk menghilangkan kutu bisa dengan cara memotong rambut sebahu bagi cewek dan untuk cowok bisa dengan membotaki rambut atau potong cepak. Hal itu dikarenakan rambut merupakan tempat untuk tumbuh dan berkembang. Semakin pendek rambut maka tempat perkembangbiakan kutu tersebut semakin sedikit atau sempit. Dengan tempat pertumbuhan dan perkembangan yang semakin sempit diharapkan kutu rambut bisa hilang dan segera pergi dari rambut. Rambut yang pendek juga lebih memudahkan kita untuk menghilangkan kutu yang hidup di dalam rambut.

15. Kapur Ajaib

Kapur ajaib merupakan kapur yang bisa digunakan untuk mengusir kutu dari rambut anda. Yang harus diperhatikan di sini adalah kapur yang digunakan bukanlah kapur yang digunakan ketika menulis di atas papan. Namun kapur yang dimaksud adalah kapur yang bisa digunakan untuk membunuh dan mengusir serangga. Kapur itu ternyata bisa digunakan untuk mengusir kutu rambut yang ada di dalam kepala.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan kapur ajaib sangat mudah yaitu hanya menggoreskan kapur tersebut ke atas kulit kepala secara menyeluruh. Diamkan selama tiga jam lamanya setelah itu bilas rambut dengan menggunakan sampo biasa. Kutu pun akan mati dan terbawa dalam busa sampo. Sayangnya membasmi kutu rambut dengan cara ini tidak boleh terlalu sering sebab bisa menyebabkan rambut rontok. Hal itu dikarenakan di kapur ajaib itu ada kandungan zat kimianya yang jika digunakan secara terus menerus sangatlah tidak bagus untuk kesehatan rambut.

16. Menggunakan Obat

Menghilangkan kutu juga bisa dengan menggunakan obat. Berikut ini adalah jenis obat yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut :

  • Melathion dengan kadar 0,5 persen atau sebanyak 1 persen dan diamkan selama semalaman. Obat ini merupakan obat anti parasit dan hanya boleh digunakan oleh orang dengan usia di atas 6 tahun. Agar bisa berfungsi secara maksimal ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dan anda harus membaca berbagai macam informasi yang ada pada petunjuk pemakaian obat.
  • Permetrin dengan kandungan 1 persen. Permetrin adalah obat dengan bentuk krim yang dioleskan ke rambut dan didiamkan selama 2 jam. Efek dari penggunaan obat ini hanyalah berupa rasa gatal dan juga warna kemerahan pada kulit kepala. Obat ini dijual bebas di apotek.
  • Obat gameksan sebanyak satu persen dan didiamkan selama 12 jam. Setelah itu dibilas dengan cara keramas seperti biasa.
  • Lindane merupakan obat yang keras dan tidak boleh digunakan oleh anak-anak. Obat lindane merupakan obat anti parasit yang bisa digunakan untuk membasmi kutu. Sayangnya obat lindane tidak boleh digunakan oleh orang yang memiliki riwayat penyakit kejang-kejang, epilepsi, orang dengan penyakit HIV, wanita hamil dan juga orang yang memiliki berat badan di bawah 50 kilogram. Lindane juga ada yang dijual dalam bentuk sampo. Sampo itu bisa anda gunakan untuk membasmi kutu rambut yang ada di kulit kepala anda.

Cara Menghindari Kutu Rambut

Bagi yang belum memiliki kutu rambut ada baiknya anda tahu bagaimana caranya mencegah agar kutu rambut tidak muncul di rambut kepala. Mencegah memang lebih baik dibandingkan dengan mengatasi. Berikut ini adalah cara mencegah kutu rambut ada di rambut anda :

  • Hindari Orang Yang Memiliki Kutu Rambut

Agar anda terhindar dari kutu rambut atau anda tidak memiliki kutu kembali ada baiknya anda menghindari orang yang memiliki kutu. Jika selama ini anda seranjang dengan orang yang memiliki kutu ada baiknya anda tidak tidur dengan orang yang memiliki kutu rambut. Hal itu dikarenakan kutu rambut akan mudah berpindah tempat dari satu rambut ke rambut lainnya sehingga jika anda tidur dengan orang yang memiliki kutu rambut resiko anda untuk terkena kutu rambut lumayan besar.

  • Menjaga Kebersihan Rambut

Rambut yang kotor adalah tempat perkembangbiakan yang paling disukai oleh kutu. Oleh sebab itu bersihkan rambut anda sesering mungkin agar rambut anda tidak ditumbuhi oleh kutu rambut. Menjaga kebersihan rambut adalah dengan melakukan sampo sebanyak dua kali sehari. Jangan keramas setiap hari sebab keramas setiap hari justru bisa membuat rambut terlihat merah.

  • Jangan Memakai Sisir Orang Lain

Agar tidak memiliki kutu sebaiknya anda tidak meminjam sisir atau peralatan yang berhubungan dengan rambut dari orang lain sebab bisa saja anda akan tertular kutu dari peralatan rambut yang dia miliki. Alat yang tidak boleh anda pinjam adalah topi, handuk, sisir dan berbagai macam alat yang digunakan untuk penutup kepala.

  • Melakukan Pemeriksaan

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya kembali kutu rambut adalah dengan mengecek apakah anda benar-benar sudah tidak memiliki kutu rambut itu lagi atau kutu rambut masih betah berlama-lama tinggal di dalam rambut anda. Cara mengeceknya bisa dengan menggunakan sisir khusus seperti suri atau sisir yang memiliki kerapatan tinggi. Jika tidak ada kutu yang tersangkut di sisir tersebut berarti kutu rambut anda telah hilang. Untuk memastikannya lagi bisa merasakannya sendiri, jika rambut anda masih sering terasa gatal coba cek lagi apakah kutu tersebut benar-benar sudah hilang dari rambut anda atau masih berada di dalam rambut.

Baca juga tentang perawatan kecantikan lainnya, seperti :